Teks Deskripsi dan Contohnya

Posted on

Rollingstone.co.id – Ketika sedang berselancar di media sosial terkadang menemukan sebuah topik yang kurang familiar. Informasi yang kurang familiar itu terkadang menggugah rasa penasaran seseorang untuk mencari tahu lebih dalam. Cara cepat untuk memuaskan rasa penasaran mengenai suatu hal adalah mencari teks deskripsi terkait dengan hal tersebut.

Teks deskripsi sering dicari oleh banyak orang yang ingin mengumpulkan informasi dasar mengenai suatu hal. Teks ini berbeda dengan teks naratif. Teks naratif adalah teks yang fokus menceritakan sesuatu sedangkan teks deskripsi adalah teks yang menjelaskan sesuatu. Agar lebih memahami mengenai teks deskripsi simak informasi di bawah ini.

Pengertian Teks Deskripsi

Pengertian-Teks-Deskripsi

Teks deskripsi adalah teks yang dibuat untuk menggambarkan orang atau objek sesuai dengan gambaran aslinya. Menulis teks deskripsi adalah perangkat sastra di mana penulis menggunakan detail untuk menjelaskan sesuatu dengan kata-kata. Proses ini akan memberikan informasi kepada pembaca mengenai deskripsi orang, tempat, objek, dan peristiwa melalui riset data yang sesuai.

Penulis juga akan menggunakan teks deskripsi sebagai sarana untuk meningkatkan pengalaman membaca karena menyajikan berbagai informasi penting. Selain melalui teks deskripsi pembaca juga bisa menulis teks deskripsi. Jika dilakukan secara efektif, pembaca akan mendapatkan banyak keuntungan seperti informasi dan juga ilmu. Hal ini akan membantu pembaca menjadi tidak hanya mendapatkan informasi yang lebih baik tetapi juga akan membuat pembaca semakin teredukasi.

Dalam penulisan teks deskripsi penulis tidak hanya memberi tahu pembaca apa yang dilihat, dirasakan, diuji, atau didengar. Sebaliknya, penulis menggambarkan sesuatu dan menulis pendapat mereka sendiri setelah melakukan serangkaian riset. Ketika menulis teks deskripsi perlu memperhatikan pemilihan kata dan frase yang cermat sehingga bisa membuat tulisan tampak nyata. Menulis teks deskripsi harus jelas, penuh warna, dan detail.

Tujuan Teks Deskripsi

Tujuan-Teks-Deskripsi

Tujuan dari teks deskripsi itu jelas yaitu untuk menjelaskan atau mengungkapkan beberapa hal penting terkait dengan seorang individu atau suatu objek. Tulisan teks deskripsi menciptakan kesan yang positif dalam benak pembaca tentang suatu peristiwa, tempat, seseorang, atau sesuatu.

Teks ini akan dibuat sedemikian rupa sehingga bisa menyesuaikan situasi pembaca atau menggambarkan sesuatu dengan sangat rinci. Sehingga jika pembaca melihatnya,mereka akan bisa menyerap informasi dengan baik. Menulis teks deskripsi perlu mengolah kata-kata dengan baik agar bisa membuat teks semakin menarik.

Jenis Jenis Teks Deskripsi

Jenis-Jenis-Teks-Deskripsi

Teks ini memiliki beberapa jenis berbeda. Secara umum ada tiga jenis teks deskripsi yaitu objektif, subjektif, dan spatial. Berikut penjelasannya:

  • Objektif

Teks ini merupakan jenis teks deskripsi yang isinya menjelaskan mengenai suatu tempat atau sebuah objek sesuai dengan kenyataan yang ada. Penulisan teks deskripsi jenis ini tidak mencantumkan pendapat pribadi penulis agar pembaca bisa mendapatkan informasi yang original.

  • Subjektif

Jenis teks deskripsi ini adalah teks yang ditulis secara pribadi oleh penulis dan isinya adalah pendapat pribadi penulis. Jadi hampir keseluruhan artikel ditulis menurut pendapat pribadi penulis. Teks ini bisa meliputi pengalaman penulis di lapangan secara langsung.

  • Spatial

Jenis teks deskripsi ini merupakan jenis teks yang mendeskripsikan tempat saja atau objek saja.

Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Ciri-Ciri-Teks-Deskripsi

Ciri-ciri teks diperlukan untuk membedakan antara berbagai macam teks termasuk teks deskripsi. Ada beberapa ciri-ciri teks deskripsi, beberapa diantaranya adalah:

  • Teks deskripsi yang baik mencakup banyak detail yang melukiskan atau menggambarkan sesuatu secara jelas dan menarik.
  • Teks deskripsi juga dapat melukiskan perasaan orang, tempat, atau berbagai hal yang ditulis penulis.
  • Teks deskripsi yang baik sering menggunakan bahasa kiasan seperti analogi, perumpamaan, dan metafora untuk membantu menggambarkan tempat atau objek tersebut dalam pikiran pembaca.
  • Menulis teks deskripsi yang baik menggunakan bahasa yang tepat. Beberapa kata yang digunakan adalah kata sifat dan kata benda. Sedangkan kata kerja pasif tidak digunakan dalam penulisan teks deskripsi yang baik. Gunakan kata sifat dan kata benda tertentu yang umum dan menarik agar tulisan yang dihasilkan semakin bagus.
  • Beberapa cara untuk mengatur penulisan deskriptif meliputi: kronologis (waktu), spasial (lokasi), dan urutan kepentingan. Ketika menggambarkan seseorang biasanya penulis bisa mulai dengan deskripsi fisik, diikuti oleh bagaimana orang itu berpikir, merasakan, dan bertindak.

Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi

Kaidah-Kebahasaan-Teks-Deskripsi

Beberapa kaidah kebahasan teks deskripsi yang perlu diketahui adalah sebagai berikut:

  • Di dalamnya terdapat salah satu atau semua keterangan mengenai tempat, waktu, dan nama. Contohnya adalah pagi hari, siang hari, Kota Jogja, Kota Bali.
  • Menggunakan kata kerja, kata sifat, dan kata benda.
  • Menggunakan present tense sederhana.
  • Melalui proses atributif dan identifikasi sebelum penulisan dimulai.
  • Di dalamnya terdapat kata perumpamaan seperti tempatnya bagus seperti di atas awan. Penulisan perumpamaan tidak serta merta langsung dicantumkan tetapi perlu menyesuaikan dengan tema teks.

Struktur Teks Deskripsi

Struktur-Teks-Deskripsi

Saat menulis teks deskriptif ada beberapa struktur umum yang perlu diketahui. Urutannya adalah:

  • Identifikasi: berisi identifikasi materi atau fenomena yang akan dijelaskan.
  • Deskripsi: berisi penjelasan atau deskripsi tentang hal atau orang dengan menyebutkan beberapa sifat.
  • Kesimpulan: berisi kesimpulan deskripsi yang ditulis.

Cara Membuat Teks Deskripsi

Cara-Membuat-Teks-Deskripsi

Agar bisa menghasilkan teks deskripsi yang bagus dan menarik perlu mengetahui beberapa hal penting. Berikut adalah beberapa cara yang bisa diikuti untuk menulis teks deskripsi:

  • Memilih tema atau topik

Ketika pertama kali mulai menulis sangat penting untuk memutuskan topik apa yang harus ditulis atau topik apa yang menarik ditulis. Ini akan mencegah penulis kehilangan fokus pada tema atau ide utama tulisan. Ketika penulis sudah memutuskan apa yang akan ditulis, penulis dapat mulai menambahkan detail tentang peristiwa, objek, atau orang tertentu.

  • Perhatikan penggunaan kata-kata

Kebanyakan penulis akan menggunakan kata sifat untuk membuat tulisan lebih rinci bagi pembaca. Sebagai contoh, alih-alih hanya mengatakan: “Anjing mengendus-endus”, penulis akan mengatakan: “Anjing coklat besar mengendus-endus di sekitar semak mawar merah di halaman depan”. Penggunaan besar, cokelat, semak mawar merah, dan halaman depan membantu pembaca dalam memvisualisasikan acara dan seperti apa rupa anjing itu. Proses ini akan memungkinkan pembaca untuk membuat imajinasi sendiri melalui penggunaan pilihan kata yang digunakan penulis.

  • Perhatikan minat pembaca

Sebagai penulis penting belajar mengolah informasi dengan kata-kata yang bagus dan benar. Selain itu hal penting yang perlu diperhatikan adalah minat pembaca. Pemilihan topik yang bagus adalah salah satu cara terbaik untuk menarik minat pembaca. Hal ini tidak hanya akan melibatkan satu pembaca, tetapi akan menarik bagi pembaca lain juga. Dengan menggunakan kata-kata dan ilustrasi yang tepat bisa menciptakan peluang bagi pembaca untuk mengembangkan hubungan emosional dengan tulisan yang dibuat penulis.

  • Membaca ulang

Setelah selesai menyusun informasi dengan baik penulis perlu membaca kembali apa yang telah ditulis. Ini juga merupakan salah satu langkah penting dalam proses penulisan teks deskripsi. Hal ini memberi waktu bagi penulis untuk merenungkan apakah penulis perlu menambahkan lebih banyak detail pada tulisan yang dibuat.

Menempatkan diri pada posisi pembaca adalah penting. Tanyakan kepada diri sendiri setelah membaca tulisan tersebut, ‘Apakah saya dapat memahami topik utama tulisan saya jika saya tidak memiliki paparan informasi sebelumnya?’ jika memang dirasa kurang informasi, penulis bisa menambah poin-poin penting lainnya. Ingatlah selalu, penulisan teks deskripsi yang baik jika topik utama tulisan bisa dipahami oleh semua pembaca.

Contoh Teks Deskripsi dan Strukturnya

Contoh-Teks-Deskripsi

Agar semakin maksimal dalam memahami teks deskripsi, di bawah ini ada 17 contoh yang bisa dipelajari.

  1. Contoh Teks Deskripsi Tentang Alam

Judul: Gunung Bromo

Identifikasi:

Gunung Bromo adalah salah satu tujuan wisata favorit di Jawa Timur. Tidak hanya wisatawan domestik, tetapi juga turis asing berlomba untuk datang ke sini. Mereka datang untuk menyaksikan matahari terbit yang indah dari Bromo.

Deskripsi:

Bromo dikenal sebagai salah satu tempat wisata utama di Jawa Timur. Tempat ini terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, di sebelah timur kota Malang. Keindahan gunung ini telah menarik banyak pengunjung dari berbagai negara di dunia. Menyaksikan matahari terbit adalah peristiwa yang menarik. Para pengunjung rela menunggu mulai pukul 05.00 agar tidak kehilangan momen spesial ini. Ketika langit cerah, Anda bisa melihat bola matahari. Pertama, matahari terlihat seperti korek api, perlahan-lahan memperbesar sampai membentuk lingkaran penuh dan mencerahkan. Pemandangan yang sangat indah.

Gunung Bromo terletak di perbatasan Malang dan probolinggo Jawa Timur. Gunung ini termasuk salah satu gunung yang tinggi. Tingginya 2.392 meter di atas permukaan laut. Gunung ini ada beberapa kabupaten, yaitu Malang, Pasuruan, Probolinggo, dan Lumajang.

Lautan pasir di pegunungan ini sekitar 10 m2. Ini membuat pemandangannya begitu menakjubkan sehingga banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang bepergian dengan sengaja untuk menikmati keindahan alam ini. Sejarah Gunung Bromo sangat panjang, mungkin terkait dalam grafiti sederhana. Namun singkatnya, nama Bromo berasal dari sansakerta yang berarti Brahma (salah satu dewa Hindu), karena mayoritas orang Indonesia pada waktu itu adalah Hindu. Gunung Bromo telah meletus puluhan kali.

Di sini suhunya mencapai 10 derajat hingga 0 derajat celcius bahkan saat di pagi hari. Jadi, pengunjung harus mempersiapkan pakaian keren, topi beanie, sarung tangan, kaus kaki, syal untuk mengatasinya. Tapi jika pengunjung lupa tentang peralatannya ada banyak vendor yang menawarkan barang dalam bentuk topi, sarung tangan, atau syal.

Kesimpulan:

Gunung ini cukup terkenal karena indahnya pemandangan sunset dan sunsire. Tempat lain disekitar Gunung Bromo yang cocok melihat matahari terbit adalah bukut di depan gunung. Ini adalah pemandangan luar biasa untuk menikmati sunset dan sunrise. Di bukit ini pengunjung bisa menikmati pemandangan Gunung dari seberang dan tentu saja bisa menikmati lautan pasir yang indah.

  1. Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan

Judul : Kelinci

Identifikasi:

Hewan kelinci merupakan salah satu mamalia yang memiliki banyak hal unik. Keunikan-keunikan yang dimiliki kelinci ini tidak semata-mata hanya sebagai pelengkap tetapi juga berfungsi untuk bertahan hidup. Salah satunya adalah telinga lebar. Telinga mereka yang lucu berfungsi sebagai alat pendengaran yang baik.

Deskripsi:

Kelinci adalah hewan berbulu masuk dalam jenis mamalia dengan telinga panjang. Kelinci memiliki ekor berbulu pendek dan kaki belakang besar dan kuat. Mereka memiliki 2 pasang gigi seri tajam (gigi depan), satu pasang di atas, dan satu pasang di bawah. Mereka juga memiliki 2 pasak gigi di belakang gigi seri atas. Gigi mereka secara khusus diadaptasi untuk menggerogoti dan tumbuh terus menerus sepanjang hidup mereka.

Kelinci bergerak dengan melompat dengan menggunakan kaki belakang mereka yang kuat. Mereka memiliki 4 jari pada kaki belakang mereka yang panjang dan berselaput agar tidak menyebar saat mereka melompat. Kaki depannya masing-masing memiliki 5 jari kaki. Beberapa spesies kelinci dapat mencapai kecepatan 35 hingga 45 mil per jam (55 hingga 70 kilometer per jam). Kelinci muda bergerak dengan cara berjalan bukannya melompat.

Kelinci bervariasi dalam warna dan ukuran, mulai dari berat 2 hingga 16 pon (1 hingga 7 kilogram), tergantung pada jenisnya. Kelinci peliharaan yang telah dirawat dengan baik dan dimandikan atau disterilkan pada awal kehidupan memiliki harapan hidup 8 hingga 12 tahun.

Kesimpulan:

Kelinci dewasa dan kelinci muda sedikit berbeda. Kelinci dewasa memiliki bentuk tubuh yang lebih matang daripada kelinci muda. Kelinci termasuk mamalia yang digemari banyak orang. Jika memelihara hewan menggemaskan ini maka perlu menyesuaikan bentuk tubuh dan umurnya. Kelinci muda tentu memerlukan perawatan lebih mengingat tubuhnya belum sekuat kelinci dewasa.

  1. Contoh Teks Deskripsi Tentang Sekolah

Judul : Universitas Indonesia

Identifikasi:

Universitas Indonesia merupakan salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki banyak keunggulan. Universitas ini sudah berkembang pesat melihat kampusnya pada saat ini sudah membuka beberapa lokasi baru. Fakultas dan juga fasilitasnya pada saat ini juga sudah beragam.

Deskripsi:

Universitas Indonesia (UI) adalah kampus modern, komprehensif, berpikiran terbuka, multikultural, dan termasuk yang universitas yang masih ‘hijau’ di Indonesia. Universitas ini menyediakan lebih dari sekedar pendidikan berkualitas tetapi juga lingkungan belajar yang dinamis dan menyenangkan dengan semua fasilitas yang diperlukan untuk pengalaman belajar yang optimal. Didirikan pada tahun 1848, terletak di ibu kota Indonesia. Kampus UI tidak dalam satu lingkup bangunan dan lokasi tetapi dibagi menjadi beberapa.

Kampus Salemba yang berlokasi di Jakarta Pusat sebagian besar didedikasikan untuk fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi. Berdampingan dengan Rumah Sakit Nasional Cipto Mangunkusumo (RSCM) dan Rumah Sakit Gigi Universitas. Ini merumahkan bagian dari program pascasarjana, Fakultas Hukum (Magister Ilmu Hukum dan Program Doktor Ilmu Hukum), Fakultas Ekonomi (Program Ekstensi dan Magister Manajemen) dan Fakultas Teknik (laboratorium).

Kampus Depok, di Depok, sebelah selatan Jakarta, dibangun pada pertengahan 1980-an untuk mengakomodasi modernisasi universitas. Sekarang kampus utama. Sebagian besar fakultas (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Humaniora, Farmasi, Teknik, Psikologi, Surat, Ekonomi, Politik Sosial, Hukum, Komputer, Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat) telah dipindahkan di sini.

Kampus Depok berada di samping jalur kereta komuter Jakarta-Bogor menawarkan siswa akses mudah ke transportasi dengan kereta api. Siswa juga mendapat manfaat dari layanan bus komuter yang sering menghubungkan banyak bagian Jakarta ke Depok. Kemudian, pelatihan sarjana fakultas kedokteran dan kedokteran gigi dipindahkan ke kampus Depok pada 2010.

Kesimpulan:

Melihat banyaknya prestasi yang dicapai, Universitas Indonesia menjadi salah satu Universitas kebanggaan banyak orang. Jika berminat sekolah di Universitas ini selain memilih jurusan yang diminati, lokasi dan fakutas yang ada di atas bisa menjadi acuan.

  1. Contoh Teks Deskripsi Tentang Pantai

Judul : Pantai Pulau Merah

Identifikasi:

Pulau Merah merupakan salah satu wisata yang terkenal di Banyuwangi. Wisata ini banyak digemari karena merupakan salah satu pantai yang indah di Indonesia. Kebanyakan disini pengunjung tertarik berkunjung karena ingin mencoba berselancar. Ombak yang besar cocok untuk berenang sambil berselancar.

Deskripsi:

Pulau Merah atau Red Island adalah salah satu tujuan wisata di wilayah Laut Selatan. Pemandangan alam masih bisa dilihat oleh pengunjung yang ingin menghabiskan liburan mereka. Di sepanjang pantai pengunjung bisa melihat sabuk hijau yang mengelilingi untuk menjadi pelindung wilayah. Pantai Merah menjadi alternatif baru bagi peselancar yang ingin menantang ombak kuat. Baik seorang surfer amatir atau profesional pengunjung akan bersenang-senang saat mengunjungi pantai. Ketika pengunjung datang, pengunjung akan setuju jika Pulau Merah dianggap sebagai mutiara tersembunyi.

Pulau Merah juga identik dengan pasir putih. Pemandangan alam pulau dan bukit dengan ketinggian 200 meter di sekitar pantai terlihat begitu memukau. Pemandangan eksotis akan menemani peselancar sambil menantang ombak yang kuat. Bahkan, Anda bisa melihat banyak pohon pandan di sepanjang pantai. Permukaan area di pantai ditutupi oleh pepohonan hijau. Itulah sebabnya orang akan menyukainya karena kombinasi ini membuatnya terlihat sangat berbeda.

Sebagai tengara di area ini ada dua versi cerita. Warga mengatakan bahwa pulau itu mendapatkan nama itu karena sebelumnya memiliki warna tanah merah. Dan yang lain mengatakan sejak lama penduduk melihat warna merah cahaya di tempat ini. Sejak saat itu orang yang tinggal di daerah ini menyebut pulau itu sebagai Pulau Merah atau Pulau Merah. Gelombang air di Pulau Merah cocok untuk berselancar. Selain itu, anginnya tidak terlalu kencang. Ketinggian gelombang bisa 4 – 5 meter dan itu membuat peselancar senang mencoba tempat ini.

Pulau Merah terletak di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kota Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia. Jaraknya sekitar 70 km selatan Banyuwangi. Untuk mencapai pulau ini perlu upaya ekstra karena akan memakan waktu sekitar 2,5 jam. Beberapa tahun yang lalu infrastruktur yang buruk menjadi masalah karena transportasi umum kurang melalui tempat ini. Bus hanya membawa Anda ke Pasar Pesanggaran dan Anda masih perlu terus naik ojek selama 45 menit ke Pulau Merah. Tapi untuk sekarang insfrastruktur sudah dibenahi dan semakin mudah diakses.

Cara termudah untuk mencapainya adalah dengan sepeda motor dan mobil. Ringin Pitu adalah nama asli Pulau Merah. Ombak di sini terkenal tinggi karena bisa mencapai tinggi 4 meter saat air pasang. Karena hal ini pulau ini juga dijadikan untuk wisata air selancar. Itu telah dibuktikan oleh Kompetisi Kejuaraan Surfing Internasional pada tahun 2013 dan diikuti oleh peselancar dari 20 negara dibuka oleh menteri pariwisata.

Kesimpulan:

Pulau ini menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak digemari oleh berbagai wisatawan. Dan tentu saja menjadi salah satu tempat wisata yang patut dikunjungi pada saat liburan tiba. Salah satu daya tariknya lagi yaitu lokasinya saat ini sudah mudah diakses oleh kendaraan roda empat.

  1. Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan Kucing

Judul : Kucing

Identifikasi:

Kucing merupakan salah satu hewan yang banyak digemari oleh banyak orang. Jenis kucing yang digemari banyak macamnya salah satunya adalah jenis kucing persia. Kucing persia meski tidak secantik kucing anggora tetap memiliki keunikan tersendiri. Salah satunya mereka memiliki sifat yang penurut dan  tidak pemalas.

Deskripsi:

Kucing persia adalah kucing keturunan paling populer di Amerika Utara, dan saat ini sudah populer diseluruh dunia. Dia pertama kali menjadi populer selama era Victoria, tetapi dia ada jauh sebelum itu. Sedikit yang diketahui tentang sejarah awalnya. Persia datang dalam dua jenis: pertunjukan dan tradisional. Kucing persia untuk pertunjukan memiliki kepala bulat yang disempurnakan dengan ruff tebal, telinga kecil, hidung datar, mata tembaga bundar besar, tubuh lebar dan pendek dengan boning berat di atas kaki pohon pendek, dan bulu ekor yang tebal dan mengalir.

Kucing persia tradisional juga dikenal sebagai wajah boneka tidak memiliki fitur ekstrim seperti kucing persia pertunjukan dan hidungnya yang panjang normal memberinya ekspresi yang manis. Kedua tipe kucing ini memiliki mantel atau bulu panjang dan glamor yang datang dalam banyak warna dan pola dan keduanya memiliki kepribadian yang sama indahnya.

Wajah kucing persia yang manis dan lembut muncul untuk menatap orang-orang favoritnya atau pemiliknya seperti cara manusia menatap kekasihnya. Dia berkomunikasi dengan mata ekspresif dan suaranya yang lembut dan merdu. Kucing persia adalah lambang kucing pangkuan dengan kepribadian yang tenang dan ringan. Dia suka berpelukan,tetapi dia juga menyenangkan dan ingin tahu. Dia bukan pelompat atau pendaki, malah berpose cantik di kursi atau sofa atau bermain dengan mainan bulu favorit. Kucing Persia lebih suka lingkungan yang tenteram dan dapat diprediksi, tetapi mereka bisa cukup beradaptasi untuk menghadapi keluarga yang keras dan ramai selama kebutuhan mereka dipahami dan dipenuhi.

Kesimpulan:

Kucing persia adalah kucing yang tenang yang menunjukkan aktivitas seperti kucing. Dia akan tidur di bawah sinar matahari ketika dia tiba-tiba bergerak dan berlari di sekitar ruangan dan berguling-guling. Kucing persia akan berbaring di sebelah pemilik, tidur di tempat tidur, dan duduk di pangkuan pemilik ketika dia sedang dalam mood. Dia tidak keberatan perubahan dalam rutinitas dan umumnya bersahabat dengan siapa pun dan semua orang.

  1. Contoh Teks Deskripsi Tentang Rumah

Judul : Rumah Tradisional Bali

Identifikasi:

Rumah tradisional merupakan salah satu peninggalan sejarah yang masih ada hingga saat ini. Salah satunya adalah rumah tradisional Bali. Rumah tradisional yang ada di Bali masih kental akan adat Bali. Karena keunikan ini rumah tradisional ini digemari oleh banyak orang.

Deskripsi:

Rumah tradisional Bali merupakan cerminan dari adat Bali yang kental dengan nilai-nilai Hindu. Keragaman keunikan dan karakteristik sisi arsitektur atau aspek filosofis yang telah terkandung di dalamnya menjadikan rumah tradisional Bali sangat menarik.

Rumah tradisional Bali identik dengan candi yang kami sebut dengan “Gapura Candi Bentar”. Gapura Candi Bentar adalah gerbang yang terdiri dari dua bangunan candi yang memiliki bentuk identik dan diletakkan sejajar sebagai gerbang utama untuk memasuki area halaman rumah atau gerbang terluar. Biasanya, penggunaannya sebagai pintu masuk utama pura atau tempat ibadah Hindu di Bali. Meskipun memiliki bentuk yang identik dengan posisi paralel gerbang ini ditempatkan secara terpisah dari satu ke yang lain tanpa penutup di atap.

Meski tidak memiliki atap, gerbang ini masih terhubung satu sama lain dengan keberadaan pagar besi dan sejumlah tangga di bagian bawah. Selain candi, di sekitar gerbang biasanya ada berbagai patung sebagai simbol adat budaya Bali. Bangunan ini juga memiliki gerbang-gerbang pecah karena bentuk bangunannya seolah menggambarkan bangunan candi yang terbelah menjadi dua.

Untuk membangun rumah orang Bali menggunakan aturan yang kami sebut “Asta Kosala Kosali”. Asta Kosala Kosali merupakan semacam Fengshui. Asta Kosala Kosali merupaka peraturan mengenai pembangunan bangunan yang meliputi tata letak bangunan dan tata cara bangunan.

Filosofi yang terkandung dalam Asta Kosala Kosali adalah kebangkitan harmoni dan dinamisme dalam kehidupan ketika mencapai hubungan yang damai dan harmonis antara tiga aspek atau Tri Hita Karana. Aspek yang termasuk Tri Hita Kirana adalah Pawongan (hubungan yang harmonis antara manusia dan manusia), Palemahan (hubungan yang harmonis antara manusia dan lingkungan) dan Parahyangan (spiritual atau Hubungan Harmonis antara manusia dan Tuhan).

Asta Kosala Kosali merupakan hal yang wajib dipatuhi oleh orang Bali ketika akan membangun rumah. Penempatan sudut juga sangat penting seperti penempatan candi yang ada di rumah bisa ditempatkan di sudut timur rumah. Mengapa ditempatkan di lokasi itu karena itu merupakan salah satu lokasi yang suci.

Selain tata letak dan konstruksi bangunan di rumah tradisional Bali juga didasarkan pada konsep agama Hindu yang disebut Tri Angga. Tri Angga adalah hierarki atau tingkatan yang terdiri dari Nista, Madya, dan Utama. Nista mencerminkan hierarki terendah dari level yang ditunjukkan melalui fondasi bangunan atau fondasi bangunan sebagai pendukung bangunan di atasnya. Bahannya terbuat dari batu bata atau batu yang dipasang rapi disusun sesuai dengan dimensi ruang yang akan dibangun.

Nista juga mencerminkan dunia bawah, sifat iblis atau nafsu. Madya merefleksikan pusat bangunan yang ditunjukkan dalam bentuk dinding, jendela, dan pintu. Madya juga mencerminkan strata manusia atau sifat manusia. Sementara Main mencerminkan simbol bangunan atas yang ditunjukkan dalam bentuk atap rumah, mereka percaya bahwa bagian atas adalah tempat paling suci di rumah dan digambarkan sebagai tempat tinggal dewa leluhur atau dewa mereka. Bahan yang digunakan pada rumah tradisional Bali adalah atap dari serat dan alang-alang.

Kesimpulan:

Secara umum bangunan Bali akan terpisah karena mengikuti konsep. Akhirnya rumah untuk satu keluarga berada di satu area tetapi secara terpisah bangunan-bangunan kecil yang terpisah digabungkan hanya dengan pagar yang mengelilinginya. Bangunan terpisah dalam setiap area rumah tradisional Bali terdiri dari rumah, kuil (tempat suci umat Hindu), Banjar (ruang pertemuan), dan lainnya.

Dengan konsep-konsep ini, arsitektur tradisional Bali didefinisikan sebagai tata letak wadah kehidupan Bali yang telah dilestarikan dari generasi ke generasi dengan semua aturan yang mengutamakan kerukunan. Bentuk arsitektur tradisional Bali ini direkam di telapak tangan Asta Kosala-Kosali, Asta Patali, dan lainnya. Sampai perkembangan dimulai ada penyesuaian yang dilakukan oleh undagi untuk mengikuti perkembangan zaman tetapi masih menggunakan aturan Tri Hita Karana yang telah diajarkan sejak jaman dahulu.

Jika mengamati rumah-rumah Bali ketika berkunjung ke sana pasti akan menemukan keunikannya. Rumah rata-rata Bali akan memiliki desain interior yang sangat khas. Ada pernak-pernik yang menghiasi dinding atau pintu, ada juga ukiran yang berwarna kontras dengan dinding rumah. Setiap ornamen yang menghiasi rumah adat Bali adalah ungkapan terima kasih kepada Pencipta Alam Semesta.

  1. Contoh Teks Deskripsi Tentang Benda

Judul : Vacum Cleaner

Identifikasi:

VaCum cleaner atau biasa disebut penyedot debu merupakan alat yang penting untuk kebersihan rumah. Alat ini sangat praktis untuk membersihkan sebu dan kotoran daripada menggunakan sapu. Alat ini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu dan saat ini sudah dikembangkan lebih baik lagi.

Deskripsi:

Penyedot debu atau vakum cleaner dan digunakan untuk menyedot debu dan kotoran. Alat ini menggunakan pompa udara untuk membuat ruang hampa dan digunakan untuk membersihkan lantai tetapi juga dapat membersihkan permukaan lainnya. Apa yang disedot oleh penyedot debu ke dalam kantong debu atau topan kemudian dibuang. Saat ini ada banyak ukuran dan model penyedot debu dari varian genggam yang ditenagai oleh baterai hingga model industri yang dapat menyedot debu beberapa ratus liter hingga penyedot debu yang merupakan ukuran (dan bentuk) dari sebuah truk yang digunakan untuk membersihkan tumpahan besar atau untuk menghilangkan tanah yang terkontaminasi.

Penyedot debu bukanlah mesin modern (awalnya berawal dari abad ke-19) dan perlu sekitar 100 tahun untuk menjadi bagian dari setiap rumah tangga, tetapi hari ini kita hidup jauh lebih sehat daripada yang kita miliki. Baca lebih lanjut tentang perkembangan sejarah penyedot debu.

Riwayat Singkat Penghisap Debu

Perangkat mekanis pertama untuk membersihkan lantai adalah “penyapu karpet” yang ditemukan oleh Daniel Hess pada tahun 1860. Alat ini memiliki sikat dan bellow yang berputar yang menghasilkan isap. Setelah itu, pada tahun 1869, Ives W. McGaffe menciptakan “Whirlwind” yang memiliki kipas yang digerakkan oleh tenaga dengan tangan. John S. Thurman menemukan, pada tahun 1898, pembersih bertenaga bensin yang sangat besar sehingga harus ditarik kuda dan tidak t membuat ruang hampa udara, tetapi meniup udara dan “dibersihkan” seperti itu.

Penemu Vakum Cleaner

Orang-orang yang mengembangkan penyedot debu menjadi apa yang kita miliki saat ini adalah dari berbagai jenis dan latar belakang. Beberapa adalah insinyur dan beberapa adalah petugas kebersihan, tetapi itu tidak menghentikan mereka untuk menjadi penemu hebat.

Fakta Vakum Cleaner

Penyedot debu memiliki banyak varian sepanjang sejarah. Penyedot debu semua bekerja pada prinsip yang sama tetapi mereka mendekati mereka dari sudut yang berbeda berusaha untuk memecahkan masalah penting efisiensi, kebisingan, dan kesehatan.

Pembuatan Vakum Cleaner

Penyedot debu adalah produk revolusi industri dalam segala hal. Mereka muncul sebagai solusi untuk masalah yang disebabkan oleh revolusi, tetapi mereka tidak mungkin tanpa itu. Jadi inilah hubungan mereka. Cari tahu lebih lanjut tentang proses pembuatan penyedot debu.

Kesimpulan:

Seiring dengan perkembangan zaman vakum cleaner atau penyedot debu semakin berkembang dan fungsinya semakin bagus. Saat ini sudah banyak orang yang beralih dari menggunakan sapu menjadi menggunakan vakum cleaner.

  1. Contoh Teks Deskripsi Tentang Wisata

Judul : Candi Prambanan

Identifikasi:

Candi Prambanan merupakan salah satu situs peninggalan sejarah yang masih ada hingga saat ini. Candi ini memiliki bentuk yang mengagumkan hingga bisa menarik minat banyak orang. Ornamen yang terukir di candi ini juga menjadi salah satu daya tarik situs ini. Banyak pengunjung yang sengaja datang untuk melihat ornamen unik di sini.

Deskripsi:

Ini adalah candi yang paling terkenal dan paling megah di Jawa Tengah atau lebih tepatnya candi yang kompleks. Terletak sekitar 15 kilometer dari Yogyakarta. Bagian atas kuil utama terlihat dari jarak yang jauh dan menjulang tinggi di atas puing-puing bekas candi. Prambanan adalah mahakarya budaya Hindu abad ke-10. Bangunan ramping yang menjulang setinggi 47 meter membuat arsitekturnya yang indah tak tertandingi. Tujuh belas kilometer sebelah timur Yogyakarta Raja Balitung Maha Sambu membangun candi Prambanan di pertengahan abad kesembilan. Parapetinya dihiasi dengan relief relief yang menggambarkan kisah Ramayana yang terkenal. Kuil Shivaite yang megah ini namanya berasal dari desa di mana ia berada.

Candi Prambanan secara lokal dikenal sebagai Kuil Roro Jonggran, atau Kuil “Perawan Ramping”. Itu adalah candi Hindu terbesar dan terindah di Indonesia. Kompleks candi Prambanan terletak di antara ladang hijau dan desa. Candi ini memiliki delapan kuil di mana tiga yang utama didedikasikan untuk Siwa, Wisnu, dan Brahma. Kuil utama Siwa menjulang setinggi 130 kaki dan menampung patung permaisuri Siwa yang megah. Ada 224 kuil di kompleks tiga di antaranya candi utama adalah Kuil Brahma di utara, Kuil Wisnu di selatan, dan yang terbesar di antara tiga yang terletak di antara kuil Brahma dan Wisnu adalah Kuil Siwa (tinggi 47 meter).

Teater telah tersedia disini. Disini pengunjung bisa menikmati matahari terbit di belakang kejayaan Candi Prambanan. Pengunjung harus berada di lokasi – di area The Open Air Theatre dan taman arkeologi kuil – sebelum matahari terbit sekitar jam 5:00 pagi. Teater terbuka pertama dibangun di sisi selatan kuil pada tahun 1960 dan teater kedua dibangun di sisi barat kuil pada tahun 1988. Pada malam bulan purnama di bulan Mei hingga Oktober sendratari Ramayana dilakukan dengan benar sini. Mungkin salah satu kuil paling megah di Asia Tenggara Prambanan menarik banyak pengagum setiap tahun dari luar negeri.

Kesimpulan:

Megahnya candi ini menjadikan Candi Prambanan menjadi salah satu candi Hindu yang diminati banyak wisatawan. Selain itu disini juga sudah dibuka teater untuk pegelaran. Candi ini termasuk ke dalam situs peninggalan sejarah yang sangat terkenal di Indonesia.

  1. Contoh Teks Deskripsi Tentang Taman Mini Indonesia Indah

Judul : Taman Mini Indonesia

Identifikasi:

Taman Mini Indonesia Indah merupakan replika dari banyak keragaman budaya di Indonesia seperti rumah adat, keragaman kepulauan, barang-barang budaya dan masih banyak lagi. Jika ingin melihat Indonesia dalam jarak dekat bisa berkunjung kesini.

Deskripsi:

Taman Mini Indonesia Indah (Taman Mini Indonesia Indah) adalah jawaban Indonesia atas doa setiap pengunjung untuk melihat kepulauan yang megah hanya dalam satu hari. Taman yang luas untuk melihat keragaman Kepulauan Indonesia, mewakili 27 provinsi di Indonesia dan karakteristiknya yang luar biasa, tercermin paling mencolok dalam arsitektur regional yang tepat di provinsi tersebut. Taman hiburan yang luas terletak di lebih dari 100 hektar di pinggiran Jakarta.

Semua pulau di Indonesia direproduksi secara realistis dalam miniatur di tengah danau dan di sekitar danau, ada paviliun. Setiap paviliun mewakili setiap provinsi dengan gaya arsitektur tradisional dalam miniatur untuk tampilan yang indah dari barang-barang budaya dan pameran. Bagian tengah taman adalah danau buatan yang indah. Kompleks itu adalah gagasan Madam Tien Soeharto, mendiang ibu negara Indonesia.

Disini juga memiliki taman anggrek sendiri di mana ratusan varietas anggrek Indonesia ditanam. Ada juga taman burung dengan aviary berjalan, museum fauna, dan tempat rekreasi dengan kolam renang dan restoran. Minat khusus di Taman Mini adalah Museum Indonesia. Bangunan ini didekorasi dengan bagus dan dalam arsitektur Bali. Bangunan ini menampung seni kontemporer, kerajinan tangan, dan kostum tradisional dari berbagai daerah di negara ini.

Kesimpulan:

Pertunjukan budaya, acara, dan bahkan hidangan lokal dari provinsi disiapkan secara rutin terutama selama akhir pekan dan hari libur, untuk memamerkan warisan budaya Indonesia yang kaya. Taman ini buka tujuh hari seminggu memberi para tamu banyak waktu untuk menjelajahi dan menikmati pemandangan. Dan jika wisata sehari tidak cukup, pengunjung dapat bermalam di akomodasi yang dilayani oleh ‘Desa Wisata’ atau ‘Wisata Remaja’.

  1. Contoh Teks Deskripsi Tentang Mawar

Judul : Bunga Mawar

Identifikasi:

Bunga mawar merupakan salah satu bunga yang ada hampir diseluruh dunia. Bunga ini memiliki bentuk yang indah dan bau yang harum. Bunga ini bisa melindungi dirinya karena pada batang bunga tumbuh duri-duri. Keunikan inilah yang menjadi salah satu daya tarik bunga mawar.

Deskripsi:

Rose (genus Rosa) merupakan genus dari sekitar 100 spesies semak abadi dalam keluarga mawar (Rosaceae). Mawar asli berasal dari daerah beriklim di belahan bumi utara. Banyak mawar dibudidayakan karena bunga-bunganya yang sangat indah yang berkisar dalam berbagai warna. Mulai dari putih, berbagai varian mawar kuning, mawar merah muda, mawar merah tua atau merah marun, dan masih banyak lagi. Sebagian besar memiliki aroma yang menyenangkan. Aroma yang dihasilkan bervariasi sesuai dengan varietas dan kondisi iklim.

Sebagian besar spesies mawar asli dari Asia dengan jumlah yang lebih kecil berasal dari Amerika Utara dan beberapa ke Eropa dan Afrika barat laut. Mawar dari berbagai daerah di dunia dikembangkan dengan cara hibridisasi. Karena pengembangan itu menciptakan jenis yang tumpang tindih dengan bentuk aslinya dan membuatnya sulit untuk menentukan spesies dasar. Kurang dari 10 spesies dan sebagian besar berasal dari Asia merupakan hasil persilangan beberapa jenis mawar. Hasil persilangannya sangat indah.

Mawar tumbuh dengan baik dan biasanya dipersenjatai dengan banyak duri dari berbagai bentuk dan ukuran. Daunnya berganti-ganti kadang berbentuk majemuk rapat dan biasanya berbentuk selebaran oval yang bergigi tajam. Bunga mawar liar biasanya memiliki lima kelopak sedangkan bunga mawar yang dibudidayakan sering berlipat ganda yaitu dengan beberapa set kelopak). Ukuran bunga mawar berkisar dari miniatur kecil berdiameter 1,25 cm (0,5 inci) hingga bunga hibrida berukuran lebih dari 17,5 cm (7 inci).

Mawar dapat terinfeksi oleh sejumlah penyakit, sebagian besar disebabkan oleh jamur. Jamur muncul sebagai pertumbuhan putih cetakan keabu-abuan pada permukaan daun dan batang muda. Jamur bercak hitam muncul sebagai bercak hitam yang mencolok pada daun dan menyebabkannya rontok. Karat juga merupakan penyakit mawar yang umum. Kutu daun adalah hama serangga umum pada daun dan batang muda.

Kesimpulan:

Bunga mawar meski memiliki banyak jenisnya tetap banyak digemari oleh banyak orang. Bahkah terkadang orang-orang ingin mengembangkan lebih banyak lagi jenis mawar. Bunga ini merupakan salah satu bunga yang memiliki banyak penggemar di seluruh dunia.

  1. Contoh Teks Deskripsi Singkat

Judul : Pulau Komodo

Identifikasi:

Salah satu pulau yang terkenal di indonesia adalah Pulau Komodo. Pulau ini terkenal karena di dalamnya terdapat satu spesies hewan yang hampir punah yaitu komodo. Pulau ini letaknya sedikit terpencil dan perlu persiapan khusus untuk bisa mengunjungi pulau ini.

Deskripsi:

Pulau kecil 280 km persegi yang dikenal dengan nama Pulau Komodo terletak di antara pulau Sumbawa dan Flores. Pulai ini terkenal dengan kadal raksasa yang dianggap jenis terakhir yang tersisa di dunia saat ini, komodo. Disebut “ora” oleh penduduk setempat, Komodo “Naga” (Varanus Komodoensis) sebenarnya adalah kadal monitor raksasa. Dengan panjang 3 sampai 4 meter, leluhurnya menjelajahi bumi sekitar setengah juta tahun yang lalu. Komodo hidup dari kambing, rusa, dan bahkan bangkai dari jenisnya sendiri.

Satu-satunya populasi manusia di pulau itu adalah di desa nelayan bernama Komodo yang melengkapi kambing pembibitan pendapatan mereka, yang digunakan untuk memberi makan kadal. Komodo telah dilindungi oleh hukum dan meskipun mereka dianggap tidak berbahaya disarankan untuk menjaga jarak. Pulau Komodo sekarang menjadi cagar alam rumah bagi sejumlah spesies burung langka, rusa, dan babi liar, yang juga menjadi mangsa kadal.

Kesimpulan:

Untuk melihat kadal raksasa ini di siang hari umpan harus diatur di pedalaman tempat pemandu lokal diperlukan. Laut di sekitar pulau menawarkan pemandangan kehidupan laut, perairan jernih, dan pantai berpasir putih. Satu-satunya akomodasi yang tersedia adalah penginapan sederhana di desa nelayan. Dianjurkan untuk membawa persediaan makanan. Pengunjung bisa pergi ke pulau ini antara bulan Oktober dan Desember dan pada bulan Juni atau bulan Maret. Pulau Komodo hanya dapat diakses dari laut. Terbang ke Labuan Bajo, dari sana sekitar 3-4 jam dengan kapal ke pulau.

  1. Contoh Teks Deskripsi Rumah Tradisional Palembang

Judul : Rumah Limas

Identifikasi:

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak sekali keragaman budaya salah satunya yaitu keragaman rumah tradisional. Salah satu rumah tradisional yang terkenal adalah rumah Limas khas Palembang. Rumah tradisional ini memiliki bentuk yang unik dan menarik.

Deskripsi:

Hal lain yang menarik untuk dilihat di Palembang adalah rumah Limas. Rumah ini masih ditemukan dan tersebar di seluruh provinsi. Kebanyakan dari mereka dibangun di tepi sungai namun tidak menghadap ke tepi pantai. Kegiatan rumah tangga sehari-hari dapat dilakukan dengan privasi penuh, tidak terlihat oleh orang yang lewat. Rumah-rumah kayu yang sangat berukir yang dibangun di atas panggung ini memiliki ukuran yang lumayan besar dari 15 hingga 20 m dan dari 30 hingga 60 m.

Sebagian besar rumah ini memiliki kolom ukiran tangan, kusen pintu, dan jendela serta ventilasi silang di antara kamar-kamar dengan menempatkan panel kayu dengan ukiran aliran tepat di bawah langit-langit. Memang, hampir menjadi suatu keharusan untuk mengamati arsitektur dan gaya rumah-rumah Limas ini, beberapa di antaranya terbuka untuk umum.

Rumah Limas di Palembang kadang-kadang disebut sebagai Bari itu berarti tua atau kuno. Rumah Limas pada dasarnya dibagi menjadi tiga bagian; sisi depan, tengah, dan belakang. Di depan ada dua tangga sedangkan bagian tengah berupa ruang luas. Ruangan luas di bagian tengah digunakan untuk kegiatan berkumpul seperti pesta atau perayaan. Apalagi bagian tengah telah difungsikan sebagai ruang pamer atau untuk menunjukkan kepada tamu betapa sejahtera pemilik rumah. Bagian belakang rumah digunakan untuk dapur atau apa pun untuk mempersiapkan mea.

Hiasan dinding di rumah Limas sebagian besar memiliki motif ukiran bunga yang dicat emas. Namun, pemiliknya terkadang menggunakan timah dan emas asli untuk memperindah ukiran dan lampu gantung.

Kesimpulan:

Rumah tradisional ini memiliki banyak ciri khas yang menarik dan merupakan salah satu wujud keberagaman budaya Indonesia. Motif ukiran yang berbeda dari ukiran biasanya menjadi keunggulan rumah Limas ini. Banyak pengunjung yang rela ke Palembang untuk mengamati rumah tradisional ini  secara dekat.

  1. Contoh Teks Deskripsi Candi Borobudur

Judul : Candi Borobudur

Identifikasi:

Salah satu peninggalan sejarah yang menjadi salah satu keajaiban dunia yaitu Candi Borobudur. Candi ini adalah candi budha terbesar yang ada di Indonesia. Ukiran dan bentuknya yang khas menjadi daya tarik paling kuat. Candi ini telah membuat banyak orang kagum karena bisa bertahan hingga saat ini.

Deskripsi:

Borobudur adalah candi Budha terbesar di abad kesembilan berukuran 123 x 123 meter. Terletak di Magelang 90 km tenggara Semarang, atau 42 km barat laut Yogyakarta. Candi Borobudur adalah salah satu monumen kuno paling terpelihara di Indonesia yang paling sering dikunjungi oleh lebih dari satu juta pengunjung domestik maupun asing. Itu juga telah diakui oleh dunia sebagai jenis warisan budaya utama.

Gaya arsitektur tidak ada bandingannya di seluruh dunia. Itu selesai berabad-abad sebelum Angkor Wat di Kamboja. Borobudur adalah salah satu candi paling terkenal di dunia berdiri megah di puncak bukit yang menghadap ke ladang hijau yang subur dan bukit yang jauh. Borobudur dibangun dari batu andesit abu-abu. Itu naik menjadi tujuh teras masing-masing lebih kecil dari yang di bawahnya.

Puncaknya adalah Stupa Besar berdiri 40 meter di atas tanah. Dinding-dinding Borobudur dipahat dalam relief berbentuk relief yang membentang sepanjang enam kilometer. Ini telah dielu-elukan sebagai ensembel Budhis terbesar dan terlengkap di dunia tak tertandingi dalam artistik dan setiap adegan merupakan karya agung.

Candi Borobudur yang dibangun pada abad ke delapan oleh dinasti Syailendra diyakini berasal dari kata-kata bahasa Sansekerta “Vihara Buddha Uhr” Biara Budha di atas bukit. Kompleks candi Prambanan juga dikaitkan dengan raja yang sudah mati. Prasasti 856 menyebutkan upacara pemakaman kerajaan dan menunjukkan bahwa raja yang mati telah bergabung dengan Siwa sama seperti pendiri monumen Borobudur telah bergabung dengan Budha.

Kesimpulan:

Candi Borobudur merupakan candi yang memiliki banyak keunikan tersendiri. Candi yang sudah ada sejak dinasti Syailendra ini sdah melalui berbagai hal dan harusk diperbaiki ulang. Tetapi meski begitu hal itu tidak mengurangi keindahan Candi Borobudur.

  1. Contoh Teks Deskripsi Tentang Kota Jogja

Judul : Kota Jogja

Identifikasi:

Kota Jogja adalah salah satu kota yang paling banyak diminati di Indonesia. Kota ini terkenal dengan budaya Jawa yang khas. Selain itu kota ini juga yang masih memegang teguh penginggal kerajaan dimasa lalu meski sudah tergabung dalam NKRI. Ini yang menjadi salah satu daya tarik Kota Jogja.

Deskripsi:

Jogja adalah sebuah kota dan ibukota Daerah Istimewa Yogyakarta di Jawa, Indonesia. Yogyakarta terletak di Jawa Tengah, Indonesia. Daerah kota Yogyakarta adalah 32,5 km². Sementara kota ini menyebar ke segala arah dari kraton (istana Sultan), inti dari kota modern adalah di utara, berpusat di sekitar bangunan era kolonial Belanda dan distrik komersial.

Populasi terbanyak adalah orang Jawa, tetapi sebagai kota pelajar, ada juga populasi orang dari etnis lain di Indonesia. Status ini menjadikan Yogyakarta sebagai salah satu kota paling heterogen dalam hal etnis di Indonesia. Orang-orang Yogyakarta sangat sopan, baik, menjaga sopan santun, dan menjaga budaya mereka.

Budaya Provinsi Yogyakarta dengan statusnya sebagai daerah khusus terletak di bagian selatan Jawa Tengah, di jantung budaya Jawa. Sebagai bekas ibukota dan pusat beberapa kerajaan di masa lalu, wilayah ini dan rakyatnya sangat kaya akan beragam budaya. Seperti Wayang Kulit, perhiasan filigree halus, Motif Kawung dalam batik dari Yogyakarta, membuat kain batik tulis, musik Gamelan.

Kesimpulan:

Keragaman Kota Jogja menjadi daya tarik kota ini dan menjadikan kota ini salah satu kota yang paling banyak dikunjungi. Sebagai pusat dari budaya Jawa, Kota Jogja masih menjaga dengan baik keragaman budaya yang ada.

  1. Contoh Teks Deskripsi Tentang Makanan

Judul : Pempek

Identifikasi:

Salah satu yang menarik dari Indonesia adalah makanan khasnya. Salah satunya adalah pempek. Ini merupakan salah satu makanan khas Sumatera Selatan yang sangat terkenal karena rasanya yang enak. Selain enak cara pembuatannya juga tidak susah.

Deskripsi:

Pempek atau yang lain dikenal sebagai Empek-Empek atau Mpek Mpek adalah salah satu hidangan khas dari Sumatera Selatan tepatnya dari Kabupaten Palembang. Pempek adalah khas kue ikan yang terbuat dari daging ikan dan tepung tapioka dan rempah-rempah dan disajikan dengan saus asam dan manis yang disebut Cuko atau Cuko yang khas dari cuka gula merah yang terbuat dari gula merah, cuka, cabai, bawang putih dan garam . Rasa saus harus kuat asam dengan rasa manis dan panas pada saat yang bersamaan.

Dalam satu piring Pempek kita akan menemukan sepiring penuh adonan Pempek yang telah digoreng dan dipotong-potong lalu disajikan dengan saus yang khas. Dalam beberapa modifikasi akan ada mentimun cincang dan bubuk kedelai untuk taburan.

Sejarah mengatakan ide awal hidangan ini muncul selama abad ke-16 ketika seorang imigran tua Cina menetap di dekat Sungai Musi. Setelah memperhatikan banyaknya ikan di sekitar lingkungan yang berlimpah dan kebanyakan terbuang sia-sia karena ada lemari es pada waktu itu, ia mempunyai ide untuk membuat sesuatu dengan ikan-ikan itu, selain untuk mengonsumsinya dengan cara tradisional seperti yang dilakukan oleh penduduk asli, seperti bakar, digoreng atau rebus.

Ada bermacam-macam Pempek yang dapat dicoba. Yang paling populer adalah Pempek Kapal Selam. Pempek Kapal Selam adalah adonan pempek dengan telur di dalamnya. Varian populer lainnya adalah pempek Lenjer, yaitu pempek dalam bentuk silinder panjang yang mirip dengan sosis. Lainnya dikenal sebagai Pempek Kulit, Pempek Keriting, Pempek Adaan dan banyak lagi.

Kesimpulan:

Pempek saat ini sudah sangat terkenal dan disukai banyak orang. Banyak varian rasa yang bisa dicoba. Untuk bisa menikmati makanan khas ini sudah tidak perlu jauh-jauh pergi ke Palembang karena makanan ini sekarang sudah ada di berbagai daerah.

  1. Contoh Teks Deskripsi Tentang Kota Banyuwangi

Judul : Kota Banyuwangi

Identifikasi:

Kota Banyuwangi merupakan kota paling timut di Jawa Timur. Kota ini juga dikenal sebagai kota yang masih memegang teguh budaya daerahnya. Selain budaya, kota ini juga terkenal dengan banyaknya wisata yang bisa dikunjungi.

Deskripsi:

Banyuwangi adalah kabupaten paling timur di Jawa Timur. Di sebelah utara terletak Kabupaten Situbondo. Kabupaten Jember dan Bondowoso tetangga Banyuwangi di sebelah barat. Di sebelah timur terletak pulau Bali dan di sebelah barat terletak Samudra Indonesia. Banyuwangi terletak di koordinat 70 45 ’15 ”S dan 113′ 38.2” E. Karena lokasinya, Banyuwangi memiliki pemandangan alam yang beragam, seni yang kaya, budaya, adat dan tradisi.

Keindahan alam tersebar di Banyuwangi dari barat ke timur. Gunung, hutan, dan pantai menandai lanskap kabupaten. Misalnya, Kawah Ijen di bagian barat Banyuwangi terkenal dengan danau kawahnya yang indah. Disana pengunjung juga bisa melihat penambang belerang tradisional yang luar biasa memanjat dan menuruni lereng Gunung dan perkebunan yang menutupi lereng Kawah. Taman Nasional Meru Betiri terkenal dengan harimau Jawa dan kura-kuranya. Lokasi-lokasi ini membentuk pusat kawasan Wisata yang Dikembangkan yang disebut Segitiga Berlian, yang menghubungkan satu Objek Wisata ke objek Wisata lainnya.

Kesimpulan:

Kota Banyuwangi merupakan salah satu kota yang saat ini memiliki jumlah wisatawan yang banyak. Banyaknya wisatawan yang berunjung karena di Banyuwangi memiliki banyak tempat wisata populer. Lokasi wisatanya juga sudah mudah diakses.

  1. Contoh Teks Deskripsi Tentang Wisata Kawah Ijen

Judul : Kawah Ijen

Identifikasi:

Kawah Ijen adalah salah satu kawah tercantik yang ada di Indonesia bahkan di dunia. Kawah ini memiliki banyak keunikan salah satunya kaldera yang besar dan blue fire. Saat mengunjungi Kawah Ijen pengunjung akan disajikan pemandangan kebun kopi disepanjang jalan.

Deskripsi:

Gunung berapi Ijen di Jawa Timur mengandung danau kawah vulkanik asam terbesar di dunia, yang disebut Kawah Ijen, terkenal dengan warna pirusnya. Kawah aktif berukuran 950×600 m dikenal dengan endapan belerang yang kaya yang sedang digali. Gunung berapi adalah salah satu dari beberapa stratovolcano aktif yang dibangun di atas kaldera Ijen selebar 20 km, kaldera terbesar di Jawa. Letusan dari Ijen sangat berbahaya karena risiko pengeringan danau untuk membentuk lahar bencana.

Kompleks gunung berapi Ijen di ujung timur Jawa terdiri dari sekelompok stratovolcano kecil yang dibangun di dalam kaldera Ijen (Kendeng) selebar 20 km. Dinding kaldera utara membentuk punggungan arkuata yang menonjol, tetapi di tempat lain tepi kaldera dimakamkan oleh gunung berapi pasca-kaldera, termasuk stratovolcano Gunung Merapi, yang membentuk titik tertinggi 2799 m dari kompleks Ijen. Tepat di sebelah barat Gunung Merapi adalah gunung berapi Kawah Ijen yang terkenal secara historis aktif yang mengandung danau kawah asam yang hampir 1 km selebar berwarna pirus.

Danau Kawah Ijen yang indah adalah danau sangat asam terbesar di dunia dan merupakan lokasi operasi penambangan belerang yang padat karya di mana keranjang yang sarat dengan sulfur diangkut dengan tangan dari lantai kawah. Perkebunan kopi meliputi sebagian besar lantai kaldera Ijen dan para wisatawan tertarik dengan air terjun, mata air panas, dan pemandangan vulkanik yang dramatis.

Kesimpulan:

Kawah ini merupakan salah satu andalan pemerintah Kabupaten Banyuwangi sebagai tempat wisata populer. Kawah Ijen adalah salah satu kawah yang memiliki kaldera yang besar. Kaldera yang besar menghasilkan banyak belerang dan menjadi sumber mata pencaharian penduduk setempat.

Teks deskripsi memiliki banyak sekali kegunaan seperti mendeskripsikan tempat, hewan, tumbuhan, benda, dan masih banyak lagi. Kegunaannya yang banyak inilah yang membuat banyak orang mencari informasi bagaimana menulis teks deskripsi yang baik dan benar. Teks deskripsi dibuat untuk membantu pembaca mengenal lebih jauh mengenai suatu hal.

Beberapa informasi penting mengenai teks deskripsi di atas bisa dijadikan acuan untuk menulis teks deskripsi. Sebelum menulis teks deskripsi pahami poin-poin penting di atas.


Baca juga:

Content Protection by DMCA.com