The Smiths dan PETA Meluncurkan Game "This Beautiful Creature Must Die"

Suatu bentuk interpretasi atas lagu "Meat Is Murder" dan kampanye hak asasi hewan

Oleh

The Smiths meluncurkan sebuah game klasik berformat 8-bit yang dapat dimainkan secara daring berjudul This Beautiful Creature Must Die. Pembuatan game ini menjalin kerjasama dengan sebuah organisasi hak asasi hewan, PETA dan perusahaan game This Is Pop. Lagu The Smiths berjudul "Meat Is Murder" yang dirilis pada 1985 silam, menjadi dasar dibuatnya permainan yang sekaligus menjadi bentuk kampanye ini.

Dalam permainannya, setiap pemain harus menyelamatkan ayam, sapi, babi, dan kalkun dari pemotongan dengan mengklik para hewan tersebut. Alunan lagu "Meat Is Murder" yang telah diubah ke dalam versi 8-bit juga dapat terdengar mengiringi sepanjang permainan ini. Hingga saat ini, permainan ini baru tersedia dan dapat dimainkan dalam situs PETA.

Vokalis The Smiths, Morrissey merupakan seorang vegan yang juga aktif menyuarakan hak asasi hewan. Pada 2013 lalu misalnya, ia meminta Los Angeles Staples Center menutup penjaja daging untuk konsernya. Awal tahun ini ia juga mengkritik habis The Buzzcocks karena membiarkan lagunya digunakan dalam iklan McDonald's.

"Permainan ini adalah kampanye sosial terbesar, karena kami menolong yang lemah dan tak berdaya dari tindak kekerasan manusia yang agresif. Kalian tidak mendapatkan itu dari Pokemon Go," ungkapnya dalam sebuah pernyataan, dilansir laman Pitchfork.

Selain memuat permainan This Beautiful Creature Must Die, PETA juga turut menampilkan video dokumentasi terkait industri pemotongan hewan. Hal ini juga merupakan bagian dari kampanye PETA dalam memperjuangkan hak asasi hewan.

"This Beautiful Creature Must Die dari PETA memiliki sisi menyenangkan dan nostalgia tapi juga mengingatkan bahwa peternakan sebagai ancaman terbesar bagi kesehatan manusia, hewan, dan lingkungan saat ini," tutur Joel Bartlett selaku Vice President of Marketing dari PETA. "Setelah menguasai permainan ini, para pemain dapat menyelamatkan hewan dan bumi dalam kehidupan nyata dengan menjadi vegan."

Sebelumnya, PETA juga pernah membuat permainan daring yang berbentuk parodi dari Pokemon, Super Mario Bros., Cooking Mama, dan lain-lain. Permainan terbarunya bersama The Smiths ini dikabarkan akan menjadi permainan pertama mereka yang tersedia dalam iPhone dan Android.

Editor's Pick

Add a Comment