The Sigit Rilis Ulang Album Perdana dalam Format Piringan Hitam

Merayakan sepuluh tahun perilisan 'Visible Idea of Perfection'

Oleh
The Sigit Facebook The Sigit

Dalam rangka memperingati sepuluh tahun album penuh perdana Visible Idea of Perfection, kolektif rock & roll asal Bandung The Sigit telah mengumumkan bahwa mereka bakal merilis ulang rilisan tersebut dalam format piringan hitam.

Kabar ini didapat dari akun media sosial The Sigit dan juga label rekaman yang menaungi mereka, FFWD Records. "Pertama kali dirilis dalam format vinyl. Memperingati 10 tahun album tersebut. Pre-order dimulai hari ini (20/2). IDR 390.000. Dirlis pada 5 April 2017," jelas pengumuman tersebut, disertai pula dengan kontak FFWD Records.

Saat diwawancara Rolling Stone, pihak The Sigit merahasiakan jumlah keping piringan hitam yang akan tersedia. "Grab "em while it lasts," ujar gitaris Farri Icksan.

Meski diproduksi dalam rangka merayakan ulang tahun album, piringan hitam Visible Idea of Perfection pada kenyataannya sudah direncanakan semenjak sepuluh tahun lalu.

Farri menjelaskan, "Ini adalah nostalgia melalui media yang belum kesampaian ketika album ini dirilis sepuluh tahun lalu. Keinginan rilis piringan hitam sudah ada semenjak album perdana disiapkan, tapi karena pertimbangan sistem rekaman dan sistem produksi yang belum dikuasai serta demand pasar yang belum kuat maka diurungkan."

Bagi Farri dan juga vokalis sekaligus gitaris Rekti Yoewono, bassist Adit Bagja, serta drummer Acil Armando, rilisan ini sekaligus pengingat bahwa ketikaVisible Idea of Perfection dirilis mereka masih sangat hijau dalam menulis musik dan lirik.

"Kami cuma ikut prosedur umum dari industri musik bahwa pemusik yang ingin memperkenalkan musiknya secara masif perlu sebuah rilisan untuk dipasarkan. Kebetulan FFWD Records menawarkan hal tersebut dalam bentuk full album," kenang Farri.

Jika menilik lagi kepada album itu, Farri mengaku bahwa ia dan bandnya tidak berusaha membuktikan apapun ketika itu. "Kalau didengar lagi sekarang, selalu muncul keinginan untuk menghasilkan karya yang lebih baik lagi dalam karakter mixing album secara keseluruhan, tone, dan cara bermain gitar, bahkan foto yang terpampang dalam album," katanya mengaku.

Visible Idea of Perfection berisi deretan hits yang membesarkan nama The Sigit, mulai dari "Black Amplifier", "Horse", "New Generation", hingga dua lagu yang sebelumnya telah dirilis dalam album mini "Clove Doper" dan "Soul Sister". (rn)

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. Free Download: Future Collective - "Molposnovis (feat. Anindita Saryuf)"
  2. SORE Merekam Ulang Lagu Grup Fariz RM dan Erwin Gutawa
  3. Sonic Fair 2017 Resmi Pindah ke Lokasi yang Lebih Luas
  4. Menyemai Inspirasi di Archipelago Festival 2017
  5. 17 Lagu Indonesia Bertema Kebangsaan Terbaik

Add a Comment