The Changcuters Luncurkan Album Kelima, 'Binauralis'

Sekuel dari 'Visualis' dan merupakan bagian kedua dari rangkaian album yang dirancang menjadi trilogi

Oleh
The Changcuters pada momen peluncuran 'Binauralis', Rabu (1/3) lalu. Indra Suhyar

The Changcuters selaku kuintet rock & roll asal Kota Kembang telah merilis album kelima mereka dengan tajuk Binauralis pada Rabu (1/3) lalu di gerai Texas Chicken cabang Cikini, Jakarta Pusat. Album ini diakui sebagai sekuel Visualis (2013), dan merupakan bagian kedua dari rangkaian album yang dirancang menjadi trilogi.

Para personel band--Tria, Qibil, Alda, Dipa, dan Erick--menyatakan kalau Binauralis adalah sebuah interpretasi terhadap suara. Dongeng audio terdiri dari tiga belas lagu yang bersahutan dari awal sampai akhir, mengumandangkan cerita tentang suara, tentang mendengarkan tanpa sajian visual.

"Kami merasa sekarang teknologi informasi itu cepat sekali, tetapi jadi banyak informasi yang kami miss karena sudah jarang mendengarkan. Sekarang lebih banyak membaca (dalam percakapan)," ujar Tria pada konferensi pers peluncuran Binauralis.

Lebih lanjut, ia juga menyatakan kalau makna mendengarkan pada Binauralis tak hanya sekadar mendengar secara audio maupun sound tetapi juga menyimak secara keseluruhan. Apalagi diakui juga kalau pada album ini para personel menyimpan berbagai simbol suara melalui permainan masing-masing instrumen dan vokal dalam setiap lagu.

Untuk menghadirkan hal-hal tersebut, Tria menginformasikan kalau pengerjaan album ini didahului dengan perencanaan yang sangat matang dan tertata. Oleh karena itulah Binauralis memiliki rentang waktu tiga tahun dengan album sebelumnya. "Kami memang bongkar pasang. Dari segi lirik, dari segi aransemen pun kami mencoba keluar dari zona nyaman," jelas Tria.

Cakram padat dari Binauralis sudah bisa didapatkan di gerai restoran siap saji Texas Chicken yang tersebar di seluruh Indonesia. Sebelumnya, album ini sudah lebih dulu tersedia lewat layanan streaming musik pada akhir 2016 lalu. (rn)

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. Superman is Dead Tolak Permintaan Presiden Jokowi untuk Memakai Lagu Mereka
  2. Shaggydog, FSTVLST, Jalu TP Siap Tampil di RadioShow Yogyakarta
  3. Komentar Jujur Efek Rumah Kaca tentang Kepemimpinan Presiden Jokowi
  4. SORE Merekam Ulang Lagu Grup Fariz RM dan Erwin Gutawa
  5. Kenang Musik Era '90-an, Sajama Cut Meluncurkan ‘Subscription Series’

Add a Comment