Mocca Merekam Ulang Lagu "Me & My Boyfriend" dengan 3D Sound Binaural

Berencana akan merekam lagu-lagu lainnya dengan metode tersebut

Oleh

Grup indie pop kebanggan Kota Bandung, Mocca, pada pekan lalu merilis versi terbaru lagu "Me & My Boyfriend" melalui akun YouTube mereka. Versi terbaru lagu tersebut adalah hasil eksperimen band yang diperkuat oleh vokalis Arina Ephipania, gitaris Riko Prayitno, drummer Indra Massad, dan bassist Toma Pratama ini menggunakan metode 3D sound binaural.

Melalui rilis pers, Mocca menjelaskan bahwa binaural adalah ketika dua suara yang mempunyai frekuensi berdekatan diperdengarkan atau distimulasikan ke telinga kanan dan kiri dengan headphone atau speaker stereo. Mereka merilis video live 3D sound binaural recording dengan maksud selalu ingin membuat karya yang bisa menjadi hiburan tersendiri bagi para pendengarnya.

"Sebenarnya ini ide awalnya dari Toma. Metode 3D sound binaural ini ibaratnya ketika kita menonton orkestra dan tanpa tambahan microphone, indera pendengar lo dengan orang lain itu menangkapnya berbeda. Suara cello, bass, dan lainnya terbagi sedemikian rupa. Kami dalam proses rekaman juga hanya menggunakan dua microphone saja," ungkap Riko ketika dihubungi Rolling Stone melalui sambungan telepon.

Riko kemudian menjelaskan bahwa "Me & My Boyfriend" versi terbaru ini hanya sebagai percobaan pertama bagi Mocca dan perkenalan awal bagi pendengar mereka. Ia dan rekan-rekan bandnya berencana akan merekam lagu-lagu lainnya dengan metode 3D sound binaural.

Ia melanjutkan: "Malah ada kemungkinan kami akan merekamnya secara outdoor. Dari pihak manajemen Mocca juga sempat terpikir untuk merilis album akustik yang materi-materinya direkam dengan 3D sound binaural."

Selain album akustik, Mocca juga merencanakan akan merilis hasil eksperimen metode 3D sound binaural dalam bentuk audio visual.

Editor's Pick

Add a Comment