Teks Deskripsi dan Contohnya

Posted on

Ketika bercerita dengan teman, tentu kita sering menjelaskan sesuatu dengan detail. Nah, proses menjelaskan sebuah objek itu disebut dengan mendeskripsikan. Proses deskripsi bisa bermacam-macam, dari mulai deskripsi secara lisan hingga menggunakan teks yang disebut dengan teks deskripsi.

Menuliskan sebuah teks deskripsi dapat berarti menjabarkan atau pun menggambarkan sebuah peristiwa, objek, ataupun tempat kepada seseorang dalam bentuk tulisan. Di dalam tulisan tersebut, objek yang digambarkan harus detail dengan penggambaran yang baik sehingga orang yang membacanya dapat membayangkan objek tersebut dengan baik.

Pengertian Teks Deskripsi

Secara harfiah, teks deskripsi adalah teks yang berisi penjabaran atau penjelasan mengenai sebuah objek dengan detail. Objek yang dimaksud bisa sebuah tempat, manusia, hewan, benda, ataupun objek lain.

Sedangkan menurut beberapa ahli, pengertian teks deskripsi telah dirangkum seperti di bawah ini:

Menurut Keraf, ahli bahasa yang lahir di Nusa Tenggara Timur, mendefinisikan bahwa

Teks deskripsi sebagai wacana yang berusaha menyajikan suatu objek atau suatu hal sedemikian rupa sehingga objek tersebut seolah-olah ada di depan pembaca atau seolah-olah pemvaca melihat sendiri objek tersebut.

Semi sendiri mengatakan bahwa teks deskripsi adalah sebuah tulisan yang bertujuan untuk merincikan atau memberikan detail tentang sebuah objek agar memberi pengaruh imajinasi kepada pembaca atau pendengar tentang objek yang dideskripsikan.

Sementara itu, Tarigan mendefinisikan bahwa teks deskripsi adalah tulisan yang mampu melukiskan sebuah cerita dimana cerita tersebut bertujuan untuk mengajak pembaca memahami dan menikmati objek yang diceritakan.

Sedangkan definisi teks deskripsi yang paling singkat dinyatakan oleh Wiyanto yang mengatakan bahwa teks deskripsi adalah sebuah tulisan yang berisi uraian atau melukiskan sebuah keadaan.

Dari beberapa pengertian menurut ahli di atas, dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa teks deskripsi adalah sebuah tulisan yang menceritakan atau merincikan sebuah objek dalam bentuk uraian tulisan. Dan tulisan yang dibuat harus benar-benar melukiskan objek tersebut ke dalam imajinasi pembaca.

Sebuah teks deskripsi harus melibatkan banyak kesan indera ke dalam tulisannya. Dari mulai penggambaran suara, penglihatan, sampai ke tekstur objek yang sedang dideskripsikan.

Fungsi Teks Deskripsi

Ada beberapa fungsi teks deskripsi secara umum, yakni:

  • Bagi pembaca, teks deskripsi berfungsi untuk menjelaskan atau memberi gambaran di dalam benaknya tenntang keadaan sebuah objek, sehingga pembacaa seolah-olah merasakan atau sendiri keadaan objek tersebut.
  • Sedangkan bagi penulis, teks deskripsi dapat berfungsi untuk melatih kelihaian penulis dalam menjabarkan atau menggambarkan sebuah objek.
  • Secara umum, teks deskripsi berfungsi untuk memberitahukan detail sebuah objek baru kepada pembaca agar mengetahui bagaimana keadaan objek tersebut.

Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi

Kaidah kebahasaan selalu dipakai dalam setiap teks, termasuk teks deskripsi. Kaidah kebahasaan atau disebut juga sebagai unsur kebahasaan selalu dipakai dalam struktur pembentuk teks deskripsi.

Ada beberapa unsur kebahasaan yang dipakai dalam membuat teks deskripsi. Bahkan, bisa dibilang hampir seluruh unsur kebahasaan dapat digunakan dalam sebuah teks deskripsi. Beberapa di antaranya adalah frasa, baku dan non baku, huruf kapital, rujukan kata, dan imbuhan kata.

Bisa dibilang, unsur kebahasaan yang ada dalam teks deskripsi mencakup seluruh PUEBI yang berlaku saat ini. Berikut beberapa penjelasannya

  • Rujukan Kata bisa dibilang juga sebagai kata ganti subjek. Subjek yang dimaksud adalah orang pertama, orang kedua, orang ketiga, benda, ataupun tempat. Kata ganti untuk kelima subjek tersebut adalah aku (saya, diriku), kamu (kau, Anda, engkau, dirimu), dia (ia), itu (ini), dan di sana (di sini)
  • Penggunaan Kata baku dan kata tidak baku.
  • Konjungsi. Biasanya digunakan untuk menyambung kalimat dan disebut pula dengan kata sambung. Terdiri atas konjungsi koordinatif (dan, tetapi, atau) dan konjungsi subordinatif.
  • Frasa adalah gabungan 2 kata atau lebih dimana penggabungannya membentuk kata dengan arti baru dan bersifat non predikat.
  • Kata berimbuhan yang terdiri atas prefiks, infiks, sufiks, dan konfiks. Prefiks sendiri adalah imbuhan di awalan kata. Infiks ialah kata imbuhan yang berada di tengah kata. Sufiks adalah penambahan di akhir kata. Konfiks adalah gabungan antara infiks dan sufiks, yakni morfem yang diletakan di awal dan akhir kata.

Karakteristik Teks Deskripsi

Teks deskripsi umumnya memiliki karakter yang menonjol dan mudah dibedakan dengan teks lainnya. Ini karena teks deskripsi memiliki ciri yang sangat khas, sehingga sekali baca langsung dapat membedakannya.

Berikut beberapa karakteristik ataupun ciri dari sebuah teks deskripsi:

  • Teks deskripsi selalu dibuat untuk menggambarkan sebuah objek.
  • Penggambaran yang dibuat dalam teks selalu bersifat rinci dan detail
  • Penggambaran yang ada di dalam teks selaly melibatkan kesan indera agar imajinasi pembaca tahu seperti apa objek yang digambarkan
  • Pembaca teks deskripsi harus bisa merasakan keadaan dan situasi objek yang digambarkan
  • Mengandung detail fisik dari objek yang digambarkan. Dari mulai sifat fisik berupa warna, tekstur, hingga ukuran objek.
  • Sebuah teks deskripsi harus memenuhi jawaban dari pertanyaan 5W + 1H yang berkaitan dengan objek yang digambarkan.

Jenis Teks Deskripsi

Teks deskripsi memiliki banyak jenis yang berbeda. Setidaknya ada 2 jenis teks deskripsi yang berbeda, yakni perbedaan berdasarkan sudut pandang dan perbedaan cara menceritakan sebuah objek yang diceritakan. Berikut penjelasannya

Berdasarkan Sudut Pandang

Jenis teks deskripsi berdasarkan sudut pandang dibedakan lagi menjadi 3, yakni teks deskripsi subjektif, objektif, dan spatial.

Seperti namanya, teks deskripsi subjektif selalu diambil berdasarkan sudut pandang subjektif. Yang artinya, penulis tidak dalam kondisi netral saat menuliskan deskripsinya alias menulis berdasarkan perasaan pribadinya. Teks deskripsi jenis ini biasanya dapat dilihat dalam artikel review sebuah buku atau produk.

Berbeda dengan teks deskripsi subjektif, teks deskripsi objektif memiliki sudut pandang yang lebih netral. Penulis teks deskripsi objektif biasanya harus memberikan atau mendeskripsikan objek sesuai dengan apa yang dia lihat, tanpa ada campur tangan selera penulis itu sendiri. Misalnya penulis tidak menyukai buku bergenre romance, tetapi ketika dia memberi resensi mengenai buku romance, dia harus adil dalam menilai dan tidak boleh menulis berdasarkan seleranya semata.

Teks deskripsi spatial adalah teks deskripsiyang menjelaskan semua objek, kecuali manusia. Maksudnya adalah teks ini bisa menjelaskan objek berupa benda, tempat, dan sebuah lokasi, tetapi tidak boleh mendeskripsikan manusia.

Berdasarkan Cara Penyampaian

Berdasarkan cara penyampaiannya, teks deskripsi dapat dibedakan menjadi dua, yakni secara imajinatif dan faktual.

Seperti namanya, teks deskripsi imajinatif adalah sebuah teks deskripsi dimana penulis mendeskripsikan sebuah objek dengan gambaran yang detail sehingga mampu membawa imajinasi pembaca seolah melihat langsung objek yang digambarkan. Deskripsi imajinatof harus melibatkan kesan indera dalam menuliskannya.

Objek yang digambarkan dalam teks deskriptif imajinatif adalah ruang atau lokasi tempat kejadian berlangsung. Termasuk ke dalamnya suasana saat kejadian dan kesan yang ada selama kejadian yang dijadikan objek deskripsi berlangsung.

Sedangkan teks deskriptif faktual adalah teks deskripsi yang objek penceritaannya adalah manusia. Bisa berupa nama, identitas, sifat, hingga ciri fisik yang dimiliki objek. Penceritaannya harus detail hingga pembaca bisa membayangkan keadaan manusia itu dengan sebenar-benarnya.

Struktur Teks Deskripsi

Ada beberapa struktur teks deskripsi yang harus dipenuhi jika ingin menulis jenis teks ini. Beberapa struktur teks deskripsi tersebut adalah:

Identifikasi Objek

Bagian identifikasi objek biasanya berada di pembukaan. Identifikasi objek bisa dibilang sebagai identitas dari objek yang digambarkan. Misalnya, ketika ingin menggambarkan sebuah tempat, maka identifikasi objeknya berupa nama tempat yang ingin digambarkan. Kemudian diikuti dengan informasi umum yang telah diketahui oleh khalayak umum, semisal alamat lengkapnya atau maskot utama tempat tersebut.

Klasifikasi Objek

Pada bagian ini, biasanya yang dituliskan adalah klasifikasi objek yang ingin digambarkan.

Deskripsi Objek

Bagian yang paling penting dalam teks deskDi bagian inilah penulis mulai menggambarkan secara detail tentang objek yang ingin dideskripsikan. Penulis mulai memasukan kesan indera dalam penulisannya sesuai dengan pengalaman yang dialami ketika bertemu dengan objek ini.

Langkah Membuat Teks Deskripsi

Untuk membuat teks deskripsi, ada beberapa langkah yang bisa diikuti. Seperti di bawah ini

  • Menentukan objek. Sebelum membuat teks deskripsi, pastikan untuk menentukan objek yang akan dideskripsikan terlebih dahulu.
  • Menentukan tujuan. Apakah akan membuat teks deskripsi imajinatif atau faktual. Menentukan tujuan ini akan membuat gaya pendeskripsian akan berbeda.
  • Melakukan riset terkait objek yang akan dideskripsikan.
  • Membuat kerangka.

Berikut beberapa contoh kerangka teks deskripsi yang bisa dijadikan referensi.

Judul: Gunung Sibayak

Identifikasi Objek: (Perkenalan objek yang dideskripsikan)

Jika ingin mendaki gunung di SUmatera Utara, maka SIbayak lah jawabannya. Sibayak adalah salah satu gunung terkenal dengan keindahan alamnya. Sibayak terletak di Sumatera Utara, tepatnya berada di Kabupaten Karo dan biassa disebut dengan gunung Gunung Raja.

Klasifikasi Objek: Sibayak memiliki ketinggian 2.172 km di atas permukaan laut. Dengan ketinggian yang cukup baik untuk menikmati pemandangan yang ada di sekitarnya, termasuk pemandangan laut biru yang indah.

Deskripsi Objek: (Mendeskripsikan objek)

Gunung Raja atau Gunung Sibayak ini termasuk salah satu objekk wisata di Sumatera Utara masih asri. Terbukti, gunung ini masih memiliki banyak pepohonan sepanjang jalan menuju puncak.  Yang paling banyak dibicarakan dari Gunung yang satu ini adalah Puncak Tapal Kuda atau puncak kepala kuda adalah puncak paling terkenal di Gunung Sibayak.

Seperti gunung tinggi pada umumnya, suhu dan cuaca di puncak gunung Sibayak juga dingin menusuk hingga tulang, sehingga sangat disarankan untuk membekali diri dengan jaket, baju tebal, syal, dan berbagai peralatan lain untuk menghangatkan tubuh.

Di puncak gunung Sibayak mayoritas dihuni oleh bebatuan besar yang biasa dijadikan objek foto oleh para pengunjung. Biasanya, pengunjung akan memanjat bebatuan besar dan berpose di sana. Tidak ada pepohonan di puncak Sibayak, hanya bebatuan dengan berbagai pemandangan indah dan beberapa tumbuhan semak hijau yang mempercantik pemandangan puncak.

Contoh Teks Deskripsi

SMA Negeri 1 Simpang Empat

SMA Negeri 1 Simpang Empat terletak di jalan Pasar Benteng di Simpang Empat. Letak SMA Negeri 1 Simpang Empat masuk ke dalam gang dan tidak begituu jauh dari Jalan Lintas Sumatera. SMA yang satu ini memiliki predikat Rintisan Sekolah Standar Nasional.

Sekolah ini memiliki 18 ruang kelas dengan rincian sebagai berikut: 6 kelas untuk kelas sepuluh, 3 kelas untuk kelas sebelas ipa, 3 kelas untuk sebelas ips, 3 untuk dua belas ipa, dan 3 untuk dua belas ips. Selain itu, terdapat pula ruang kepala sekolah, ruang tata usaha, dan ruang guru. Ketiga ruangan ini saling berdampingan dan berada di sebelah kanan pintu masuk sekolah.

Di sebelah ruang guru terdapat ruang multimedia dan unit kesehatan siswa. Untuk laboratorium sendiri terletak satu baris dengan ruang kelas sepuluh, dekat dengan ruang pramuka, gudang, dan perpustakaan.

Musholla terletak dekat dengan sebelas IPS2 dan IPS 3 berwarna hijau dengan kamar mandi dan tempat wudhu yang terpisah antara laki-laki dan perempuan. Kantin berada di belakang dan berbentuk memanjang. Menu yang ada di kantin adalah miso, pecal, dan beberapa menu lain.

Itulah SMA Negeri 1 Simpang Empat, satu-satunya SMA Negeri yang ada di kecamatan Simpang Empat.

Teks deskripsi adalah teks yang digunakan untuk menjelaskan suatu objek dengan tepat dan benar. Fungsinya sebagai media bercerita agar pembaca mengetahui detail objek yang diceritakan dan mampu mengimajinasikannya.

Itulah pengertian teks deskrispsi, unsur, struktur, dan ciri-cirinya. Teks deskripsi sangat mudah dipelajari dan ditemukan dalam setiap buku, terutama buku cerita.


Baca juga:

Content Protection by DMCA.com