Saksikan Rihanna Menerima Penghargaan dari Universitas Harvard

Bintang pop ini menyampaikan pidato pedas sekaligus lucu saat perayaan untuk menghargai kerja sosial yang dilakukannya

Oleh

Rihanna menerima penghargaan Humanitarian of the Year tahun 2017 dari Universitas Harvard dengan memberikan pidato yang menggugah namun lucu di kampus Sanders Theater, Selasa kemarin.

Bintang pop tersebut memulai pidatonya dengan memutarkan poni belakangnya dan mengucapkan, "Akhirnya saya diakui Harvard." Sebelum memulai diskusi mengenai asal-usul semangat kemanusiaannya. Rihanna mengingat iklan yang pernah dilihatnya semasa kecil yang meminta orang-orang untuk menyumbangkan 25 sen untuk membantu anak-anak yang membutuhkan. "Saya mengatakan kepada diri saya sendiri, "ketika saya tumbuh besar nanti dan saya bisa menjadi orang kaya, saya akan menyelamatkan anak-anak di seluruh dunia," ujar Rihanna. "Saya hanya tidak menyangka bahwa saya akan berada dalam posisi tersebut justru saat saya masih remaja."

Selama berpidato, Rihanna sempat mendedikasikannya pada beberapa orang yang menginspirasi berbagai gerakan yang ia lakukan, termasuk seorang anak perempuan yang meninggal dunia karena leukemia di usia enam tahun dan nenek Rihanna sendiri yang berjuang melawan kanker menjadi inspirasinya mendirikan Clara Lionel Foundation.

"Yang perlu Anda lakukan adalah membantu satu orang, tanpa mengharapkan imbalan apa pun," pungkas Rihanna. "Buat saya, itu adalah kemanusiaan. Orang-orang membuatnya tampak sulit. Sesungguhnya –apa yang gadis kecil saat itu tidak tahu setelah menonton iklan-iklan tersebut– bahwa Anda tidak harus menjadi kaya demi kemanusiaan, untuk menolong sesama. Anda tidak perlu menjadi terkenal. Anda tidak perlu lulus perguruan tinggi."

Saat penutupan, Rihanna mengajak orang-orang untuk berkomitmen menolong satu orang, satu penyebab, dalam keadaan apa pun. Kemudian dia mengakhiri pidatonya dengan saran neneknya. "Jika kamu punya satu dolar, ada banyak yang bisa dibagi."

Rihanna mendapat penghargaan Humanitarian of the Year dari Universitas Harvard sebagai pengakuan atas usahanya meningkatkan kualitas pengobatan kanker di negara asalnya Barbados dan untuk menyiapkan beasiswa perguruan tinggi untuk membawa para pelajar Karibia untuk belajar di Amerika Serikat. (rb/wnz)

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. 10 Film Indonesia Terbaik 2016
  2. Hammersonic Festival 2017
  3. Ini Band-band Thrash Metal Favorit James Hetfield Di Luar 'Big Four'
  4. Endank Soekamti Rekaman Album Kedelapan di Atas Perairan Papua Barat
  5. Rich Chigga, GTA, dan Anna Melengkapi Jajaran Penampil Ultra Singapura 2017

Add a Comment