Selasa, 08/02/2011 18:28 WIB

Penyanyi dan Pencipta Lagu Sendu Pance F. Pondaag Wafat

Menderita sakit stroke sejak tahun 2001 dan meninggalkan seorang istri serta tiga orang anak.
Oleh: Wendi Putranto
Share :   
image
Jakarta -

Pance Frans Pondaag, penyanyi dan pencipta lagu pop terkenal yang lagu-lagunya merajai tangga lagu nasional di dekade 80-an wafat pada hari Kamis, 3 Juni 2010  sekitar pukul 17:00 WIB di kediamannya di Jakarta. Pance meninggal dunia karena sakit stroke  yang telah di deritanya sejak tahun 2001. Usianya 59 tahun.

Menurut pengamat musik nasional, Denny Sakrie, Pance yang dilahirkan di Makassar, 18 Februari 1951 ini mengawali karir musiknya di kota yang dulu dikenal sebagai Ujung Pandang dan bahkan menemukan istrinya pula di kota tersebut.

Album solo debutnya yang bertitel Pop Indonesia Vol. 1 dirilis oleh Yukawi Records. Belakangan di dekade 80-an ia banyak bekerjasama dengan JK Records yang dimiliki oleh Judhi Kristanto.  

Di dekade itulah ia kemudian banyak mengorbitkan penyanyi-penyanyi solo perempuan yang kemudian sangat cemerlang karirnya di industri musik seperti Dian Piesesha, Meriam Bellina, Maya Rumantir hingga Chintami Atmanegara.

Menurut Denny Sakrie, lagu ”Tak Ingin Sendiri” yang dipopulerkan oleh Dian Piesesha dan dirilis JK Records  merupakan hit terbesar Pance sepanjang karirnya yang kabarnya penjualan albumnya melebihi 1juta kaset.  

Beberapa hits fenomenal karya Pance yang hingga kini masih sering diputar di radio-radio antara lain ”Tak Ingin Sendiri” (Dian Piesesha), ”Kucari Jalan Terbaik”, ”Untuk Sebuah Nama” (Meriam Bellina).

Tak lama setelah Pance dikabarkan meninggal dunia, di Twitter cukup banyak artis nasional yang menyatakan ungkapan duka cita mendalam mereka.

”Turut berduka atas wafatnya Pance F Pondaag, suara melengkingnya masih teringat, selalu menemani pagi-pagi saya di rumah. Dulu,” tulis Anji, vokalis Drive.

”R.I.P om Pance Pondaag. Kita kehilangan lagi seorang music maestro,” tulis Audy via akun Twitternya.

”Saya tidak kenal beliau, tapi saya akui kepopuleran karya-karya beliau. Mendiang Ibu saya fans beliau. May he rest in peace,” tulis Pepeng, drummer Naif.

Jenazah Pance F. Pondaag, menurut Detik.com, kini telah disemayamkan di Rumah Duka Atma Jaya, Pluit, Jakarta Utara. Pance meninggalkan satu orang isteri, seorang putra dan dua orang putri. Hingga kini belum diketahui kapan dan dimana rencananya jenazah almarhum akan dimakamkan.  
 


(rlt/rlt)

Hasil Rating Pembaca:  icon_star_officon_star_officon_star_officon_star_officon_star_off
Form Rating

Rating :

icon_star_full   icon_star_fullicon_star_full   icon_star_fullicon_star_fullicon_star_full   icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full   icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full  

Share:

Komentar terkini (0 Komentar)
1

Kirim komentar anda:

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
logo_detikhot 
Kamis, 24 Juli 2014 20:39 WIB

'Cahaya Hati' d'Masiv Mengalun Pertama Kali untuk Korban Gaza

'Cahaya Hati' d'Masiv Mengalun Pertama Kali untuk Korban Gaza
Tak hanya 'menyumbang' suara lewat lagu-lagu lama. Grup band d'Masiv juga turut menyumbang lagu terbarunya untuk..
 
Kamis, 24/07/2014 19:54 WIB

Simak Single Terbaru Weezer, 'Back To The Shack'

“Back to the shack” merupakan judul lagu dari single band Wezeer yang telah dirilis untuk .....
 
 

Incoming

Rabu, 16/07/2014 19:30 WIB

Incoming: RABU: Duo Folk Mistik Pengantar Nuansa Bergidik

Orang-orang menyebut musik mereka mistis dan misterius. Ditambah dengan menggunakan foto taburan kembang ziarah sebagai sampul..

Music Biz

Rabu, 18/06/2014 19:59 WIB

YouTube Akan Hapus Video-video Musik Label Independen?

Situs berbagi video, YouTube dikabarkan akan menghapus video-video musisi yang berasal dari label independen menyusul sengketa..

Q & A

Senin, 21/07/2014 18:10 WIB

Exclusive Q&A: Anton Newcombe (The Brian Jonestown Massacre)

“Keep music evil,” itulah semboyan yang lantang diserukan oleh Anton Newcombe selaku aktor intelektual grup..