Rio Haryanto Resmi Menjadi Pembalap F1 Indonesia Pertama

Akan memulai laga perdananya di Grand Prix Australia pada Maret mendatang

Oleh
Rio Haryanto Manor Racing

Rio Haryanto telah resmi diumumkan pada Kamis (18/2) sore ini menjadi pembalap Indonesia pertama yang akan berlaga di Formula 1. Kabar baik ini diumumkan langsung oleh Manor Racing, timnya yang berbasis di Inggris.

"Keturutsertaan pembalap berusia 23 tahun ini dalam Formula 1 diawali dengan kesuksesan dirinya di formula pemula ketika menjadi pembalap single-seater pada 2008. Rio mengagumkan dalam tiga uji coba F1 dan lulus dari GP2 Series 2015 yang sangat ketat," tulis pihak Manor Racing lewat akun resmi Facebook.

Pemilik Manor Racing, Stephen Fitzpatrick, turut memberi pernyataan: "Dengan bangga kami mengumumkan bahwa Rio menjadi pembalap kedua kami pada 2016. Rio telah menjadi pembalap sejak pertama kali menjajal kart saat berusia enam tahun."

Fitzpatrick juga menaruh harapan kepada Rio yang memiliki banyak pendukung di Indonesia. "Mereka (pendukung Indonesia) sangat ingin melihat Rio tampil dan kami percaya bahwa ia akan menikmati tantangan-tantangan yang menarik di waktu mendatang."

Bagi Rio, alasan di balik keputusannya bergabung dengan Manor Racing adalah visi dan ambisi menarik yang dimiliki tim. "Mereka telah menghasilkan paket yang luar biasa dan saya tidak sabar untuk mengendarai mobilnya," ujar Rio.

Rio sendiri akan melakukan uji coba menggunakan Manor Racing MRT05 di Barcelona, Spanyol pada pekan depan. Sedangkan laga Grand Prix pertamanya akan berlangsung di Melbourne, Australia pada Maret mendatang.

"Melbourne akan menjadi momen penting untuk saya, negara saya, pendukung dan penggemar saya. Dan saya ingin berterima kasih kepada mereka yang telah mendampingi sejak saya memulai segalanya sebagai pembalap single seater; 2016 adalah kesempatan saya untuk membayar kepercayaan tesebut dan mewakili Asia di ajang F1," tukas Rio.

Editor's Pick

Add a Comment