Heals Resmi Meluncurkan Album Perdana, 'Spectrum'

Menjalani tur konser Jawa-Bali demi memperkenalkan album tersebut

Oleh
Heals Dok. Heals

Grup musik asal Bandung berelemen shoegaze, Heals, baru-baru ini telah meluncurkan album perdana bertajuk Spectrum. Album yang dirilis lewat label rekaman berdikari FFWD Records ini sudah dapat dibeli format fisiknya ataupun didengar lewat layanan musik digital seperti Spotify hingga iTunes.

Heals pertama kali memperkenalkan musik mereka lewat single "Void" yang rilis dua tahun silam. Selanjutnya mereka melepas beberapa lagu secara eceran, antara lain "Wave", "Myselves", dan "False Alarm".

Beranggotakan Alyuadi Febryansyah (vokal/gitar), Reza Arinal (vokal/gitar), Muhammad Ramdhan (gitar), Octavia Variana (vokal/bas), dan Adi Reza (drum), Heals menggunakan formula musik yang terdiri dari "distorsi berlapis serta vokal melodius dan mengawang". Mereka mengaku terinspirasi oleh My Bloody Valentine, My Vitriol, dan Cocteau Twins.

Proses pengerjaan Spectrum memakan waktu yang cukup panjang. "Ketika menyusun materi, lima personel Heals menghabiskan beberapa malam di sebuah rumah sewaan agar dapat fokus berkumpul dan bertukar ide. Beberapa materi baru lahir dari kegiatan tersebut, meskipun ada pula lagu yang diciptakan secara mendadak ketika proses rekaman berlangsung," ungkap FFWD Records seperti dikutip dari siaran pers.

Mereka melanjutkan, "Sepuluh lagu di dalam Spectrum secara garis besar menceritakan tentang gabungan fantasi kehidupan manusia dan perspektif masing-masing personel Heals. Penyatuan referensi yang beragam itu dianalogikan sebagai sebuah 'prisma'. Perlu diingat bahwa kelimanya telah berkawan sejak lama dan pernah mengalami fase memainkan musik ekstrem bersama. Sehingga meski mengangkat kisah yang berbeda-beda, semuanya memiliki karakteristik yang serupa. Spectrum adalah album yang padat dengan emosi serta uraian kegelisahan personal."

Salah satu single dari album Spectrum berjudul "False Alarm" sudah mempunyai video musik yang bisa disaksikan lewat saluran YouTube milik FFWD Records.

Sepanjang pertengahan April hingga awal Mei, Heals akan menjalankan tur konser Spectrum untuk kawasan Jawa-Bali demi memperkenalkan album perdana mereka. Setelah menyambangi Yogyakarta, Semarang, dan Cirebon, mereka akan tampil di Solo (27/4), Surabaya (28/4), Malang (29/4), dan Bali (1/5). (rn)

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. Grass Rock, Steven Jam, SATCF Siap Ramaikan RadioShow di Kota Malang
  2. 24 Kota Merayakan Record Store Day 2017 di Indonesia
  3. Alvin Eka Putra: Bermusik dengan Sikap Mental Positif
  4. Kelompok Penerbang Roket dan Mooner Dijadwalkan Tampil di Australia
  5. Unit Post-Punk Pendatang Baru Ibu Kota, Pelteras, Rilis Dua Lagu dalam Format Kaset

Add a Comment