Teks Laporan Observasi dan Contohnya

Posted on

Rollingstone.co.id – Jika kita membicarakan tentang teks laporan hasil observasi, sebenarnya hal itu hampir sama dengan teks deskripsi sebab informasi yang disampaikan sama-sama sesuai fakta. Akan tetapi keduanya mempunyai sifat yang berbeda. Di mana teks deskripsi memiliki sifat individual dan unik, adapun teks laporan hasil observasi memiliki sifat umum atau universal.

Nah, jika Anda sedang mencari informasi terkait bagaimana bentuk teks laporan hasil deskripsi, silahkan simak artikel ini hingga selesai. Di sini kita akan membahas tentang pengertian, struktur dan juga contoh-contoh terkait teks laporan hasil observasi. Berikut pembahasan nya untuk Anda:

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan hasil observasi merupakan laporan secara umum terkait hasil dari observasi atau pengamatan. Nama lain dari teks laporan observasi adalah teks klasifikasi sebab memang menyuguhkan klasifikasi terkait suatu jenis menurut kriteria tertentu.

Laporan ini menggambarkan bentuk, sifat secara umum, atau ciri dari satu jenis, misalnya manusia, hewan, benda, peristiwa atau lain sebagainya. Teks ini harus dihimpun dari sumber fakta dan tidak boleh menerka-nerka.

Adapun fungsi teks ini adalah untuk menjelaskan dasar penyusunan keputusan, pemecahan, keputusan, dan kebijaksanaan dalam sebuah pengamatan. Ini juga berfungsi untuk melaporkan tanggung jawab dari sebuah pengamatan dan tugas. Selain itu, laporan teks observasi bisa digunakan untuk sumber informasi yang dapat dipercaya.

Adapun terkait tujuan teks laporan observasi adalah untuk mengetahui perkembangan suatu permasalahan, mengatasi suatu persoalan, mencari teknik tertentu, mengambil keputusan, dan juga melakukan pengawasan.

Bentuk Struktur Laporan Hasil Observasi (LHO)

Bentuk Struktur Laporan Hasil Observasi (LHO)

Adapun teks LHO memiliki 2 bagian pokok struktur, pertama yaitu klasifikasi atau pernyataan umum dan kedua aspek atau bahasan yang dilaporkan. Nah, berikut ini penjelasannya:

· Klasifikasi atau Pernyataan Umum

Klasifikasi atau Pernyataan Umum

Klasifikasi atau pernyataan umum adalah struktur pertama dari teks laporan hasil observasi. Bagian awal ini melaporkan hasil dari penelitian atau hasil observasi yang dilakukan. Di sini harus dijelaskan secara umum informasi terkait obyek yang diamati sebelumnya.

Bukan hanya itu, pada bagian ini juga dibahas terkait klasifikasi atau pengelompokan dari suatu obyek persamaan dan atau perbedaannya. Sehingga dari hal itu dapat dibedakan antara satu hal dengan yang lain. Sederhananya bagian ini dapat kita artikan sebagai pengantar laporan terkait obyek yang telah diamati.

· Aspek Pembahasan Atau yang Dilaporkan

Aspek Pembahasan Atau yang Dilaporkan

Setelah klasifikasi, pada bagian selanjutnya adalah aspek yang dilaporkan atau pembahasan. Aspek yang dilaporkan menerangkan terkait rincian atau pembahasan dari objek yang diamati secara detail dan terperinci. Pada bagian ini bisa kita katakan sebagai inti laporan dari hasil observasi karena memang informasi yang dimuat berdasarkan fakta.

Ciri-Ciri Teks LHO

Ciri-Ciri Teks LHO

Teks laporan hasil observasi ini memiliki ciri-ciri, yaitu global, objektif, ditulis secara lengkap, dan objek yang dibahas harus tunggal. Selain itu teks ini juga ditulis dengan fakta yang sebenarnya, informasi harus berdasarkan penelitian terbaru, tidak mengandung dugaan dan saling berkaitan. Adapun maksud saling berkaitan adalah memiliki ikatan antara kelas dengan sub-kelas nya.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Untuk memudahkan dalam memahami bagaimana teks laporan hasil observasi, maka kami akan memberikan beberapa contoh teks yang bisa Anda pelajari. Contoh-contoh ini juga bisa digunakan sebagai referensi dalam penulisan. Langsung saja simak contoh-contohnya berikut ini:

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tema Hewan

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tema Hewan

Ada banyak hewan yang hidup di alam, akan tetapi beberapa diantara sudah terancam punah. Hal ini terjadi akibat dilakukannya penangkapan liar dan perburuan. Selain itu, salah satu faktor yang membuat beberapa hewan terancam punah adalah rusaknya hutan akibat penebangan liar dan pembukaan lahan perkebunan yang berlebihan. Beberapa hewan yang terancam punah antara lain adalah:


Beruang Madu

Salah satu beruang terkecil yang ada di dunia adalah beruang madu. Beruang madu mempunyai tinggi sekitar 70 cm, berat 50 hingga 65 kg dan tinggi berkisar 140 cm. adapun bulunya berkilau dan cenderung pendek. Seluruh tubuhnya tertutupi oleh bulu kecuali pada bagian telapak tangan saja. Hewan ini memiliki kekhasan berupa warna jingga yang ada di bahwa leher.

Beruang madu memiliki tenaga yang sangat kuat dan dapat lari dengan kecepatan 48 km/jam. Hewan ini tergolong hewan mamalia dan mereka biasa hidup di pepohonan. Selepas beranak, betina-betina beruang madu akan menyusui anak-anak mereka.

Hewan ini tergolong sebagai omnivora karena dapat memakan segalanya. Sesuai namanya mereka mengkonsumsi madu, tetapi mereka juga memakan buah dan tumbuh-tumbuhan yang berada di hutan. Bukan hanya itu, mereka juga memakan burung, binatang-binatang kecil, serangga dan lain sebagainya.

Beruang madu termasuk hewan yang mudah diserang walaupun sebenarnya mereka memiliki tenaga yang sangat kuat. Akibatnya mereka pun terancam punah, dan karena juga habitat mereka telah rusak sehingga membuat mereka sulit untuk bertahan hidup.


Komodo

Komodo adalah hewan melata terbesar yang tinggal di Indonesia dan sangat dilindungi keberadaannya oleh pemerintah. Komodo hidup di semak belukar dan ada di beberapa hutan di kawasan Indonesia. Hewan ini mempunyai berat sekitar 100 kg sehingga dianggap sebagai hewan melata ter-berat yang ada di negara kita.

Komodo terbesar yang pernah ditemui di Indonesia sempat diukur memiliki panjang hingga 3 meter serta beratnya mencapai 166 kg. akan tetapi hewan ini pada umum nya memiliki panjang sekitar 2,5 meter dan berat 91 kg. memang pada jenis komodo lain memiliki berat dan tinggi yang lebih dari rata-rata.

Warna kulit komodo ini adalah abu-abu, memiliki kulit yang bersisik, moncong nya berbentuk lancip, serta ekornya yang berotot. Komodo mengandalkan penciuman untuk mencari makanan. Hewan ini memiliki kemampuan penciuman yang sangat tajam sehingga dapat mengetahui bangkai binatang dari jarak jauh.

Komodo juga dapat memakan binatang melata lain yang memiliki ukuran tubuh yang lebih besar darinya. Salah satu keunikan dari hewan ini juga adalah ketika komodo memakan mangsanya, dimana gusi nya akan berdarah. Itu terjadi karena memang sebagai media agar bakteri dapat berkembang di mulutnya.

Didalam mulut komodo terdapat bakteri yang bisa mengakibatkan darah hewan yang digigit akan mengalami keracunan. Komodo akan menggigit mangsanya hingga mangsanya tersebut lemas dan tidak dapat melawan. Sebelum mangsanya lemas, komodo akan terus mengikuti hingga dia bisa mendapatkannya.

Namun sayang, populasi dari hewan ini sudah sangat sedikit dan terancam punah. Hal ini tentunya akibat dari ulah manusia itu sendiri. Banyak orang yang berburu dan merusak lingkungan yang dihuni oleh komodo.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Tumbuhan Langka

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Tumbuhan Langka

Di Indonesia terdapat banyak jenis flora atau tumbuhan yang hidup dan tergolong langka. Hal itu karena memang Indonesia memiliki iklim yang tropis serta tanahnya yang sangat subur. Dengan kekayaan alam demikian, tidak heran jika tanah Indonesia ditumbuhi oleh berbagai jenis tumbuhan langka, seperti:


Pohon Cendana

Pohon cendana memiliki manfaat yang sangat banyak diantaranya dapat digunakan sebagai be-batuan terapi, rempah-rempah, sebagai bahan baku pembuatan dupa dan lain sebagainya. Akan tetapi banyak orang yang tidak bertanggungjawab mengeksploitasi pohon ini hingga keberadaannya menjadi langka. Selain itu, ternyata membudidayakan pohon ini pun tidak mudah, sehingga kita harus benar-benar menjaga keberadaannya.


Pohon Ulin

Salah satu tumbuhan akademik yang berasal dari Pulau Kalimantan adalah pohon ulin yang juga sering disebut dengan nama kayu besi. Pohon ini memiliki kekuatan yang sangat sehingga dapat dijadikan sebagai konstruksi bangunan. Akan tetapi akibat dari eksploitasi yang berlebihan dan penebangan liar maka sekarang pohon ini hampir mengalami kepunahan.


Anggrek Tebu

Salah satu tanaman yang termasuk dari bunga anggrek adalah anggrek tebu yang memiliki panjang hingga 3 meter dan juga berat lebih dari 1 ton. Tanaman ini biasa disebut dengan anggrek raksasa karena memang ukurannya yang sangat besar. bunga ini sangat sulit untuk di-budidaya kan sehingga keberadaannya sangat sedikit di alam liar dan menjadi tanaman yang langka.


Tumbuhan Damar

Tumbuhan damar yang terdapat di Indonesia ini merupakan tumbuhan langka. Sekarang tumbuhan ini semakin sulit untuk ditemukan keran memang telah didayagunakan secara berlebihan. tumbuhan ini bisa tumbuh hingga 60 meter dan dapat dimanfaatkan oleh manusia, yaitu pada getahnya dapat dijadikan kaca, cairan pelapis kertas dan juga vernis.


Kantong Semar

Selanjutnya tumbuhan yang termasuk langka adalah kantong semar, dimana tumbuhan ini tergolong sebagai karnivora. Fakta ini didapat dari hasil observasi dimana kantong semar akan memakan serangga yang memiliki ukuran kecil seperti semut, lalat, atau pun lebah. Kantong semar akan membuka kantung mulutnya selebar mungkin untuk dapat menangkap serangga.

Kantong semar memiliki cairan yang terdapat di kantung nya dan berfungsi untuk menarik perhatian serangga kecil. Kantong semar akan menutup mulutnya ketika ada serangga kecil yang masuk. Nah sekarang ini, agar kantong semar tidak mengalami kepunahan maka tumbuhan ini terus dikembangkan di beberapa tempat di Indonesia.


Bunga Bangkai

Bunga bangkai atau nama lainnya raflesia arnoldi adalah jenis bunga langka yang memiliki aroma yang tidak sedap serta memiliki ukuran yang sangat besar. Aroma tidak tersebut sebenarnya berfungsi untuk menarik perhatian hewan lain untuk membantu proses penyerbukan.

Bunga ini pada awalnya tumbuh dan berkembang di kawasan sumatera, akan tetapi bunga ini mengalami kepunahan sehingga harus dipindahkan ke Bandung. Menurut penelitian, ketika bunga ini mekar maka bagian kelopaknya akan berwarna putih. Adapun mahkotanya bunga ini memiliki warna merah keunguan.


Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tema Global Warming

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tema Global Warming

Setiap tahunnya bumi mengalami peningkatan suhu, hal ini dinamakan dengan global warming atau pemanasan global. Pemanasan ini adalah akibat dari gas buang karbon dimana banyak dihasilkan oleh pabrik-pabrik yang terus meningkat jumlahnya. Selain itu, kondisi ini juga disebabkan oleh efek gas rumah kaca dimana dapat menghasilkan gas CO2, CO dan gas metan.

Gas yang timbul tersebut mengakibatkan greenhouse effect sehingga hal ini menjadikan sinar uv tertahan dari dalam atmosfir bumi. Selanjutnya suhu rata-rata di bumi pun akan meningkat dan terjadilah pemanasan global. Efek ini jika berlangsung dengan waktu yang panjang maka akan membuat es di kutub selatan dan utara mencair dan membuat air laut meningkat.

Pemanasan global juga dapat disebabkan oleh penguraian ozon (O3) yang berubah menjadi oksigen (O2) dan juga unsur O. akibat dari hal itu maka ozon tidak dapat menjadi pengkal sinar UV yang masuk sehingga dapat langsung menembus ke permukaan bumi. Sedangkan penyebab utama dari pemanasan global adalah dari perbuatan manusia itu sendiri.


Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Pupuk Kandang

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Pupuk Kandang

Jika membicarakan tentang pupuk, maka pupuk yang paling mudah untuk diperoleh adalah pupuk kandang. Pupuk jenis ini sangat mudah sekali ditemukan, pasalnya pupuk kandang bisa berasal dari kotoran sapi, ayam, kelinci, sapi dan lain sebagainya. Pupuk kandang memiliki kelebihan tersendiri, dimana pupuk ini selain murah, juga lebih bagus dibanding pupuk berbahan kimia.

Pupuk ini berkhasiat untuk membantu tanaman tumbuh dan membuatnya subur. Dari ciri fisik tumbuhan yang diberi pupuk kandang terlihat lebih banyak memiliki bunga dan daun. Tanaman juga akan tampak lebih sehat dan kuat, sedangkan tanaman yang menggunakan pupuk kimia bunga dan daun nya lebih sedikit.

Dengan menggunakan pupuk kandang maka unsur hara di dalam tanah akan tetap terjaga dan seimbang. karena itu tanaman akan mendapatkan nutrisi yang baik dan sesuai kebutuhan. Beda halnya dengan pupuk kimia yang dapat merusak keseimbangan zat hara di dalam tanah.


Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tema Perkembangan Anak

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tema Perkembangan Anak

Latar Belakang

Manusia mengalami proses perkembangan sejak usia kanak-kanak, bahkan sejak masa bayi. Proses perkembangan tersebut dimulai sejak bayi, perkembangan pada awal masa anak-anak, kemudian pada masa akhir dari usia anak-anak, remaja, dewasa, hingga perkembangan usia lanjut.

Sebenarnya perkembangan otak anak saat lahir sudah mencapai 50 % serta kemampuan itu akan terus meningkat hingga sang anak berusia 5 tahun. Perkembangan otak anak tergantung dengan kesehatan jasmani dan rohani serta asupan gigi yang dimakan. Semakin bagus kesehatan dan gizi nya, maka perkembangannya akan membaik pula.

Dari waktu ke waktu sang anak nantinya akan mengalami perkembangan rohani. Contohnya ketika masa bayi, sang anak hanya akan menangis atau menggerakkan tangan ketika menginginkan sesuai. Perkembangan itu akan terus berproses hingga sang anak dapat berdiri, berjalan dan berlari.

Tujuan Observasi

Observasi ini yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan anak secara fisik dan psikis. Observasi ini juga bertujuan untuk memenuhi tugas dan kewajiban psikologi terkait dengan perkembangan anak.

Aspek Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak

Dalam perkembangan anak hingga menjadi karakter pribadi sudah tentu ada pengaruh aspek sosial emosi. Sosial emosi tersebut mencakup aspek gembira, takut, marah, cemburu, sedih, iri hati, bersalah, malu, bangga dan lain sebagainya. Itulah mengapa aspek sosial emosi terhadap anak harus dikendalikan.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tema Usaha Kecil Menengah

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tema Usaha Kecil Menengah

Latar Belakang Masalah

Perekonomian di tengah masyarakat sekarang ini terus tumbuh, salah satunya adalah usaha kecil menengah. Usaha jenis ini sekarang terus berlomba mencari pasar nya masing-masing. Karena itulah setiap pemilik usaha harus terus melakukan berbagai strategi agar usahanya tidak gulung tikar.

Dengan adanya usaha kecil menengah ini, tentu dapat mengurangi angka pengangguran yang ada di Indonesia. Salah satu bisnis kecil yang mudah dijalankan adalah usaha kuliner karena memang bisnis di bidang ini memiliki pasar yang sangat besar. terlebih ketika jenis kuliner yang dijual berbeda dengan yang lain, sudah tentu akan menarik perhatian masyarakat.

Dari sekian banyak jenis usaha makanan, maka yang tepat untuk kita per hitungkan adalah makanan siap saji. Makanan siap saji juga sangat beragam, salah satu contohnya adalah nasi goreng.

Deskripsi Hasil Observasi:

  • Jenis Usaha: Makanan atau kuliner
  • Wirausaha: Bojo Andriawan
  • Nama Produk: Nasi Goreng Bapak Bojo
  • Tempat Usaha: Bandung
  • Kegiatan: Membuat dan menghidangkan nasi goreng yang berbeda dengan yang lainnya. nasi goreng di-kombinasi kan dengan toping, seperti daging kambing, goreng ayam, ikan asin, sosis dan juga telur spesial. Porsi nya lebih banyak dan memiliki cita rasa yang khas, sehingga usaha milik bapak Bojo ini cukup laris dan diminati oleh orang.

Usaha milik bapak Bojo ini dibuka sejak pukul 17.00 hingga pukul 00.00. Akan tetapi, jika nasi sudah habis sebelum jam tersebut, warung akan ditutup lebih awal.

Informasi Keuangan:

Nasi goreng bapak Bojo ini dihargai untuk satu porsi adalah Rp. 13.000 hingga Rp. 16.000, tergantung dengan pilihan pembeli. Dari penjualan setiap hari bapak Bojo biasanya mendapatkan keuntungan kotornya sekitar Rp. 550.000. Adapun keuntungan bersih yang bisa didapatkan oleh bapak Bojo adalah sekitar Rp. 200.000

Kesimpulan

Sebenarnya cukup mudah untuk memulai bisnis kuliner khususnya nasi goreng. Tidak perlu modal yang besar, mulai dengan niat dan usaha yang sungguh-sungguh. Hal yang harus diperhatikan dalam usaha nasi goreng adalah terkait cita rasa yang harus benar-benar sesuai dengan lidah pembeli dan konsisten.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tema Alam Semesta

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tema Alam Semesta

Di dalam tata surya, bulan adalah setelit terbesar ke lima dan menjadi satu-satunya setelit alami yang mengelilingi bumi. Di. Karena bulan selalu mengelilingi bumi maka bulan tidak selalu berada di belahan bumi yang sama. Itulah mengapa kita biasa melihat bulan ketika malam hari dan ketika di waktu berikutnya bulan akan berpindah ke belahan bumi lainnya.

Bulan sendiri memiliki ukuran 3.474 km, dan untuk jarak bulan ke bumi terbilang sangat jauh, yaitu sekitar sepanjang tiga puluh diameter bumi atau tepatnya 384.405 km. bulan juga akan mengelilingi bumi setiap 27,4 hari

Bumi memiliki gravitasi yang cukup kuat untuk menahan bulan tetap mengitari sepanjang tahun. Akan tetapi walaupun bumi memiliki gravitasi yang kuat, bulan tidak sampai jatuh ke bumi karena adanya gaya sentrifugalnya. Gaya sentrifugal yang dimiliki bulan sedikit lebih besar dari pada gaya gravitasi antara bumi terhadap bulan.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tema Sampah dan Kebersihan Lingkungan

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tema Sampah dan Kebersihan Lingkungan

Sampah adalah sisa bahan yang digunakan manusia, terbuang atau memang sengaja dibuang tetapi belum memiliki nilai ekonomi. Pengertian lain dari sampah adalah sisa material yang telah berakhir proses pemanfaatannya. Sampah bisa dihasilkan oleh manusia, alam, industri, pertambangan atau bahkan nuklir.

Sampah dapat kita kelompok kan menjadi dua jenis, yaitu sampah non organik dan sampah organik. Sampah non organik adalah sampah yang tidak dapat membusuk dan terurai, contohnya seperti kayu dan plastik. Adapun sampah organik adalah sampah yang dapat membusuk dan terurai  seperti sayuran, dedaunan, sisa makanan dan lain sebagainya.

Sampah non organik dapat dimanfaatkan kembali yaitu di-daur ulang menjadi produk baru yang memiliki nilai ekonomis. Adapun sampah organik juga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk kompos yang diperuntukkan untuk tumbuhan dan tanaman.

Banyak orang yang tidak menyadari dari bahaya yang ditimbulkan sampah yang terlalu banyak. Mereka mengabaikan terhadap pencemaran lingkungan sehingga kualitas hidup manusia pun terus menurun akibat buruknya lingkungan. Bukan hanya itu, banyak juga orang membuang sampah dengan cara dibakar, padahal hal tersebut bukan tindakan yang tepat.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Kenyamanan Lingkungan

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Kenyamanan Lingkungan

Salah satu contoh sekolah yang memiliki kondisi lingkungan yang sehat adalah SMP Padamulya Bandung tepatnya berada di Jalan Macan No. 25, Bandung. Hal ini karena memang di sekolah ini terdapat 2 jenis lingkungan. Lingkungan tersebut adalah lingkungan benda mati atau yang biasa disebut abiotik dan lingkungan hidup atau yang biasa disebut lingkungan biotik.

Di sekolah ini terdapat beberapa pohon besar yang dirawat serta tanaman hias. Pohon besar tersebut dapat menaungi sekolah dari terik matahari saat siang panas sehingga sekolah  terasa sejuk dan nyaman. Adapun lingkungan mati terdiri dari gedung, properti sekolah peralatan dan lain sebagainya.

Lingkungan hidup di sekolah ini sudah terlihat sejak masuk ke halaman depan sekolah. Disana ada banyak tanaman hias yang enak dipandang karena keindahannya. Tanaman tersebut diletakkan di berbagai tempat di sekolah, seperti di depan kelas, di ruang kepala seolah, ruang guru dan lain sebagainya.

Tanaman yang ada di sini sangat beragam, mulai dari bunga mawar, bunga lili, bunga kembang sepatu, anggrek, bunga asoka dan lain sebagainya. Tanaman yang telah tumbuh juga sangat dirawat dengan baik agar tidak mati. Letak tanaman pun disusun sangat rapi sehingga indah untuk dipandang.

Adapun pohon besar yang berada di kawasan ini terdiri dari berbagai jenis, seperti pohon mangga, pohon bambu jepang, pohon cemara, pohon jeruk dan lain sebagainya. Di belakang sekolah juga terdapat pohon yang dapat dipanen, seperti jagung dan singkong. Artinya mereka memang memanfaatkan lingkungan sebaik mungkin.

Adapun hasil dari perkebunan dapat dikonsumsi oleh guru dan siswa disana, dan juga dapat dijadikan untuk keperluan penelitian biologi.

Adapun lingkungan benda mati di sekolah ini terdiri dari ruang kelas, ruang guru, ruang aula, perpustakaan, kantin dan lain sebagainya. Peralatan yang ada di sini juga terdiri dari berbagai macam, seperti layar LCD, globe, alat-alat belajar, alat pendukung keperluan biologi dan lain sebagainya. Disana juga terdapat peralatan olah raga seperti bola voli, bola sepak, bola basket dan lain sebagainya.

Di belakang sekolah juga terdapat lapangan yang bisa digunakan untuk para siswa bermain sepak bola, voli dan dapat digunakan untuk lapangan upacara dan lain sebagainya. Demikianlah laporan terkait hasil observasi terhadap lingkungan di SMP Padamulya Bandung.

Penutup

Demikianlah contoh laporan hasil observasi yang diharapkan dapat memberikan gambaran kepada Anda terkait penulisan LHO yang benar. Sebenarnya dalam penulisan LHO tidak terlalu sulit, yang terpenting Anda mengerti struktur dan materi dari observasi yang Anda lakukan. Silahkan pelajari struktur penulisan diatas dan bisa Anda terapkan langsung dalam penulisan laporan hasil.

Terimakasih telah membaca pembahasan ini, semoga dapat membantu Anda yang sedang mencari informasi terkait LHO. Agar lebih bermanfaat, silahkan share artikel ini kepada keluarga dan teman Anda.


Baca juga:

Content Protection by DMCA.com