Biopik Morrissey ‘England is Mine’ Akan Tayang Perdana di Skotlandia

Film Mark Gill ini akan memfokuskan diri pada Morrissey di era pra-The Smiths

Oleh
Morrissey saat tampil di Jakarta pada Oktober tahun lalu. kiosplay

Biopik tidak resmi Morrissey, England Is Mine, akan tayang perdana sebagai penutup Edinburgh International Film Festival ke-71 pada 2 Juli mendatang. Pembuat film Mark Gill merupakan sutradara film tersebut, dengan aktor Jack Lowden bermain sebagai Steven Patrick Morrissey muda.

England is Mine menceritakan masa remaja Morrissey di Manchester, bekerja di kantor pajak dan mengeksplorasi kancah seni bawah tanah kota tersebut. Film ini juga membicarakan pertemanan Morrissey dengan seniman Linder Sterling (diperankan Jessica Brown) dan pertemuan dengan pendiri sekaligus gitaris The Smiths, Johnny Marr.

"Morrissey jelas merupakan salah satu seniman Britania Raya paling ikonis, dan kami sangat terhormat bisa mengeksplorasi kisah hidupnya yang luar biasa pada malam penutupan dengan pemutaran perdana England Is Mine," ujar EIFF Artistic Director, Mark Adams.

England Is Mine merupakan film panjang pertama dari Gill. Pada 2014, ia dinominasikan di Oscar untuk film pendeknya The Voorman Problem. Sementara itu, Lowden membintangi adaptasi BBC dari novel War and Peace karya Leo Tolstoy pada 2016 dan akan tampil bersama Tom Hardy, Harry Styles dan lainnya di film Christopher Nolan yang akan datang Dunkirk, yang akan dirilis pada 21 Juli mendatang.

Sementara itu Morrissey telah menyelesaikan tur singkat di Amerika Utara pada April lalu. Album terakhirnya, World Peace Is None of Your Business rilis pada 2014. (im/wnz)

Editor's Pick

Add a Comment