Amazon Akan Menayangkan Film Dokumenter Grateful Dead

Enam bagian ‘Long Strange Trip’ akan ditayangkan perdana di Sundance sebelum disebarkan Amazon Prime Mei mendatang.

Oleh
Grateful Dead. Warner Bros. Records

Dua setengah tahun setelah Martin Scorsese pertama kali mengumumkan, ia memulai produksi film dokumenter Grateful Dead, Long Strange Trip yang akan ditayangkan via Amazon Prime Video pada Mei mendatang.

Sebelum enam bagian film dokumenter dirilis Amazon, film yang disutradarai Amir Bar-Lev ini akan ditayangkan perdana di Sundance Film Festival 2017 yang akan dihadiri para penggawa Grateful Dead, Mickey Hart, Bill Kreutzmann, dan Bob Weir, serta anak perempuan Jerry Garcia, Trixie.

"Aku selalu mengagumi semangat dan kreativitas dari Grateful Dead," ujar Scorsese dalam pernyataannya sehubungan kerjasama dengan Amazon. "Mereka adalah musisi evolusioner yang mengubah dunia tur dan rekaman musik langsung selamanya. Mereka adalah penggebrak budaya –sebuah gaya hidup, yang melanjutkan untuk menginspirasi generasi baru penggemarnya. Film ini akan menghibur dan mengedukasi penonton tentang salah satu band paling inovatif dan berpengaruh di abad ke-20."

Saat proyek film ini diumumkan kembali pada Oktober 2014 lalu - film dokumenter ini awalnya bertujuan merayakan ulang tahun Grateful Dead ke-50 – sineas menjanjikan akan menampilkan video-video arsip langka saat masa jaya Grateful Dead, penampilan langsung, dan wawancara terbaru dengan anggota band dan "Karakter lain dan kejahilan-kejahilan dari lingkungan sekitar Grateful Dead."

Long Strange Trip juga akan menampilkan performa langsung Grateful Dead paling memukau dengan momen di belakang panggung.

"Aku pertama kali terlibat film dokumenter Grateful Dead ini pada 2003," ujar Bar-Lev yang sebelumnya menggarap film dokumenter Happy Valley dan The Pat Tillman Story, dalam pernyataannya. "Sejak itu, semua orang berdatangan ke sini untuk membantu proyek ini dengan semangat pemberontakan luar biasa dalam bekerja sama dan kecerdikan yang berlimpah dalam menggarap film ini…. Aku tidak sabar melihat berapa banyak orang [Amazon] yang bisa terjangkit semangat anti-kemapanan menyenangkan dari Grateful Dead."

Weir menambahkan, "Selama beberapa dekade, sekelompok pemuda grup ini bersama-sama membuat musik dalam grup yang kompak dan berakhir lebih lama dari kebanyakan pernikahan. Inilah filmnya…" (rb/wnz)

Editor's Pick

Add a Comment