Pengertian Teks Eksposisi dan Contohnya

Posted on

Rollingstone.co.id – Informasi menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa setiap orang membutuhkan informasi baik dalam lingkup yang kecil seperti hubungan antara dua orang hingga lingkup yang lebih besar. Informasi bisa disampaikan dalam berbagai jenis teks dan salah satunya adalah teks eksposisi.

Teks eksposisi banyak digunakan untuk menjelaskan suatu informasi layaknya jenis teks lainnya seperti teks deskripsi, teks narasi, atau teks prosedur. Pada dasarnya setiap teks yang menyampaikan informasi tertentu memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk menjawab pertanyaan, apa, kapan, siapa, dimana, mengapa, dan bagaimana.

Dalam penulisan teks eksposisi tentu harus mengikuti unsur dan kaidah penulisan teks eksposisi yang benar dan sesuai. Fakta dan informasi yang ada biasanya dikembangkan dengan bahasa yang lugas, singkat, dan jelas agar maksud dan tujuannya dapat tersampaikan dengan baik.

Pengertian Teks Eksposisi

pengertian-teks-eksposisi

Sebuah tulisan bisa dikatakan sebagai teks eksposisi jika di dalam tulisan tersebut mengandung suatu fakta dan informasi yang dikembangkan dalam sebuah paragraf. Teks ini memberikan informasi yang jelas agar pembaca dapat memperoleh informasi dan pengetahuan dari apa yang dijelaskan dalam teks tersebut.

Teks eksposisi banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari dan biasanya digunakan untuk menulis suatu berita, anjuran, ilmu pengetahuan, dan informasi penting lainnya dalam bidang tertentu. Teks jenis ini bisa ditulis dengan menggunakan media cetak seperti majalah dan surat kabar maupun media digital seperti website dan media sosial.

Pengertian teks eksposisi secara terminologi adalah teks yang mengandung sejumlah informasi tertentu yang ditulis dengan ringkas dan jelas serta bersifat mengajak atau persuasif. Teks eksposisi biasanya membahas suatu topik yang sifatnya menarik untuk dibaca dan memberikan pengetahuan kepada pembaca.

Hampir setiap bidang dalam kehidupan sehari-hari informasinya disampaikan dan ditulis dalam bentuk eksposisi. Mulai dari bidang kesehatan, ekonomi, politik, lingkungan, berita, pendidikan, kecantikan, dan lain sebagainya. Setelah membaca teks berbentuk eksposisi, diharapkan pembaca bisa mendapatkan informasi yang berharga.

Pengertian Teks Eksposisi Menurut Para Ahli

Teks eksposisi sering dijumpai dalam bentuk tugas sekolah, karya ilmiah, berita di internet, makalah, maupun tulisan-tulisan lainnya. Bahkan teks jenis ini sudah masuk sebagai salah satu pokok bahasan pelajaran Bahasa Indonesia. Untuk memahami lebih lanjut pengertian teks eksposisi, berikut ini pendapat dari beberapa ahli:

  1. Menurut Keraf (1995 : 7)

Keraf berpendapat bahwa teks eksposisi adalah suatu teks yang berisi wacana untuk menguraikan objek tertentu dengan tujuan untuk memberi pengetahuan dan memperluas pandangan pembaca. Dalam hal ini, eksposisi memiliki tujuan utama sebagai pemberi informasi tanpa mempengaruhi atau mengubah sikap pembaca.

  1. Menurut Alwasilah (2005 : 111)

Menurut Alwasilah, teks eksposisi adalah suatu tulian yang memiliki tujuan untuk menjelaskan, mengklarifikasi, mendidik, dan mengevaluasi suatu masalah. Tujuan penulis membuat teks eksposisi ini adalah untuk memberi informasi dan memberi petunjuk kepada pembaca.

  1. Menurut Nasucha (2009 : 50 )

Teks eksposisi menurut Nasucha adalah paragraf atau teks yang berisi pemaparan, informasi, penjelasan, pengajaran, dan keterangan akan sesuatu tanpa disertai desakan kepada pembaca untuk menerima atau mengikuti. Tujuan utama dibuatnya teks ini adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca.

Teks jenis ini biasanya digunakan untuk menyajikan ilmu pengetahuan, pengertian, definisi, metode, langkah-langkah, atau proses terjadinya sesuatu. Contoh: artikel kesehatan, tips dan trik, pengertian ekonomi, fungsi suatu benda tertentu, dan lain sebagainya.

Tujuan dan Fungsi Teks Eksposisi

Tujuan-dan-Fungsi-Teks-Eksposisi

Setiap penulis atau pembuat teks eksposisi tentu memiliki tujuan yang ingin dicapai melalui apa yang dituliskannya. Berikut ini beberapa tujuan dan fungsi teks eksposisi yang ditujukan baik untuk pembaca maupun penulis:

  1. Sebagai sarana untuk memberikan suatu informasi agar dapat meningkatkan wawasan pengetahuan kepada para pembaca
  2. Sebagai media untuk menerangkan, menyampaikan, mengungkapkan, dan menguraikan sesuatu gagasan atau pokok-pokok pikiran tertentu yang sifatnya non-fiksi dan didasari dengan argumen yang kuat
  3. Menjelaskan pengembangan paragraf dari suatu informasi yang akan disampaikan
  4. Memberikan kemudahan kepada para pembaca untuk dapat memahami informasi tertentu dengan penjelasan yang singkat, lugas, dan jelas
  5. Menyampaikan update suatu berita agar pembaca tidak ketinggalan informasi
  6. Sebagai bahan untuk pembahasan suatu karya ilmiah

Ciri-ciri Teks Eksposisi

ciri-ciri-teks-eksposisi

Seperti halnya teks-teks lain yang berupa teks deskripsi, narasi, maupun prosedur, teks eksposisi juga memiliki ciri khas yang membedakannya dengan jenis teks lainnya. Berikut ini ciri-ciri teks eksposisi, di antaranya adalah:

  • Bahasa yang digunakan adalah bahasa baku atau formal dan biasanya menghindari jenis bahasa santai, alay, dan non-formal
  • Membahas informasi yang merupakan fakta yang valid dan bukan sekedar karangan atau opini yang bersifat fiktif
  • Informasi yang disampaikan biasanya merupakan pengetahuan atau wawasan yang bersifat informatif
  • Informasi yang disampaikan menjawab persamaan dasar tentang apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana
  • Memaparkan informasi secara singkat, padat, lugas, jelas, detail, dan gamblang
  • Memiliki sifat persuasi informatif atau ajakan, netral, dan objektif atau tidak ada kecenderungan memihak siapapun

Unsur-unsur Teks Eksposisi

unsur-unsur-teks-eksposisi

Dalam penulisan teks eksposisi, maka harus diperhatikan unsur-unsur yang harus terkandung di dalam kalimatnya. Mulai dari jenis kata hingga struktur kalimat yang digunakan. Setidaknya sebuah kalimat eksposisi harus mengandung 3 hal utama agar makna yang disampaikan bisa dipahami oleh pembaca, di antaranya:

  1. Pronomina (kata ganti)

Kata ganti atau pronomina merupakan jenis kata yang dapat digunakan untuk mengganti frasa nomina atau nomina. Pronomina terbagi menjadi dua jenis, yaitu sebagai berikut:

  1. a. Pronomina Persona (kata ganti orang)

Kata ganti orang sendiri dibagi lagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Persona tunggal, contohnya aku, kamu, Anda, dia, ia, saudara, saudari, -mu, si-, dan –ku
  • Persona Jamak, contohnya kami, kita, mereka, kalian, para, dan hadirin
    1. b. Pronomina Non-Persona (kata ganti bukan orang)

Kata ganti bukan orang dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Pronomina penunjuk, contohnya sana, ini, itu, situ, dan sini
  • Pronomina penanya, contohnya siapa, apa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana
  1. Nomina (kata benda)

Nomina atau kata benda merupakan jenis kata yang mengacu pada benda baik benda nyata maupun benda abstrak dan biasanya ditempatkan sebagai subjek dan objek. Nomina terdiri dari dua jenis, yaitu:

  • Nomina dasar, contohnya meja, manusia, kursi, rumah, pisau, dan lain sebagainya
  • Nomina turunan, contohnya penjualan, pembelian, kekuatan, perbuatan, perasaan, dan lain sebagainya
  1. Verba (kata kerja)

Kata kerja merupakan kata yang berfungsi untuk menunjukkan makna dasar sebagai tindakan, proses, perbuatan, atau keadaan yang bukan sifat dan biasanya berkedudukan sebagai predikat.

  1. Adjektiva (kata sifat)

Kata sifat memiliki fungsi untuk menggambarkan sifat atau keadaan orang, binatang, maupun benda. Contoh: besar, kecil, tinggi, pendek, cantik, tampan, baik, jelek, dan lain sebagainya.

  1. Adverbia (kata keterangan)

Kata keterangan digunakan sebagai pelengkap atas informasi yang dipaparkan baik berupa keterangan waktu, tempat, alat, suasana, maupun cara. Contoh: sekarang, di rumah, besok, minggu depan, dan lain sebagainya.

  1. Konjungsi (kata hubung)

Kata hubung atau konjungsi digunakan untuk memperkuat argumentasi serta untuk memberikan informasi dengan lebih detail dan jelas. Konjungsi sendiri terdiri dari beberapa jenis, di antaranya:

  • Konjungsi penambahan: dan, serta, dengan
  • Konjungsi waktu: lalu, setelah, kemudian, sebelum, sesudah
  • Konjungsi tujuan: agar, supaya, untuk
  • Konjungsi pembatasan: selain, kecuali, asal
  • Konjungsi perincian: yakni, di antaranya, antara lain, ialah
  • Konjungsi persyaratan: bilamana, asalkan, jikalau, apabila jika, bila, apabila
  • Konjungsi pertentangan: sedangkan, tetapi, melainkan
  • Konjungsi sebab-akibat: sehingga, oleh sebab itu, karena
  • Konjungsi pilihan: atau
  • Konjungsi penegasan: lagipula, apalagi, hanya, bahkan
  • Konjungsi perbandingan: ibarat, seperti, bagaikan
  • Konjungsi penjelasan: bahwa
  • Konjungsi penyimpulan: dengan demikian, jadi

Langkah Menulis Teks Eksposisi

langkah-menulis-teks-eksposisi

Ketika hendak menulis sebuah naskah eksposisi, tentu sangat penting untuk mengikuti langkah dan tahapan yang sesuai agar hasilnya maksimal. Beberapa langkah yang harus diikuti agar teks eksposisi yang dibuat sesuai dengan unsur kaidah penulisan yang tepat, di antaranya adalah:

  1. Tentukan tema dan topik yang akan dibuat

Sebelum menulis kalimat eksposisi, tema atau topik menjadi pondasi dasar dalam sebuah penulisan. Tujuan ditentukannya tema sebagai langkah awal menulis adalah agar pada saat menulis bisa lebih terfokus pada tema yang akan dibuat. Pengembangan paragraf dalam bentuk deskripsi informasi pun akan lebih mudah.

  1. Tentukan tujuan eksposisi

Tema yang telah dibuat dan dirancang harus dilengkapi dengan alasan dan tujuan tulisan tersebut dibuat. Sehingga ketika menulis, tema tersebut bisa dikembangkan dengan lebih mudah sesuai dengan tujuan yang nantinya bisa memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada pembaca.

  1. Kumpulkan data yang sesuai dengan topik

Naskah eksposisi merupakan naskah yang memberikan informasi berupa fakta yang valid sehingga sangat penting untuk mengumpulkan data terlebih dahulu sebelum menulis. Data-data tersebut bisa didapatkan melalui pencarian di internet, buku, surat kabar, maupun wawancara langsung dengan narasumber.

  1. Buat kerangka karangan

Agar tulisan eksposisi yang dibuat bisa sesuai dengan tujuan dan lebih terarah maka sangat penting untuk membuat kerangka karangan terlebih dahulu. Kerangka karangan tersebut harus dibuat dengan lengkap dan sistematis mulai dari paragraf pembuka hingga penutup.

  1. Kembangkan tema dalam pembahasan yang menarik

Inti dari teks eksposisi adalah informasi yang dibahas dalam teks tersebut. Informasi tersebut harus sesuai dengan tema yang ada dan dikembangkan dengan lebih lengkap berdasarkan bukti-bukti konkret sebagai penunjangnya.

  1. Buat kesimpulan

Kesimpulan yang biasanya terletak pada paragraf penutup memang menjadi salah satu bagian wajib yang harus ada dalam suatu teks, tak terkecuali teks jenis eksposisi. Kesimpulan yang dibuat harus sejalan dengan pembahasan sehingga dapat memperkuat isi dari teks tersebut.

Struktur Teks Eksposisi

struktur-teks-eksposisi

Sebuah naskah eksposisi harus disusun menurut struktur yang tepat dan sesuai agar dapat menjadi acuan atau pedoman dalam setiap penulisan teks eksposisi. Struktur yang sesuai dengan kaidah penulisan eksposisi adalah:

  1. Judul

Bagian judul biasanya ditulis dengan singkat, padat, jelas, menarik, dan sarat akan makna serta dapat menggambarkan pokok bahasan dalam teks.

  1. Tesis atau pendahuluan

Bagian ini merupakan bagian awal dalam sebuah teks jenis eksposisi yang berisikan ide atau gagasan kalimat tersebut. Pada bagian pendahuluan biasanya penulis harus menuliskan pandangan dan topik dari tulisan yang dibuatnya termasuk maksud dan tujuan dari keseluruhan kalimat yang ditulis.

Pada bagian tesis ini, para penulis biasanya akan mengenalkan isu, masalah, serta pandangan yang akan dibahas. Contoh tesis atau pendahuluan pada sebuah teks eksposisi bisa dilihat pada kalimat berikut ini:

Perkembangan teknologi di era digital saat ini sangat berpengaruh terhadap peningkatan penjualan suatu bisnis. Salah satunya adalah munculnya platform media sosial yang memudahkan setiap orang untuk mempromosikan bisnis dan produk yang dijual.

  1. Argumentasi atau isi

Bagian ini memberi pembahasan secara menyeluruh dari topik yang disampaikan pada bagian pendahuluan dengan memuat fakta ilmiah dan argumen untuk mendukung gagasan sebelumnya. Rangkaian argumen dan opini penulis yang menjelaskan topik dari tesis sebelumnya diletakkan pada paragraf ini.

Argumen dan opini tersebut harus didukung fakta-fakta yang aktual untuk memperkuat argumen penulis. Dalam penulisannya, bagian argumentasi biasanya terdiri dari beberapa penjelasan pokok.

Contoh :

Para pebisnis pun mulai memanfaatkan platform media sosial dengan cara endorse dan paid promote melalui para artis, selebgram, dan influencer. Hasil dari endorse tersebut membuat produk-produk yang dijual menjadi dikenal sehingga omzet pun meningkat. Hal ini bisa dilihat dari jumlah follower yang semakin meningkat.

  1. Kesimpulan atau penegasan ulang

Kesimpulan merupakan bagian akhir dari sebuah naskah eksposisi yang berisi penegasan kembali bagian tesis. Bagian ini harus ditulis secara ringkas dan merangkum isi dari pembahasan sebelumnya.

Contoh kesimpulan pada naskah eksposisi, yaitu:

Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan riset terhadap akun-akun selebgram yang memiliki engagement tinggi. Tujuannya agar bisa memberi pengaruh yang signifikan terhadap branding dan omzet penjualan.

Jenis-jenis Teks Eksposisi

jenis-jenis-teks-eksposisi

Teks eksposisi terdiri dari beberapa jenis berdasarkan tujuan dari topik yang dibahas dalam teks tersebut, di antaranya:

  1. Teks eksposisi proses/pengerjaan

Teks jenis ini bisa dikatakan sama dengan jenis teks prosedur karena memuat tata cara atau langkah-langkah untuk melakukan sesuatu secara sistematis dan urut.

  1. Teks eksposisi definisi

Teks definish hanya memuat definisi atau pengertian suatu topik tertentu dengan lebih mendalam.

  1. Teks eksposisi gambaran

Teks gambaran memiliki fungsi untuk menggambarkan berita atau topik tertentu dengan singkat dan jelas untuk mewakili maksud yang akan disampaikan.

  1. Teks eksposisi perbandingan

Jenis teks ini memiliki tujuan untuk membandingkan antara satu tema dengan tema lainnya yang masih memiliki hubungan atau keterkaitan satu sama lain.

  1. Teks eksposisi laporan

Sesuai namanya, tek jenis ini biasanya berisi laporan yang membahas topik tertentu secara mendetail dan komprehensif seperti laporan hasil penelitian atau hasil wawancara.

  1. Teks eksposisi pertentangan

Hampir sama dengan teks perbandingan, teks eksposisi jenis ini ditulis untuk dipertentangkan dengan topik lain yang masih saling berkaitan.

  1. Teks eksposisi analisis

Tujuan teks eksposisi analisis adalah untuk menganalisa dan memisahkan suatu masalah dari gagasan utamanya.

  1. Teks eksposisi klasifikasi

Teks jenis ini merupakan jenis teks yang memaparkan suatu topik berdasarkan pengklasifikasian kelompoknya. Tujuannya agar pembaca lebih mudah dalam memahami topik yang akan dibahas karena penjelasan yang lebih mendalam pada setiap kelompoknya.

Contoh Teks Eksposisi

Contoh naskah eksposisi berikut ini bisa menjadi referensi bagi siapa saja yang ingin menulis teks jenis ini dalam berbagai topik atau bidang. Hampir semua topik dalam kehidupan sehari-hari bisa dibuat dalam bentuk teks jenis eksposisi. Berikut ini penjabaran secara mendetail berdasarkan topik, struktur, dan jenis teksnya.

  • Contoh Teks Eksposisi Berita

Contoh-Teks-Eksposisi-Berita

Jenis teks berita memaparkan tentang berita yang sedang terjadi berdasarkan fakta-fakta yang ada. Tujuannya untuk memberikan informasi kepada khalayak tentang adanya suatu kejadian atau masalah. Contoh teks berita, di antaranya:

  1. Judul: Jarak Pandang Hanya 400 Meter, Kabut Asap Tebal Masih Menyelimuti Riau

kebakaran-hutan

Pendahuluan

Asap tebal yang menyelimuti beberapa daerah di Sumatera dan Kalimantan seperti Riau membuat jarak pandang semakin tipis. Warga sekitar pun semakin kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Kebakaran hutan benar-benar membuat warga kesusahan untuk bernafas dan aktivitas pun menjadi terganggu.

Isi

Pada hari Sabtu (21/09/2018), BMKG Pekanbaru merilis 198 titik panas atau hotspot di Riau pada level confidence 50%. Jumlah tersebut pun semakin meningkat pada level 70% dengan jumlah titip api yang diperkirakan menjadi 129 lokasi.

Titik api tersebut berada di Bengkalis sebanyak 13 titik, Kuansing 2 titik, Meranti 1 titik, Pelalawan 18 titik, Inhil 47 titik, Rohol 38 titik, dan Inhu 10 titik. Jarak pandang pun seamkin tipi dan hanya mencapai maksimal 700 meter di Pekanbaru, 400 meter di Pelalawan, dan 500 meter di Inhu.

Kesimpulan

Kondisi tersebut menyebabkan banyak masyarakat yang jatuh sakit dan mengalami gangguan pernafasan. Beberapa posko kesehatan yang ada di Riau semakin ramai dikunjungi untuk berobat terutama bayi dan anak-anak. Perhatian dari pemerintah pun sangat penting agar kebakaran hutan yang terjadi bisa segera berhenti.

  1. Judul: Pemain Timnas Indonesia U-22 Bakal Meladeni Iran di Laga Uji Coba

timnas-indonesia

Pendahuluan

Kualitas para pemain timnas Indonesia semakin menunjukkan peningkatan menjelang SEA GAMES 2019. Berbagai pertandingan uji coba dengan timnas di negara lain dilakukan untuk menguji kualitas para pemain. Tujuannya adalah agar para pemain semakin siap dalam menghadapi pertandingan mendatang.

Isi

Laga uji coba antara Timnas Indonesia dengan Iran akan dilangsungkan pada Rabu (13/11/2019) sore di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar. Pertandingan ini menjadi pertandingan terakhir sebelum berlaga di SEA Games 2019 mendatang.

Pertandingan melawan Iran akan berlangsung selama dua kali dengan pertandingan kedua akan digelar pada hari Sabtu (16/11/2019) di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor. Pemilihan Iran sebagai lawan main dalam uji coba ini pun dinilai sangat tepat meningat level permainan Timnas Iran yang berada satu tingkat di atas Timnas Indonesia.

Kesimpulan

Para pemain Timnas Indonesia diprediksi bakal bermain dengan sangat baik saat melawan Iran nanti. Hal ini mengingat kualitas Timnas Indonesia yang semakin baik dan tidak terlampau ketinggalan dari rivalnya Iran. Sehingga diharapkan ketika pertandingan SEA GAMES nanti mereka dapat memberikan yang terbaik.

  1. Judul: Jokowi Tambah Wakil Menteri Untuk Redam Gejolak Koalisi

jokowi

Pendahuluan

Ada yang berbeda dari pelantikan menteri di Kabinet Indonesia Maju yang berada di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo saat ini. Kabar yang beredar menyatakan bahwa Presiden Jokowi bakal menambah enam nama lagi untuk posisi wakil menteri. Langkah Jokowi ini dinilai sebagai siasat untuk meredam gejolak koalisi antar partai politik.

Isi

Sebelumnya Presiden Jokowi telah melantik 34 menteri dan 12 wamen untuk Kabinet Indonesia Maju di pemerintahan 2019 – 2024. Moeldoko yang menjabat sebagai Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) menyatakan bahwa Jokowi memang sedang menyiapkan enam kursi pejabat setingkat wakil menteri baru.

Hingga sekarang Moeldoko masih enggan memberikan rincian siapa keenam nama baru untuk mengisi jabatan tersebut. Sedangkan kabar lain beredar dari juru bicara Presiden, Fadjroel Rahman. Beliau menyebutkan bahwa dua dari enam posisi tersebut adalah wakil Mendikbud dan wakil Panglima TNI.

Penambahan posisi wakil menteri tersebut sejalan dengan Perpres No 72 tahun 2019 yang mengatur Mendikbud akan dibantu wakil menteri dalam melaksanakan tugas. Sedangkan penambahan wakil Panglima TNI sesuai dengan yang tertuang dalam Perpres Nomor 66 tahun 2019 yang mengatur tentang Susunan Organisasi TNI.

Kesimpulan

Wacana penambahan wakil menteri tersebut semakin bergulir dan beriringan dengan kabar kasak-kusuk koalisi Jokowi. Beberapa partai sempat mengancam akan keluar dari koalisi. Sehingga wajar jika keputusan Jokowi menambah wakil menteri sebagai siasat untuk mengatasi gejolak koalisi Jokowi.

  1. Judul: Museum Pendidikan Surabaya Akan Segera Diresmikan

museum-pendidikan

Pendahuluan

Pendidikan merupakan salah satu aset berharga yang harus terus dijaga dengan baik oleh pemerintah dan orang-orang yang terlibat seperti guru dan staf sekolah. Upaya untuk meningkatkan pendidikan bisa dengan berbagai cara seperti meningkatkan fasilitas sekolah, mengadakan pelatihan guru, dan lain sebagainya.

Salah satu upaya yang baru-baru ini dilakukan oleh pemerintah Surabaya adalah dengan membangun Museum Pendidikan Surabaya.

Isi

Pemerintah Kota Surabaya memanfaatkan gedung tua bekas Sekolah Taman Siswa yang berlokasi di Jalan Genteng, Surabaya. Gedung tersebut direnovasi untuk dijadikan Museum Pendidikan yang akan segera diresmikan pada hari guru mendatang oleh Risma.

Hingga Selasa (12/11/2019) Kabid Pembangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya, dan Tata Ruang menyatakan bahwa renovasi tersebut sudah hampir selesai. Awalnya museum ini bakal diresmikan pada tanggal 10 November 2019 bertepatan dengan Hari Pahlawan.

Namun, karena belum selesai dan masih harus ada penyesuaian pada bagian finishing dan struktur bangunannya maka peresmiannya bakal diundur. Tepat pada hari guru tanggal 25 November 2019 mendatang, museum yang bakal dilengkapi 800 benda bersejarah ini akan diresmikan.

Kesimpulan

Museum ini akan menjadi salah satu media pembelajaran untuk mempelajari sejarah pendidikan mulai dari zaman pra-sejarah, kerajaan, hingga sekarang. Sehingga para pengunjung dapat mengetahui bagaimana sistem pendidikan itu berkembang dari masa ke masa.

  • Contoh Teks Eksposisi Kesehatan

Contoh-Teks-Eksposisi-Kesehatan

Naskah eksposisi kesehatan sudah pasti berhubungan dengan tema bidang kesehatan. Tujuannya untuk memberikan edukasi dan menjawab pertanyaan pembaca tentang masalah kesehatan tertentu maupun tips untuk hidup sehat. Beirkut ini beberapa contohnya:

  1. Judul: Konsumsi Telur Ayam Terlalu Banyak Dapat Memicu Kolesterol Tinggi

telur-ayam

Pendahuluan

Menu telur ayam baik yang digoreng maupun direbus dan dicampuri bumbu lainnya menjadi salah satu menu andalan untuk masakan sehari-hari. Selain proses pembuatannya mudah, kandungan protein yang tinggi sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Sayangnya, di balik kandungan gizi yang penuh manfaat ini ternyata muncul fakta lain yang mengungkapkan bahwa telur juga bisa berbahaya untuk tubuh. Hal ini dikarenakan telur mengandung kolesterol yang tinggi jika terlalu banyak memakannya.

Isi

Kolesterol yang tinggi di dalam tubuh dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit. Sehingga para ahli gizi di seluruh dunia menyarankan untuk mengonsumsi telur tidak lebih dari dua hari setiap hari dan maksimal 4 – 6 telur dalam seminggu.

Beberapa bahaya yang bisa timbul jika terlalu banyak mengkonsumsi telur ayam adalah meningkatnya resiko jantung dan diabetes, meningkatkan kolesterol, menimbulkan jerawat, dan meningkatkan resiko kematian. Hal ini dikarenakan setiap satu butir telur ayam mengandung 186 miligram kolesterol.

Kesimpulan

Sehingga sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi telur berlebihan demi menjaga kesehatan tubuh. Apalagi maksimal kolesterol per hari dalam tubuh harus dijaga tingkatannya agar tidak melebihi 200 miligram. Jika mengonsumsi telur yang memiliki kandungan 186 mg kolesterol, maka asupan lainnya juga harus dijaga.

  1. Judul: Mengatasi Kulit Berjerawat dengan Kulit Pisang

kulit-pisang

Pendahuluan

Memiliki kulit yang sensitif dan berjerawat seringkali membuat kepercayaan diri menjadi menurun. Tak heran jika para wanita mencoba melakukan berbagai cara agar kulitnya tetap mulus dan terhindar dari jerawat. Baik dengan melakukan cara alami maupun menggunakan produk skincare tertentu.

Melakukan perawatan dengan cara alami merupakan salah satu pilihan yang sangat tepat karena tidak menimbulkan efek samping layaknya obat-obat kimia. Tersedia berbagai bahan alami dari tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk merawat kulit yang berjerawat, salah satunya adalah kulit pisang.

Isi

Selain enak dimakan, buah pisang mengandung nutrisi yang penting seperti vitamin C, kaliu, antioksidan, vitamin B6, B12, gula, dan magnesium. Daging buahnya yang lezat membuat buah ini sangat disukai banyak orang. Hampir semua bagian dari tanaman pisang memiliki manfaat termasuk kulit pusing.

Kulit pisang yang banyak dibuang begitu saja setelah memakan daging buahnya ternyata memiliki banyak manfaat yang jaang diketahui orang. Salah satunya adalah sebagai bahan untuk merawat kulit wajah agar terhindar dari jerawat.

Ekstrak kulit pisang ini mengandung sifat anti-finflamasi yang dapat menyembuhkan jerawat. Sejumlah senyawa seperti bioaktif, polifenol, dan karotenoid ditemukan dalam kulit pisang. Antioksidan yang terkandung di dalamnya juga dapat membunuh bakteri dan melindungi kulit.

Cara menggunakan kulit pisang untuk mengatasi kulit berjerawat pun cukup mudah, yaitu dengan membuatnya sebagai bahan masker. Anda cukup mengusapkannya pada kulit wajah bersama campuran lain seperti madu, lemon, atau kunyit.

Kesimpulan

Untuk hasil terbaik, sangat disarankan menggunakan kulit pisang yang masih segar. Dengan rutin menggunakan ekstrak kulit wajah sebagai bahan masker, diharapkan kulit wajah akan menjadi lebih mulus dan tidak berjerawat lagi.

  1. Judul: Bahaya! Gangguan Mental Bisa Dipicu dari Polusi Udara

polusi-udara

Pendahuluan

Polusi udara menjadi salah satu hal yang harus dihadapi orang-orang yang tinggal di ibukota Jakarta setiap hari. Polusi tersebut disebabkan lantaran lahan hijau yang semakin berkurang dan jumlah asap kendaraan yang semakin bertambah. Kualitas udara yang semakin memburuk ini juga dapat berdampak buruk terhadap kesehatan.

Isi

Polusi udara di Jakarta semakin meningkat dan membuat kota ini menjadi salah satu kota dengan tingkat polusi paling tinggi di dunia. Menurut suatu peneilitian, orang-orang yang tinggal di tempat yang kualitas udaranya buruk dapat beresiko lebih besar terkena gangguan mental seperti depresi dan bipolar.

Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan di Chicago University tersebut bukan tanpa alasan. Berdasarkan data yang diambil dari Denmark dan Amerika Serikat, ditemukan bahwa penderita bipolar bisa mencapai 27% dan penderita depresi meningkat lebih tinggi 6% di negara yang memiliki udara berkualitas buruk.

Pemicu gangguan mental tersebut tidak lain adalah udara kotor yang masuk ke otak dan menyebabkan peradangan yang bisa menghasilkan gejala seperti depresi. Penelitian di Denmark pun menemukan hal serupa di mana jumlah penyakit neuropsikiatrik semakin meningkat hingga mencapai 29%.

Kesimpulan

Penelitian ini masih terus dikaji untuk menunjukkan hubungan yang kuat antara polusi udara dengan gangguan mental. Meskipun masih berupa paparan awal, namun hal tersebut patut menjadi informasi penting agar setiap orang bisa lebih waspada dan menyadari untuk senantiasa menjaga lingkungan dengan baik.

  1. Judul: Fungsi Otak Kanan dan Kiri yang Perlu Diketahui

otak-manusia

Pendahuluan

Di dalam otak manusia, terdapat organ yang cukup rumit karena otak merupakan pusat syaraf dan pusat kendali organ tubuh lainnya. Otak terbagi menjadi beberapa bagian di antaranya adalah otak kanan dan kiri yang memiliki peran yang berbeda.

Mungkin banyak yang sering mendengar seseorang dengan keunggulan kemampuan tertentu memiliki kecenderungan pada salah satu bagian otak yang lebih dominan. Misalnya, ketika seseorang ahli di bidang seni dan kreativitas maka banyak yang bilang otak kanannya lebih dominan dibanding otak kiri.

Isi

Setiap otak orang dewasa memiliki berat sekitar 1,5 kg dengan sekitar 100 triliun koneksi dan 100 miliar neuron. Seluruh pusat perintah baik yang dipikirkan, dilakukan, dan dirasakan terpusat di otak. Otak dibagi menjadi dua bagian atau belahan yaitu otak kanan dan kiri yang masing-masing memiliki kontrol fungsi tertentu.

Kedua bagian otak tersebuh memiliki perbedaan besar dalam caranya memproses informasi namun keduanya tetap dihubungkan oleh serabut saraf. Baik otak kanan dan kiri tidak bisa bekerja sendiri dan kedua sisinya saling berkomunikasi satu sama lain.

Berdasarkan fakta yang diungkapkan pada tahun 1960 oleh Robert W.Sperry, diketahui bahwa jika seseorang memiliki analisis yang detail dan pemikir, maka dikatakan otak kirinya lebih dominan. Sedangkan seseorang yang cenderung artistik dan kreatif dianggap seseorang tersebut memiliki otak kanan yang lebih dominan.

Otak kiri seringkali disebut otak digital karena lebih analitis, verbal, dan teratur. Sehingga sangat baik dalam hal menulis, membaca, dan melakukan perhitungan. Selain itu, otak kiri juga bertanggung jawab untuk mengendalikan sisi kanan tubuh. Fungsi otak kiri lebih banyak berhubungan dengan logika, fakta, dan matematika.

Sedangkan otak sebelah kanan memiliki fungsi yang berbeda dan lebih bertanggung jawab mengendalikan sisi kiri tubuh. Otak kanan disebut sebagai otak analog dan sangat baik dalam segala sesuatu hal yang berkaitan dengan dunia kreatif atau artistik.

Kesimpulan

Setelah mengetahui fungsi masing-masing otak, sangat penting untuk kemudian menyadari bagian mana yang lebih unggul dalam tubuh diri sendiri. Sehingga dapat memaksimalkan kemampuan dan bakat yang ada. Selain itu, sangat penting untuk menjaga otak agar tetap aktif dengan memberi stimulasi positif.

  1. Judul: Manfaat Jus Seledri Untuk Kesehatan

seledri

Pendahuluan

Jus seledri akhir-akhir ini banyak digemari oleh banyak orang sejak dikonsumsi oleh para artis dan selebritis. Jus seledri diketahui memiliki banyak manfaat dalam tubuh dengan kandungan gizi yang ada. Selain bisa dikonsumsi dengan cari dimasak menjadi sup, seledri juga bisa dikonsumsi dengan cara dijus.

Isi

Pada umumnya, seledri lebih dikenal sebagai bahan tambahan saat membuat soto, nasi goreng, atau menu makanan lainnya. Namun, mengkonsumsinya dengan cara dijus ternyata dapat memberi tambahan asupan nutrisi dalam tubuh dan kandungan kalorinya pun cukup rendah.

Jus seledri mengandung berbagai macam nutrisi seperti air, vitamin A, K, dan C, flavonoid, betakaroten, kalsium, zat besi, fitonutrein, magnesium, fosfor, dan kalium. Selain itu, kandungan kalori dalam jus seledri hanya mengandung sebanyak 40 miligram kalori.

Seledri diketahui sangat bagus untuk menghidrasi tubuh. Selain itu, manfaat lainnya di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Menurunkan tekanan darah
  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Meredakan nyeri pada arthritis
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Mencegah infeksi saluran kencing
  • Mendetoksifikasi tubuh
  • Menurunkan berat badan
  • Menjaga keseimbangan cairan tubuh

Kesimpulan

Dengan mengkonsumsi jus seledri setiap hari, maka kesehatan tubuh pun dapat semakin terjaga dan mencegah terjadinya berbagai macam penyakit. Cara membuatnya pun cukup praktis hanya dengan mencampur seledri dan air secukupnya lalu diblender.

  • Contoh Teks Eksposisi Ekonomi

Contoh-Teks-Eksposisi-Ekonomi

Naskah eksposisi ekonomi artinya teks tersebut membahas topik tentang ekonomi yang berkaitan dengan ilmu marketing, hukum jual beli, manajemen keuangan, dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa contoh teks eksposisi ekonomi, di antaranya:

  1. Judul: Pengertian Teori Ekonomi Mikro dan Makro

ekonomi-mikro-dan-makro

Pendahuluan

Ilmu ekonomi tidak pernah terlepas dari kehidupan manusia dan selalu berkaitan dengan aktivitas sehari-hari. Mulai dari membeli kebutuhan pokok sehari-hari, berjualan produk, hingga membangun perusahaan bisnis besar semuanya berkaitan dengan ilmu ekonomi.

Isi

Pengertian ilmu ekonomi secara umum adalah ilmu yang mempelajari segala tingkah laku manusia dalam mengelola sumber daya alam yang terbatas. Ilmu tersebut dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Secara garis besar, teori ekonomi terbagi ke dalam ilmu ekonomi mikro dan makro.

Keduanya merupakan analisis ekonomi yang berusaha untuk menjelaskan hubungan sebab-akibat dan cara kerja sistem ekonomi. Perbedaan ekonomi mikro dan makro bisa dilihat dalam penjelasan berikut:

1. Ekonomi Mikro

  • Menganalisis harga barang dan jasa tertentu saja
  • Menganalisis perilaku produsen dan konsumen
  • Memahami alokasi faktor produksi yang dapat dicapai dengan kombinasi yang tepat

2. Ekonomi Makro

  • Menganalisis keseluruhan harga barang dan jasa
  • Menganalisis keseluruhan permasalahan ekonomi mulai dari produksi nasional, pertumbuhan ekonomi, hingga pengangguran
  • Menganalisis pengaruh kegiatan ekonomi terhadap perekonomian secara nasional

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa lingkup ekonomi makro lebih luas dibandingkan dengan ekonomi mikro. Ekonomi makro berkaitan erat dengan kebijakan pemerintah dalam suatu negeri. Sedangkan ekonomi mikro berfokus pada hal kecil seperti ekonomi rumah tangga atau perusahaan.

  1. Judul: Pengertian dan Fungsi Manajemen Operasional

manajemen-operasional

Pendahuluan

Setiap proses produksi sangat berkaitan erat dengan manajemen operasional. Manajemen operasional mengelola hampir semua lini perusahaan baik sumber yang berkaitan dengan kinerja perusahaan. Sehingga sangat penting untuk mempelajari manajemen operasional sebagai bagian dari ilmu ekonomi.

Isi

Secara umum, pengertian manajemen operasional merupakan suatu usaha pengelolaan berbagai faktor produksi mulai dari sumber daya manusia, peralatan, mesin, bahan mentah, dan faktor produksi lainnya. Beberapa fungsi manajemen operasional di antaranya adalah:

  • Mengatur level proses pengerjaan suatu produksi
  • Mengontrol kualitas hasil produksi
  • Mengatur skala inventaris peralatan dan material produksi
  • Menjaga dan merawat kebijakan untuk produksi
  • Mengatur akuisisi bahan baku mulai dari pembelian hingga penggunaan

Kesimpulan

Dengan adanya menajemen operasional yang baik, maka dapat mencegah terjadinya kelebihan atau kekurangan bahan baku. Sehingga proses produksi pun dapat berjalan dengan lebih lancar, efektif, dan efisien.

  1. Judul: Pengertian dan Penyebab Defisit Anggaran Suatu Negara

Pendahuluan

Istilah defisit anggaran seringkali dibicarakan baik dalam lingkup kecil seperti perusahaan hingga lingkup yang lebih luas seperti anggaran suatu negara. Defisitnya suatu anggaran menjadi momok yang ditakuti lantaran bisa berakibat buruk terhadap perekonomian suatu negara. Lalu apa pengertian defisit?

Isi

Suatu organisasi perusahaan atau negara disebut mengalami kondisi defisit jika kondisi keuangannya mengalami ketimpangan di mana pengeluaran lebih besar dibandingkan pemasukan. Kondisi seperti ini biasanya dialami perusahaan dan negara yang baru berkembang sehingga banyak pengeluaran yang harus dikeluarkan.

Beberapa faktor penyebab terjadinya defisit anggaran, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Pembiayaan pembangunan seperti infrastruktur, sarana dan prasarana keamanan, pembangunan di bidang pendidikan dan kesehatan, program pembangunan daerah, program pengentasan kemiskinan, dan lainnya
  • Daya beli masyarakat rendah di mana kemampuan masyarakat untuk membeli kebutuhan barang dan jasa sehari-hari rendah
  • Nilai tukar mata uang melemah di mana hutang luar negeri yang dilakukan bisa mengakibatkan peningkatan jumlah yang besar karena terjadi depresiasi
  • Penyimpangan realisasi dari rencana yang tidak mencapai target penerimaan
  • Pengeluaran saat inflasi yang tidak terduga

Kesimpulan

Dengan mengetahui faktor penyebab terjadinya defisit keuangan baik di lingkup perusahaan maupun negara, diharapkan hal tersebut dapat diantisipasi. Sehingga defisit pun tidak akan terjadi dan keuangan perusahaan atau negara dapat selalu stabil.

  1. Judul: Peran Media Sosial Untuk Meningkatkan Penjualan

media-sosial-untuk-bisnis

Pendahuluan

Media sosial merupakan salah satu platform yang banyak digunakan oleh para pengguna internet. Platform ini terdiri dari berbagai jenis mulai dari facebook, instagram, twitter, maupun path. Selain berfungsi sebagai media komunikasi dan berbagi momen, media sosial kini memiliki peran lain sebagai alat promosi.

Isi

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa peran media sosial sangatlah besar untuk dapat berbagi informasi dan foto kepada siapa saja yang membutuhkan informasi tersebut. Termasuk foto dan informasi produk barang atau jasa yang dijual sehingga dapat menarik siapa saja yang membaca dan melihat informasi tersebut.

Beberapa hal yang bisa dilakukan oleh para pebisnis untuk meningkatkan penjualan melalui media sosial, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Melakukan endorse atau paid promote ke akun-akun yang memiliki follower banyak seperti akun publik, influencer, selebgram, maupun artis
  • Membuat iklan melalui Google Adsense
  • Membagikan foto produk yang menarik melalui media sosial mulai dari orang yang dikenal

Kesimpulan

Kemudahan yang didapat dengan menggunakan media sosial adalah modal yang tidak terlalu besar. Tidak seperti membuka toko offline yang membutuhkan dana banyak untuk menyewa tempat dan peralatan lain yang dibutuhkan. Sehingga dengan memanfaatkan media sosial sebagai alat promosi, maka dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam penjualan.

  1. Judul: Tips Sukses Membangun Bisnis dari Nol

membangun-bisnis-dari-nol

Pendahuluan

Membangun sebuah bisnis selalu identik dengan modal berupa uang. Namun, modal saja tidak cukup untuk menentukan apakah bisnis tersebut bisa sukses atau tidak. Selain faktor modal, terdapat faktor penting lainnya yang dapat mempengaruhi kesuksesuan suatu bisnis yang dibangun dari nol.

Isi

Membangun bisnis sesuai dengan passion dan kemampuan diri sangat penting sebagai modal awal yang harus dimiliki. Namun, Anda juga harus memperhatikan beberapa tips berikut ini agar bisnis yang dibangun dapat sukses, di antaranya:

  • Tentukan produk yang dijual

Baik itu produk berupa barang atau jasa sangat penting untuk ditentukan terlebih dahulu. Usahakan membuat produk yang Anda pahami sehingga Anda memiliki pengetahuan produk yang baik ketika menjelaskannya kepada konsumen.

  • Lakukan riset tentang pasar yang akan dimasuki

Hal-hal yang harus dilakukan dalam tahap ini seperti mencari tahu siapa saja pesaing yang akan dihadapi. Setelah itu, tentukan segmen pasar yang Anda incar dan pelajari bagaimana pesaing Anda mengemas bisnisnya. Cari tahu kelebihan dan kelemahan pesaing dan usaha yang akan Anda jalani.

  • Tentukan tujuan yang jelas

Bisnis tanpa tujuan ibarat pincang karena tidak tahu arah dan acuan harus dibawa ke mana bisnis tersebut. Tentukan secara rinci tujuan bisnis Anda dan tuliskan rencana yang harus disiapkan.

  • Buatlah konten promosi yang menarik

Promosi merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan untuk meningkatkan penjualan. Tanpa promosi yang menarik, orang-orang tidak akan tertarik untuk membeli produk barang atau jasa tersebut. Sehingga sangat penting untuk membuat konten yang membuat calon pembeli tertarik.

Kesimpulan

Selain memahami tips sukses dalam membangun bisnis, yang tidak kalah penting yang harus dimiliki seorang calon pebisnis sukses adalah ketekunan dan kedisiplinan yang tinggi. Tanpa sikap dan perilaku seorang entrepreneur, maka akan sulit untuk membangun dan mempertahankan sebuah bisnis untuk sukses.

  • Contoh Teks Eksposisi Lingkungan

Lingkungan menjadi salah satu topik yang sering dibahas dalam teks eksposisi. Berikut ini beberapa contohnya, di antaranya:

  1. Judul: Cara Mengurangi Sampah Agar di Lingkungan Masyarakat

Contoh-Teks-Eksposisi-Lingkungan

Pendahuluan

Sampah yang semakin menggunung di mana-mana adalah masalah yang menjadi tanggung jawab kita bersama. Polusi lingkungan yang disebabkan sampah telah mengganggu beberapa biota seperti biota laut. Beberapa waktu yang lalu diketahui telah ditemukan ikan paus mati dengan 5,9 kg sampah di dalam perutnya.

Kondisi sampah yang semakin memprihatinkan di mana-mana akan semakin bertambah jika tidak diimbangi kesadaran untuk mengurangi sampah. Jangan sampai anak-cucu kita kelak hanya diwarisi sampah yang menggunung karena sudah tidak ada lahan yang bersih lagi.

Isi

Membuang sampah pada tempatnya adalah salah satu cara untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih. Selain itu, penting sekali untuk turut berperan serta mengurangi sampah dan mengelola sampah agar jumlah sampah dapat terkurangi. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi sampah, di antaranya:

  • Membawa tas belanja baik berupa totebag atau ecobag ketika berbelanja di minimarket atau supermarket untuk mengurangi sampah plastik
  • Membawa kotak makan sendiri kemana-mana agar tidak perlu menggunakan stereoform atau plastik jika memesan makanan untuk dibawa pulang
  • Mengurangi penggunaan tisu basah karena tisu basah dibuat dari resin plastik sehingga tidak bisa larut di dalam air
  • Menggunakan produk yang dikemas dengan beling kaca atau karton karena ramah lingkungan dan bisa digunakan lagi untuk wadah lainnya
  • Bawa botol minum sendiri kemana-mana agar tidak perlu membeli botol air mineral yang biasanya dibungkus plastik dan tentu saja lebih hemat
  • Gunakan sedotan stainless di manapun Anda memesan minuman baik restoran cepat saji maupun kafe
  • Jangan malas belajar cara mendaur ulang sampah plastik agar bisa dimanfaatkan kembali menjadi barang yang lebih bermanfaat

Kesimpulan

Bencana alam berupa banjir dan penyakit di mana-mana tidak terlepas kesalahan masyarakat sekitar yang kurang menjaga lingkungannya. Sehingga perlu ditingkatkan kesadaran untuk menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan melakukan pengelolaan sampah dengan benar.

  1. Judul: Dampak Pemanasan Global Bagi Lingkungan

Contoh-Teks-Eksposisi-Lingkungan-pemanasan-global

Pendahuluan

Dampak buruk pemanasan global kini sudah tampak semakin nyata dan bisa dirasakan penduduk di bumi. Dampak tersebut bersifat negatif terhadap lingkungan dan keanekaragaman hayati yang ada di bumi. Bahkan jika dibiarkan dalam jangka panjang tentu akan berdampak sangat berbahaya nantinya.

Isi

Pemanasan global memberi dampak positif sekaligus dampak negatif bagi kehidupan di bumi. Sayangnya, dampak positif tersebut hanya sedikit saja dan lebih banyak dampak negatifnya. Berikut ini dampak negatif yang diakibatkan oleh pemanasan global, di antaranya:

  • Mencairnya gletser sehingga permukaan laut mengalami kenaikan dan menimbulkan potensi banjir di beberapa tempat
  • Terjadinya perubahan iklim yang mengakibatkan banyak tanaman bisa mati dan hewan-hewan bermigrasi ke area lain
  • Meluasnya kekeringan yang parah di beberapa bagian di dunia yang menyebabkan masalah-masalah seperti kebakaran hutan
  • Meluasnya penyakit seiring dengan musim dan iklim yang tidak menentu
  • Meningkatnya frekuensi badai karena air di laut semakin memanas sehingga menciptakan angin topan di sekitarnya
  • Banyak tanaman yang sulit bertahan hidup dan mati karena suhu global yang meningkat
  • Rusaknya ekosistem laut seperti kondisi terumbu karang yang terus berkurang sehingga berpengaruh pula terhadap ekosistem lainnya
  • Meningkatnya resiko kesehatan karena semakin banyak karbondioksida yang terperangkap di atmosfer sehingga kualitas udara untuk pernafasan semakin buruk

Kesimpulan

Mengetahui betapa berbahayanya dampak pemanasan global pada jangka panjang, maka sangat penting untuk menyadari pentingnya menjaga lingkungan. Mulai dari langkah paling kecil yang bisa dilakukan diri sendiri seperti mengurangi penggunaan kendaraan bermotor atau tidak membuang sampah sembarangan.

  1. Judul: Pengertian Ekosistem dan Ekologi Serta Perbedaannya

ekosistem-dan-ekologi

Pendahuluan

Istilah ekosistem dan ekologi tentu sudah tidak asing lagi karena sering dikaitkan dengan masalah lingkungan hidup. Baik ekosistem dan ekologi keduanya saling berhubungan erat meskipun memiliki pengertian yang berbeda. Namun, keduanya saling berkesinambungan membentuk suatu sistem pada lingkungan.

Isi

Secara umum, pengertian ekosistem merupakan sebuah sistem yang mencakup segala bentuk kehidupan hayati dan non-hayati. Kehidupan tersebut saling berhubungan satu sama lain dan membentuk hubungan simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan.

Sedangkan ekologi merupakan hubungan timbal balik yang terjadi antara makhluk hidup dalam suatu ekosistem dengan lingkungan sekitarnya. Contoh sederhana bisa dilihat pada ekosistem akuarium yang di dalamnya terdapat air, ikan, dan terumbu karang. Ekologi mengatur hubungan antara air, ikan, dan terumbu karang di dalam akuarium tersebut.

Kesimpulan

Dari pengertian dan contoh tersebut, maka dapat diambil kesimpulan bahwa ekosistem dan ekologi saling berhubungan erat. Di mana ekosistem merupakan sistem lingkungan yang menjadi wadah atau tempat ekologi antara makhluk hidup dan lingkungan tersebut terjadi.

  1. Judul: Indahnya Danau Ranu Kumbolo di Kaki Gunung Semeru

ranu-kumbolo

Pendahuluan

Bagi para pendaki gunung, tentu sudah tidak asing lagi dengan Gunung Semeru dan seringkali gunung ini menjadi salah satu destinasi puncak yang wajib didaki. Keindahan setiap sudut di gunung ini memang sudah tidak diragukan lagi, salah satunya adalah danau Ranu Kumbolo yang membius dengan keindahannya.

Isi

Ranu Kumbolo merupakan danau yang berada di kaki Gunung Semeru tepat sebelum tanjakan cinta dan oro-oro ombo. Danau yang begitu luas dan indah dikelilingi hijaunya pepohonan dan rumput di sekitarnya ini menjadi salah satu daya tarik utama Gunung Semeru.

Tempat ini sering dijadikan area camping bagi para pendaki yang ingin mendaki puncak Semeru atau sebagai tempat camping ceria untuk menghabiskan waktu libur. Danau ini menjadi salah satu sumber air bersih bagi para pendaki dengan debit air yang melimpah.

Pemandangan sunrise ketika pagi dan sunset ketika sore menjadi salah satu momen yang paling banyak ditunggu untuk diabadikan. Selain itu, pemandangan batang-batang kayu besar dan pepohonan di sekitar dengan udara yang sejuk menjadi daya tarik lainnya.

Kesimpulan

Keindahan Danau Ranu Kumbolo menjadikan tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup ramai ketika hari libur tiba. Tempat ini sangat tepat untuk melepas penat dan refreshing dari padatnya rutinitas sehari-hari.

  1. Judul: Menghemat Listrik Sebagai Upaya Mengurangi Pemanasan Global

menghemat-listrik

Pendahuluan

Pemadaman listrik yang dilakukan oleh PLN secara berkala maupun karena memang sedang terjadi masalah pada arus listrik seringkali membuat jengkel. Apalagi jika kita sedang melakukan kegiatan atau pekerjaan tertentu yang sangat bergantung pada aliran listrik tentu kita akan merasa dirugikan.

Isi

PLN melakukan pemadaman pada waktu tertentu secara terjadwal bukan tanpa alasan. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk mengurangi dampak buruk globalisasi dengan cara mengantisipasi pemakaian listrik yang berlebih. Kita pun sering lupa untuk mematikan lampu ketika sedang tidur.

Selain itu, salah satu hal yang paling sering terjadi adalah ketika alat-alat elektronik tetap dicolok dalam waktu yang lama meskipun sedang tidak digunakan. Perilaku-perilaku ini tentu dapat meningkatkan pemakaian energi listrik yang juga berpengaruh terhadap pemanasan global.

Selain untuk mengurangi dampak buruk pemanasan global, menghemat listrik juga menjadi upaya untuk mengurangi kelangkaan. Karena semakin banyak listrik yang digunakan maka semakin banyak batubara yang harus dibakar. Sedangkan batubara merupakan sumber daya yang tidak dapat diperbarui.

Kesimpulan

Menghemat listrik dengan mematikan listrik saat tidak digunakan merupakan salah satu langkah kecil yang bisa kita lakukan. Jika semua orang melakukan hal yang sama, maka energi listrik pun dapat lebih hemat lagi dalam penggunaannya sehingga dampak buruk pemanasan global dapat dikurangi.

Contoh Teks Eksposisi Pendidikan

Pendidikan merupakan salah satu pondasi dasar untuk membangun generasi masa depan yang lebih baik lagi. Teks eksposisi tentang pendidikan pun bisa menjelaskan tentang informasi yang berkaitan dengan pendidikan atau tips dan trik dalam belajar. Berikut ini beberapa contohnya:

  1. Judul: Pentingnya Penanaman Pendidikan Karakter Sejak Dini

 

Pendahuluan

Moral dan karakter anak-anak yang semakin jauh dari nilai-nilai kepribadian bangsa tentu menjadi kekhawatiran tersendiri. Anak-anak sudah jarang memiliki sikap segan dan hormat terhadap guru bahkan orang tuanya, bahkan ada yang melawan. Untuk itu sangat penting sekali untuk menanamkan kepribadian yang berkarakter sejak dini dimulai dari pendidikan.

Isi

Negara yang maju tidak terlepas dari generasinya yang berpendidikan sehingga pendidikan dianggap sangat penting untuk membangun suatu negeri. Tidak hanya pendidikan yang berfokus pada pelajaran saja, pendidikan karakter pun sangat diperlukan mengingat dewasa ini telah terjadi degradasi moral.

Secara umum, pendidikan di sekolah masih lebih banyak mementingkan aspek kognitif dan akademik dibanding kecerdasan emosional atau psikomotorik. Daniel Goleman dalam penelitiannya menjelaskan bahwa kecerdasan emosional diperlukan sebanyak 80% dalam kehidupan dan sisanya 20% adalah kecerdasan intelektual.

Peran pendidikan karakter tidak hanya berdasar pada kurikulum yang dibuat saja, akan tetapi peran guru juga sangat diperlukan di sini. Seorang guru harus mengajarkan etika-etika yang baik yang harus dilakukan muridnya dengan memberikan contoh nyata. Sehingga guru-guru di sekolah tidak hanya asal mengajar aar terlihat formalitasnya saja.

Pendidikan karakter berfokus pada penanaman nilai-nilai dan adab yang baik kepada anak-anak. Nilai-nilai yang perlu ditanamkan di antaranya adalah keadilan, kejujuran, kedisiplinan, rasa hormat, rasa menyayangi, dan lain sebagainya. Pilar-pilar karakter tersebut diharapkan dapat menjadi pondasi ketika anak-anak dewasa kelak.

Kesimpulan

Potensi kecerdasan intelektual anak diharapkan dapat berjalan seimbang dengan kecerdasan emosionalnya dengan adanya penanaman pendidikan karakter sejak dini ini. Sehingga bangsa yang berkarakter kuat dan beradab yang bebas dari ketidakadilan, korupsi, dan lainnya pun dapat tercapai.

  1. Judul: Tips Belajar Efektif dan Efisien

Pendahuluan

Sudah belajar setiap hari tapi nilai masih jelek dan belum paham-paham juga dengan pelajaran? Mungkin cara belajarmu masih belum efektif sehingga apa yang dipelajari hanya sebatas masuk telinga kanan keluar telinga kiri. Belum lagi kalau belajar masih sering buyar dan susah konsentrasi. Sehingga kamu sangat perlu dan butuh belajar yang efektif dan efisien.

Isi

Maksud dari belajar efektif dan efisien artinya adalah dalam belajar harus memanfaatkan waktu yang ada dengan sebaik dan semaksimal mungkin agar mudah mencerna pelajaran dengan cara yang sesuai. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk belajar efektif dan efisien, di antaranya:

  • Rutin belajar tetapi sebentar, artinya kamu tidak perlu belajar seharian hingga otak mengepul. Usahakan belajar sebentar namun rutin setiap hari dengan mengulang-ulang pelajaran yang pernah diberikan dan jangan lupa untuk tetap istirahat.
  • Memperbanyak latihan soal untuk menguji dan mengasah pemahaman materi yang diberikan. Dengan latihan soal, kamu dapat memperkaya pengetahuan dan wawasan sehingga ketika menghadapi tes dan ujian pun kamu bisa lebih lancar.
  • Jangan hanya menghafal tapi pahami setiap rangkuman materi yang ada. Karena jika kamu hanya sekedar menghafal tanpa memahaminya, maka kamu akan cepat lupa dan sulit mencerna materi pelajaran.
  • Lakukan diskusi bersama teman mengenai pelajaran agar jika ada yang tidak dipahami bisa meminta bantuan teman untuk menjelaskannya. Dengan demikian pengetahuan yang kamu miliki pun akan semakin bertambah.

Kesimpulan

Dengan memaksimalkan cara belajar yang efektif, diharapkan setiap pelajar dapat memahami pelajaran yang didapat dan mendapatkan hasil skor maksimal dalam setiap ujian. Selain itu, ketekunan dan kedisiplinan dalam belajar juga tidak kalah penting untuk diterapkan.

Contoh Teks Eksposisi Politik

Kehidupan berbangsa dan bernegara tidak terlepas dari eksistensi politik yang ada dalam pemerintahan. Sehingga sangat penting untuk memiliki pemahaman tentang politik sedari dini. Berikut ini beberapa contoh artikel eksposisi politik yang bisa dijadikan referensi, di antaranya:

  1. Judul: Pentingnya Melek Politik Bagi Anak Muda

Pendahuluan

Indonesia merupakan negara yang menganut sistem politik demokrasi yang mana setiap individu berhak menentukan pemimpinnya. Sehingga peran rakyat dari semua kalangan mulai dari yang muda hingga tua sangatlah penting agar demokrasi dapat berjalan dengan baik.

Seringkali elite politik hanya diisi oleh orang-orang yang sudah tua dan berpengalaman padahal anak-anak muda pun sangat diharapkan agar melek politik. Hal ini mengingat bahwa anak muda merupakan pemegang tongkat estafet kemimpinan bangsa yang harus meneruskan perjuangan.

Isi

Sikap aktif generasi muda sangat diperlukan agar proses demokrasi melemah karena biasanya anak muda dikenal sebagai individu yang sangat kritis. Tak heran jika demo-demo dan kritik kepada pemerintah seringkali dilontarkan dari kalangan anak muda.

Meskipun demikian, minat akan tema politik tidak terlalu banyak disukai dan berdasarkan survei dari Lembaga Survei Indonesia pada tahun 2012 didapati 79% anak muda tidak tertarik politik. Hal ini dikarenakan sebagian anak muda masih berpikir politik merupakan hal yang tabu dan bukan ranahnya.

Anak muda sangat perlu untuk melek politik mengingat kebijakan dibuat pemerintah akan berdampak pada seluruh aspek kehidupan. Apalagi anak muda merupakan generasi harapan bangsa dan diharapkan nantinya dapat memperbaiki kebijakan politik yang pro rakyat di masa depan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh pemuda sebagai keterlibatannya dalam dunia politik seperti berpartisipasi dalam pemilu dan mengkritisi setiap kebijakan pemerintah yang tidak sesuai. Jika diperlukan anak-anak muda bisa melakukan demonstrasi, diskusi online, maupun membuat petisi di media sosial.

Kesimpulan

Keterlibatan aktif generasi muda dalam hal politik sangatlah diperlukan agar kebijakan yang ada bisa dibenahi dan disesuaikan dengan kepentingan rakyat. Untuk itu peran pemuda yang kritis dan berani dalam mengkritik pemerintah sangat berpengaruh terhadap perubahan kebijakan.

  1. Judul: Memahami Sistem Politik di Indonesia

Pendahuluan

Sebagai Warga Negara Indonesia, tentu sangat penting untuk mengetahui bagaimana sistem politik di negara ini berjalan. Bagaimanapun juga setiap kebijakan politik yang ada turut berpengaruh terhadap seluruh aspek kehidupan baik di rumah, sekolah, maupun kehidupan bermasyarakat.

Isi

Negara Indonesia merupakan salah satu negara yang menganut sistem politik demokrasi dengan Pancasila sebagai dasar negaranya. Sistem demokrasi mengandung arti sistem pemerintahan yang berasal dari rakyat, dilakukan oleh rakyat, dan ditujukan untuk rakyat sehingga peran aktif rakyat sangat diperlukan agar demokrasi berjalan.

Indonesia memiliki lambang negara berupa burung garuda dan menganut semboyan Bhineka Tunggal Ika yang memiliki arti berbeda-beda tapi tetap satu jua. Semboyan ini dilatarbelakangi kekayaan suku, budaya, agama, dan ras yang ada di Indonesia.

Selain itu, sistem politik Indonesia berdasarkan pada ketentuan yang terdapat dalam Undang-Undang Dasar tahun 1945. Dalam undang-undang tersebut diatur tentang bahasan pokok bentuk negara, bentuk pemerintahan, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kesimpulan

Terlibat dalam bidang politik tidak harus duduk di kursi pemerintahan, akan tetapi memahami bagaimana sistem politik di Indonesia berjalan juga sangat perlu dilakukan. Sehingga setiap individu pun diharapkan dapat mengambil peran dan terlibat dalam pembangunan politik Indonesia.

Menulis teks eksposisi bisa menjadi salah satu cara untuk menyampaikan informasi dan gagasan kepada para pembaca atau target yang akan dituju. Tulisan yang runut dan sesuai struktur serta kaidah penulisan yang ada tentu akan membuat para pembaca bisa memahami informasi yang disampaikan dengan lebih mudah.


Baca juga:

Content Protection by DMCA.com