OK. Video Mengajak Para Kreator Video Musik Mengirimkan Karya

Festival video yang akan digelar dua tahun sekali

Oleh
OK Video

Inisiatif seni OK. Video bersiap mempersembahkan festival video musik Asia yang akan diselenggarakan setiap dua tahun sekali dengan nama MuVi Party (Music Video Party). Festival ini akan menjadi salah satu kanal untuk melihat perkembangan terbaru karya-karya video musik di Indonesia, Asia Tenggara, dan kawasan Asia, serta untuk memberikan apresiasi khusus bagi para seniman video yang telah menciptakan karya-karya video musik secara kreatif, inovatif dan menginspirasi.

Untuk penyelenggaraan pertamanya, MuVi Party 2016 mengundang para kreator dari kawasan Asia untuk terlibat dalam program Kompetisi dengan mengirimkan karya video musik dan atau karya video eksperimentasi gambar-bunyi dengan berbagai kemungkinan pendekatan artistik dan presentasi. Karya-karya yang diterima merupakan produksi 2010-2016. Karya-karya video musik yang terseleksi akan dipresentasikan dalam bentuk pameran.

Batas waktu pendaftaran adalah 10 November 2016. Karya video yang terseleksi akan diumumkan pada 20 November 2016. Pendaftaran tidak dipungut biaya. Untuk informasi lebih lengkap dan pendaftaran karya, klik di www.muviparty.okvideofestival.org

Selain karya-karya Kompetisi, terdapat beberapa program, antara lain; program Focus On yang akan menayangkan film dan video musik dari Indonesia dan Asia Tenggara dalam beberapa tema. Program Commission Work akan melibatkan seniman video untuk berkolaborasi dengan musisi atau grup musik Indonesia. Program ini akan bekerjasama dengan Irama Nusantara yang memiliki arsip musik rekaman Indonesia untuk memberikan pilihan referensi musik bagi seniman video.

Lokakarya dan diskusi menjadi program publik untuk melihat sejarah dan perkembangan video musik di Asia dari berbagai sudut pandang. Program Pertunjukan Multimedia mencoba menghadirkan "video musik" dalam bentuk pertunjukan yang mengeksplorasi kemungkinan persilangan artistik antara musik-bebunyian, gambar, seni instalasi, dan performance art.

OK. Video adalah festival seni media internasional yang diselenggarakan dua tahun sekali sejak 2003 oleh ruangrupa, sebuah organisasi seni rupa kontemporer di Jakarta. OK. Video membuka ruang bagi karya-karya seni media yang membahas fenomena sosial dan budaya di Indonesia dan mancanegara dalam format festival dengan tema spesifik. OK. Video juga merupakan salah satu divisi di ruangrupa yang juga rutin mengadakan lokakarya, produksi, penelitian, pendataan, pendokumentasian, dan pendistribusian karya seni media Indonesia.

Editor's Pick

Add a Comment