Penulisan Pidato Singkat Berbagai Tema dan Contohnya

Posted on

Rollingstone.co.id – Pidato adalah bentuk perkataan yang disusun dengan baik agar dapat disampaikan dan diterima oleh khalayak. Pidato singkat sering kali digunakan dalam berbagai acara baik formal atau pun tidak. Tujuan utama dari pidato singkat adalah untuk menggambarkan gagasan kepada khalayak namun dengan mengambil intinya saja.

Untuk dapat menyampaikan pidato singkat ini setiap orang memiliki caranya masing-masing. Nah adapun untuk yang pemula, kali ini kami akan membagikan beberapa teks contoh pidato singkat yang bisa Anda ikuti. Jadi Anda tidak perlu takut dan khawatir untuk berbicara di depan umum.

Contoh Pidato Singkat

contoh-pidato-singkat

Beberapa contoh pidato singkat dibawah ini bisa diikuti untuk membantu Anda berbicara di berbagai forum. Kami sengaja mempersiapkan contoh-contoh pidato ini agar Anda tidak kebingungan menentukan konsep pidato yang mudah dan menarik. Langsung saja silahkan simak contoh-contohnya berikut ini:

Contoh Pidato Singkat Tentang Narkoba

contoh-pidato-singkat-tentang-narkoba

Assalamu’alaikum Wr Wb. Yang kami hormati kepala sekolah, bapak ibu guru, dan juga siswa-siswi sekalian.

Pertama-tama yang perlu saya sampaikan adalah rasa syukur atas ke-hadirat Allah SWT yang telah memberikan kita kesehatan sehingga kita dapat berkumpul di ruangan ini. Bapak ibu sekalian, di siang yang berbahagia ini izinkanlah saya untuk menyampaikan pidato singkat terkait dengan bahaya narkoba.

Hadirin sekalian, kita telah mengetahui bahwa ada fakta baru di negara kita, yaitu tentang jumlah pengguna narkoba yang sangat besar. Para pengedar narkoba sangat leluasa menjual dan membeli barang haram ini karena penegakan hukum di negara kita masih sangat lemah. Sehingga narkoba ini begitu mudah untuk didapatkan dan dikonsumsi.

Nah jika kita membicarakan dampak dari penggunaan narkoba tentunya sangat kompleks. Salah satu dampak yang sangat terlihat adalah adanya perubahan perilaku, menurunnya produktivitas, gangguan kesehatan dan masih banyak lagi. Dari berbagai bahaya yang ditimbulkan ini tentu narkoba harus benar-benar kita cegah penyebarannya.

Hadirin sekalian, sebenarnya penyalahgunaan narkoba ini dapat kita cegah melalui berbagai program. Pemerintah sendiri beserta lembaga-lembaga sosial telah melakukan beragam program untuk mencegah penggunaan narkoba di kalangan masyarakat. Antara lain program ini bertujuan untuk menjaga remaja kita dari pengaruh dan ajakan menggunakan narkoba.

Remaja kita harus diberi arahan terkait bahaya narkoba dan harus menyadarkan bahwa mereka adalah masa depan dari bangsa ini. Ajaklah mereka berdiskusi dan ikutkan mereka dalam penyuluhan untuk tidak menggunakan narkoba. Dengan demikian diharapkan generasi muda kita benar-benar jauh dari narkoba, bahkan kita harapkan mereka menjadi aktivis anti narkoba.

Demikianlah pidato singkat yang dapat saya sampaikan, semoga memerikan kontribusi terhadap pencegahan narkoba. Akhir kata, saya akhiri wassalamualaikum WR. WB.

Contoh Pidato Singkat Tentang Disiplin

contoh-pidato-singkat-tentang-disiplin

Assalmu’alaikum warahmatullah dan selamat siang semuanya. Yang saya hormati rekan-rekan guru sekolah ini dan yang saya cintai murid-murid sekalian.

Segala puji dan rasa syukur kita panjatkan kepada Sang Pencipta alam semesta ini, karena Dia-lah yang memberikan kita nafas dan kehidupan. Saya ucapkan juga terimakasih kepada bapak/ibu guru serta murid-murid sekalian karena telah bersedia hadir di ruangan ini. Nah dalam kesempatan kali ini saya ingin menyampaikan pesan terkait disiplin.

Di sekolah ini saya sering sekali menemukan murid yang masih melanggar aturan sekolah kita. Misalnya terkait waktu masuk sekolah, masih banyak murid yang datang ke sekolah tidak tepat waktu alias terlambat. Begitu pun terkait pakaian atau seragam, ada banyak murid yang tidak memerhatikan peraturan yang berlaku di sekolah.

Nah karena itulah, murid-murid yang saya cintai, mulai sekarang saya harap semuanya dapat mematuhi dan menjaga disiplin. Karena dengan disiplin kita dapat mengikuti program belajar dengan nyaman dan tenang. Kalian semua harus menyadari bahwa disiplin adalah hal yang sangat penting untuk kita semua.

Dengan melakukan hal-hal kecil terkait disiplin, hal itu akan berdampak besar terhadap kita semua. Karena itu saya harap semuanya bisa menjaga disiplin untuk masa depan kalian dan lebih luas lagi untuk kemajuan bangsa kita. Belajarlah sejak dini agar saat dewasa nanti kalian semua terbiasa disiplin dan memberikan dampak positif untuk kehidupan kalian.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan terkait disiplin di sekolah kita, semoga semuanya dapat memperhatikan dan mengambil pelajaran dari apa yang telah saya sampaikan. Ingat bahwa salah satu kunci untuk memperoleh kesuksesan adalah dengan disiplin. Disiplin yang dimaksud adalah terkait semua hal, baik dalam belajar atau pun bekerja.

Terimakasih atas perhatiannya, saya akhiri wassalamu’alaikum warahmatullah wabarokatuh.

Contoh Pidato Singkat Tentang Mencintai Tanah Air

contoh-pidato-singkat-tentang-Mencintai-Tanah-Air

Assalamualaikum W.W.

Selamat siang ibu/bapak guru dan teman-teman sekalian yang saya cintai.

Segala puji dan rasa syukur kita panjatkan kepada Allah SWT, karena Dia-lah yang memberikan kita nafas dan kehidupan. Saya ucapkan juga terimakasih kepada bapak/ibu guru serta teman-teman sekalian karena telah bersedia hadir di ruangan ini. Dalam kesempatan yang berbahagia ini saya ingin menyampaikan pidato terkait cinta tanah air.

Mencintai tanah air adalah kewajiban bagi setiap warga negara, karena mencintai tanah air adalah bentuk rasa terimakasih kita kepada para pahlawan yang rela gugur untuk meraih kemerdekaan. jasa-jasa mereka sudah tidak terhitung lagi, bahkan mereka rela tewas di medan pertempuran saat mengusir para penjajah.

Karena itulah kita harus mencintai tanah air, terus menjaga dan memperjuangkan nya untuk tetap eksis di atas permukaan bumi. Nah adapun bagaimana cara kita mencintai tanah air adalah dengan banyak cara. Salah satunya adalah dengan mencintai produk buatan negeri sendiri. Karena dengan begitu kita tanpa sadar telah membantu para pelaku usaha di negeri kita sendiri.

Akan tetapi bukan hanya itu, masih banyak lagi cara untuk mengekspresikan kecintaan kita kepada bangsa. Seperti halnya dengan menjaga lingkungan dan sumber daya alam merupakan bagian dari bentuk ekspresi cinta terhadap bangsa yang didirikan dengan pengorbanan yang sangat ini. Atau menjadi warga yang taat terhadap peraturan, hal itupun adalah bentuk kecintaan kita kepada bangsa.

Nah sekian banyak contoh kecintaan kita kepada negeri di atas, diharapkan menjadi bentuk rasa terimakasih kita kepada para pahlawan yang memiliki jasa atas kemerdekaan kita. Kita sekarang hanya menikmati kemerdekaan ini tanpa mengetahui bagaimana sulitnya berjuang di medan perang. Karenanya jadilah warga yang baik dan mencintai bangsa sendiri.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan. Terimakasih atas perhatiannya, saya akhiri pidato ini dengan mengucapkan “wassalamu’alaikum warahmatullah wabarokatuh”.

Contoh Pidato Singkat Terkait Pentingnya Internet

contoh-pidato-singkat-tentang-Pentingnya-Internet

Assalamualaikum W.W

Selamat siang hadirin sekalian yang berbahagia.

Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya sehingga kita bisa berkumpul dengan keadaan sehat seperti sekarang ini. Saya ucapkan juga terimakasih kepada hadirin serta teman-teman sekalian karena telah bersedia hadir di ruangan ini. Dalam kesempatan yang berbahagia ini saya ingin menyampaikan pidato terkait pentingnya teknologi internet.

Hadirin sekalian, internet sangat dibutuhkan di zaman sekarang ini untuk melakukan berbagai keperluan. Internet sekarang ini sudah memasuki lini penting dari kehidupan manusia sehingga kata “internet” sudah tidak lagi asing di telinga kita. Karena memang berbagai kegiatan dan pekerjaan bisa dikerjakan hanya melalui internet.

Internet telah mengalami perkembangan dan kemajuan yang pesat. Padahal kemunculan internet sebetulnya belum terlalu lama, akan tetapi karena adanya globalisasi membuat internet melaju dengan pesat dan hingga sekarang masih terus berkembang. Dahulu internet jarang sekali digunakan, tetapi sekarang internet telah menjadi kebutuhan primer bagi banyak orang.

Nah dengan semakin baiknya kemajuan teknologi internet ini diharapkan kita semua mampu memanfaatkannya secara maksimal. Jangan gunakan internet untuk kegiatan yang merugikan kita, seperti mengakses internet negatif dan melakukan penipuan. Tetapi jadikanlah kemajuan teknologi ini untuk membantu kebutuhan dan kegiatan kita terkait belajar atau pun bekerja.

Kesimpulannya adalah bahwa internet memiliki dampak positif yang sangat luas yang dapat kita manfaatkan untuk membantu persoalan dalam kehidupan. Harapan saya kepada teman-teman semua yaitu semoga dapat menggunakan internet ini dengan sebaik-baiknya.

Nah demikianlah yang dapat saya sampaikan terkait pentingnya teknologi internet dalam kehidupan kita. Terimakasih telah mendengarkan pidato singkat saya ini, semoga bermanfaat untuk kita semua. Saya akhiri, wassalamu’alaikum warahmatullah wabarokatuh.

Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan

contoh-pidato-singkat-tentang-Pendidikan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat siang bapak/ibu guru yang saya hormati dan murid-murid sekalian yang saya cintai.

Segala puji dan rasa syukur kita panjatkan kepada Allah yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga kita bisa berkumpul seperti sekarang ini. Saya ucapkan juga terimakasih kepada bapak/ibu guru dan murid-murid sekalian karena telah bersedia hadir di ruangan ini. Dalam kesempatan yang berbahagia ini saya ingin menyampaikan pidato terkait pendidikan.

Para hadirin, kita sekarang ini sedang mengalami krisis moral dan rusaknya pergaulan di kalangan remaja. Banyak orang telah meninggalkan nilai-nilai positif yang pernah diwariskan oleh para leluhur kita. Nilai tersebut sebetulnya adalah identitas dari eksistensi bangsa dan menjadi adab masyarakat yang harus kita jaga.

Akan tetapi karena adanya krisis moral maka nilai positif dari warisan tersebut menjadi hilang dan lenyap. Misalnya terkait isu pergaulan bebas atau perjudian dan segala macam, hal itu merupakan dampak dari merosotnya moral dari kalangan remaja. Karena itulah mengapa pendidikan sangat penting untuk menjaga moral di tengah era globalisasi ini.

Karenanya sebagai lembaga sekolah yang mengembang tugas mencerdaskan dan menjaga moral anak bangsa, sudah seharusnya kita bekerja ekstra untuk meningkatkan mutu anak didik kita. Kita harus menanamkan karakter dan contoh teladan yang baik terhadap mereka semua. Tugas ini bukan hanya diemban oleh guru agama, tetapi kita semua.

Barangkali cukup sekian yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membuka pemikiran kita terkait pentingnya pendidikan moral di sekolah. Hal yang perlu diingat bahwa guru bukan hanya menjadi penyampai ilmu dari buku, tetapi juga harus menjadi teladan yang baik untuk para murid.

Saya akhir, wassalamualaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Singkat Tema Kebersihan Lingkungan Sekolah

contoh-pidato-singkat-tentang-Kebersihan-Lingkungan-Sekolah

Assalau’alaikum warahmatullah wabarokatuh.

Selamat pagi ibu/bapak guru yang kami hormati, dan teman-teman sekalian yang sangat saya cintai.

Pertama-tama yang perlu saya sampaikan adalah rasa syukur atas ke-hadirat Allah SWT yang telah memberikan kita kesehatan sehingga kita dapat berkumpul di ruangan ini. Bapak ibu sekalian, di siang yang berbahagia ini izinkan saya untuk menyampaikan pidato singkat terkait dengan pentingnya menjaga kebersihan.

Seperti yang telah kita ketahui, hal yang sangat penting dan mencerminkan sekolah kita adalah terkait masalah lingkungan. Orang akan menilai sekolah kita yang pertama kali adalah tentang kebersihan. Jika bersih maka sekolah kita akan terasa nyaman dan enak dipandang, begitu pun sebaliknya.

Sudah seharusnya sekolah memiliki lingkungan yang bersih serta sejuk. Saya sebagai bagian dari keluarga sekolah ini sangat mengharapkan terwujudnya lingkungan yang bersahabat untuk para siswa. Karena dengan bersihnya lingkungan disekitar kita, sudah tentu akan menjadikan kita nyaman dan betah berada di sekolah.

Salah satu cara untuk menjaga lingkungan adalah dengan selalu memperhatikan disiplin masing-masing kelas. Hal itu terkait dengan disiplin menjalankan kewajiban piket dan bersih-bersih lingkungan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Bukan hanya itu, masing-masing dari kita juga harus saling sadar terhadap lingkungan, jangan membuang sampah sembarangan.

Hadirin sekalian, saya sangat berharap dengan adanya tindakan dari kita untuk menjaga kebersihan, dapat memberikan dampak positif untuk lingkungan. Karena memang kebersihan sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan kenyamanan kita semua.

Demikianlah pidato singkat yang dapat saya sampaikan, semoga bisa memotivasi kita semua untuk selalu menjaga kebersihan. Akhir kata, saya ucapkan Assalamu’alaikum WR. Wb.

Contoh Pidato Singkat Tema Persatuan

contoh-pidato-singkat-tentang-Persatuan

Assalamualaikum W.W

Selamat siang hadirin sekalian yang berbahagia.

Segala puji dan rasa syukur kita panjatkan kepada Allah yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga kita bisa berkumpul dengan keadaan sehat seperti sekarang ini. Saya ucapkan juga terimakasih kepada bapak/ibu guru serta teman-teman sekalian karena telah bersedia hadir di ruangan ini. Dalam kesempatan yang berbahagia ini saya ingin menyampaikan pidato terkait persatuan dan kesatuan.

Hadirin yang berbahagia, jika kita mengenang kembali bagaimana para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan sudah tentu kita akan menemukan bahwa semangat mereka begitu berapi-api. Semangat mereka begitu kuat untuk menjadikan bangsa ini bersatu. Karena dengan bersatu maka mereka mampu membangun kekuatan yang luar biasa.

Mereka sangat menginginkan bangsa ini menjadi bangsa yang satu dan menjadikan nusantara ini sebagai wadah yang mempersatukan berbagai suku. Karena itulah mereka selalu berteriak tentang persatuan dan perjuangan. Dengan bersatu maka mereka mampu berjuang dan mengalahkan para penjajah tanah air.

Bapak/ibu dan hadirin sekalian, itulah pentingnya persatuan yang telah diajarkan oleh para pendahulu kita. Harusnya kita mewarisi semangat persatuan mereka, menjaga hari-hari kemerdekaan kita dengan bersatu, membangun dan maju bersama-sama. Kita jangan sampai terpecah belah sehingga kita tidak lagi kuat.

Karena memang semangat 45 adalah semangat kebersamaan, semangat untuk mendirikan bangsa yang satu. Semangat itu bukanlah semangat perorangan atau hanya untuk kepentingan golongan tertentu. Maka dari itu, saya harap kita semua bisa tumbuh dalam lingkungan yang menjunjung tinggi persatuan.

Nah demikianlah pidato singkat yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Saya akhiri, wassalamu’alaikum WR. WB.

Contoh Pidato Singkat Tentang Hari Guru

contoh-pidato-singkat-tentang-Hari-Guru

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Saya ucapkan selamat siang kepada Bapak/Ibu sekalian serta siswa-siswi yang saya sayangi.

Allhamdulillah hari ini kita bisa bertemu dan berkumpul dengan keadaan sehat walafiat. Saya ucapkan juga terimakasih kepada hadirin dan siswa-siswi sekalian karena telah bersedia hadir di ruangan ini. Dalam kesempatan yang berbahagia ini saya ingin menyampaikan pidato terkait dengan hari guru.

Para hadirin yang berbahagia, di tanggal 25 November ini kita selalu memperingati hari guru. Hal itu merupakan bentuk rasa terimakasih kita kepada para guru yang telah berjuang untuk mencerdaskan bangsa. Dengan bimbingan dari guru-guru kita mengerti tentang banyak makna dari kehidupan yang kompleks ini.

Indonesia sebenarnya sangat kaya akan tenaga pendidik yang memiliki semangat tinggi mencerdaskan bangsa. Walaupun jika kita membicarakan kurikulum tentu masih jauh dari harapan. Kita masih harus terus berbenah diri dan membangun sistem pendidikan yang tepat dan dapat secara efektif mencerdaskan bangsa.

Hadirin yang berbahagia, di hari guru ini saya ingin memberikan sedikit pesan untuk kita semua para tenaga pengajar. Kita harus tetap berjalan bersama-sama dalam mengasuh anak didik kita. Kita bukan hanya sebagai guru yang memberikan materi dan ilmu dari buku, akan tetapi kita juga harus menjadi contoh teladan yang baik untuk semuanya.

Terakhir pesan saya, jadilah guru yang menyenangkan agar para siswa tidak terbebani belajar dengan kita. Nah demikianlah yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk kita. Saya akhiri, wassalamu’alaikum warahmatullah wabarokatuh.

Contoh Pidato Singkat Tema Pergaulan Bebas

contoh-pidato-singkat-tentang-Pergaulan-Bebas

Assalamualaikum wr, wb.

Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu yang saya hormati,

Pertama-tama yang perlu saya sampaikan adalah rasa syukur atas ke-hadirat Allah SWT yang telah memberikan kita kesehatan sehingga kita dapat berkumpul di ruangan ini. Bapak ibu sekalian, di siang yang berbahagia ini saya bermaksud ingin menyampaikan pidato singkat terkait dengan pergaulan bebas.

Hadirin sekalian, sebagaimana yang telah kita ketahui belakangan ini banyak sekali media informasi memberitakan terkait pergaulan bebas. Tentunya hal ini menjadikan kita sebagai orang tua sangat resah dan takut akan pergaulan anak-anak kita. Karena memang kita tidak bisa mengontrol sang anak 24 jam non-stop.

Nah, jika membicarakan apa saja yang menjadi faktor dari pergaulan bebas memang sangat banyak. Akan tetapi salah satunya adalah kurangnya kasih sayang dan arahan dari kedua orang tua. Bukan hanya itu saja, faktor lain adalah karena lingkungan yang buruk yang dapat mempengaruhi anak dan menjadikan mereka ter-dampak pergaulan negatif.

Karena itulah sebagai orang tua kita harus memberikan perhatian lebih kepada anak-anak kita dalam masalah pergaulan ini. Kita harus mengupayakan anak-anak kita mendapatkan pergaulan yang baik dan berdampak positif terhadap pertumbuhan mental mereka. Kita harus benar-benar memberikan kasih sayang dan arahan supaya mereka mendapatkan pergaulan yang tepat.

Dengan melakukan hal hal sederhana, berupa arahan dan kasih sayang, diharapkan dapat memberikan sesuatu positif kepada anak dan menghindarkan mereka dari pergaulan bebas. Sekiranya hanya itu yang dapat saya sampaikan, jika ada kekurangan dari apa yang saya sampaikan ini, mohon dimaafkan.

Wassalamualaikum wr, wb.

Contoh Pidato Singkat Peringatan Sumpah Pemuda

contoh-pidato-singkat-tentang-Peringatan-Sumpah-Pemuda

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi bapak ibu sekalian yang saya hormati.

Pada hari yang berbahagia ini marilah kita mengucap syukur atas limpahan rahmat dan kasih sayang Allah SWT. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada para hadirin sekalian karena telah bersedia hadir dan mengikuti acara. Nah pada kesempatan kali ini saya ingin menyampaikan pidato singkat terkait sumpah pemuda.

Hadirin yang berbahagia, hari ini adalah hari yang sangat berkesan untuk kita dan bangsa kita. Karena di hari ini kita sedang mengingat satu momen yang biasa disebut dengan Sumpah Pemuda. Hari ini kita bisa mengingat kembali perjuangan yang telah dilakukan oleh para pejuang untuk kemerdekaan.

Sumpah Pemuda mengajarkan kepada kita tentang semangat membela dan memperjuangkan bangsa Indonesia. Para pemuda selalu berpikir tentang bangsanya dan membela rakyat yang setia di bawah bendera merah putih. Semangat ini harus tetap ada hingga hari ini, jangan sampai hilang dan lenyap sehingga kita tidak punya lagi semangat perjuangan.

Semangat perjuangan yang dimaksud bukan hanya terkait peperangan melawan penjajah, akan tetapi adalah semangat belajar. Kita harus memiliki semangat belajar yang tinggi untuk meraih cita-cita. Karena tanpa semangat maka kita tidak akan mendapatkan apa yang telah kita mimpi-mimpi-kan.

Pesan saya yang terakhir adalah jangan bermalas-malasan, warisi-lah api semangat para pemuda terdahulu. Demikian yang dapat saya sampaikan, terimakasih atas perhatiannya. Saya akhiri wassalamu’alaikum warahmatullah wabarokatuh.

Contoh Pidato Singkat Tema Pentingnya Pendidikan Moral

contoh-pidato-singkat-tentang-Pentingnya-Pendidikan-Moral

Bismillahirrohmaanirrohiim

Assalamualaikum wr, wb

Selamat pagi bapak ibu sekalian yang saya hormati.

Pada hari yang berbahagia ini marilah kita mengucap syukur atas limpahan rahmat dan kasih sayang Allah SWT. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada para hadirin sekalian karena telah bersedia hadir. Nah di acara kali ini saya ingin menyampaikan pidato singkat terkait dengan pendidikan moral.

Bapak ibu, kita sering sekali melihat akhir-akhir ini perilaku buruk yang dilakukan oleh masyarakat kita, baik itu anak kecil, remaja atau orang dewasa sekalipun. Perilaku buruk ini meliputi banyak hal, seperti kasus kekerasan, pencurian, penipuan dan lain sebagainya. Tentunya perilaku buruk itu mendatangkan kerugian untuk kita dan juga terhadap keamanan negara.

Kita menyadari bahwa perilaku buruk tersebut akibat dari moral di masyarakat kita yang lemah. Karena itulah masing-masing kita harus mengambil tindakan untuk mendidik masyarakat dan memberikan arahan terkait pentingnya moral dalam hubungan sosial. Karena jika hanya memiliki kecerdasan tanpa adanya moral maka aturan di masyarakat akan sia-sia.

Pendidikan yang saya maksud bukan hanya tentang pelajaran yang hanya didapat di sekolah, akan tetapi kita pun harus menjadi teladan yang baik. Walaupun sebenarnya proses ini bukanlah proses yang mudah. Butuh waktu yang lama untuk mengajarkan mereka tentang moral yang baik.

Terakhir pesan saya adalah agar kita menerapkan pendidikan moral pada anak-anak dan keluarga terlebih dahulu, jagalah mereka supaya tidak rusak moral-nya. Nah demikianlah yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Akhir kalimat, saya ucapkan terimakasih atas perhatiannya dan saya ucpapkan wassalamu’alaikum warahmatullah wabarokatuh.

Contoh Pidato Singkat Tentang Anak yang Saleh

contoh-pidato-singkat-tentang-Tentang-Anak-yang-Saleh

Assalamualaikum W.W

Alhamdulillah, hamdan katsiran thoyyiban mubaraokan fiih. Ash-sholatu wassalam ‘ala sayyidina wamaulana Muhammad SAW.

Segala puji dan rasa syukur kita panjatkan kepada Allah yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya sehingga kita bisa berkumpul dengan keadaan sehat seperti sekarang ini. Saya ucapkan juga terimakasih kepada hadirin serta teman-teman sekalian karena telah bersedia hadir di ruangan ini. Dalam kesempatan yang berbahagia ini saya ingin menyampaikan pidato terkait tema anak saleh.

Para hadirin ikhwanul muslimin, jika membicarakan anak saleh, ada satu hal yang harus kita ketahui, yaitu bahwa doa anak saleh akan menjadi penolong kedua orang tua di alam kubur. Sangat beruntung-lah orang tua yang memiliki anak saleh. Hal itu karena ada banyak keutamaan yang bisa didapatkan oleh orang tua jika mereka berhasil mendidik anak-anaknya.

Ada sebuah hadits Nabi Muhammad yang menjelaskan tentang tiga perkara yang tidak akan terputus pahalanya walaupun orang tersebut telah meninggal. Tiga perkara tersebut adalah sedekah jariyah, kedua ilmu yang bermanfaat, dan yang ketiga adalah doa dari anak yang saleh.

Nah pada poin ketiga tersebutlah yang merupakan keutamaan dari anak yang dididik oleh orang tuanya hingga menjadi saleh. Karena usahanya lah menjadikan orang tua tersebut berhak mendapatkan doa yang baik dari anak-anaknya. Karenanya sangat beruntung sekali jika bapak ibu sekalian mampu mendidik anaknya menjadi anak yang baik.

Demikianlah pidato singkat yang dapat saya sampaikan terkait dengan anak saleh. Semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat untuk kita semua dan menjadikan kita lebih optimis untuk mendidik anak-anak kita lebih baik lagi.

Akhir kalimat, saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penyampaian ini, dan saya ucapkan wassalamu’alaikum warahmaatullah wabarokatuh.

Contoh Pidato Singkat Tentang Acara Halal Bi Halal

contoh-pidato-singkat-tentang-Acara-Halal-Bi-Halal

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pertama-tama marilah kita panjatkan rasa syukur atas ke-hadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat dan kasih sayangnya sehingga kita bisa berkumpul di siang yang berbahagia ini. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada para hadirin sekalian karena telah bersedia hadir di tempat ini. Izinkanlah pada hari ini saya menyampaikan pidato singkat terkait halal bi halal.

Hadirin sekalian, sudah pasti dalam kehidupan sehari-hari kita pernah berbuat salah terhadap sesama. Karena itulah sebagai kaum muslimin kita harus lapang dada dan memaafkan saudara-saudara kita yang pernah berbuat salah. Di hari yang berbahagia ini, rasanya sangat tepat jika kita saling memberikan kasih sayang dan melupakan kesalahan yang telah berlalu.

Baiklah hadirin semua, di acara ini kita akan mendengarkan langsung nasihat terkait halal bi halal yang akan disampaikan oleh ustadz … Saya atas nama panitia mengucapkan terimakasih atas kehadiran ustadz … karena telah bersedia memenuhi undangan kami. Semoga apa yang akan disampaikan nanti dapat menambah rasa ikhlas kita dan saling memaafkan terhadap sesama muslim.

Saya juga mengucapkan terimakasih atas kehadiran para jamaah sekalian untuk menyempatkan sedikit waktunya datang ke acara halal bi halal. Barangkali dalam penyambutan dan persiapan kami terdapat kekurangan, saya memohon maaf kepada ustadz dan hadirin semua. Semoga Allah SWT memberikan kita rahmat dan ampunan.

Terakhir pesan saya untuk kita semua adalah agar selalu menjaga persaudaraan tanpa memandang siapa orangnya. Demikianlah yang dapat saya sampaikan, akhir kata wassalamu’alaikum warahmatullah wabarokatuh.

Contoh Pidato Singkat Tentang Kesehatan

contoh-pidato-singkat-tentang-Kesehatan

Assalamualaikum Wr.Wb

Yang saya hormati Bapak/Ibu sekalian, serta teman semua yang saya cintai

Pertama-tama yang perlu saya sampaikan adalah rasa syukur atas ke-hadirat Allah SWT yang telah memberikan kita kesehatan sehingga kita dapat berkumpul di ruangan ini. Bapak ibu sekalian, di siang yang berbahagia ini izinkan saya untuk menyampaikan pidato singkat terkait dengan kesehatan.

Hadirin sekalian, kita sering sekali mendengar sebuah pepatah mengatakan bahwa didalam tubuh yang sehat juga terdapat jiwa yang kuat. Pepatah ini menyadarkan kita bahwa dengan mempunyai badan yang sehat akan memberikan dampak terhadap jiwa dan pikiran kita. Karena itulah, agar kita lebih produktif sudah seharusnya kita benar-benar menjaga kesehatan.

Tubuh yang sehat tentunya akan memberikan dampak positif, salah satunya adalah lebih mudah untuk berkonsentrasi dalam menyerap pelajaran atau pun bekerja. Karena memang tubuh yang sehat akan menjadikan otak kita dapat bekerja lebih optimal. Dengan demikian maka kita akan lebih produktif dalam segala aktivitas.

Dengan menjaga kesehatan bukan hanya berdampak baik untuk diri kita sendiri tetapi juga berdampak terhadap masa depan bangsa. Bangsa yang kuat tentunya dihuni oleh masyarakat yang kuat juga, baik dari segi fisik atau mental. Begitu pun sebaliknya jika bangsa tersebut dihuni oleh masyarakat yang lemah, maka bangsa tersebut tidak akan dapat berkembang.

Hadirin sekalian,demikianlah yang dapat saya sampaikan, semoga pidato singkat ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Saya akhiri, wassalamu’alaikum WR. WB.

Contoh Pidato Singkat Tema Budaya Membaca

contoh-pidato-singkat-tentang-Budaya-Membaca

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Selamat siang siang bapak/ibu yang saya hormati,

Pertama-tama marilah kita panjatkan rasa syukur atas ke-hadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat dan kasih sayangnya sehingga kita bisa berkumpul di siang yang berbahagia ini. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada para hadirin sekalian karena telah bersedia hadir di tempat ini. Izinkanlah pada hari ini saya menyampaikan pidato singkat tentang meningkatkan budaya literasi bangsa.

Hadirin sekalian, dunia ini begitu sangat luas, bahkan setelah banyak membaca kita hanya akan menyadari bahwa ilmu yang kita pelajari ini belum ada apa-apa. Karena itulah kita harus banyak membaca dan mencari ilmu sebanyak mungkin. Dengan ilmu banyak maka kita akan semakin bijak dalam menyikapi persoalan dalam hidup.

Tetapi jika Anda bukan orang yang hobi membaca, setidaknya Anda harus membiasakan diri untuk membaca. Anda bisa memulai membaca yang ringan-ringan, seperti novel, koran, berita di media internet dan lain sebagainya. Dengan kebiasaan seperti ini besar kemungkinan nanti Anda akan menjadi orang yang sangat gemar dalam membaca.

Membaca akan membuka kesadaran dan pengetahuan kita tentang apa saja yang ada di belahan dunia. Kita akan menyadari bahwa Amerika, Jepang dan Jerman telah mempunyai kemajuan yang signifikan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Terlebih jika Anda membaca buku-buku ilmiah, tentu hal itu akan semakin menambah ilmu Anda.

Terakhir, saya sangat menekankan kepada kita semua untuk senantiasa membiasakan membaca buku-buku. Hal itu semua akan berdampak positif untuk kita baik untuk masa sekarang atau masa depan. Demikianlah yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan bisa dipahami oleh kita semua.

Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarokatuh.

Contoh Pidato Singkat Tema Pentingnya Pendidikan

contoh-pidato-singkat-tentang-Pentingnya-Pendidikan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Selamat siang siang bapak/ibu yang saya hormati.

Pertama-tama marilah kita panjatkan rasa syukur atas ke-hadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat dan kasih sayang-Nya sehingga kita bisa berkumpul di siang yang berbahagia ini. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada para hadirin sekalian karena telah bersedia hadir di tempat ini. Izinkanlah pada hari ini saya menyampaikan pidato singkat tentang pentingnya pendidikan.

Hadirin sekalian, kita menyadari bahwa pendidikan sangat berpengaruh kepada pola pikir masyarakat. Karena itu, kita bisa melihat perbedaan antara orang yang memiliki pendidikan baik atau tidak hanya dari bagaimana cara mereka berpikir dan berperilaku. Bukan hanya itu, pendidikan juga akan menunjang terkait kehidupan kita di masa depan.

Disadari atau tidak pendidikan akan sangat memberi pengaruh terhadap kesejahteraan di tengah-tengah masyarakat. Jika kita memiliki pendidikan yang tinggi maka pola pikir kita pun akan semakin berkembang dan maju.  Karena itulah kita sangat mengharapkan generasi muda kita memiliki pendidikan yang tinggi untuk membangun bangsa.

Di Indonesia sendiri memiliki pendidikan formal 12 tahun yang wajib ditempuh oleh semua individu masyarakat. Hal itu untuk memberikan bekal kepada generasi muda kita dalam menghadapi persoalan di masa depan. Dengan pendidikan yang cukup juga diharapkan generasi muda dapat bersaing di era globalisasi ini.

Melihat pentingnya pendidikan untuk menghadapi tantangan, sudah tentu kita harus menjaga anak-anak kita agar dapat menyelesaikan pendidikan. Terlebih, akan lebih bagus jika mampu memberikan pendidikan yang lebih tinggi untuk mereka. Demikianlah yang bisa saya sampaikan terkait pentingnya pendidikan, semoga bermanfaat untuk bapak ibu dan hadirin sekalian.

wassalamu’alaikum warohmatullah wabarokatuh

Contoh Pidato Singkat Tema Kemajuan Teknologi

contoh-pidato-singkat-tentang-Kemajuan-Teknologi

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Selamat siang bapak/ibu dan hadirin sekalian.

Pada kesempatan yang berbahagia ini marilah kita panjatkan rasa syukur atas limpahan rahmat dan kasih sayang Allah sehingga kita bisa berkumpul dengan keadaan sehat walafiat. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada para hadirin sekalian karena telah bersedia hadir di tempat ini. Izinkanlah pada hari ini saya menyampaikan pidato singkat tentang kemajuan teknologi.

Para hadirin yang berbahagia, teknologi dibuat sebetulnya untuk memudahkan dan membantu berbagi pekerjaan manusia. Dengan menggunakan teknologi maka persoalan dapat diselesaikan dengan lebih efisien dan tidak membutuhkan tenaga yang lebih. Akan tetapi kemajuan ini harus tetap beringan dengan moral dan nilai positif.

Contohnya terkait teknologi robot kecil yang digunakan untuk membantu para dokter dalam pengobatan penyakit. Teknologi ini tentunya sangat kita harapkan, karena akan lebih banyak membantu pasien. Selain itu, masih banyak lagi kemajuan teknologi yang bermanfaat untuk manusia, sehingga teknologi seperti ini sangat diharapkan perkembangannya.

Sisi positif dari perkembangan teknologi begitu banyak, sehingga sekarang pertumbuhannya begitu pesat. Kita sebagai warga Indonesia harus menyadari kemajuan ini dan harus menjadi bagian dari perubahan dunia. kumpulkan lah ilmu sebanyak mungkin kemudian berkarya-lah untuk bangsa dan negara.

Terakhir pesan yang dapat saya sampaikan adalah, jangan putus asa walaupun kita masih ketinggalan jauh oleh negara-negara maju. Akan tetapi jadikanlah itu cambuk semangat untuk kita terus belajar dan berkarya. Nah semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat untuk hadirin sekalian.

wassalamu’alaikum warohmatullah wabarokatuh.

Contoh Pidato Singkat Ajakan Mencintai Produk Buatan Negeri

contoh-pidato-singkat-tentang-Ajakan-Mencintai-Produk-Buatan-Negeri

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Bapak/Ibu dan hadirin sekalian yang saya hormati,

Pada kesempatan yang berbahagia ini marilah kita panjatkan rasa syukur atas limpahan rahmat dan kasih sayang Allah sehingga kita bisa berkumpul dengan keadaan sehat walafiat. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada para hadirin sekalian karena telah bersedia hadir di tempat ini. Izinkanlah pada hari ini saya menyampaikan pidato singkat mencintai produk dalam negeri.

Bapak/ibu sekalian, kita mengetahui bahwa Indonesia adalah negeri yang sangat kaya. Bayangkan saja untuk membuat suatu produk kita tidak perlu mencarinya keluar negeri, di Indonesia sendiri bahan baku tersebut sangat banyak dan melimpah. Sehingga sekarang banyak sekali hasil karya anak bangsa yang telah mendunia.

Contohnya saja produk jam kayu yang telah diekspor ke luar negeri dan sangat diterima disana. Artinya bahwa kita punya potensi untuk menjadi bangsa yang besar dan kaya, asalkan kita mampu mengolah kekayaan ini secara maksimal. Sebenarnya kita mampu bersaing dengan negara-negara yang maju dalam penyediaan berbagai produk.

Nah sebagai warga negara yang baik kita juga harus mendukung progres kemajuan ini dengan cara mencintai produk-produk dalam negeri. Belilah produk-produk tersebut sehingga para pengrajin memiliki pasar di negeri sendiri, jadi produk tidak hanya dijual ke luar negeri. Dengan begitu secara tidak langsung kita juga telah memberikan semangat untuk kemajuan produksi di negeri kita.

Pesan saya yang terakhir untuk kita semua adalah teruslah mendukung dan mencintai produk dalam negeri. Jangan sampai produk negeri sendiri tidak laku di tanah pembuatan nya. Nah demikianlah yang dapat saya sampaikan, dan terimakasih atas perhatiannya.

Wasslamu’alaikum warohmatullah wabarokatuh.

Contoh Pidato Singkat Ajakan untuk Menanam Tumbuhan

contoh-pidato-singkat-tentang-Ajakan-Menanam-Tumbuhan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Bapak/Ibu dan hadirin sekalian yang saya hormati.

Pada kesempatan yang berbahagia ini marilah kita panjatkan rasa syukur atas limpahan rahmat dan kasih sayang Allah sehingga kita bisa berkumpul dengan keadaan sehat walafiat. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada para hadirin sekalian karena telah bersedia hadir di tempat ini. Izinkanlah pada hari ini saya menyampaikan pidato singkat tentang ajakan menanam tumbuhan.

Ibu/bapak dan hadirin yang berbahagia, perlu kita ketahui bahwa tanaman dapat menghasilkan oksigen untuk kebutuhan hidup kita. Dengan adanya oksigen yang segar maka kualitas hidup kita akan semakin membaik. Begitu pun sebaliknya, jika oksigen yang kita hirup telah tercampur polusi dan racun maka kualitas hidup kita pun akan menurun.

Karena itulah kita harus menanam tumbuhan yang baik untuk oksigen. Dengan banyaknya tumbuhan di sekitar lingkungan kita maka udara pun akan terasa segar dan nyaman. Tidak perlu harus memiliki lahan yang luas, tetapi di rumah yang mungil pun kita dapat menanam tumbuhan hijau dengan memanfaatkan banyak cara.

Salah satu tanaman yang bagus untuk menyerap udara yang telah ter-kontaminasi polusi adalah tanaman Areca Palm. Keunikan dari tumbuhan ini adalah mampu menyerap udara kotor akibat polusi asap kendaraan atau pabrik di sekitar rumah Anda. Bukan hanya itu, tanaman jenis ini juga dapat menyerap xylene dan toluene secara efisien dibandingkan dengan tanaman lainnya.

Sebenarnya masih banyak tumbuhan lain yang dapat Anda tanam di sekitar rumah. Anda bisa memanfaatkan ruang kecil di depan rumah untuk diisi dengan tanaman hijau yang bermanfaat bagi kesehatan udara. Nah demikianlah pidato singkat yang dapat saya sampaikan dalam pembukaan acara ini dan terimakasih atas perhatian bapak ibu sekalian.

Saya akhiri, Wassalamu’alaikum warohmatullah wabarokatuh

Contoh Pidato Singkat Tema Kenakalan Remaja Sekarang

contoh-pidato-singkat-tentang-Kenakalan-Remaja
Dua kelompok pelajar SMK terlibat tawuran di Jalan Matraman Raya, Jakarta Timur, Kamis (28/8). Dua kelompok pelajar tersebut sailing serang menggunakan senjata tajam dan lempar batu, tidak Ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. SP/Joanito De Saojoao.

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang saya hormati ibu dan bapak guru serta yang saya cintai teman-teman sekalian.

Pertama-tama yang perlu saya sampaikan adalah rasa syukur atas ke-hadirat Allah SWT yang telah memberikan kita kesehatan sehingga kita dapat berkumpul di ruangan ini. Bapak ibu sekalian, di siang yang berbahagia ini izinkan saya untuk menyampaikan pidato singkat terkait dengan kenakalan remaja.

Ibu, Bapak dan teman-teman sekalian, tentunya kita sudah mengetahui berbagai macam kenakalan anak remaja sekarang ini. Kenakalan tersebut antara lain seperti merokok atau yang lebih parah yaitu penggunaan narkotika. Selain itu semua, masih banyak lagi kenakalan remaja yang sering kita temui.

Kenakalan remaja ini telah meliputi berbagai aspek, mulai dari pergaulan bebas, geng motor, perjudian dan lain sebagainya. Tentunya kita sangat resah dengan keadaan yang sulit untuk diatasi. Karena itulah, mari kita sama-sama menyadari tentang perilaku buruk ini serta berbuat perubahan untuk masa depan kita semua.

Gunakan lah masa muda kita untuk melakukan hal-hal yang baik, mengejar mimpi dan berbuat baik kepada sesama. Kita harus benar-benar memilih aktivitas yang bermanfaat dan berdampak positif kepada diri kita. Jangan sia-siakan waktu kita untuk sesuatu yang tidak bermanfaat atau bahkan merusak masa muda kita.

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan terkait kenakalan remaja yang harus kita hindari bersama-sama. Ingat bahwa  tidak ada orang tua yang menginginkan anaknya menjadi orang yang buruk. Nah semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat untuk kita semua.

Akhir kata, saya akhiri wasslamu’alaikum warahmatullah wabarokatuh.

Contoh Pidato Singkat Ajakan untuk Membuang Sampah Pada Tempatnya

contoh-pidato-singkat-tentang-Ajakan-untuk-Membuang-Sampah-Pada-Tempatnya

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Bapak/Ibu dan hadirin sekalian yang saya hormati.

Pada kesempatan yang berbahagia ini marilah kita panjatkan rasa syukur atas limpahan rahmat dan kasih sayang Allah sehingga kita bisa berkumpul dengan keadaan sehat walafiat. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada para hadirin sekalian karena telah bersedia hadir di tempat ini. Izinkanlah pada hari ini saya menyampaikan pidato singkat terkait ajakan untuk membuang sampah pada tempatnya.

Kita menyadari bahwa di Indonesia kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya masih begitu rendah. Sehingga banyak sekali kita temui sampah-sampah di jalan yang mengganggu kenyamanan dan kebersihan di lingkungan. Bahkan kita sering menemui tumpukan sampah yang telah membusuk, yang sebenarnya itu juga dapat membahayakan kesehatan kita.

Memang untuk membangun kesadaran terkait membuang sampah pada tempatnya ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Kita harus memulai dari langkah kecil yaitu dengan mengajak anak-anak dan keluarga kita untuk disiplin saat membuang sampah. Berikanlah contoh baik kepada mereka dengan terlebih dahulu kita yang melakukan perbuatan tersebut.

Kemudian ajaklah mereka untuk membiaskan diri membuang sampah pada tempat yang semestinya. Ajarkan pula mereka bagaimana cara memisahkan sampah organik dan non organik agar mereka mengerti kemana harus membuang sampah nantinya. Dengan melakukan hal kecil tersebut sebenarnya kita  telah memulai sesuatu yang besar.

Pesan saya untuk kita semua adalah, jangan menyepelekan sampah kecil sekalipun sehingga kita sembarangan membuang sampah tersebut. Tetapi letakkanlah sampah sesuai dengan tempatnya. Nah demikianlah pidato singkat terkait membuat sampah yang dapat saya sampaikan dan terimakasih atas segala perhatian hadirin sekalian.

Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarokatuh

Contoh Pidato Singkat Lucu Menarik dan Tidak Membosankan

Assalamualaikum Warrahmatuloh Wabarakatuh. Pergi ke pasar beli pisang, eh pas sampai pasar malah beli lemari. Saya ucapkan selamat datang, terimakasih juga untuk yang sudah kemari.

Puji syukur kita panjatkan atas ke-hadirat Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat kesehatan. Alhamdulillah hari ini kita bisa berkumpul di ruang ini dengan keadaan bernafas, benarkan semua hadirin masih bernafas? Yang sudah tidak bernafas coba angkat tangan ya.

Hadirin yang berbahagia, pada kesempatan kali ini saya ingin menyampaikan pidato singkat tentang keikhlasan. Tapi, barangkali ibu bapak bertanya dimana sih letak keikhlasan itu, apakah di kantong, di koper atau di jalan raya? Letak ikhlas itu tentu bukan disana ya, tetapi keikhlasan itu berada di dalam jiwa.

Kita harus menyadari bahwa setiap ketentuan dari Sang Mahakuasa untuk kita pastilah baik. Karena itu, apapun yang terjadi di dalam hidup kita harus terima dan kita ikhlas kan tanpa perlu memikirkan nya terlalu panjang sehingga membuat kita pusing. Karena kita pasti akan bahagia jika hidup penuh dengan keikhlasan.

Nah oleh sebab itulah, kita harus belajar ikhlas terhadap sesuatu, baik itu tentang barang yang hilang atau pun mimpi kita yang belum tercapai. Kalau kata Dilan yang berat itu rindu, tapi kalau kata saya perkara ikhlas pun bisa lebih berat dari pada rindu sama seseorang. Coba kita bayangkan saja ketika baru punya HP baru terus hilang, duh rasanya pasti menyakitkan.

Jadi untuk bisa ikhlas kita memang butuh belajar terus menerus, kita harus menyadari bahwa apa yang kita miliki ini sejatinya bukanlah milik kita. Pesan saya yang terakhir pada kesempatan kali ini adalah mari kita berusaha terus menjadi pribadi yang lebih baik, khususnya dalam perkara ikhlas ini. Demikianlah yang dapat saya sampaikan semoga ini semua bermanfaat untuk saya dan kita hadirin sekalian.

Wassalamu’alaikum warahmatullah WB.

Contoh Pidato Singkat Perpisahan

Contoh-Pidato-Singkat-Perpisahan

Assalamualaikum Warrahmatuloh Wabarakatuh

Yang saya hormati kepala sekolah bapak …, wakil kepala sekolah bapak …, dan para guru sekalian yang telah mendidik saya selama ini. Begitu pun yang saya cintai teman-teman sekalian yang telah berjuang serta belajar bersama-sama di sekolah ini.

Pertama-tama saya ucapkan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kita rahmat dan kesehatan sehingga kita bisa berkumpul di kelas ini dengan berbahagia. Saya ucapkan juga rasa terimakasih atas kehadiran guru-guru dan teman semua di acara ini. Pada kesempatan ini izinkanlah saya menyampaikan pidato perpisahan atas selesainya program belajar kami selama tiga tahun ini.

Hadirin yang berbahagia, tentunya sudah banyak sekali cerita dan kenangan yang telah kita lalui bersama-sama. Kita sadar bahwa kita pasti akan berpisah, dan kenangan-kenangan itu semoga bisa kita simpan di dalam hati dan menjadi cerita di kemudian hari. Besok mungkin masing-masing kita akan memulai cerita baru lagi, di kampus dan bersama teman-teman baru.

Teman-teman sekalian, lanjutkan lah mimpi kita menuju perguruan tinggi, jangan berhenti disini, mimpi kita masih terlalu jauh. Tapi jangan sampai kita melupakan jasa-jasa guru kita yang telah mengajarkan banyak ilmu. Ilmu itu adalah bekal untuk kita di masa depan nanti, agar kita bisa menghadapi berbagai persoalan yang kompleks di kemudian hari.

Pesan saya yang terakhir, carilah teman baru, ajaklah mereka berlari bersama-sama untuk meraih mimpi-mimpi. Akan tetapi, jangan lupakan kami, teman yang setia selama tiga tahun bersama-sama berjuang di sekolah ini. Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan, semoga motivassi untuk kita semua agar menjadi lebih baik lagi di kemudian hari.

Wassalamu’alaikum warahmatullah WB.

Contoh Pidato Ceramah Singkat Agama Tentang Sabar

Contoh-Pidato-Ceramah-Singkat-Agama-Tentang-Sabar

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Segala puji kita panjatkan kepada Allah SWT, karena atas kehendak-Nya lah kita bisa berkempul di ruangan ini dengan keadaan sehat walafiat. Shalawat serta salam tetap dilimpahkan kepada baginda Nabi Muhammad SAW, yang telah menunjukkan kita jalan kebenaran dengan izin Allah SWT.

Hadirin yang berbahagia, pada kesempatan yang berbahagia ini saya ingin menyampaikan pidato singkat tentang kesabaran. Karena memang sifat sabar ini sudah seharusnya dimiliki oleh kita semua untuk kebahagian dunia dan akhirat. Orang yang sabar memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah mendapat kecintaan dari Allah SWT.

Kita harus menyadari diri kita sendiri agar lebih mudah untuk menghadapi cobaan ketika musibah datang. Kita harus tahu bahwa segala cobaan tersebut sejatinya mampu kita hadapi, asalkan kita jangan putus asa. Sabarlah dengan cara berjuang, karena Allah tidak akan memberikan cobaan di luar kemampuan hamba-Nya.

Di dalam Al-Qur’an sendiri banyak sekali ayat-ayat yang berkaitan dengan kesabaran. Bahkan saat kita meminta pertolongan kepada Allah kita dianjurkan untuk sabar dan shalat. Artinya bahwa sabar itu memiliki urgensi yang sangat penting untuk kemaslahatan hidup kita.

Percayalah bahwa kesabaran akan menuntun kita menuju jalan kebaikan dan kebahagian. Kesabaran disini bukan hanya tentang cobaan, tetapi juga kita harus bersabar dalam belajar, sabar dalam bekerja, sabar dalam mendidik anak-anak dan lain sebagainya. Karena dari semua itu sering kali kita menemukan kejenuhan sehingga bosan dan tidak sabar.

Hadirin yang berbahagia, demikianlah yang dapat saya sampaikan terkait pidato agama tentang kesabaran. Semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat dan bisa diambil hikmahnya. Saya akhiri, wassalamu’alaikum warahmatullah WB.

Penutup

Demikian lah beberapa contoh pidato singkat yang bisa Anda ikuti. Yang perlu Anda ketahui bahwa setiap orang memiliki cara penyampaian yang berbeda-beda, sehingga Anda jangan terpaku dengan contoh teks diatas. Anda bisa meng-improvisasi sesuai dengan karakter Anda. Tapi jangan juga berlebihan, sampaikanlah pesan sesuai dengan porsinya.

Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang membutuhkan. Jangan lupa juga untuk membagikan informasi ini kepada teman dan keluarga Anda. Sukses selalu!!


Baca juga:

Content Protection by DMCA.com