Selasa, 08/02/2011 18:31 WIB

THE 50 GREATEST INDONESIAN DRUMMERS

Daftar lima puluh pemain drum terbaik di tanahair
Oleh: Tim Rolling Stone
Share :   
image
Jakarta -

Di manakah tempat seorang pemain drum berada? jika pertanyaan ini dilontarkan dalam periode 1960-an, sangat mudah untuk menjawabnya. Tempat seorang pemain drum adalah di baris belakang baik secara fungsional mau fisik.

Akan tetapi kini pertanyaan tersebut sudah lama tidak relevan lagi. Setidaknya sejak awal periode 1970-an peran seorang pemain drum telah mengalami revolusi mencengangkan. Mereka tidak lagi sekadar berfungsi sebagai penjaga beat, tetapi sudah menjadi bagian yang setara atau bahkan dominan.

Munculnya Sussy Nander dari kelompok Dara Puspita menyadarkan kepada kita bahwa memang telah terjadi pergeseran atas peran seorang pemain drum. Orisinalitas Murry dari Koes Plus dalam pola permainan serta produktivitasnya dalam mencipta lagu, bahkan menyanyikannya sendiri, satu hal lain.

Keberhasilan Teddy Sujaya dalam mengorbitkan penyanyi solo Anggun C Sasmi, yang kini telah menjadi artis internasional juga sebuah kenyataan. Bimo Sulaksono, mantan pemain drum band punk Netral, adalah contoh lain lagi. Lihat pula fenomena seorang Fariz RM dari seorang pemain drum berubah menjadi mesin pencetak hits di musik Indonesia. 

Kesadaran, pemahaman dan melesatnya teknologi kini telah mendorong seorang pemain drum untuk berperan apa saja. Komposer, penata lagu, produser, penyanyi dan entah apa lagi.

Sebagai penghargaan atas peran mereka, maka Rolling Stone edisi bulan November ini sengaja menampilkan 50 Best Indonesian Drummers. Nama-nama yang terpilih terdiri dari berbagai genre dan kurun waktu berbeda, dan dipastikan telah melewati seleksi ketat serta perdebatan panjang.

Tentu semua bersandar pada kriteria yang telah kami siapkan yang di antaranya meliputi aspek skill, performance, dan signature.  Masukan dari para pemain drum Indonesia dari berbagai lintasgenerasi kami percaya juga membantu dalam menyusun daftar 50 Greatest Indonesian Drummer di edisi ini. Sengaja kami tidak membuat peringkat. Inilah 50 pemain drum yang anggap terbaik mewakili berbagai kriteria yang kami pilih dan kami hadirkan menurut abjad.
 

Selanjutnya silahkan baca edisi 67


(rlt/rlt)

Hasil Rating Pembaca:  icon_star_officon_star_officon_star_officon_star_officon_star_off
Form Rating

Rating :

icon_star_full   icon_star_fullicon_star_full   icon_star_fullicon_star_fullicon_star_full   icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full   icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full  

Share:

Komentar terkini (0 Komentar)
1

Kirim komentar anda:

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
logo_detikhot 
Jumat, 27 Maret 2015 06:36 WIB

Hengkang dari One Direction, Zayn Malik Akan Solo Karier?

Hengkang dari One Direction, Zayn Malik Akan Solo Karier?
Zayn Malik telah memutuskan untuk hengkang dari One Direction. Setelah hengkang, Zayn pun diyakini tak begitu saja..
 
Kamis, 26/03/2015 20:38 WIB

Album Terbaru EXO Akan Dirilis dengan 20 Sampul Album Berbeda

Mendekati jadwal perilisan album terbaru EXO yang bertajuk EXODUS, SM Entertainment merilis informasi detail ...
 
 

Incoming

Kamis, 05/03/2015 13:32 WIB

Incoming: Gerram, Amarah dari Selatan Sumatera

Darah sedang mengalir dua kali lebih cepat.
Untuk pertama kalinya sejak resmi dibentuk empat tahun silam, Gerram sedang..

Music Biz

Selasa, 17/03/2015 20:48 WIB

Kabar dari SXSW 2015: Film Dokumenter Steve Jobs Tayang Perdana di South By Southwest

Cerita tentang Steve Jobs memang selalu menarik untuk diikuti. Kalau pada 2013 kita sempat menonton film dengan judul Jobs..

Q & A

Kamis, 26/03/2015 19:28 WIB

Abdee Negara: 'Slank Sebenarnya Nggak Tahu Sakit Saya'

Setelah divonis mengalami gagal ginjal sejak 4,5 tahun lalu, gitaris Slank, Abdee Negara akhirnya secara terbuka mengungkapkan..