Abu Dhabi Punya Museum Terapung di Teluk Arab

Louvre Abu Dhabi Museum akan segera dibuka akhir tahun ini

Oleh
Tampak luar museum Louvre Abu Dhabi di Uni Emirat Arab. Facebook/Louvre Abu Dhabi

Sebuah museum seni dunia akan segera rampung didirikan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada akhir 2016. Museum bernama Louvre Abu Dhabi ini memiliki konstruksi artistik yang menonjolkan perpaduan unsur cahaya dan geometri. Lebih uniknya lagi, museum ini berdiri terapung tepat di atas Teluk Arab.

Seorang arsitek Prancis bernama Jean Nouvel merupakan orang di balik proses pembangunan museum ini. Dua pertiga bagian museum ini ditutupi oleh kubah putih berdiameter 180 meter, yang melambangkan bentuk arsitektur Arab. Ia juga mendesain interior bangunan yang memberikan pola bayangan di siang hari, dan corak cahaya dari 4.500 lampu di malam hari.

"Konsep ini dibuat dengan penggambaran bentuk arsitektur Arab yang berdasar pada penguasaan cahaya dan geometri. Struktur yang terdiri dari bayangan, gerakan, dan penemuan," tutur Jean, seperti dilansir situs resmi Louvre Abu Dhabi.

Museum Louvre Abu Dhabi memiliki ruang galeri seluas 9.200 meter persegi yang akan menampilkan kumpulan karya seni mahakarya dari seluruh dunia. Kumpulan ini merupakan karya-karya yang ditekankan khusus untuk menjembatani kesenjangan antara budaya timur dan barat. Koleksi yang akan ditampilkan merupakan koleksi yang sempat dipamerkan di Louvre Paris pada 2014 dalam sebuah pameran bernama "Birth of Museum".

Pembangunan yang memakan biaya sekitar 450 juta euro (Rp 6,7 triliun) ini sebelumnya direncanakan akan rampung pada 2012. Berbagai penundaan yang terjadi, akhirnya mendorong proyek ini untuk selesai pada akhir 2016. Dikutip dari Daily Sabah, kontraktor telah mulai melepas dinding pelindung konstruksi utama, sehingga museum sudah mulai terhubung dengan air laut.

"Proses ini adalah hasil dari perencanaan dan persiapan selama beberapa bulan untuk memastikan masuknya air laut ke sekeliling museum tetap terkendali," ujar Ali Majed al-Mansoori, selaku ketua Tourism Development & Investment Company (TDIC) Abu Dhabi.

Lourve Abu Dhabi Museum nantinya akan menjadi museum pertama yang berdiri di kawasan Saadiyat Cultural District. Selanjutya akan menyusul pula pembangunan Zayed National Museum and Guggenheim Abu Dhabi.

Editor's Pick

Add a Comment