Bangun dari Hibernasi, HMGNC Rilis Album Teranyar

Tajuk album yang sama dengan nama band dipilih menandakan sebuah pembaruan, pergantian arah, dan kembalinya warna musik mereka seperti era awal berdiri

Oleh
HMGNC Dok. HMGNC

Menyentuh lima belas tahun berkarya mengarungi industri musik Indonesia, HMGNC enggan berhenti. Grup musik elektronik asal Kota Kembang ini baru saja meluncurkan album kelima dengan tajuk yang sama dengan nama band.

Album HMGNC telah dirilis secara digital di beberapa layanan musik daring pada Senin (2/10) lalu dan dikabarkan bakal dirilis dalam format CD pada 30 Oktober mendatang lewat label rekaman Demajors. Album ini menandakan kembalinya sang trio dari hiatus selama dua tahun. Mereka terakhir kali merilis album penuh pada 2010 lewat Let a Thousand Flowers Bloom dan kemudian menyusul album mini Let's Talk dua tahun kemudian.

Tajuk album yang sama dengan nama band dipilih guna menandakan sebuah pembaruan, pergantian arah, dan kembalinya warna musik mereka seperti era awal berdiri band saat masih bernama Homogenic.

Proses penggarapan album ini banyak dikerjakan di studio kamar dengan formasi Dina Dellyana dan Grahadea Kusuf pada synth/programming, sementara posisi vokal diisi Amandia Syachridar. Ruang rekaman yang minimalis tersebut justru diakui membuat eksplorasi musik mereka semakin liar. Eksplorasi tersebut ditunjukkan dengan porsi analog yang lebih banyak dibanding album-album sebelumnya.

Seluruh materi yang menghuni album HMGNC dirombak berulang kali agar maksud dan rasa yang diinginkan bisa sampai ke pendengar. Di samping itu, Dea juga bertanggung jawab untuk proses mixing, sementara tahap mastering dipercayakan kepada Stardelta Audio Mastering asal Inggris yang kerap kali mengerjakan rilisan musisi elektronik setempat.

Perjalanan HMGNC dalam mengarungi kancah musik dikisahkan lewat salah satu single "Buka Hati Kembali". Liriknya bercerita tentang sekian lama mereka melalui berbagai fase kehidupan sebagai sebuah band, sampai pada titik harus meninggalkan nama dan segala hal yang sudah tidak relevan dari masa Homogenic.

Sebelumnya, HMGNC telah lebih dulu merilis tiga single lain yang masing-masing berjudul "Today and Forever", "Memories That Last a Dream", dan "This to Shall Pass". (rn)

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. Movie Review: Posesif
  2. Sick Of It All: "Sepertinya Donald Trump Sengaja Ditempatkan untuk Melumpuhkan Negara"
  3. 5 Cerita Tentang Lagu-Lagu Efek Rumah Kaca
  4. SORE Merekam Ulang Lagu Grup Fariz RM dan Erwin Gutawa
  5. Bersenang-senang di Perhelatan Oktobeerfeast 2017

Add a Comment