Inikah Tren Musik Internasional 2014?

Akhir tahun lalu saya sempat diwawancara via email oleh seorang teman lama yang kini bekerja di salah satu portal berita hiburan terbesar di Indonesia. Temanya tentang prediksi kancah musik populer internasional di 2014. Sebuah tema yang cukup dahysat dan sangat sulit untuk diprediksi sebenarnya mengingat di jaman multi-media seperti sekarang ini kayaknya tidak ada lagi satu genre musik yang paling dominan hingga mencetak trend besar seperti pada 10 atau 15 tahun yang lalu. 

Oleh

Akhir tahun lalu saya sempat diwawancara via email oleh seorang teman lama yang kini bekerja di salah satu portal berita hiburan terbesar di Indonesia. Temanya tentang prediksi kancah musik populer internasional di 2014. Sebuah tema yang cukup dahysat dan sangat sulit untuk diprediksi sebenarnya mengingat di jaman multi-media seperti sekarang ini kayaknya tidak ada lagi satu genre musik yang paling dominan hingga mencetak trend besar seperti pada 10 atau 15 tahun yang lalu.

Namanya juga prediksi, ramalan, jadi nggak ada yang bisa menggaransi apakah jawaban-jawaban di bawah ini akan menjadi kenyataan atau tidak. Mari kita tunggu saja bersama hingga akhir 2014 nanti, sementara itu silakan mengonsumsi semua ini. Oya, kalo kalian merasa ada yang ketinggalan untuk disebutkan silakan beritahu saya via komentar di bawah ini.

1. Bagaimana pengamatan Anda tentang peta dunia musik internasional di tahun 2014 secara umum?
Menurut pengamatan saya pribadi peta musik internasional masih akan didominasi oleh artis-artis bernama besar yang akan merilis album terbaru mereka di tahun depan. U2 memang belum mengonfirmasi album studio ke-13 mereka akan rilis di 2014, namun kemungkinan besar mereka akan melakukan "balas dendam" setelah terakhir merilis album pada 2009 (No Line On the Horizon) yang gagal secara komersial di pasaran karena tidak ada yang menjadi hits besar lagu-lagunya.

Rumor berhembus bahwa di album terbaru nanti U2 akan berkolaborasi pula dengan Chris Martin dari Coldplay. Sementara itu Coldplay juga dikabarkan bakal merilis album studio terbaru lagi sekitar Mei/Juni 2014 sebagai kelanjutan Mylo Xyloto (2011), ini akan menjadi yang sangat ditunggu-tunggu juga pastinya. Beyonce yang menjelang berakhirnya 2013 mendadak merilis album studio terbaru (Beyonce) via iTunes tanpa promosi atau pemberitahuan sebelumnya (mirip David Bowie dengan Next Day di awal 2013) diduga juga akan menguasai charts dunia pada kuartal pertama 2014 mengingat materi album ini sangat keren dan berbeda dengan kebanyakan musik tipikal R&B lainnya.

Adele juga belum memberikan kepastian bahwa album terbarunya bakal rilis di 2014, namun menurut vokalis OneRepublic, Ryan Tedder yang menjadi produser dua single terakhirnya, setelah mendekam begitu lama di studio ia bakal merilis kelanjutan dari album 21 (2011) yang terjual sangat fantastis: 26 juta kopi di seluruh dunia. Foo Fighters yang kini tengah menjalani masa vakum dari panggung dan kembali berkutat di studio kabarnya juga akan merilis album terbaru tahun depan sebagai kelanjutan dari Wasting Light yang rilis pada 2011 lalu. Beberapa nama lainnya yang juga ditunggu-tunggu album terbarunya di tahun depan antara lain Kylie Minogue, Lana Del Rey, Mariah Carey, Kasabian, Bruce Springsteen, Lilly Allen, Pharrell Williams serta nama-nama old school seperti Blondie dan eks-gitaris The Smiths, Johnny Marr.

2. Secara umum jenis musik sendiri apa yang akan menjadi trend di dunia internasional?
Karena bukan peramal kayaknya sangat sulit bagi saya untuk mengetahui trend musik apa yang bakal mendominasi di tahun depan, tapi kalo boleh memilih saya pengen rock kembali berjaya di 2014, atau setidaknya electronic dance music (EDM) dan oya, semoga K-pop yang butut menyurut di tahun depan :D

3. Menurut Anda siapa saja musisi (band ataupun solois) internasional yang diprediksi akan mendulang popularitas lewat karya-karya mereka?
Pertanyaan ini mungkin maksudnya untuk artis musik yang baru ya? Beberapa nama baru yang belakangan banyak digembar-gemborkan bakal ngetop di 2014 antara lain adalah Banks (penyanyi dan pencipta lagu asal Los Angeles), Sam Smith (penyanyi asal London), Jungle (electro-funk asal London), George Ezra (folk-blues asal Inggris), FKA Twigs, Ella Eyre, Chance The Rapper, Chloe Howl, dan masih banyak lagi pastinya…

4. Bagaimana pula tentang penjualan fisik (CD, vinyl, dll) di dunia internasional akankah menunjukan tanda perbaikan?
Ya, bahkan mungkin istilah tepatnya bukan "menunjukan tanda perbaikan" tapi "kembali dengan penuh dendam". Menurut laporan BPI (asosiasi industri rekaman Inggris), hingga pertengahan 2013 lalu penjualan piringan hitam/vinil di Inggris meningkat lebih dari 100% atau lebih dari 550 ribu kopi yang terjual. Diprediksi hingga akhir tahun ini vinil akan terjual hingga 700 ribu kopi, ini merupakan penjualan terbesar sejak 2001 di Inggris.

Sementara di Amerika Serikat angkanya jauh lebih besar, menurut Nielsen Soundscan (lembaga pemantau penjualan album rekaman), sekitar 5,5 juta kopi vinil terjual di 2013. Sementara itu penjualan CD baik di Inggris maupun Amerika Serikat sebagai dua kiblat musik dunia terus mengalami penurunan seperti di tahun-tahun sebelumnya, walau hingga kini belum rilis pernyataan resminya. Sementara itu penjualan musik digital, khususnya via iTunes sebagai pemain utama di pasar ini kabarnya semakin meningkat pesat, mulai mengalahkan penjualan CD di tahun-tahun sebelumnya.

5. Gaung K-pop sempat mewabah juga di Tanah Air, akankah bersinar di tahun 2014?
Mudah-mudahan tidak lagi, tapi masih akan memiliki banyak penggemar tentunya.

6. Diantara begitu banyak musisi dunia yang telah menjadwalkan shownya di Tanah Air di tahun 2014 mendatang, siapa diantara mereka yang akan sukses dari penjualan maupun shownya?
Sebenarnya belum terlalu banyak artis internasional yang sudah mengonfirmasi bakal konser di Indonesia hingga saat ini. Kalo bakal sukses penjualannya, sekali lagi ini nggak bisa diramalkan, tapi bagi para penggemar mereka pasti akan sepakat kalo konser idola mereka pasti selalu sukses.

Beberapa nama yang banyak ditunggu kedatangannya lagi adalah Phoenix (17 Januari), Havok (thrasher Colorado, 28 Januari), The Devil Wears Prada (metalcore Ohio, 30 Januari), Stone Temple Pilots + Chester Bennington (19 Februari), Avril Lavigne (12 Maret 2014) dan Bruno Mars (24 Maret).

Saya baru dikabari kalo ada satu nama band rock Amerika lagi sudah confirmed untuk tampil di Jakarta awal Maret mendatang, hanya tinggal nunggu diumumkan secara resmi aja pertengahan Januari ini. Begitu juga dengan festival Hammersonic 2014 yang bakal digelar 27 April nanti, line-up band-band internasional untuk tahun ini kayaknya bakal jauh lebih berbahaya dan lebih variatif genrenya dibanding tahun lalu, mulai dari black metal, brutal death metal, thrash metal, modern metal sampai hardcore ada disana nantinya. Bakal edan! m/

Editor's Pick

Add a Comment