Film tentang Masyarakat Tegal, ‘Turah’, Tayang 16 Agustus Mendatang

Diproduksi oleh Fourcolour Films yang juga membuat 'Siti'

Oleh

Film produksi Fourcolour Films Turah akan beredar di bioskop mulai tanggal 16 Agustus mendatang. Film ini menceritakan tentang kehidupan masyarakat Kampung Tirang, Tegal.

Turah disutradarai oleh sutradara pendatang baru Wicaksono Wisnu Legowo dan diproduseri oleh Ifa Isfansyah (Pendekar Tongkat Emas). Film ini menampilkan aktor dan aktris Ubaidillah, Slamet Ambari, Yono Daryono, Rudi Iteng, Firman Hadi, Bontot Sukandar, Narti Diono, dan lain-lain

Film berdurasi 83 menit ini bercerita tentang kehidupan masyarakat Kampung Tirang di kota Tegal yang mengalami isolasi selama bertahun-tahun yang kemudian memunculkan berbagai problematika.

Film yang pertama kali dirilis di sirkuit festival ini telah memenangi tiga penghargaan. Geber Award dan Netpac Award di Jogja-Netpac Asian Film Festival dan Asian Feature Film Special Mention di Singapore International Film Festival.

Wicaksono Wisnu Legowo sang sutradara yang berasal dari Tegal terinspirasi untuk membuat film ini dari sebuah keadaan di sebuah perkampungan yang berdiri di atas tanah timbul. Kampung tersebut dikelilingi air laut dan termasuk wilayah kategori miskin serta terpencil. Oleh masyarakat sekitar, kampung itu dikenal sebagai Kampung Tirang.

Proses produksi film dilaksanakan di kampung tersebut dengan menggandeng para aktor teater, wartawan dan masyarakat sekitar. Film juga menggunakan dialek Tegal yang kental.

Editor's Pick

Add a Comment