Teks Ulasan dan Contohnya

Posted on

Rollingstone.co.id – Seperti kita ketahui bahwa menulis adalah salah satu keterampilan yang harus kita kumpulkan untuk meningkatkan kemampuan analisis kita di antara keterampilan lain. Sehingga untuk meningkatkan kemampuan ini kita bisa belajar menulis teks ulasan.

Teks ulasan atau yang biasa disebut teks review biasanya digunakan banyak penulis untuk mengungkapkan pendapat pribadi mengenai suatu karya. Karya yang diulaspun bermacam-macam. Mulai dari karya buku baik fiksi maupun non fiksi, film, cerita pendek dan masih banyak lagi. Untuk memahami lebih lanjut mengenai teks ini simak artikel lanjutan di bawah ini.

Pengertian Teks Ulasan

pengertian-teks-ulasan

Teks ulasan adalah evaluasi kritis terhadap teks, peristiwa, objek, atau fenomena. Teks ulasan dapat mengulas buku, artikel, seluruh genre atau bidang sastra, arsitektur, seni, mode, restoran, kebijakan, pameran, pertunjukan, dan banyak bentuk lainnya.

Teks ulasan adalah genre yang fleksibel yang dapat bervariasi sesuai dengan sifat karya kreatif yang sedang dikerjakan, audiens yang dituju, dan aspek-aspek karya yang dianggap layak untuk dikomentari.

Teks ini sering ditemukan pada portal online yang khusus mengulas suatu karya. Unsur terpenting dari teks ini adalah mengulas bukan sekadar ringkasan. Ini memungkinkan pengulas untuk berdialog dan berdiskusi dengan pembuat karya dan dengan audiens lainnya. Pengulas dapat mengutarakan kesepakatan atau ketidaksetujuan dan mengidentifikasi mengenai karya tersebut.

Teks ulasan dibuat bukan hanya sekedar meringkas tetapi di dalamnya terdapat kritikan, masukan, dan juga pendapat. Saat menyatakan mengomentari sebuah karya pengulas harus paham tentang karya tersebut.

Ciri-Ciri Teks Ulasan

ciri-ciri-teks-ulasan

Teks ini memiliki beberapa ciri yang bisa digunakan untuk membedakan dengan beberapa teks lainnya. Berikut ciri-cirinya:

  • Pertama, teks ulasan memberikan ringkasan konten yang singkat kepada pembaca. Ini termasuk deskripsi topik yang relevan serta perspektif, argumen, atau tujuannya secara keseluruhan.
  • Kedua, teks ulasan menawarkan penilaian kritis terhadap konten. Ini melibatkan reaksi pengulas terhadap karya yang sedang ditinjau atau diulas. Pengulas perlu memperhatikan beberapa hal, apakah itu efektif atau persuasif dan bagaimana hal itu meningkatkan pemahaman pembaca tentang karya yang sedang diulas.
  • Ketiga, selain menganalisis karya teks ulasan ditulis untuk memberikan informasi kepada pembaca apakah karya itu bagus atau tidak.

Tujuan Teks Ulasan

tujuan-teks-ulasan

Teks ini dibuat untuk mencapai beberapa tujuan. Beberapa di antaranya adalah:

  • Tujuan dari ulasan teks adalah untuk menganalisis dan mengevaluasi beberapa karya kreatif dan untuk memberi tahu orang-orang tentang kekuatan dan kelemahannya.
  • Teks Ulasan digunakan untuk mengkritik acara atau karya seni untuk pembaca atau pendengar, seperti film, pertunjukan, buku, dan lainnya.
  • Untuk mengkritik atau mengevaluasi karya seni atau acara untuk audiens publik.
  • Memberikan informasi secara lengkap kepada pembaca mengenai suatu buku, film, cerpen, dan beberapa karya lainnya.
  • Sebagai wadah untuk diskusi dan juga untuk mempengaruhi pembaca untuk meninjau ulang kembali karya tersebut.
  • Membantu khalayak untuk menentukan karya tersebut memiliki penilaian yang bagus atau tidak.
  • Biasanya digunakan untuk mempromosikan sebuah karya kepada khalayak umum.

Jenis Jenis Teks Ulasan

jenis-jenis-teks-ulasan

Teks review atau teks ulasan memiliki beberapa jenis. Jika dilihat dari isi teksnya, jenis-jenis teks ini adalah:

  • Evaluatif

Jenis ini biasanya mengulas sebuah karya yang berfokus pada penilaian. Penilaian yang diberikan bisa baik atau kurang baik. Ulasan mengenai isi karya hanya dijadikan pelengkap teks review saja.

  • Informatif

Teks review jenis ini biasanya mengulas secara ringkas dan tidak terlalu panjang. Isinya memberikan informasi-informasi penting mengenai suatu karya. Biasanya teks jenis ini mengulas tentang buku.

  • Informatif dan evaluatif

Jenis teks ini adalah gabungan dari kedua jenis di atas. Isi teks review jenis ini lebih lengkap daripada kedua jenis teks review di atas karena mumuat informasi isi karya beserta penilaian karya tersebut. Pembaca review kebanyakan mencari teks review jenis ini karena bisa memberikan banyak informasi.

Struktur Teks Ulasan

struktur-teks-ulasan

Struktur dasar teks ulasan terdiri dari tiga bagian atau komponen, yaitu:

  • Judul

Saat menulis teks ulasan perlu mencantumkan informasi judul karya.

  • Isi

Pengulas perlu mengidentifikasi nama karya kreatif yang menjadi subjek ulasan, apa jenis karyanya (seperti film, film, novel, investigasi penelitian, buku, kaset, dan lain-lain). Selain itu juga perlu mengidentifikasi penulis, penerbit atau produsen, dan tanggal produksi. Tetapi perlu diketahui tidak semua detail ini diperlukan, ulas sesuai kebutuhan pembaca saja. Selain itu di dalam isi juga ada peninjauan yang menjelaskan aspek-aspek tertentu dari karya tersebut dan memberikan pendapat tentang kekurangan, kelebihan, kualitas, keefektifan, dan sebagainya.

  • Kesimpulan / rekomendasi

Peninjau meringkas penilaian tentang karya tersebut dan membuat rekomendasi untuk orang lain apakah karya tersebut patut dinikmati atau tidak.

Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan

kaidah-kebahasaan-teks-ulasan

Untuk membuat teks ulasan yang baik diperlukan pemahaman mengenai kaidah kebahasaan teks ulasan. Berikut daftarnya:

  • Menggunakan present tense.
  • Fokus pada karya tertentu.
  • Menggunakan kata sifat.
  • Menggunakan klausa yang panjang dan kompleks.
  • Menggunakan metafora atau sebuah pengandaian.

Cara Membuat Teks Ulasan

cara-membuat-teks-ulasan

Jika seseorang meminta untuk menulis ulasan buku, mungkin berpikir bahwa semua yang perlu dilakukan adalah memberikan pendapat tentang sebuah karya. Namun, ini bukan satu-satunya informasi yang diperlukan untuk menulis ulasan yang baik. Ulasan buku yang sukses meliputi ringkasan pendek buku, informasi latar belakang tentang penulis dan topik, dan evaluasi konten.

  • Saat menulis ulasan karya, anggaplah bahwa para pembaca belum mengerti dan paham topik serta gagasan utama karya tersebur dan perlu menjelaskan berbagai poin penting.

  • Saat menulis latar belakang buku, teliti topiknya meskipun buku itu adalah karya fiksi. Misalnya, jika mengulas atau meninjau novel tentang sejarah perlu meneliti dan bandingkan informasi historis dengan pendekatan penulis terhadap topik tersebut. Jika ini adalah buku nonfiksi tentang sejarang bandingkan argumen penulis dan penggunaan bukti dengan karya-karya lain yang diterbitkan dengan topik yang sama. Pengulas juga perlu memasukkan beberapa informasi tentang penulis yang dapat membantu pembaca memahami konten terutama jika itu adalah karya non fiksi.

  • Akhiri ulasan dengan mengevaluasi hasil akhir tulisan. Ini bukan hanya opini pribadi tetapi ini adalah penilaian pengulas tentang kelebihan dan kelemahan sebuah karya dan seberapa baik karya tersebut untuk dinikmati. Namun, tentu saja ulasan dapat memasukkan pendapat pribadi. Jadi pastikan pengulas tahu apakah karya ini sudah sesuai penilainnya atau belum. Jika ya, jelaskan alasan pengulas serta reaksi pengulas terhadap karya tersebut dan hindari penjelasan yang menimbulkan makna ganda. Pernyataan seperti, ‘Saya tidak suka itu’ tidak informatif. Agar lebih informatif maka lebih baik ditulis ‘Saya kurang suka buku ini karena itu adalah stereotip, cerita terlalu bias tentang orang-orang ini, dan buku ini kurang bukti yang mendukung’ penjelasan seperti ini lebih meyakinkan.

Contoh Teks Ulasan dan Strukturnya

contoh-teks-ulasan

Setelah memahami bagian dasar dari ulasan buku, sekarang saatnya memami ulasan buku melalui beberapa contoh di bawah ini.

Contoh Teks Ulasan Novel

Salah satu yang sering diulas adalah novel. Banyaknya penggemar novel yang ingin tahu beberapa informasi mengenai novel tersebut menjadi alasan utama banyak dibuat teks ulasan novel.

  • Contoh Teks Ulasan Novel Perahu Kertas

Judul

Review Perahu Kertas

Isi

Perahu Kertas dimulai pada musim panas 1999, Keenan kembali ke Indonesia untuk memulai pendidikan diuniversitas setelah menghabiskan masa remajanya dengan neneknya di Amsterdam. Dia pergi belajar di Bandung dan bergabung dengan sepupunya, Eko dan pacar Eko, Noni, dan Kugy. Dia juga langsung dikenalkan dengan sahabat Noni, Kugy. Ada percikan langsung antara Keenan dan Kugy, roh yang sama dengan sisi artistik yang kuat dia sebagai pelukis. Perahu kertas pada dasarnya kisah yang rumit.

Baik Keenan dan Kugy menghadapi hambatan untuk mewujudkan impian artistik mereka. Ayah Keenan yang seorang pengusaha menentangnya mengabdikan dirinya untuk melukis karena ternyata alasan bahwa bocah itu harus serius pada studinya. Kugy yang ceria dan unik tahu persis apa yang dia inginkan tetapi segala sesuatu yang terjadi dan semua orang di sekitarnya menganggap itu konyol.

Keenan mengembangkan bakatnya. Tidak mengherankan bahwa dia dan pekerjaannya adalah pelengkap yang sempurna untuknya. Lukisan-lukisan yang ia lukis sangat bagus dan ia menyadari bahwa ia harus mengikuti mimpinya. Keadaan bahkan menyebabkan seniman yang tidak dikenal dipamerkan di galeri seni terkemuka. Putri pemilik galeri menunjukkan minat pada seni dan seniman. Akan tetapi, kesuksesan tidak mudah didapat dan keadaan akhirnya membuat Keenan melarikan diri dari hampir semua yang dia tahu dan miliki.

Kugy dan Keenan dengan cepat menjadi teman dekat, tetapi hubungan romantis sepertinya tidak pernah mungkin. Yang satu selalu melihat yang lain sudah terikat di tempat lain. Masalah yang rumit melanda dan mereka hampir tidak pernah membicarakan masalah baik di antara mereka sendiri maupun dengan saudara dan teman mereka. Ini adalah buku yang penuh dengan hal yang tak terucapkan dan bukan hanya antara Keenan dan Kugy. Ceritanya mengarah ke kesalahpahaman yang menghapus karakter dari satu sama lain yang hidup selama bertahun-tahun sekaligus  sebuah twist yang tidak terlalu lelah seperti frustasi.

Baik Kugy maupun Keenan terlempar dari jalur artistik mereka: Kugy membenamkan dirinya dalam studinya dan berhasil lulus lebih awal lalu mendapatkan pekerjaan yang segera ia kuasai tetapi itu membuatnya tidak menulis cerita lagi. Karena kehilangan inspirasinya, upaya Keenan dalam melukis menjadi kacau dan ketika ayahnya jatuh sakit Keenan tidak hanya kembali ke flip tetapi juga ke bisnis keluarga, menahan benteng sampai ayahnya pulih kembali. Sepanjang jalan Kugy dan Keenan juga menemukan minat jalan mereka.

Semua orang sangat suka kisah perahu kertas. Para kekasih yang mengakui bahwa cinta sejati mengalahkan semua dan bahwa mereka yang tidak setuju dengan hubungan itu tidak dapat menghalanginya. Tetapi meskipun begitu tetap timbul pertanyaan pertanyaan akankah Keenan dan Kugy akhirnya menemukan jalan mereka satu sama lain? Tentu saja ada hambatan termasuk kecenderungan karakter yang menjengkelkan (secara fisik) di luar jangkauan untuk periode waktu yang lama. Yang mengagumkan, Dee Lestari mengelola kemiripan ketegangan dan sentuhan yang bagus adalah ketika Kugy dan Keenan akhirnya membicarakan berbagai hal dan mengungkapkan perasaan mereka. Kumpul-kumpul yang nyata tampaknya tidak disukai.

Dee Lestari cukup cerdik menyulap cerita. Banyak karakter yang hampir terlalu bagus untuk menjadi kenyataan dan hanya karakter insidental yang benar-benar tidak menyenangkan atau jahat. Karakter Keenan menjadi yang menjadi idaman di kelasnya ketika dia mulai kuliah dan karakter Kugy dengan cepat menikmati kesuksesan besar ketika dia mendapatkan pekerjaan nyata adalah yang paling menarik. Dee Lestari mengelola untuk memfokuskan novelnya pada personal dan artistik sehingga rincian banyak karakternya tidak akan terlewatkan. Yang mengejutkan kita tidak pernah dapat merasakan karya karakter Keenan ketika dia membela ayahnya, atau tesis Kugy, dan lain-lain.

Kesimpulan

Kisah-kisah pribadi terwujud dalam romans memang cenderung emosional bagi orang-orang yang hatinya sensititd. Tetapi sejauh ini hal itu juga cukup baik dilakukan karena membuat semua orang bisa memahami dan mendalami peran masing-masing karakter. Dan beberapa pertemuan karakter yang saling berhadapan tidak menyadari hubungan mereka dengan karakter lain. Hal itu terlihat agak terlalu dipaksakan tapi kemudian beberapa karakter dibuat dengan kesan kuat dan tentunya cukup adil untuk menjadi elemen cerita yang sangat dan terasa di novel.

Ini adalah salah satu cerita romansa yang sopan juga menarik . Perahu kertas akhirnya adalah salah satu karya yang cukup berhasil. Dee Lestari menempatkan bakatnya yang jelas untuk digunakan mengarang karya yang bagus.

  • Contoh Teks Ulasan Novel Hujan

Judul

Review Novel Hujan

Isi

Kami percaya bahwa nilai sosial memiliki potensi besar untuk membantu kami mengubah cara kami memahami dunia di sekitar kita dan membuat keputusan tentang tempat berinvestasi sumber daya. Dengan mengubah cara, kami memperhitungkan nilai, kami percaya bahwa kami akan berakhir dengan dunia dengan lebih banyak kesetaraan dan lingkungan yang lebih berkelanjutan.

Tere Liye tidak hanya berbicara tentang masalah sosial; melalui novelnya Hujan, dia juga berbicara tentang nilai-nilai sosial. Ada tujuh bentuk nilai sosial dalam novel ini, dialami dan diimplementasikan oleh karakter utama: 1) Cinta, nilai yang mendalam kasih sayang dalam bentuk cinta untuk anak-anak, orang tua dan teman-teman. 2) Pengampunan, dalam bentuk mengakui kesalahan, meminta maaf dan melupakan kesalahan. 3) Ketaatan, dalam bentuk ketaatan anak terhadap perintah. 4) Saling Kerja Sama, umumnya dikenal sebagai Gotong Royong, dalam bentuk saling membantu demi kepentingan umum bunga. 5). Kebijaksanaan dalam bentuk mengambil keputusan yang benar demi kepentingan publik. 6) Menghargai orang lain, dalam bentuk menerima segala kondisi yang disediakan oleh orang lain dan 7) Tanggung jawab, dalam bentuk berpartisipasi dalam acara penting demi orang lain.

Cinta

Cinta adalah kata yang sangat istimewa dan bermakna bagi setiap manusia. Setiap manusia memiliki pemikirannya sendiri tentang cinta untuk membimbing dirinya sendiri untuk mendarat dengan aman dan lancar ke kerajaan Cinta. Tanpa gagasan cinta yang terbentuk sebelumnya, orang-orang akan bertindak seperti orang buta yang mencari cahaya dengan ribuan rintangan di depannya. Ekspresi cinta dalam novel dapat dilihat dari berikut ini.

Kutipan di halaman 25 Terlihat jelas di sini bahwa kata-kata ibu menunjukkan cinta yang besar kepada putra, Esok. Sang ibu sangat mencintai putranya dan dia siap untuk mengurus hari Esok dan malam. Cinta ibu membentuk budaya dan individu. Sementara kebanyakan ibu tahu bahwa cinta dan ketersediaan emosional mereka sangat penting untuk kesejahteraan anak-anak mereka, banyak orang tidak mengerti dampak mendalam dan jangka panjang yang mereka miliki dalam mengembangkan otak anak-anak mereka, mengajar mereka pelajaran pertama tentang cinta, membentuk hati nurani mereka. Ini ditunjukkan oleh ibu Esok.

Pengampunan

Pengampunan adalah sikap untuk mengatasi hal-hal negatif dan menghakimi dengan tidak bersalah menyangkal rasa sakit atau kekecewaan, tetapi dengan belas kasih atau belas kasihan kepada pihak yang bersalah. pengampunan adalah cara untuk mengatasi hubungan yang rusak untuk mendapatkan penyembuhan luka dan membuka hati atau dada ke pihak yang menyinggung. Berikut ini kutipan dalam novel.

Kutipan pada halaman 60 menunjukkan bahwa selalu ada pengampunan antara Esok dan Laila. Apa pun masalah yang mereka miliki, mereka dapat dengan mudah menemukan solusi karena mereka terbiasa saling memaafkan. Mengampuni adalah atribut ilahi. Ini untuk memaafkan atau memaafkan seseorang karena kesalahan karena kesalahan atau kesalahan.

Ketaatan

Ketaatan berarti taat, tunduk, taat pada ajaran dan aturan. Ketaatan juga berarti mematuhi semua aturan atau perintah. Kutipan pada halaman 12 menunjukkan bahwa Lail adalah seorang gadis yang taat dan dia juga baik hati. Dia hidup di panti asuhan dan dia menyadari bahwa dia telah mendapatkan berkah yang besar kesempatan untuk tinggal di sana. Karena itu, dia tidak pernah menolak perintah yang diberikan kepadanya. Dia adalah setiap saat siap membuat semua orang di sana bahagia

Gotong royong

Saling kerja sama atau yang biasa dikenal dengan gotong royong adalah bentuk kerja sama untuk meringankan beban dengan mencapai tujuan yang diinginkan. Gotong royong merupakan kegiatan yang dilakukan sebagai bentuk dari pengaplikasian tolong menolong.

Kutipan pada halaman 65 menggambarkan situasi setelah bencana, semua orang datang untuk memberi membantu. Mereka semua bekerja bersama untuk mengevakuasi semua mayat dari lokasi. Meskipun pekerjaan itu sulit, dan kemudian ladang memberikan bau yang sangat buruk, semua orang tidak memberi keluhan apa pun. Mereka secara sukarela bekerja untuk meringankan beban pekerjaan. Jadi gotong royong telah terbukti sebagai sikap positif milik komunitas tertentu mudah setiap pekerjaan terjadi diberikan.

Kebijaksanaan

Kebijaksanaan merupakan salah satu sikap yang harus ada di dalam setiap diri manusia. Seseorang yang bijaksana bisa menjalani hidup seimbang karena mampu menempatkan segala sesuatu sesuai dengan porsinya.

Kutipan pada halaman 66 menunjukkan bahwa Esok tidak hanya seorang jenius tetapi juga seorang pria yang bijaksana. Dia memikirkan nasib orang lain, memikirkan sepanjang waktu bagaimana orang bisa menjalani hidup mereka dengan mudah. Salah satunya masalah selalu dihadapi oleh orang-orang di sana adalah untuk mendapatkan air bersih jadi melalui keahliannya dan pemikiran yang mendalam, dia berusaha keras untuk memberi hadiah mesin pompa air kepada mereka.

Menghormati Orang Lain

Menghargai orang lain adalah tempat kita bisa memahami orang. Merawat lingkungan, membantu orang lain, dan mampu melihat keuntungan orang lain dengan berpartisipasi dalam masalah mereka. Kutipan pada halaman 167 menunjukkan bahwa ada rasa menghargai orang lain dalam novel.

Sang ibu telah memberi mereka pakaian dan meskipun gaun itu mungkin tidak bagus, tetapi Lail memberitahu Maryam untuk menerima gaun itu sebagai tanda menghormati ibu. Kemudian Lail juga mengingatkan Maryam bahwa sang ibu telah bekerja begitu keras untuk kepentingan semua penduduk panti asuhan karena itu mereka harus menunjukkan rasa hormat mereka dengan menerima pakaian dan kesiapan untuk berpartisipasi dalam pertemuan sosial.

Tanggung jawab

Bertanggung jawab mengacu pada kemampuan kita untuk membuat keputusan yang melayani kepentingan kita sendiri dan kepentingan orang lain. Pertama-tama kita harus bertanggung jawab atas diri kita sendiri sebelum kita dapat bertanggung jawab atas orang lain. Dalam belajar menjadi lebih bertanggung jawab, penting untuk itu kita tahu keterbatasan kita. Tidak masalah seberapa pintar kita, hanya ada begitu banyak tanggung jawab yang bisa diemban seseorang. Penting juga untuk diingat bahwa kita adalah tidak bertanggung jawab atas hal-hal yang di luar kendali kita, misalnya bagaimana orang lain rasakan atau bagaimana mereka bereaksi terhadap diri kita sendiri atau orang lain. Berbagi tanggung jawab untuk kesuksesan keduanya dan kegagalan dapat menyebabkan peningkatan tanggung jawab pada diri sendiri dan orang lain.

Kutipan pada halaman 42 menunjukkan bahwa ada sikap tanggung jawab dalam novel. Itu Tentara bertanggung jawab untuk mendirikan tenda untuk dijadikan rumah sakit bagi mereka yang selamat bencana alam. Tanggung jawab adalah salah satu sifat dari karakter kita yang berarti bahwa seseorang mampu menanggapi tindakannya, mampu mengambil beberapa tugas dan menghadapi konsekuensi tertentu dari tindakan yang mungkin terjadi. Tanggung jawab sebagai negara atau fakta memiliki kewajiban untuk berurusan dengan sesuatu atau memiliki kendali atas seseorang dan ini diperlihatkan oleh tentara dibantu oleh penduduk setempat.

Kesimpulan

Itulah hal-hal yang bisa diambil hikmahnya dari novel Hujan. Karakter yang kuat sangat menawan ditambah dengan alur cerita yang menarik menambah daya tarik novel ini.

  • Contoh Teks Ulasan Novel Laskar Pelangi

Judul

Review Novel Laskar Pelangi

Isi

“Laskar Pelangi” ditulis oleh Andrea Hirata dengan 534 buku tebal yang berisi cerita yang sangat menarik. Kisah dalam “Laskar” Pelangi adalah kisah nyata tentang perjalanan seorang penulis dalam mengejar mimpinya ke negara Perancis. Kisah ini disebut-sebut sebagai film yang sangat menarik dari sutradara terkenal Riri Reza dan Mira Lesmana. Novel ini mampu membuat pembaca merasa seperti melayang dan dibawa ke dalam cerita.

Kisah “laskar Pelangi” berawal dari kehidupan seorang bocah lelaki bernama Ikal yang mulai sekolah harus menunggu sepuluh anak yang ingin bersekolah. Dengan cemas, Ikal, Sahara, Trapani, Kucai, Syahdan, Mahar, Lintang, Borek, A Kiong, Bu Mus, Pak Harfan dan orang tua mereka menunggu untuk melihat apakah ada satu orang lagi yang ingin bersekolah di SD Muhammadiyah. Ketika tidak sepuluh anak maka mereka tidak akan bisa bersekolah. Karena SD Muhammmadiyah akan selesai jika hanya memiliki siswa kurang dari sepuluh

siswa. Mereka menunggu begitu lama. Akhirnya, seorang pria berusia lima belas tahun yang cerdas dan agak lumpuh perkembangannya, kecuali SD Muhammadiyah. Ikal dan teman-temannya sangat senang. Mereka akhirnya bisa bersekolah di SD Muhammadiyah untuk mencapai impian dan tujuan bersama teman-teman mereka di Belitong.

Karakter utama dari cerita ini adalah Ikal, pintar, berani, dan mau belajar untuk mewujudkan mimpinya. Lintang adalah anak yang sangat rajin, jenius, berani tetapi ia harus keluar dari sekolahnya karena ayahnya meninggal ketika ia berlayar di laut. Bu Mus, wanita yang sangat baik dan banyak tokoh lainnya.

Gaya bahasa yang digunakan oleh Andrea Hirata dianggap gaya yang baik dan sangat menarik. Selain menggunakan bahasa Indonesia ia juga menggunakan bahasa Melayu yang membuat pembaca terlihat sedikit bingung dan harus berpikir keras untuk mengetahui arti dari bahasa tersebut. Plot cerita menggunakan plot campuran. Namun, Andrea Hirata lebih sering menggunakan plot Forward. Penulis menggunakan sudut pandang orang pertama karena, ia adalah karakter utama dari cerita tersebut.

Kesimpulan

Novel ini memiliki banyak saran untuk para pembaca. Andrea hirata mengajari kita untuk tidak menyerah, jika kita ingin mewujudkan impian kita. Selain itu, novel ini juga mengajarkan kita untuk menjadi teman yang baik dan saling membantu. Cerita ini menggunakan bahasa Melayu yang membuatnya sulit untuk dipahami. Namun, saya merekomendasikan Anda semua untuk membaca novel Laskar Pelangi.

  • Contoh Teks Ulasan Novel 99 Cahaya di Langit Eropa

Judul

Ulasan Novel 99 Cahaya di Langit Eropa

Isi

Buku itu jauh dari yang saya harapkan. Saya menangis, saya tersentuh melihat seberapa akurat situasi yang saya alami di sini di Jerman. Bukunya sangat populer dan cukup banyak beredar diberbagai daerah. Awalnya, saya pikir buku ini seperti buku Islami klise lainnya yang pernah saya tonton. Saya benar-benar salah. Ini lebih baik! Saya suka bagaimana cerita disusun yang entah bagaimana berkontribusi sedikit pada kedahsyatan ceritanya.

Pesan buku itu langsung masuk ke hati saya. Saya entah bagaimana malu bagaimana perilaku saya selama beberapa tahun terakhir berurusan dengan non-muslim. Adalah salah bagi saya untuk mengharapkan mereka memahami situasi saya, tetapi sebaliknya saya, duta besar Islam harus menjelaskannya dan membuat mereka mengerti. Jika saya merangkum seluruh buku dalam satu kalimat, saya akan mengatakan: buku ini memberi tahu kita bagaimana menjadi duta besar Islam terbaik.

Salah satu alasan mengapa saya sangat menyukai buku ini adalah bagaimana mereka meningkatkan setiap karakter. 4 karakter memberi saya kesan “Saya tahu orang yang sama!” perasaan. Karakternya adalah :

  1. Rangga, seorang muslim Indonesia yang mencoba menyeimbangkan studi dan kehidupannya sementara pada saat yang sama mengadaptasi Islam untuk hal itu.
  2. Khan, seorang muslim (teman dekat Rangga) yang berpikir bahwa ia harus membuang aspek kehidupan dan hanya fokus pada Islam ketika keduanya saling bertentangan.
  3. Stefan, teman Rangga yang selalu mengolok-olok dan mempertanyakan Islam.
  4. Fatma Pasha, seorang muslimah Turki yang mengalami beberapa kesulitan sebagai seorang Hijabi.

Kesimpulan

Dari masing-masing karakter ini, saya belajar banyak tentang Islam terutama tentang bagaimana berurusan dengan non-muslim dan bagaimana menyeimbangkan Islam dan kehidupan kita karena Allah melarang kita untuk mengabaikan salah satu dari itu dan hanya fokus pada satu aspek. Yang berarti, Allah meminta orang percaya-Nya untuk unggul dalam kehidupan dan aspek Islam sambil menjadikan Akhirat dan Berkat-Nya sebagai tujuan akhir kami. Hal penting lain yang saya pelajari adalah senyum dan kebaikan adalah cara terbaik untuk menghilangkan kebencian terhadap Islam dan Islamofobia.

Saya juga belajar banyak tentang sejarah Islam di Eropa. Saya tahu bahwa Islam berkontribusi banyak ke Eropa terutama selama Abad Kegelapan Eropa. Tapi saya tidak pernah tahu jejak Islam masih tersisa sampai sekarang. Beberapa tempat yang tak terduga bahkan muncul selama film yang menghubungkan tempat itu dengan Islam yang membuatku hanya berkata, “Oh, begitu!” dengan penuh hiburan dan kekaguman. Meskipun saya sudah mengunjungi semua tempat yang disebutkan dalam novel, saya entah bagaimana ingin mengunjunginya lagi tapi kali ini saya membawa serta pengetahuan dan perasaan baru saya.

Contoh Teks Ulasan Buku

Selain ulasan mengenai novel, teks ulasan juga mengulas mengenai buku-buku lain seperti buku non fiksi dan juga buku pelajaran. Berikut contohnya:

  • Contoh Teks Ulasan Buku Non Fiksi

Judul

“Happiness” oleh Richard Layard

Isi

Seperti beberapa buku terlaris terbaru lainnya seperti “Blink” dan “Freakonomics” ini adalah karya yang mengambil banyak temuan penelitian terbaru dalam ilmu sosial dan menyajikan kesimpulan dengan cara yang dapat dibaca dan diakses. Pokok masalah dalam kasus ini gagasan kebahagiaan pribadi  jelas sangat penting tetapi mungkin tampaknya tidak cocok untuk penelitian kuantitatif, tetapi Richard Layard pendiri Pusat Kinerja Ekonomi di London School of Economic berpendapat bahwa kami dapat mengukur kebahagiaan dan menentukan apa yang paling mempengaruhinya. Temuannya mungkin tampak jelas dan masuk akal tetapi menarik untuk memilikinya divalidasi oleh penelitian terbaru di bidang ekonomi dan psikologi.

Dia berpendapat bahwa tujuh faktor menonjol dalam mempengaruhi kebahagiaan: hubungan keluarga kita, situasi keuangan kita, pekerjaan kita, komunitas dan teman-teman kita, kesehatan kita, kebebasan pribadi kita dan nilai-nilai pribadi kita. Menariknya, kecuali untuk kesehatan dan pendapatan, mereka semua memperhatikan kualitas hubungan kita.

Dalam bab terakhirnya, Layard merangkum “dua belas kebenaran tentang kebahagiaan”: Kebahagiaan adalah kebenaran objektif dari semua pengalaman kita dan itu bisa diukur. Kita diprogram untuk mencari kebahagiaan karena umumnya apa yang membuat kita bahagia itu baik untuk kita. Oleh karena itu jelas bahwa masyarakat terbaik adalah yang paling bahagia dan kebijakan publik harus dinilai dengan bagaimana hal itu meningkatkan kebahagiaan manusia.

Masyarakat kita tidak akan menjadi lebih bahagia kecuali orang-orang setuju bahwa inilah yang kita inginkan terjadi. Manusia adalah makhluk yang sangat sosial dan karena itu persahabatan dan pernikahan membuat orang lebih bahagia. Sebagai makhluk sosial, kami ingin saling mempercayai dan oleh karena itu kebijakan publik yang mendorong kepercayaan seperti membangun keluarga dan komunitas yang stabil sangat penting.

Orang-orang sangat terikat pada status quo, sehingga fenomena seperti mobilitas sosial dan pekerjaan memiliki harga. Manusia juga sadar akan status sehingga pendapatan relatif mungkin lebih penting daripada pendapatan absolut dalam menentukan kebahagiaan.

Kesimpulan

Manusia bagaimanapun sangat mudah beradaptasi sehingga, ketika orang menjadi lebih kaya, mereka datang untuk menerima perbaikan seperti itu begitu saja. Penghasilan tambahan meningkatkan kebahagiaan lebih sedikit dan lebih sedikit, sehingga penghasilan tambahan untuk orang miskin memiliki efek yang jauh lebih besar pada kebahagiaan daripada pendapatan tambahan untuk orang kaya.

Kebahagiaan tergantung pada kehidupan batiniah Anda seperti halnya pada keadaan luar Anda dan hal-hal seperti pendidikan dan meditasi dapat meningkatkan diri batiniah ini.Kebijakan publik dapat dengan lebih mudah menghilangkan kesengsaraan daripada meningkatkan kebahagiaan, sehingga membantu mereka yang paling menderita – seperti orang yang sakit mental – harus menjadi fokus utama kebijakan sosial.

  • Contoh Teks Ulasan Buku Pelajaran

Judul

Review Buku Pembelajaran Tematik SD

Isi

Setiap pergantian menteri pendidikan kebanyakan peraturan juga banyak diganti termasuk buku pembelajaran untuk siswa sekolah. Buku-buku yang diedarkan mengikuti kurikulum yang diberlakukan. Saat ini buku pembelajaran yang diperuntukkan untuk siswa sekolah khususnya SD sudah berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya.

Jika sebelumnya buku pembelajaran dipisahkan sesuai dengan tema pelajaran, untuk yang sekarang semua tema pelajaran dijadikan dalam satu buku dengan judul “Tematik”. Jenis buku pembelajaran seperti ini tergolong baru dan butuh penyesuaian.

Ada beberapa kelemahan dan juga kelebihan buku ini. Kelemahannya adalah terkadang siswa kurang bisa fokus pada pelajaran yang diajarkan karena semua pelajaran ada di dalam satu buku. Untuk kelebihannya, jika guru bisa membimbing murid dengan baik maka dengan menggunakan buku ini bisa menghemat waktu belajar mengejar karena bukunya ditulis lebih efisien.

Kesimpulan

Pada akhirnya semuanya tergantung pada guru yang mengajar. Jika guru tidak bisa mengkondisikan keadaan maka kemungkinan besar waktu belajar mengajar menjadi tidak efektif. Jika guru bisa mengajar dengan baik maka buku tematik ini bisa sangat berguna untuk siswa dan siswa sekolah.

Contoh Teks Ulasan Cerpen

Seperti halnya novel, cerpen juga sering dijadikan bahan ulasan. Berikut contohnya:

  • Contoh Teks Ulasan Cerpen Malin Kundang

Judul

Review Cerpen Malin Kundang

Isi

Cerpen Malin Kundang adalah salah satu cerpen anak-anak yang sangat terkenal sejak zaman dahulu. Cerpen ini berdasarkan mitos masyarakat Indonesia yang percaya bahwa dahulu kala ada seorang anak yang mengabaikan ibunya sendiri dan berakhir mendapatkan hukum alam berubah menjadi batu selamanya. Kebenaran cerita ini masih menjadi misteri.

Cerpen ini bercerita bahwa ada seorang ibu yang memiliki anak laki-laki bernama malin. Mereka adalah ibu dan anak yang serba kekurangan kehidupannya. Dan ketika malin sudah dewasa dia merantau ke tempat yang sangat jauh. Beberapa tahun berlalu dan malin menjadi orang yang sukses serta disegani. Dia berlayar kembali ke kampung halamannya dengan istrinya. Ketika sampai ternyata dia bertemu seorang ibu yang tua renta yang ternyata adalah ibunya. Malin tidak mau menolak dia sebagai ibunya. Ibunya merasa sangat sedih dan berdoa semoga anaknya menerima balasan yaitu dikutuk menjadi batu. Tak lama kemudian ada bencana datang dan Malin Kundang telah menjadi batu untuk selamanya.

Kesimpulan

Ceritanya sangat menarik disimak karena mengandung konflik yang menyayat hati. Ini adalah salah satu cerita yang paling digemari oleh banyak kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Alur ceritanya runtut sehingga mudah dipahami oleh anak-anak. Ini adalah salah satu cerpen yang bisa dijadikan rekomendasi sebagai cerita pengantar tidur.

Contoh Teks Ulasan Film

Ulasan yang sering dicari selain ulasan novel dan buku adalah ulasan film. Apalagi jika film tersebut adalah film yang terkenal dan melegenda pasti banyak yang akan menulis teks ulasan mengenai film tersebut. Berikut contoh ulasannya:

  • Contoh Teks Ulasan Film Perahu Kertas

Judul

Ulasan Film Perahu Kertas

Isi

Perahu kertas menceritakan hubungan pasang surut antara dua manusia, yaitu Kugy dan Keenan. Kugy adalah sosok yang memiliki sifat yang seperti anak laki-laki dan selalu ceria. Karakter Kugy ini dibuat oleh penulis menjadi seseorang yang periang dan unik. Dia seorang penulis yang baik dan memiliki kebiasaan menulis kejadian dalam hidupnya pada selembar kertas yang dibentuk seperti kapal laut lalu dihanyutkan. Dalam film perahu kertas Keenan dan Kugy menjadi dua sosok yang sangat menarik satu sama lain.

Kesimpulan

Pada akhirnya, saya menyadari bahwa saya tidak suka “Perahu Kertas”. Sebagai film Indonesia terakhir yang ada di daftar pantauan saya, ini bukan cangkir teh saya. Paruh pertama terlalu hambar; terlalu berantakan. Tampaknya banyak hal yang terjadi pada saat yang bersamaan, tetapi kebenaran yang menyedihkan adalah bahwa film tersebut tidak berhasil menanggung semuanya. Saya pikir itu Reza Rahadian yang akhirnya menyelamatkan film ini dari menurun karena dari saat ia muncul untuk pertama kalinya sampai akhir, segalanya berjalan dengan baik.

  • Contoh Teks Ulasan Film Keluarga Cemara

Judul

Review Film Keluarga Cemara

Isi

Film-film keluarga diharapkan mencakup plot yang menghangatkan hati, humor luas untuk anak-anak dan pelajaran hidup untuk semua. Keluarga Cemara, sebuah adaptasi layar dari serial televisi populer yang ditayangkan pada 1990-an, menggabungkan semua ini tanpa banyak kejutan.

Disutradarai oleh Yandy Laurens, film ini mengikuti kisah Abah (Ringgo Agus Rahman) dan keluarganya. Setelah bangkrut, Abah memindahkan istrinya Emak (Nirina Zubir) dan dua putri mereka Euis (anggota JKT48 Adhisty Zara) dan Cemara (Widuri Putri Sasono) dari Jakarta ke sebuah desa kecil dekat Bogor, Jawa Barat.

Berjuang secara finansial, Abah bersedia melakukan apa saja untuk memberi makan keluarganya. Menyadari hal ini, Emak yang pengasih dan bijak mencoba yang terbaik untuk membantu Abah dengan menjual opak (keripik tepung jagung Sunda). Happy-go-lucky Ara memiliki waktu yang mudah untuk beradaptasi dengan situasi baru. Namun, ada hal-hal tidak mudah bagi Euis. Gadis remaja itu harus meninggalkan teman-temannya dan pindah ke sekolah baru yang jauh berbeda dari sekolah sebelumnya.

Meskipun Keluarga Cemara tidak menawarkan sesuatu yang baru, film ini cukup menyenangkan. Plotnya bergerak dengan lancar, setiap masalah dibahas satu per satu. Kadang-kadang, Ceu Salmah (Asri Welas) muncul di layar untuk memberikan humor.

Serupa dengan seri, film ini membahas nilai-nilai keluarga Indonesia, termasuk kebersamaan, kesederhanaan dan makna keluarga yang sebenarnya. Beberapa bagian cerita telah dimodifikasi untuk membuatnya lebih relevan dengan era saat ini; dalam versi baru, Abah bukan pengemudi becak dan ada adegan di mana Euis memanjat pohon untuk mendapatkan sinyal ponsel.

Penulis naskah Yandy dan Gina S Noer lebih fokus pada Abah dan Euis di antara tokoh-tokohnya. Pria biasa, Abah membuat keputusan buruk, tapi dia bukan orang jahat. Sementara itu, Euis adalah representasi dari seorang gadis remaja modern di era digital. Seorang gadis yang baik hati, dia hanya perlu lebih banyak waktu untuk memahami situasi baru keluarganya.

Dari segi plot, ceritanya cukup mudah ditebak. Namun, Yandy dan Gina berhasil menambahkan topik sensitif ke dalam campuran: menstruasi. Masalah ini jarang muncul di film-film lokal dan tidak semua wanita nyaman membicarakannya. Namun, plot membahasnya dengan ringan dan berisi informasi yang dapat dengan mudah dipahami oleh gadis remaja.

Kesimpulan

Singkatnya, Keluarga Cemara adalah film keluarga yang khas. Namun, pelajaran kehidupannya menjadikannya layak untuk ditonton, terutama jika Anda menontonnya bersama putri remaja Anda.

  • Contoh Teks Ulasan Film Dilan 1990

Judul

Review Film Dilan 1990

Isi

Dilan 1990 adalah film roman dari Indonesia, diproduksi oleh Falcon Pictures dan Maxima Pictures. Sutradara adalah Fajar Bustomi, yang menjadi direktur Get Married 5 (2015) juga. Film ini didasarkan pada novel Dilanku 1990 oleh Pidi Baiq. Itu adalah salah satu film Indonesia terlaris pada tahun 2018. Karakter utama film ini adalah Iqbal Ramadhan atau populer dengan Iqbal Coboy Junior sebagai Dilan dan Vanesha Prescilla atau orang-orang mengenalnya sebagai saudara perempuan dari Sissy Priscillia (seorang Aktris Indonesia juga), dia bermain sebagai Milea. Sasaran film ini adalah yang termuda dan dewasa. Orang-orang sangat tertarik dengan film ini, itulah sebabnya film ini telah ditonton hampir 7.000.000 hanya dalam tiga bulan.

Film ini berbicara tentang kisah cinta di sekolah menengah atas. Bocah bernama Dilan bertemu dengan siswa baru yang pindah dari Jakarta ke Bandung. Siswa itu bernama Milea, seorang gadis cantik dari kelas 2 Biologi 3. Pertemuan mereka sebenarnya unik dan berbeda dari kisah cinta biasa pada umumnya. Film ini menunjukkan karakterisasi Dilan sama seperti dalam versi novel. Dilan dan Milea bertemu di jalan sebelum mereka pergi ke sekolah. Singkatnya, mereka hanya saling jatuh cinta, bahkan Milea punya pacar di Jakarta. Ada beberapa bagian yang membuat film ini cocok untuk menjadi film yang bagus, bahkan dalam prolog, klimaks dan ending.

Sebenarnya, disini memiliki banyak karakter dalam film ini, seperti Brandon Salim sebagai Beni, Zulfa Maharani sebagai Rani, Yuriko Angeline sebagai Watu, Steffi Zamora sebagai Susiana, Omar sebagai Pian, Refal Hady sebagai Kang Adi, Giulio Parengkuan sebagai Anhar, Gusti Rayhan sebagai Akew, Debo Adryos Aryanto sebagai Nandan, dan lain-lain. Seperti kita ketahui bahwa film ini membawa suasana baru dari film Indonesia, karena kita dapat menemukan banyak karakter yang diperankan oleh aktor dan aktris baru di sana. Akting mereka di film ini benar-benar bagus dan mendapat respons terbaik dari penonton. Meskipun mereka termasuk aktor dan aktris terbaru, mereka dapat menerapkan karakterisasi ke dalam kinerja yang baik.

Performa mereka bagus dan sangat bagus karena banyak aspek. Pertama, casting mereka benar-benar sempurna. Kedua, mereka dapat meningkatkan karakterisasi karakter dari versi novel menjadi versi film. Ketiga, kostum mereka benar-benar serasi dan sesuai dengan karakter mereka di film ini. Itu karena film ini berbicara tentang kisah cinta di sekolah menengah atas, jadi kostumnya hanya seragam sekolah itu. Sementara itu, ada sesuatu yang unik dalam film ini. Dilan menggunakan jaket denim dalam suasana informal, itu menunjukkan karakter Dilan sama seperti dalam versi novel. Kemudian, bagian yang membuat film ini sempurna adalah tentang kisah Dilan 1990. Itu ditunjukkan oleh akting dari karakter utama dengan baik. Pada awalnya, Iqbal mewakili Dilan seprofesional seperti yang diceritakan Pidi Baiq dalam novelnya. Itu terlihat dari bahasa tubuhnya, cara dia melihat Milea. Juga, dalam adegan pertarungan; bahkan Iqbal atau Vanesha, akting mereka benar-benar sempurna.

Setelah itu, kami bergerak di musik latar. Soundtrack film ini adalah Dulu Kita Masih SMA oleh Pidi Baiq. Secara harfiah, saya pernah membahas lagu ini sekitar dua bulan yang lalu. Lagu ini secara harfiah menunjukkan bahwa Pidi Baiq benar-benar kehilangan atmosfer Dilan dan Milea dalam novelnya. Lagu-lagu lainnya adalah Rindu Sendiri, Kemudian Ini, Kaulah Ahlinya Bagiku, Itu Akan Selalu, dan lain-lain. Khusus untuk film ini, Iqbal Ramadhan merekam suaranya ke Rindu Sendiri. Seperti yang kita ketahui bahwa Iqbal adalah salah satu anggota Coboy Junior. Suasana dari film ini bagus tergantung pada soundtrack ini.

Sementara itu, ada sesuatu yang secara harfiah membuat film ini kurang sempurna. Ada perbedaan antara versi film dan novel. Dalam versi novel, kisah Dilan menjelaskan lebih detail daripada versi Film. Ada beberapa bagian yang tersedia dalam novel, tetapi dalam film tidak tersedia. Seperti, dalam versi novel, di bab 17 (Kang Adi), ada sedikit percakapan antara Kang Adi dan Milea, tetapi kami tidak dapat menemukannya di versi film. Juga, ada pengaturan yang berbeda antara film dan versi novel. Seperti, dalam adegan ketika Dilan datang ke rumah Milea saat makan malam. Dalam versi novel, Milea terus makan di kamarnya, tetapi dalam versi film Milea masih makan di ruang makannya. Sementara itu, itu tidak membuat film itu buruk, itu bisa menjadi koreksi untuk film ini.

Kesimpulan

Jadi, itulah sebabnya film ini direkomendasikan untuk orang termuda yang suka film romansa klasik. Dari satu hingga lima bintang, saya akan memberikan 3 bintang untuk film ini. Film ini juga memperkenalkan bahasa Sunda, itu menunjukkan bahwa film ini sangat peduli dengan budaya Indonesia. Sekali lagi, begitu bangga dengan film Indonesia, selalu mendukungnya. Itu semua dari saya.

  • Contoh Teks Ulasan Film Rudy Habibie

Judul

Ulasan Film Rudy Habibie

Isi

Siapa yang belum pernah mendengar tentang kisah romantis Romeo dan Juliet? Itulah kisah romantis yang dipahami semua orang. Sekarang, Indonesia memiliki film dengan perasaan menyentuh yang sama dengan karya agung Shakespeare. Ya, itu adalah film berjudul “Habibie and Ainun”. “Habibie dan Ainun” adalah film yang kisahnya diambil dari novel yang ditulis oleh Pak Habibie sendiri, yang menceritakan tentang kisah cinta dia dan istrinya, Ny. Ainun. Saya tidak tahu mengapa, saya sangat kagum dengan film ini yang dibuat dari sebuah novel. Inilah sinopsisnya.

Pasangan ini bertemu ketika mereka masih di sekolah menengah pertama pada tahun 1962, dan mereka bertemu lagi di Bandung. Habibie segera jatuh cinta pada Ms. Ainun, “gadis gula manis” nya. Tetapi bagi Habibie, dia tidak hanya mencintainya. Baginya, Ms. Ainun adalah sumber semangatnya untuk mendapatkan visi dan misinya. Mereka menikah dan tinggal di Jerman.

Memiliki mimpi tidaklah mudah. Mereka benar-benar tahu itu. Cinta mereka dibangun oleh waktu yang mereka habiskan untuk mencapai mimpi itu. Cuaca dingin Jerman, perjuangan, rasa sakit, kesepian, juga godaan kekuasaan dan kekayaan ketika mereka kembali ke Indonesia menjadi pengisi perjalanan hidup mereka.

Bagi Habibie, Ainun adalah segalanya. Ainun adalah mata baginya untuk melihat hidupnya. Bagi Ainun, Habibie adalah pengisi hatinya. Habibie adalah segalanya baginya. Tapi, setiap mimpi memiliki batas. Setiap cerita akan berakhir. Dan pada suatu titik, belahan jiwa ini menjadi rapuh. Apakah cinta mereka akan bertahan selamanya?

Film ini adalah film yang sangat bagus yang penuh dengan adegan romantis dan kami akan terus penasaran saat kami menontonnya. Setiap adegan sepertinya adalah kisah nyata dari karakter asli, Habibie. Cerita itu sendiri menarik dan berbeda dengan jenis cerita lainnya. Orang beriman dapat mendidik generasi muda untuk memiliki nasionalisme yang sama dan menjadi jujur ​​seperti yang dimiliki Habibie sebagai presiden dan suami.

Tapi, saya tidak merekomendasikan film ini untuk ditonton oleh anak-anak di bawah 15 tahun karena ada beberapa adegan yang tidak pantas dilihat oleh anak-anak. Lalu, film ini tidak sepenuhnya menceritakan kisah Habibie dan Ainun. Misalnya, film ini tidak menampilkan adegan Habibie dan Ainun ketika mereka berada di Batam. Dan juga, film ini hanya menceritakan kisah dari sisi baik, padahal sebenarnya, ada sisi buruk dari kehidupan Habibie.

Kesimpulan

Yah, meski begitu, cerita ini masih merupakan film yang sangat hebat yang bisa saya katakan film ini memiliki kualitas yang sama dengan Romeo dan Juliet. Bagi saya, kisah yang memadukan sisi romansa dan nasionalisme ini sangat menarik. Tanpa ragu, saya sangat merekomendasikan film ini.

Teks ulasan atau teks review seperti yang ada di atas cukup sering digunakan untuk mereview banyak karya. Teks ini sangat dibutuhkan oleh banyak orang karena dengan membaca review terlebih dahulu pembaca bisa memberikan penilaian mengenai karya tersebut sebelum membeli atau menikmati.

Untuk bisa menulis teks review yang bagus pelajari bagian-bagian penting teks ulasan yang sudah dijelaskan di atas. Semakin baik teks ulasan dibuat maka semakin baik pula rating pembaca.


Baca juga:

Content Protection by DMCA.com