LCD Soundsystem: "David Bowie Meyakinkan Kami untuk Reuni"

James Murphy mengenang nasihat mendiang musisi tersebut untuk menghadapi ketidaknyamanan

Oleh
James Murphy Matt Biddulph

Otak dari LCD Soundsystem, James Murphy, mengatakan bahwa David Bowie meyakinkannya untuk membentuk kembali bandnya yang bubar pada 2011. Murphy juga berbicara tentang kontribusinya dalam album terakhir Bowie, Blackstar, dalam sebuah wawancara radio dengan Lauren Laverne di BBC 6 Music.

"Saya menghabiskan banyak waktu yang menyenangkan dengan David Bowie, dan saya berbicara soal kembali bermusik dan membentuk kembali band," ingat Murphy. "Dia bilang, 'Apakah itu membuatmu tidak nyaman?' Sata menjawab, 'Iya,' dan dia bilang, 'Bagus, memang harus begitu. Anda harus merasa tidak nyaman.'

Dan hal pertama yang ada di pikiran saya adalah, 'Apa? Tahu apa Anda soal ketidaknyamanan.' Karena saya membayangkan jika menjadi David Bowie, saya bisa masuk ke sebuah ruangan dan menantang semua orang, 'Saya David Bowie!' Dan tidak akan ada yang berani mengatakan apa-apa--kecuali mungkin jika ada Lou Reed di sana... Namun tentu saja Bowie tidak pernah seperti itu di sepanjang hidupnya. Dia selalu membuat dirinya tidak nyaman. Itu adalah sebuah perasaan hebat di mana Anda tidak tahu siapa diri Anda bagi orang lain."

LCD Soundsystem mengumumkan bubar pada 2011 setelah tur panjang untuk album This is Happening rilisan tahun 2010. Setelah pembubaran bandnya, Murphy fokus pada bermacam pekerjaan antara lain soundtrack film, memproduseri Arcade Fire, dan membuat beberapa remix (termasuk untuk Bowie). Ia berkontribusi main perkusi untuk dua lagu dalam album Blackstar milik Bowie--"Sue (Or in Season of Crime)" serta "Girl Loves Me"--dan hampir memproduseri album tersebut bersama Bowie dan Tony Visconti. Namun Visconti mengatakan kepada Rolling Stone bahwa Murphy meninggalkan sesi pengerjaan album tersebut untuk fokus kepada proyek pribadinya.

Beberapa waktu lalu, Murphy mengaku kepada Annie Mac dari BBC bahwa sentimen mengalahkannya. "Saya kewalahan," katanya. "Butuh orang yang berbeda dari saya untuk bisa masuk ke sana dan bilang, 'Saya layak berada di sini dan merasa harus masuk ke dalam hubungan ini karena kalian tidak akan bisa membuat album tanpa saya.'"

LCD Soundsystem mengumumkan reuni pada Januari 2016, berdekatan dengan perilisan Blackstar milik Bowie (musisi tersebut meninggal hanya beberapa hari kemudian). Setelah menghabiskan banyak waktu tahun lalu menjalankan tur, LCD Soundsystem sedang mempersiapkan album baru, American Dream, yang akan rilis 1 Sepetember. (aby/rn)

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. Maliq & D’Essentials, The Sigit, Stars and Rabbit Siap Ramaikan Pizza e Birra Oktobeerfeast, Jakarta
  2. Seni Musik Keras di Rock In Borneo 2017
  3. Film 'Turah' Dipilih untuk Mewakili Indonesia pada Oscars 2018
  4. Konferensi Musik Indonesia, Archipelago Festival, Siap Diselenggarakan Oktober Mendatang
  5. 10 Kolaborasi Seru yang Terjadi di Soundrenaline 2017

Add a Comment