The Rolling Stones: Musik Chuck Berry ‘Tertanam di Dalam Diri Kami Selamanya’

"Dia adalah pelopor rock & roll dan sangat menginspriasi kami,” jelas mereka lewat pernyataan resmi

Oleh
The Rolling Stones. twitter.com/rollingstones

The Rolling Stones, sebagai band maupun masing-masing personel, memberi penghormatan kepada pelopor rock & roll Chuck Berry lewat beberapa pernyataan resmi setelah legenda musik tersebut wafat pada Sabtu kemarin di usianya yang ke-90 tahun.

"The Rolling Stones sangat amat sedih mendengar kabar wafatnya Chuck Berry," jelas pihak band. "Dia adalah pelopor sejati dari rock & roll dan sangat menginspirasi kami. Chuck bukan hanya pemain gitar, penyanyi, dan penampil yang cerdas, lebih dari itu ia juga seorang pencipta lagu yang sangat pandai dan ahli. Lagu-lagunya akan hidup selamanya."

Dalam perjalanan karier mereka, Stones kerap membawakan ulang musik dari Chuck Berry; single perdana mereka di 1963 merupakan gubahan ulang "Come On" kepunyaan Chuck Berry. The Stones juga menampilkan nomor-nomor Chuck Berry seperti "Around and Around", "Carol", "Little Queenie", dan lain-lain.

Dalam pernyataan terpisah, Mick Jagger menambahkan, "Saya sangat sedih mendengar kepergian Chuck Berry. Saya ingin berterima kasih atas semua inspirasi musik yang ia berikan kepada kami. Ia mengisi tahun-tahun remaja kami, dan memberikan kehidupan kepada mimpi kami untuk menjadi seorang musisi dan penampil. Liriknya bersinar dari yang lain dan mewarnai mimpi orang-orang Amerika. Chuck, Anda luar biasa, dan musik Anda akan tertanam di dalam diri kami selamanya."

Keith Richards, yang pernah tampil bersama sang legendaris rock & roll tersebut dan bahkan dengan bangga mengaku pernah ditinju oleh Berry dalam satu pertemuan – menyatakan, "salah satu inspirasi terbesar saya telah pergi!"

"Sangat sedih atas kepergian Chuck Berry yang menandakan berakhirnya sebuah era, ia adalah salah satu inspirasi terbaik saya, seseorang yang memiliki karakter kuat," kata gitaris Ronnie Wood menambahkan.

Musisi rock lainnya memberi penghormatan dengan mengaggap Chuck Berry memberi dampak yang sangat besar kepada musik rock & roll. "Saya sangat sedih mendengat Chuck berry telah meninggal dunia – seseorang yang sangat memberi inspirasi! Ia akan dikenang oleh semua orang yang mencintai Rock "n Roll," kata Brian Wilson lewat Twitter. Bruce Springsteen juga memberi pernyataan lewat Twitter, "Chuck Berry adalah praktisi dan gitaris rock terbaik juga penulis musik rock & roll terbaik yang pernah ada."

Ringo Starr dari The Beatles, yang membawakan ulang lagu Chuck Berry berjudul "Roll Over Beethoven" bersama The Beatles di album With the Beatles, berkicau, "RIP. Semoga Chuck Berry, Mr. Rock "n" roll music, diberkati dalam damai dan cinta." (prm)

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. Mundur dari Payung Teduh, Is: “Saya Enggak Egois”
  2. SORE Merekam Ulang Lagu Grup Fariz RM dan Erwin Gutawa
  3. Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak
  4. 10 Destinasi Wisata Musik Legendaris di Inggris
  5. Perpaduan Gairah Musik dan Skateboard di Volcom: Road to Cakrawala

Add a Comment