11 Buku Travelling Terbaik Yang Menginspirasi

0
95
Buku Travelling Globe Trekker’s World What’s On In The World.. And When
sumber gambar: google

Rollingstone.co.id – Sudah lama Anda memiliki keinginan untuk melakukan traveling. Namun entah kenapa, saat yang anda nantikan ini tak kunjung tiba. Mungkin yang Anda butuhkan hanya sedikit inspirasi. Tidak hanya sebagai teman perjalanan yang andal, buku juga merupakan sumber inspirasi yang ampuh bagi mereka yang membutuhkannya. Kali ini kita akan membahas 11 buku travelling terbaik yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda untuk melakukan travelling seperti yang selama ini Anda dambakan.

Hadir dalam berbagai bentuk mulai dari travel journal, novel, tips, cerpen yang berisi tentang aneka kisah nyata sampai direktori komplet. Kesebelas karya inspiratif ini dijamin akan memberikan semangat kepada Anda untuk segera merencanakan perjalanan yang selama ini tertunda.

  1. One Year Off, David Elliot Cohen

One Year Off, David Elliot Cohen
sumber gambar: google

Bagi beberapa orang, terkadang hidup menjadi stagnan dan Anda hanya membutuhkan sedikit excitement untuk kembali menyalakan semangat hidup. David Elliot Cohen, seorang penulis dan editor ternama asal Amerika Serikat, memilih jalan yang unik sekaligus drastis untuk mengembalikan excitement dalam hidupnya. Bersama istri dan ketiga orang anaknya yang baru berusia 8, 7, dan 2 tahun, Coben memutuskan untuk menjual rumah dan seluruh hartanya, kemudian uang tersebut ia pakai untuk melakukan perjalanan keliling dunia selama satu tahun penuh.

Kisah nyata dari negeri Paman Sam ini telah menginspirasi  banyak orang maupun keluarga untuk melakukan kenekatan yang sama. Keluarga Cohen mengarungi perjalanan selama satu tahun mengunjungi 16 negara di 6 benua. Mulai dari Roma, Turki, Zimbabwe, India, Thailand, Australia, dan Laos. Cerita-cerita lucu, menarik dan menegangkan, dirangkum dalam seluruhnya oleh Cohen dalam buku ini. Bagi Anda yang juga “haus” akan petualangan, segera dapatkan buku travelling ini dan siapa tahu, Anda pun bisa terinspirasi untuk melakukan “kegilaan” yang sama.

  1. The Lonely Planet Guide To Experimental Travel, Rachael Antony & Joel Henry

The Lonely Planet Guide To Experimental Travel, Rachael Antony & Joel Henry
sumber gambar: google

Sudahkah Anda mengenal sebuah metode traveling bernama “Latourex” ? singkatan dari “Le Laboratoire De Tourisme Experimental” ini mengandung arti: jenis aktivitas wisata yang memiliki metode atau rencana yang jelas namun dengan tujuan yang tidak diketahui (unknown destinations). Alih-alih melakukan aktivitas turisme yang konvensional, Latourex atau Experimental Travel yang justru menawarkan berbagai metode menarik yang tetap akan memberi pengalaman yang tak terlupakan untuk perjalanan Anda.

Anda bisa mencoba eksperimen Voyage To The End of The Line dengan mengikuti perjalanan sebuah kereta atau bis hingga ke perhentian terakhir. Atau Lyrical Tourism, yaitu berwisata dengan panduan lirik dari sebuah lagu yang bercerita tentang sebuah kota atau daerah. The Lonely Planet Guide to Experimental Travel menyediakan 40 jenis eksperimen yang bisa Anda lakukan sendiri atau bersama teman-teman seperjalanan. Kabar baiknya lagi, Anda tak perlu memiliki destinasi yang amat jauh atau persediaan uang yang banyak karena Experimental Travel bisa Anda lakukan di mana dan kapan saja, termasuk disekitar tempat tinggal Anda sendiri.

  1. Lonely Planet Blue List : The Best In Travel 2007

Lonely Planet Blue List The Best In Travel 2007
sumber gambar: google

Setelah sukses besar di tahun 2006, Lonely Planet kembali mengeluarkan serial Bluelist-nya. Kali ini dengan isi yang lebih variatif dan unik. Buku ini menawarkan panduan wisata yang pantang untuk Anda lewatkan. Lebih menarik disimak karena terdiri dari kategori yang lebih variatif dan lain daripada yang lain. Selain kategori-kategori klasik seperti best value destinations dan cities on the rise, Lonely Planet juga memasukkan kategori-kategori menarik seperti paranormal travel, dining on the wild side, show travel, dan masih banyak lagi. Selain itu, jangan lewatkan pula Top 11 Hot Picks yang menampilkan daftar 11 negara tujuan wisata terbaik di dunia dan Go Lists, yaitu daftar negara, kota maupun kawasan yang menjadi rekomendasi para travel-expert editor Lonely Planet.

  1. Travelers’ Tale, Adhitya Mulya, Alaya Setya, Iman Hidajat, Ninit Yunita

Travel Wise With Children, Mary Rodgers Bundren
sumber gambar: google

Cerita tentang cinta, persahabatan, kejujuran dan kesetiaan yang dikemasapik dengan travel sebagai latar belakangnya. Farah, Jusuf, Retno dan Francis adalah empat  sahabat lama sejak di bangku Sekolah Dasar. Seiring dengan berjalannya waktu, kini keempatnya tengah menjalani hidup masing-masing jauh dari tanah air tercinta. Tanpa disangka, sebuah undangan pernikahan dari salah seorang di antara mereka membuka kesempatan bagi keempat sahabat ini untuk bertemu kembali. Namun, tidak hanya itu. Kesempatan yang sama juga terbuka bagi keempatnya untuk membuka rahasia masing-masing yang telah tersimpan selama bertahun-tahun. Travelers’ Tale memberikan cerita yang sangat menghibur dan menarik bagi para pembacanya. Lengkap dengan berbagai tips travelling menarik, buku ini juga berfungsi sebagai guide book yang informatif. Tidak ketinggalan pula sentuhan-sentuhan jenaka dari penulis kawakan Adhitya Mulya membuat buku ini sebagai bacaan yang pantang untuk dilewatkan.

  1. Tales From Nowhere, Don George (ed.)

Tales From Nowhere, Don George (ed.)
sumber gambar: google

Jika Anda berencana melakukan perjalanan ke sebuah daerah antah berantah yang Anda pun tak bisa membayangkannya. Berisikan kisah-kisah menarik dari sejumlah travelers, Tales From Nowhere ingin mengajarkan para pembacanya untuk meyakini bahwa “Nowhere is (very much) Somewhere”. Saat Anda berpergian ke sebuah tempat yang amat jauh dan terasing, rasa seakan-akan “tersesat” dan “tak berada di manapun” pasti hinggap di diri Anda. Hal ini pula yang di alami para penjelajah yang menuangkan kisah-kisahnya ke dalam buku ini. Pesannya, jangan takut untuk menjelajahi dunia hingga ke setiap pelosoknya.

  1. Buku Travelling Travels, Michael Crichton

Travels, Michael Crichton
sumber gambar: google

Namanya sudah tak asing lagi di kancah perfilman Hollywood. Namun, tahukan Anda kalau seorang kreator Jurassic Park dan serial TV ER ini juga seorang penggila traveling? Buku travelling yang ditulis sendiri oleh Crichton ini merupakan sebuah otobiografi yang berisi kisah-kisah perjalanan menarik yang pernah dialaminya. Mulai dari kesulitan yang dihadapinya ketika harus menyesuaikan diri dengan kebudayaan masyarakat Thailand yang sangat ketat untuk urusan Agama, pengalaman diving yang tak terlupakan di Bonaire, hingga wisata menegangkan di tengah hutan Malaysia, kesemuanya dituangkan dalam buku setebal 376 halam ini.

Merupakan bacaan yang pas bagi Anda para traveler pemula. Pengalaman-pengalaman Crichton yang kebanyakan merupakan pengalaman-pengalaman pertama, dapat menjadi sumber refleksi, selain juga menambah pengetahuan umum Anda tentang tempat-tempat wisata menarik di dunia.

  1. Globe Trekker’s World: What’s On In The World.. And When

Globe Trekker’s World What’s On In The World.. And When
sumber gambar: google

Bila Anda mengaku traveler sejati, pasti familiar dengan program televisi yang satu ini. Globe Trekker telah “membawa” para pemirsanya hampir keseluruh sudut dunia melalui perjalanan-perjalanannya. Bahkan ke tempat-tempat terpencil namun indah yang belum tentu bisa Anda temukan melalui paket-paket wisata atau tur liburan pada umumnya. Dan setelah tiga belas tahun menjelajah dunia, tim Globe Trekker akhirnya memutuskan untuk merangkum seluruh perjalanannya ke dalam sebuah guide book berisi daftar tempat-tempat menarik, festival dan berbagai kegiatan istimewa yang dapat dilakukan di seluruh dunia.

Hal istimewa dari guide book ini terletak pada penyusunan kategori destinasinya yang bukan berdasarkan tempat, melainkan waktu. Hal ini dilakukan berdasarkan pengalaman tim Globe Trekker yang menggunakan waktu sebagai patokan untuk menentukan setiap perjalanannya. Oleh karena itu isi dari buku travelling ini di bagi berdasarkan bulan. Masing-masing bulan berisi daftar festival-festival menarik, kegiatan-kegiatan outdoor yang pas untuk dilakukan, sejumlah pantai serta tempat-tempat menarik lainnya diberbagai penjuru dunia yang layak dikunjungi di bulan yang bersangkutan.

  1. A Backpack And A Bit Of Luck, Zhang Su Li

A Backpack And A Bit Of Luck, Zhang Su Li
sumber gambar : google

Kym adalah seorang perempuan keras kepala yang menjalani kehidupannya sesuai dengan keinginannya sendiri. Kym ingin hidup bebas. Kym tidak mencari kestabilan atau pun kenyamanan hidup seperti yang diinginkan orang pada umumnya. Baginya, self-expression jauh lebih bermakna daripada penghasilan yang tetap. Itu sebabnya Kym hanya dapat bertahan paling lama enam bulan pada sebuah pekerjaan.

Namun, dari banyak hal yang sudah dilakukannya, hanya kegiatan traveling yang dapat memberikannya kesenangan berarti. Secara berkala Kym mengadakan perjalanan-perjalanan random menuju berbagai tempat di dunia. Di sebut “random” karena Kym selalu menentukan tujuannya secara acak tanpa ada alasan apapun. Namun, dengan cara inilah dia banyak menemukan tempat menarik maupun mengalami kejadian-kejadian istimewa yang mungkin tak akan ditemuinya jika ia telah merencanakan perjalanannya dengan matang. Bacaan yang sangat pas bagi Anda yang senantiasa mencari tantangan dalam hidup. Ikuti terus petualangan Kym dan nikmati keindahan-keindahan yang ditemuinya.

  1. Far From Home: Father Daughter Travel Adventures, Wendy Knight (ed.)

Far From Home Father Daughter Travel Adventures, Wendy Knight
sumber gambar: google

Literatur yang satu ini memberi inspirasi wisata dalam bentuk yang lain. Alih-alih membahas tujuan, akomodasi, maupun transportasi selama berwisata, buku travelling ini mengangkat tema tentang travel companiom. Sosok ayah, sering kali menjadi peran yang seolah menjadi momok bagi seorang anak. Citra kepemimpinan dan keperkasaan yang dituntut dari peran ini seringkali membuat kita lupa bahwa seorang ayah juga seorang manusia biasa, yang bisa lemah, takut, bahkan terkadang merasa tak berdaya. Far From Home: Father Daughter Travel Adventures merupakan sumber inspirasi yang tepat bagi Anda yang ingin membangun hubungan yang lebih dekat dengan sang Ayah. Melalui cerita-cerita pendek yang dituliskan di sini, Anda dapat menyimak kisah-kisah perjalanan menarik. Mencakup berbagai tema seperti pengabdian, kekuatan dalam menghadapi tantangan, kemampuan dalam menghadapi tantangan, kemampuan menerima ketidaksempurnaan, dan masih banyak lagi.

  1. A Year In The World, Frances Mayes

sumber gambar: google

Perjalanan keliling dunia ternyata bukan milik keluarga Cohen saja. Frences Mayes, seorang penulis ternama, juga memiliki ide yang sama. Dan seperti halnya Cohen, Mayes juga menjabarkan pengalamannya dalam sebuah buku travelling bertajuk A Year In The World. Bersama sang suami, Frences Mayes menjelajah dunia dengan melakukan perjalanan dari Amerika Serikat menuju Spanyol, Portugal, Maroko, Inggris, Skotlandia, Turki, dan masih banyak lagi. Uniknya, disetiap tempat ini dia tak hanya menghabiskan waktu untuk berlibur, melainkan juga membiasakan diri dan menjadikan masing-masing tempat tersebut sebagai rumah sementara baginya. Berbagai pengalaman di masing-masing negara ini, ditulis dengan detil. Mulai dari tempat-tempat yang dikunjunginya, penduduk lokal yang di temui dan berkenalan dengannya, hingga sesama turis dari negara-negara lain yang juga ditemuinya di sepanjang perjalanan.

  1. Travel Wise With Children, Mary Rodgers Bundren

Travel Wise With Children, Mary Rodgers Bundren
sumber gambar: google

Tidak ada  yang lebih menyenangkan daripada menghabiskan liburan bersama anak-anak atau keponakan tercinta. Namun, acara jalan-jalan bersama traveler cilik ini bisa menimbulkan stress tingkat tinggi jika Anda tak mengerti cara mengatasinya. Buku pintar ini menyediakan 101 tips bermanfaat, berupa permainan maupun kegiatan-kegiatan menarik, bagi Anda yang tengah merencanakan liburan bersama anak-anak atau keponakan. Buku travelling ini memberikan panduan praktis saat Anda merencanakan perjalanan, selama di perjalanan atau ketika liburan berlangsung, bahkan setelah acara liburan Anda usai. Traveling memiliki manfaat yang besar bagi seorang anak. Di setiap tempat yang dikunjunginya, seorang anak memiliki kesempatan untuk mendapat pengalaman-pengalaman baru. Seluruh tips yang disajikan buku travelling ini pun mendukung upaya Anda untuk mencapai tujuan tersebut. Maka, jadilah orang tua yang bijak dan kenalkan anak-anak Anda pada dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here