Film Arahan Riri Riza, 'Athirah', Menerima Penghargaan di Prancis

INALCO Awards di Festival Internasional des Cinemas d'Asia Vesoul

Oleh
Salah satu adegan di film 'Athirah'. Miles Films

Setelah mendapat berbagai penghargaan dari festival film di dalam negeri, film arahan Riri Riza, Athirah, berhasil meraih INALCO Award dalam Festival Internasional des Cinemas d'Asia Vesoul di Prancis. Acara ini sendiri merupakan festival film tahunan yang berfokus pada sinema di Asia dan dimulai sejak 1995.

Kabar ini mencuat di tengah pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak pada Rabu (15/2) kemarin melalui cuitan Mira Lesmana, produser Athirah melalui akun resminya.

"INTERMEZZO dari Pilkada: YAY! Film ATHIRAH raih INALCO AWARD di Festival International de Cinema Asia Vesoul - Perancis," tulisnya melalui akun @MirLes.

Film yang memiliki judul internasional Emma (Mother) ini sendiri diadaptasi dari novel biografi Hajjah Athirah Kalla, ibu dari Jusuf Kalla yang ditulis oleh Alberthiene Endah. Film ini sebelumnya pernah tampil di berbagai festival film internasional seperti Vancouver International Film Festival, Busan International Film Festival dan Tokyo International Film Festival.

Berbagai kurator program di festival tersebut juga sebelumnya terpukau oleh apa yang ditampilkan Athirah. Phillip Cheah, konsultan program film Asia di berbagai festival film dunia memiliki gambaran tersendiri mengenai film ini. "Melalui emosi yang sepi menyayat hati, Athirah, istri pertama yang terabaikan menyingkap selubung di balik mitos perkawinan yang penuh cinta, pengabdian dan penyerahan," ujarnya. Sedangkan Kim Jiseok, programer eksekutif Busan International Film Festival mengatakan kalau film ini sangat indah.

Editor's Pick

Add a Comment