Selasa, 25/06/2013 22:36 WIB

Iwan Fals Luncurkan Album Baru, 'Raya'

Album ganda yang berisi delapan belas lagu yang dipilih sendiri oleh istri dan anaknya.
Oleh: Reno Nismara
Share :   
image
Iwan Fals. (Foto: Alden Tamborello)
Jakarta - Setelah Keseimbangan pada 2010, penyanyi dan pencipta lagu berstatus legendaris Indonesia, Iwan Fals, telah resmi meluncurkan album penuh terbarunya dengan tajuk Raya pada Selasa (25/6) di Rolling Stone HQ, Ampera, Jakarta.

Seakan ingin membayar utang tanpa tanggung atas tiga tahun tanpa album, Raya dihiasi dengan delapan belas lagu dalam format album ganda. “(Album) ini adalah usaha saya untuk tampil. Dunia memang menyilaukan, tapi terkadang butuh juga yang silau-silau,” ujar Iwan secara metafora di hadapan para wartawan yang hadir.

Ia melanjutkan, “Saya ini penyanyi, bukan pelari, jadi saya menyanyi. Kebutuhan saya adalah membuat lagu, mengeluarkannya. Kebutuhan tampil, ingin berbagi, silaturahmi.”

Tajuk Raya sendiri merupakan multi-tafsir: pertama 'Raya' yang merupakan nama anak bungsu Iwan Fals dan 'raya' dalam makna literal dikarenakan jumlah dan tema lagu yang banyak.

Lagu-lagu yang ada pada album dipilih oleh Rosana Listanto selaku istri dan Annisa Cikal Rambu Bassae yang merupakan anaknya. Tadinya, ada 28 lagu yang disediakan Iwan untuk Raya namun sepuluh lagi terpaksa ditarik karena kuantitas yang dianggap terlalu banyak.

“Saya bersama Cikal memilih lagu ini berdasarkan temanya. Lagu-lagu pada album ini menginformasikan tentang apa saja yang harus kita pedulikan. Kalau Iwan sendiri yang pilih nggak bisa, dia nggak bakal tega mengeliminasi lagunya sendiri,” terang Rosana yang lebih akrab dipanggil Mbak Yos.

Dua lagu dari album ini—“Aku Ada” dan “Katanya”—menyertakan Lea Simanjuntak sebagai penyanyi tamu. Ia mengungkapkan, “Ini adalah kesempatan berharga karena tidak semua musisi bisa kerja sama dengan seorang Iwan Fals, di album pula.”

Sebelumnya, Lea telah lebih dulu bernyanyi bersama Iwan Fals secara live di Panggung Kita, Leuwinanggung, Depok dalam rangka Konser Aluminium pada 1 Desember 2012 lalu. Mbak Yos mengaku menyukai suara Lea setelah menonton penampilannya di televisi. Mbak Yos sendiri turut menyumbangkan suaranya pada lagu “Cinta Itu”.

Iwan lalu memberitahu bahwa ia membebaskan musisi-musisi pendukung pada album Raya untuk urusan aransemen. Nama-nama musisi tersebut adalah gitaris Totok Tewel dan Sonata, bassist Ardy Yusuf, kibordis Edi Daromi, dan drummer Raiden Soe.

Album Raya dapat dibeli secara pre-order dengan mengontak Toko Kita yang merupakan tempat resmi penjualan barang-barang serba Iwan Fals, mulai dari album hingga kaos. Selain itu, akan ada pula format box dari pihak Top Coffee yang isinya termasuk album Raya dan majalah Rolling Stone Indonesia edisi khusus Iwan Fals.

(RS/RS)

Hasil Rating Pembaca:  icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
Form Rating

Rating :

icon_star_full   icon_star_fullicon_star_full   icon_star_fullicon_star_fullicon_star_full   icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full   icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full  

Share:

Komentar terkini (0 Komentar)
1

Kirim komentar anda:

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
logo_detikhot 
Kamis, 31 Juli 2014 17:10 WIB

Siap Sambut Debut Red Velvet?

Siap Sambut Debut Red Velvet?
Red Velvet sepertinya sudah tak sabar untuk unjuk gigi di panggung musik KPop. Girlband baru SM Entertainment itu akan..
 
Jumat, 25/07/2014 22:08 WIB

Gitar Hingga Sedan Milik Elvis Presley Akan Dilelang

Sebuah gitar Martin D-28, sedan Cadillac Seville 1976 serta naskah pribadi film pertama Elvis Presley, Love .....
 
 

Incoming

Rabu, 16/07/2014 19:30 WIB

Incoming: RABU: Duo Folk Mistik Pengantar Nuansa Bergidik

Orang-orang menyebut musik mereka mistis dan misterius. Ditambah dengan menggunakan foto taburan kembang ziarah sebagai sampul..

Music Biz

Rabu, 18/06/2014 19:59 WIB

YouTube Akan Hapus Video-video Musik Label Independen?

Situs berbagi video, YouTube dikabarkan akan menghapus video-video musisi yang berasal dari label independen menyusul sengketa..

Q & A

Senin, 21/07/2014 18:10 WIB

Exclusive Q&A: Anton Newcombe (The Brian Jonestown Massacre)

“Keep music evil,” itulah semboyan yang lantang diserukan oleh Anton Newcombe selaku aktor intelektual grup..