Tanggapan Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra tentang Kesuksesan ‘Ada Apa dengan Cinta 2’

Juga berdampak kepada Yogyakarta yang menjadi lokasi pengambilan gambar

Oleh
Salah satu adegan dalam film 'Ada Apa Dengan Cinta 2'. Miles Film

Ada Apa dengan Cinta 2, film drama lanjutan dari seri pertamanya yang rilis 14 tahun silam, telah meraup kesuksesan dalam mencetak rekor jumlah penonton sejak pertama kali rilis pada 28 April lalu. Menurut paparan data dari situs filmindonesia.or.id, sejauh ini Ada Apa dengan Cinta 2 menjadi film paling laris di 2016 karena disaksikan 3.264.301 penonton.

Memiliki jarak lebih dari satu dekade, tak membuat para penggemar menyurutkan rasa rindu dan penasaran akan roman lanjutan Cinta, Rangga, dan geng Cinta. "Banyak yang mention di medial sosial saya, menyebutkan kalau mereka sudah nonton tiga kali, bahkan ada yang lima kali, ramai-ramai bersama teman dan keluarga," ujar Dian Sastrowardoyo, pemeran Cinta lewat siaran pers.

Dian melanjutkan, "Terus terang saya terharu dan tersentuh membacanya. Ternyata banyak orang yang mencintai kisah Cinta dan Rangga dan juga geng Cinta sampai sekarang. Bahkan ke generasi baru yang mungkin waktu AADC pertama masih belum sekolah." Mendapat banyak respons positif dari media sosial pun dirasakan oleh Nicholas Saputra sebagai pemeran utama Rangga.

"Antusiasme penonton luar biasa!" kata Nico. "Reaksi penonton sungguh tidak terduga. Banyak yang menulis puisi yang terinspirasi dari M. Aan Mansyur di film ini, lalu dikirim ke saya lewat media sosial. Ada juga yang menulis cerita-cerita sempalan dari karakter-karakter kami semua. Yang jelas, saya benar-benar senang bahwa kerja keras kami bisa diterima masyarakat," tambahnya.

Kesuksesan Ada Apa dengan Cinta 2 juga berimbas kepada Yogyakarta sebagai lokasi pengambilan gambar. Beberapa lokasi seperti rumah, café, hingga hotel sontak ramai pengunjung pasca menonton Ada Apa dengan Cinta 2. "Kami di Miles Films memang suka keliling Indonesia dan berinteraksi dekat dengan orang-orang kreatif dan masyarakat setempat. Tak terkecuali di Yogyakarta. Kota ini semakin hidup berkat para seniman mudanya, dan ini memberikan inspirasi yang tak terbatas bagi kami semua," kata Riri Riza selaku sutradara.

Ada Apa dengan Cinta 2 sudah masuk di daftar lima besar film Indonesia dengan jumlah penonton paling banyak sepanjang sejarah, hanya di bawah Laskar Pelangi (2008) dengan 4,6 juta penonton, Habibie & Ainun (2012) dengan 4,5 juta penonton, dan Ayat-ayat Cinta (2008) dengan 3,5 juta penonton.

Editor's Pick

Add a Comment