Materi Teks Prosedur Dan Contohnya

Posted on

Rollingstone.co.id – Dalam dunia tulis menulis terdapat banyak jenis teks dengan kegunaan masing-masing. Salah satu teks yang banyak dijumpai adalah teks prosedur. Teks yang sering dijumpai di internet ini memberikan banyak manfaat karena penulisannya memang ditujukan untuk membantu khalayak umum.

Secara umum teks ini lebih dikenal dengan sebutan teks tutorial atau panduan. Meski terlihat sederhana, tutorial atau panduan tidak bisa dibuat secara asal-asalan. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai teks tutorial atau prosedur bisa menyimak informasi penting di bawah ini.

Pengertian Teks Prosedur

Teks prosedur adalah jenis teks yang menginstruksikan pembaca mengenai cara menyelesaikan tugas tertentu. Secara umum ini dibagi ke dalam dua kategori, yaitu bagaimana membuat sesuatu dan bagaimana melakukan sesuatu. Teks ini ditulis guna memberi tahu cara membuat atau melakukan sesuatu. Contohnya seperti resep dari buku resep, aturan untuk game, petunjuk perjalanan, tutorial belajar aplikasi dengan mengikuti langkah-langkah dalam buku, dan masih banyak lagi. Teks ini biasanya banyak ditemukan pada buku resep, petunjuk, atau blog khusus yang memuat artikel tutorial.

Orang-orang banyak menggunakan teks ini untuk berbagai keperluan baik di rumah, di kantor, di sekolah, dan beberapa aktivitas lainnya. Nama lain untuk teks prosedur adalah teknis menulis, instruksi, dan arahan. Orang-orang juga biasa mengenal teks ini dengan nama teks tutorial atau how to.

Ciri Ciri Teks Prosedur

Ciri-Ciri-Teks-Prosedur

Teks ini menjelaskan cara melakukan sesuatu sedemikian rupa sehingga orang lain dapat melakukannya dengan mudah. Penulis menjelaskan dengan jelas barang atau peralatan apa yang digunakan dan langkah apa yang harus diikuti. Beberapa penulis berbagi kiat yang akan membantu prosesnya berjalan lebih lancar. Beberapa hal yang selalu ada dalam teks tutorial atau prosedur adalah:

  • Biasanya memiliki ilustrasi gambar, tabel, atau diagram untuk membantu pembaca memvisualisasikan dan melihat bagaimana melakukan langkah-langkahnya. Mencantumkan gambar atau tabel akan memudahkan pembaca memahami isi dari teks ini
  • Ditulis untuk memberi tahu pembaca bagaimana melakukan atau membuat sesuatu
  • Informasi disajikan dalam urutan kejadian yang logis. Agar lebih memudahan pembaca biasanya dibagi menjadi langkah-langkah kecil yang berurutan
  • Ciri-ciri lainnya adalah untuk memberikan informasi atau arahan secara berurutan sehingga orang dapat melakukan kegiatan tersebut dengan cara yang aman, efisien, dan tepat

 

Kaidah Kebahasaan atau Pedoman Penulisan Teks Prosedur

Kaidah-Kebahasaan-Teks-Prosedur

Dalam penulisan teks tutorial atau prosedur ada beberapa kaidah yang harus diperhatikan. Kaidah teks prosedur secara umum ada empat. Empat bagian utama yang membentuk teks ini digunakan untuk memastikan pembaca mendapatkan gambaran umum yang luas. Penjelasan lebih detail mengenai kaidah penulisan ada di bawah ini.

  • Tujuan

Komponen ini membahas apa tujuan ditulisnya sebuah teks tutorial. Bagian ini akan merujuk pada apa yang harus dilakukan atau dibuat. Biasanya tujuan diletakkan terpisah dari rangkaian pedoman, tujuan lebih sering diletakkan pada paragraf awal. Tujuan seringkali dinyatakan atau ditulis dalam bentuk kalimat ‘bagaimana’ atau nama benda yang akan dibuat itu sendiri.

Ini merupakan bagian penting yang tidak boleh terlewatkan. Teks tutorial yang bagus harus mencantumkan tujuan secara jelas agar pembaca paham dengan isi teks tutorial yang ditulis. Tujuan yang ditulis harus sesuai dan berhubungan dengan 3 komponen/kaidah lainnya.

  • Bahan / Resource

Resource berisi mengenai informasi bahan yang diperlukan. Resource biasanya ditulis dalam bentuk daftar. Komponen mencantumkan secara lengkap tentang bahan, peralatan, dan barang yang dibutuhkan dengan cukup jelas. Komponen ini terdiri dari daftar hal-hal yang diperlukan untuk menyelesaikan prosedur yang diuraikan dalam teks.

Untuk resep jelas akan mencakup hal-hal seperti bahan makanan yang diperlukan. Tetapi terkadang juga dapat mencakup hal-hal seperti peralatan yang diperlukan untuk mengikuti resep sampai selesai. Untuk pembuatan furnitur rumah biasanya mencantumkan peralatan seperti obeng, kunci pas, lem, paku, kayu, dan beberapa bahan furnitur lainnya.

Resource teks tutorial untuk percobaan sains akan berisi beberapa peralatan seperti tabung reaksi, kertas lakmus, kaca pembesar, mikroskop, dan beberapa alat percobaan lainnya. Resource atau bahan yang tercantum dalam bagian ini biasanya akan disajikan sesuai dengan urutan yang akan digunakan.

  • Langkah-langkah

Ini adalah inti dari teks tutorial karena menguraikan metodologi langkah demi langkah untuk mengikuti dalam prosedur itu sendiri. Judul bagian ini dari teks tutorial dapat bervariasi tergantung pada jenis tulisannya. Panduan mengenai topik sulit seperti cara pengolahan sampah atau cara mendesain rumah akan memiliki daftar langkah-langkah yang rumit dan pembahasan mendalam.

Teks tutorial yang lebih sederhana seperti resep akan memiliki struktur yang lebih mudah dan tidak terlalu rumit. Karena langkah-langkah adalah bagian terpenting dalam teks tutorial, penulis harus menyusun daftarnya dengan rinci serta mudah dipahami. Tidak perlu terlalu banyak meletakkan kalimat yang betele-tele.

Teks tutorial yang baik adalah teks yang bisa membantu pembaca mendapatkan panduan yang mudah dan lengkap. Untuk memudahkan penulisan lebih baik menggunakan banyak kalimat pendek dan sederhana ketika menulis langkah-langkah. Kalimat-kalimat sederhana lebih mudah dipahami oleh pembaca dari berbagai kalangan dan usia.

  • Kesimpulan

Kesimpulan adalah akhir dari penulisan teks tutorial. Kesimpulan dari teks tutorial menawarkan kepada pembaca tentang bagaimana pembaca dapat mengevaluasi keberhasilan tutorial yang telah diikuti. Kesimpulan teks tutorial dapat berupa deskripsi makanan lengkap untuk teks resep atau deskripsi furnitur rakitan untuk teks desain furnitur.

Kesimpulan bergantung pada jenis teks yang ditulis. Seringkali ilustrasi digunakan sebagai kesimpulan untuk mempertegas seperti apa tutorial yang ada di dalam teks. Kesimpulan teks tutorial tidak perlu ditulis dengan bahasa yang terlalu panjang. Cukup beberapa kalimat saja dengan catatan sudah memuat semua rangkuman dari keseluruhan teks tutorial.

Struktur Teks Prosedur

Struktur-Teks-Prosedur

Untuk menulis teks ini perlu memahami beberapa struktur teks di bawah ini. Berikut bagian-bagian teks prosedur atau tutorial.

  • Heading

Heading biasanya berisi mengenai tujuan atau sasaran teks ini yang dibuat. Heading harus jelas dan tidak bertele-tele agar pembaca bisa fokus pada panduan yang sedang dicari.

  • Subheading

Subpos atau subheading berisi beberapa section seperti bahan, apa yang harus dilakukan selanjutnya, peringatan ketika melakukan tahapan tutorial, dan beberapa petunjuk yang lain.

  • Urutan atau number steps

Semua tulisan diatur dalam urutan yang sesuai mulai dari awal sampai akhir. Agar lebih mudah dipahami bisa menggunakan bullet atau nomor ketika merinci urutan tutorial.

  • Visual

Untuk struktur yang terakhir tidak harus digunakan. Ini adalah opsional untuk mempercantik teks. Visual diperlukan untuk meningkatkan daya tarik teks tutorial atau prosedur dan memperkuat instruksi teknis. Beberapa visual yang sering atau umum digunakan adalah peta, diagram, dan foto mengenai langkah-langkah yang ditulis.

Siapa Saja Pembaca Teks Prosedur?

Siapa Saja Pembaca Teks Prosedur?

Teks tutorial atau prosedur adalah untuk semua orang. Orang-orang dari segala usia menggunakan teks iniuntuk mempelajari keterampilan baru, melakukan sains percobaan, kelola pertolongan pertama, membangun rumah. Selain itu bisa digunakan belajar memasak atau membuat kue, bermain game, membuat kerajinan, atau meningkatkan kemampuan pembaca dalam musik atau olahraga.

Orang dapat menemukan bacaan jenis ini di buku, majalah, koran, pamflet, instruksi yang ada di dalam sebuah produk, dan di Internet. Teks prosedur yang ada di internet pada saat ini lebih digemari karena mudah diakses dan memiliki banyak sumber rujukan. Pembaca bisa memilih bacaan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Resep dan tutorial melakukan sesuatu adalah contoh umum dari teks ini. Cara penulisannya cukup mudah dan juga banyak di cari banyak pembaca dari berbagai kalangan.

Beberapa Jenis Teks Prosedur

Jenis-Teks-Prosedur

Teks ini terbagi menjadi beberapa jenis. Jenis-jenis teks ini memiliki kegunaan dan fungsinya masing-masing. Di bawah ini penjelasan lebih detail mengenai jenis-jenis teks prosedur.

  • Petunjuk Tempat

Petunjuk tempat adalah teks yang menginstruksikan bagaimana cara mendatangi suatu tempat. Instruksi mengenai petunjuk arah harus dibuat sangat spesifik termasuk nama lokasi dan arah yang dituju. Saat menulis jenis teks ini usahakan menggunakan bahasa formal dan menambahkan peta. Kedua hal ini akan membuat bacaan jadi lebih mudah dipahami.

  • Instruksi

Jenis teks ini berkaitan dengan bagaimana cara seseorang melakukan sesuatu. Teks jenis ini bisa bermacam-macam bentuknya karena ditulis berdasarkan tema. Bahasa yang digunakan harus sesuai dengan kebutuhan audiens. Jika audiens adalah remaja maka usahakan menggunakan bahasa yang santai. Jika audiens adalah orang dewasa bisa menggunakan bahasa formal.

  • Resep

Jenis teks ini merupakan salah satu yang mudah dan tidak rumit. Isi teks ini berkaitan dengan bagaimana cara memasak sesuatu. Resep adalah teks umum, bisa dibaca semua kalangan Agar tidak salah sasaran pembawa, teks jenis resep bisa menggunakan bahasa semi formal. Perlu digaris bawahi bahan, metode dan beberapa visual sangat penting karena akan menambah daya tarik.

  • Aturan untuk permainan

Teks jenis ini berisi tentang bagaimana cara memainkan sesuatu. Ketika menulis tutorial permainan perlu menulis dengan gaya dan bahasa yang akan pahami pembaca. Jika tema yang disajikan adalah permainan game maka perlu menggunakan gaya bahasa yang ringan. Agar teks jenis ini lebih menarik bisa membubuhkan beberapa ilustrasi yang sesuai.

  • Manual

Jenis teks ini berisi bagaimana cara mengoperasikan suatu benda. Untuk teks jenis ini perlu penjelasan yang spesifik agar pembaca tidak melakukan kesalahan ketika mencoba panduan di dalam artikel. Gaya penulisan perlu menyesuaikan dengan pembaca dan juga tema yang sedang ditulis.

Sebagai artikel dengan genre nonfiksi yang relatif mudah, teks ini dalam berbagai bentuknya seringkali lebih mudah dipahami oleh para pembaca. Penulisan yang singkat padat dan jelas memudahkan seseorang untuk mengikuti panduan step by step dengan baik. Karena beberapa orang cenderung kurang menyukai tulisan yang panjang.

Artikel prosedur termasuk salah satu teks yang banyak dicari di internet. Isinya dinilai memberi banyak manfaat karena terdapat panduan khusus untuk melakukan sesuatu atau menuju ke suatu tempat.

Tips Untuk Menulis Teks Prosedur yang Bagus dan menarik

Tips Untuk Menulis Teks Prosedur yang Bagus dan menarik

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menulis teks ini. Beberapa tips di bawah ini bisa dijadikan acuan menulis teks atau artikel prosedur yang bagus serta menarik. Pembaca bisa fokus pada bacaan hingga akhir.

  • Jangan bertele-tele ketika menjelaskan panduan
  • Tulis semuanya dalam urutan yang benar
  • Lakukan riset menganai barang atau tempat yang akan diulas
  • Buat instruksi atau panduan yang singkat, tajam dan langsung ke sasaran
  • Gunakan bahasa dan istilah yang benar
  • Temukan atau buat beberapa diagram berlabel jika memungkinkan
  • Tulis paragraf secara efektif. Setiap panduan harus dimulai dengan paragraf baru agar pembaca bisa mengingat dengan baik
  • Teks atau artikel prosedur selalu ditulis dari sudut pandang orang ketiga

Bagaimana Memilih Teks Prosedur yang Bagus?

Bagaimana Memilih Teks Prosedur yang Bagus?

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memilih teks atau artikel prosedur yang bagus. Fungsi teks prosedur dan manfaat teks prosedur bermacam-macam, yaitu:

  • Pilih bacaan berdasarkan judulnya
  • Judul akan memberi tahu apa yang dapat pembaca pelajari untuk dibuat atau dilakukan
  • Selanjutnya, periksa daftar persediaan dan peralatan untuk melihat apakah Anda memiliki segalanya kamu membutuhkan
  • Setelah itu, bacalah semua langkah dan pelajari gambar untuk memastikan paham dan mengerti apa yang harus dilakukan

Contoh Teks Prosedur

Di bawah ini ada beberapa contoh teks prosedur yang bisa dijadikan contoh untuk membuat tutorial yang bagus dan menarik.

  • Teks Prosedur Tutorial Resep Minuman

Cara Mudah Membuat Jus Mangga di Rumah

Cara Mudah Membuat Jus Mangga di Rumah

Jus mangga selalu menjadi favorit banyak orang. Apalagi jika dikonsumsi saat cuaca yang panas jus ini bisa jadi rebutan. Sekarang Anda tidak perlu susah-susah mencari jus mangga dikedai karena Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Bagaimana Cara Membuat Jus Mangga yang Enak?

Ada beberapa langkah sederhana yang bisa Anda ikuti untuk membuat jus mangga yang enak dan unik, ulasan lengkapnya ada di bawah ini.

Beberapa saran untuk membuat jus mangga

Sebelum ke tutorial pembuatan ada beberapa hal yang perlu disiapkan yaitu:

  • Karena kita ingin mencicipi rasa mangga asli maka lebih baik tidak menambahkan bahan lain dalam jus.
  • Gunakan mangga manis dan memiliki kandungan air yang banyak seperti mangga gadung. Hindari mangga berserat.
  • Saat Anda membuat jus mangga maka Anda dapat mempertimbangkan untuk membiarkan beberapa potongan mangga tetap utuh. Potongan mangga ini akan memberikan sensasi yang berbeda serta mengejutkan dan membuat minuman Anda lebih kaya rasa dan enak.
  • Agar lebih variati fAnda juga dapat membuat jus mangga dengan tambahan susu

Bahan untuk resep jus mangga ukuran 1 cup atau 250 ML

Bahan untuk membuat jus mangga tidak susah dan bisa kamu dapatkan di rumah.

  • 4 potong buah mangga gadung ukuran sedang atau varietas mangga manis lainnya
  • Gula secukupnya
  • Air setengah gelas
  • Es batu serut
  • Susu jika diperlukan

Bagaimana membuat resep mango

Jika semua sudah siap, Anda bisa membuat jus mangga dengan mengikuti tutorial di bawah ini.

  • Cuci buah mangga sampai bersih
  • Kupas dan potong-potong kecil-kecil
  • Masukkan potongan mangga ke dalam blender
  • Blender sampai halus
  • Anda dapat mempertimbangkan untuk menyisakan beberapa potong mangga atau menambahkannya di jus nanti
  • Sajikan jus mangga dalam gelas
  • Anda juga bisa menyajikannya dalam mangkuk jika Anda ingin mencoba gara yang berbeda

Jika Anda ingin jus mangga dingin, maka Anda dapat menambahkan beberapa es batu atau Anda bisa menyimpan jus mangga di lemari es selama beberapa jam. Anda juga bisa menyimpan jus mangga di kulkas semalaman dan meminum jus mangga di hari berikutnya.

jika Anda ingin mengurangi kepekatan jus mangga Anda bisa menambahkan air atau es batu ke dalamnya. Selamat mencoba.

  • Teks Prosedur Artikel Instruksi

Tutorial Pakai Google Drive Untuk Pemula

Tutorial Pakai Google Drive Untuk Pemula

Dari semua layanan penyimpanan dan sinkronisasi file cloud yang tersedia, Google Drive bisa dibilang yang terbaik. Gagasan di baliknya sederhana: Tempatkan atau buat file di Drive dan selama Anda memiliki akses ke internet (atau unduh ekstensi Chrome offline), Anda dapat melihat dan mengedit file di perangkat apa pun yang kompatibel.

Tutorial Mudah Menggunakan Google Drive

Tentu Google bukan satu-satunya perusahaan yang menawarkan layanan semacam ini, tetapi mengingat integrasi yang mulus dengan layanan Google lainnya dan seperangkat alat kolaborasi sederhana, Drive dengan mudah menonjol dari paket. Berikut panduan mudah mengakses google drive.

  • Mengakses Google Drive

Langkah 1: Jika Anda belum pernah menggunakan sebelumnya, Anda harus mendaftar akun Google sebelum melanjutkan dengan Drive. Daftar disini gratis dan hal itu akan memberi Anda akses yang mudah dan disinkronkan ke semua layanan Google. Anda harus membayar biaya jika Anda menginginkan penyimpanan lebih dari 15GB.

Mengunduh Google Chrome juga tidak ada salahnya, mengingat peramban web yang populer memiliki sejumlah ekstensi dan alat yang terintegrasi dengan baik dengan Drive.

Langkah 2: Setelah mendaftar (atau masuk ke akun Anda yang ada), Anda dapat mengakses Drive melalui peramban atau aplikasi seluler khusus, yang saat ini tersedia untuk Android dan iOS.

  • Navigasi

Setelah masuk ke Drive, klik tombol Biru baru di sudut kiri atas atau Drive Saya, yang terletak di bagian tengah layar. Di aplikasi seluler, tekan lingkaran biru dengan tanda tambah di sudut kanan bawah. Ini membuka menu yang memungkinkan Anda membuat atau mengunggah file ke Drive. Anda dapat membuat spreadsheet, dokumen kata, presentasi rangkai salindia, formulir, menggambar, dan banyak hal lainnya melalui aplikasi pihak ketiga.

  • Unggah Dokumen

Untuk mengunggah dokumen ke Drive, klik tombol Unggah file di bawah Drive Baru atau Saya dan pilih file dari komputer Anda. Drive bagus untuk penggunaan pribadi, tetapi yang membedakannya dari layanan cloud lainnya adalah alat kolaborasi yang kuat. Jika Anda perlu bekerja jarak jauh dengan seseorang dalam suatu proyek, Anda dapat berbagi dokumen dengan mereka dan membuat perubahan bersama secara real time.

  • Download Dokumen

Fitur Drive lain yang bermanfaat adalah kemampuan untuk melihat dan mengedit file bahkan jika Anda tidak memiliki akses ke internet. Yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh ekstensi Google Documents Offline untuk Google Chrome. Setelah diunduh dan diaktifkan di pengaturan Drive Anda, Anda dapat mengakses file tertentu (Documents, Spreadsheet, dan Slide) bahkan ketika Anda bepergian atau tanpa internet selama beberapa jam. Lingkaran abu-abu dengan baut kilat melaluinya akan muncul di sebelah nama file Anda di jendela file, membiarkan Anda tahu ketika Anda sedang offline.

4 panduan di atas adalah fitur andalan yang banyak digunakan oleh orang-orang. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang Google Drive bisa langsung coba download sekarang juga

  • Teks Prosedur Petunjuk Tempat

Cara Mengunjungi Nusa Penida Lewat Tempat-Tempat Unik Ini

Kunjungi Nusa Penida Lewat Tempat-Tempat Unik Ini

Nusa Penida adalah salah satu dari tiga pulau yang merentang di pantai Bali Tenggara. Ada perusahaan kapal cepat yang beroperasi secara teratur antara daratan dan pulau. Disana juga ada layanan feri yang dibuka untuk umum. Untuk bisa sampai ke Nusa Penida kamu bisa ikuti panduan di bawah ini.

Tempat Terdekat dari Nusa Penida

Ada beberapa lokasi yang dekat dengan Nusa Penida. Kamu bisa mengakses beberapa tempat ini.

  • Sanur
  • Pelabuhan Kusamba

Bagaimana Cara Aksesnya?

Sanur dan Kusamba adalah 2 pelabuhan di daratan Bali dari mana Kamu bisa sampai ke Nusa Penida.

  • Sanur

Untuk pergi ke pelabuhan sanur, kamu perlu pergi ke pelabuhan Sanur. Pelabuhan Sanur ada daerah Denpasar. Tepatnya berada di Jalan. Sanur Beach Street Walk, Sanur Kota Denpasar. Kamu perlu melewati rute Jalan. Hang Tuah, Sanur KajaUntuk sampai ke Jalan. Sanur Beach Street Walk . Jalan ini berada dekat dengan tempat kuliner sop Ikan Mak Beng Sanur.

Setelah sampai kamu bisa naik kapal feri. Ada beberapa perusahaan feri yang beroperasi ke Nusa Penida dari Sanur yaitu Kapal Marlin, Kapal Sugriwa, Kapal Bali Eka Jaya, Kapal Crown, dan S’gening. Kapal-kapal ini memerlukan waktu 45 menit untuk sampai ke Nusa Penida.

  •  Pelabuhan Kusamba

Kusamba membuka layanan antar jemput untuk pergi ke Nusa Penida. Tetapi jalurnya agak keluar dari rute wisata.

Untuk menuju pelabuhan Kusamba ini sangat mudah, rute dari Denpasar melewati by pass Ida Bagus Mantra. Waktu tempuh sekitar 1 km kamu melewati jembatan penyebrangan baru Tukad Unda Klungkung. Disana ada perempatan, lalu belok kanan ke pantai Kusamba. Jangan lurus, jika lurus maka yang dituju adalah pura Goa Lawah. Perjalanan menuju pelabuhan Kusamba sekitar 3,2 km.

Kamu bisa menyewa skuter untuk sampai ke Nusa Penida dari pelabuhan Kusamba. Perjalanan menggunakan skuter memerlukan waktu sekitar 40 menit. Cara terbaik untuk menyewa skuter adalah meminta pemilik tempat penginapan untuk merekomendasikan tempat sewa.

Mereka akan memanggil petugas skuter langsung ke penginapan. Jangan heran jika Kamu dikenakan biaya lebih untuk satu skuter. Jumlah kendaraan lebih sedikit dari permintaan. Sewa harian mulai sekitar Rp 70.000 per hari.

Kedua pelabuhan ini adalah yang paling sering di akses oleh wisatawan. Pastikan kamu datang dengan persiapan agar perjalanan wisata kamu tidak ada kendala.

  • Teks Prosedur Contoh Aturan Permainan

Tutorial Bermain Uno Untuk Pemula

Permainan kartu adalah permainan favorit saat kumpul-kumpul. Lebih menyenangkan lagi jika bermain bersama teman dan keluarga. Uno adalah game klasik yang dimainkan sebagian besar orang . Uno menyenangkan, sederhana, dan cara memainkannya tidak sulit

Jika kamu tidak yakin cara bermain Uno atau kamu sudah tidak bermain dalam waktu yang lama, kamu bisa belajar cara bermain di sini.

5 Langkah Mudah Bermain Uno

Sangat mudah untuk belajar cara bermain Uno. Saat bermain Uno, tujuan kamu adalah menghabiskan kartu kamu secepat dan seefisien mungkin. Satu-satunya cara untuk mencetak poin dan akhirnya memenangkan permainan adalah dengan menjadi pemain pertama yang kehabisan kartu.

Untuk melakukan ini, kamu harus mencocokkan nomor, warna, atau aksi kartu teratas dalam tumpukan kartu buangan. Kamu juga dapat memainkan kartu liar untuk mengubah warna yang sedang dimainkan. Berikut langkah-langkahnya

  1. Di awal giliran pemainan, seorang pemain dapat mencocokkan nomor atau warna kartu yang menghadap ke atas dengan sebuah kartu di tangan mereka. Jika kartu cocok, mainkan terus ke pemain berikutnya.
  2. Jika pemain tidak memiliki kartu yang cocok tetapi memiliki Kartu Wild atau Kartu Wild Draw 4 di tangan mereka, mereka dapat memilih untuk memainkan kartu tersebut. Kartu Wild memungkinkan pemain untuk memilih warna apa pun.
  3. Pemain harus mengambil kartu paling atas dari tumpukan undian jika mereka tidak dapat memainkan kartu dari tangan mereka. Jika kartu yang ditarik tidak dapat dimainkan, mereka terus mengambil kartu dari tumpukan undian hingga mereka dapat memainkan kartu.
  4. Pemain tidak dipaksa untuk memainkan kartu yang cocok dari tangan mereka. Mereka dapat memilih untuk memainkan kartu Wild atau mengambil kartu baru dari tumpukan undian. Jika pemain memilih untuk menggambil kartu, mereka harus terus mengambil sampai mereka menerima kartu yang dapat dimainkan. Mereka tidak dapat memainkan kartu yang semula ada di tangan mereka setelah memilih untuk mengambil kartu dari tumpukan undian.
  5. Setelah pemain berhasil mencocokkan kartu dengan kartu yang menghadap ke atas, permainan berlanjut ke pemain berikutnya.
  6. Di awal permainan, permainan berlanjut ke kiri pemain dalam arah searah jarum jam. Tetapi bisa berbalik arah jika mengeluarkan kartu Reserve. Seperti namanya, kartu Reverse akan mengubah arah pemain berikutnya dari kiri ke kanan atau kanan-ke-kiri. Kartu Reverse yang dimainkan dalam game dua orang bertindak seperti kartu Skip.
  7. Jika kartu terakhir telah diambil dari tumpukan undian, semua kartu yang telah dimainkan kecuali kartu yang menghadap ke atas harus diacak dan digunakan sebagai tumpukan undian baru. Ini dapat terus berulang sebanyak yang diperlukan bagi seseorang untuk akhirnya kehabisan kartu di tangan mereka.

Nah itu dia tutorial cara bermain Uno dengan mudah. Membaca tutorial saja tidak cukup untuk jadi pemain yang ahli. Kamu perlu latihan berulang kali untuk menguasai strategi permainan. Tutorial di atas adalah panduan singkat untuk bermain Uno untuk kamu yang pemula. Coba mainkan sekarang juga.

  • Teks Prosedur Contoh Tutorial Manual

Tips Mudah Mengoperasikan Kamera Digital

Saat ini orang-orang sudah mulai beralih dari kamera manual ke kamera digital. Tidak bisa dipungkiri kamera-kamera yang ada saat ini sudah jauh lebih baik daripada zaman dulu. Mulai dari fitur-fiturnya hingga cara penggunaannya.

Jika Anda baru pertama kali memakai kamera digital berikut beberapa tutorial cara memakai kamera digital. Simak terus.

Cara Mengoperasikan Kamera Digital

Ada beberapa langkah mudah untuk mengoperasikan kamera digital.

  • Langkah 1

Nyalakan kamera Anda dan lihat bagian belakang kamera digital Anda. Ada beberapa tombol. Temukan tombol menu, tombol hapus dan tombol mode.

  • Langkah 2

Temukan dan tekan tombol panah pada kamera digital Anda untuk menjelajahi bagaimana fungsinya. Tombol ini berfungsi untuk menggulir gambar Anda. Fungsi yang lain adalah tombol navigasi di layar kamera Anda.

  • Langkah 3

Temukan foto yang ingin Anda hapus di kamera digital Anda. Ketika Anda benar-benar yakin memiliki foto yang benar, tekan tombol “Hapus”. Pesan konfirmasi akan muncul jika Anda akan secara tidak sengaja menghapus foto. Pastikan Anda tidak memilih “Hapus semua” pada menu ini.

  • Langkah 4

Jelajahi mode pemutaran. Mode ini menawarkan pilihan seperti tampilan slide atau tampilan thumbnail sementara tombol atas dapat menawarkan bingkai. Jika Anda ingin zoom gambar, Anda juga dapat mengklik tombol ini untuk memperbesar foto digital. Perlu diingat ini tidak akan mempengaruhi hasil cetakan gambar.

  • Langkah 5

Menekan tombol menu akan memberi Anda berbagai pilihan seperti perekaman, pengaturan dan fungsi lainnya. Tekan tombol kanan untuk maju dan turun untuk memilih. Gulir untuk keluar untuk keluar dari menu atau cukup klik “Menu” lagi. Pastikan kotak yang tepat dicentang.

  • Langkah 6

Tekan dan tahan tombol bulat yang terletak di atas kamera digital Anda hingga delapan detik untuk mengambil foto digital. Ulangi beberapa kali hingga Anda menyesuaikan pencahayaan, jarak, dan tingkat aktivitas.

  • Langkah 7

Pastikan baterai Anda terisi daya atau memiliki baterai baru jika Anda menggunakan baterai AA sekali pakai. Indikator baterai ditemukan di layar tampilan kamera di sebelah kiri atau di bagian atas tergantung merek kamera.

  • Langkah 8

Jika ingin mencetak foto Anda perlu melepas memori terlebih dahulu. Dorong dengan lembut, pegang dengan ibu jari dan telunjuk untuk melepaskan kartu memori Anda. Masukkan ke komputer Anda untuk disalin. Jika Anda akan berlibur, bawalah setidaknya dua kartu memori, pengisi daya atau persediaan baterai yang cukup.

8 langkah di atas adalah panduan untuk pemula. Jika Anda sudah terbiasa Anda bisa lakukan beberapa percobaan seperti setting mode malam dan beberapa teknik profesional lainnya. Selamat mencoba.

Teks atau artikel prosedur sangat berguna bagi banyak orang. Hanya dengan beberapa paragraf saja sudah bisa memberikan informasi yang lengkap dan jelas. Tetapi meski sudah banyak yang menggunakan teks ini sebagai panduan melakukan sesuatu, tetap perhatikan kualitas panduan yang ditulis.

Semakin lengkap panduan dijabarkan maka semakin baik pula informasi yang didapatkan. Tidak sulit untuk membuat teks seperti ini, cukup pahami informasi teks prosedur di atas maka teks tutorial atau panduan yang menarik bisa dengan mudah di buat.


Baca juga:

Content Protection by DMCA.com