Gitaris Sheila On 7 Siap 'Pensiunkan' Puluhan Gitarnya

Dalam waktu dekat ini gitaris dan pencipta lagu Sheila On 7, Eross Candra akan "mempensiunkan" puluhan koleksi gitarnya pada penggunaan di panggung maupun rekaman.

Oleh
Dalam waktu dekat ini gitaris dan pencipta lagu Sheila On 7, Eross Candra akan "mempensiunkan" puluhan koleksi gitarnya pada penggunaan di panggung maupun rekaman. Prototip gitar yang telah dirancangnya terwujud pada Squier Telecaster Eross Candra Signature yang dirilis produk asal Amerika Serikat, Fender.

"Setelah prototip ini resmi diedarkan, gitar yang lain akan saya istirahatkan. Saya sudah nyaman dengan gitar ini," ujar gitaris Sheila on 7 ini disela-sela Coaching Clinic di kampus IKIP PGRI Semarang, Jawa Tengah pada Kamis (7/6) petang kemarin. Gitar tersebut mengadaptasi pada Fender Telecaster '67 dengan warna Butterscotch Blonde.

Sejak di-endorse oleh pihak Fender pada 2006, Citra Intirama selaku distributor resmi Fender sudah melirik Eross sejak awal kariernya selama menggunakan gitar Fender.

"Sekitar tahun lalu saya dihubungi oleh distributor untuk dirancangkan signature. Saya langsung menerima tawaran itu, lagipula sudah pakai Fender dari dulu. Sejauh ini berlangsung kooperatif dan hanya melalui sedikit revisi seperti spesifikasi yang saya minta. Hanya saja neck-nya lebih kecil yang bisa dipakai untuk musik berbagai genre terutama pop dan rock," terangnya.

Ia sendiri ingin mempertahankan nilai estetis Telecaster yang aslinya, peletakan signature-nya saja berada di belakang headstock gitar. Adapun modifikasi tersebut tak hanya pada bentuknya, namun juga pada konfigurasi pick-up-nya yang bertipe humbucker single coil dengan menggunakan Duncan Designed. Rencananya, gitar tersebut akan resmi diedarkan pada 2 bulan mendatang yang diproduksi sekitar 1000 unit.

Pecinta gitar telecaster tentunya telah akrab dengan karakter gitar Eross yang crunchy. Suami dari Sarah Diorita ini tak banyak menjelaskan secara teknis seperti apa warna suara dari gitar tersebut.

"Apa yang terdengar dari lagu-lagu Sheila on 7, seperti itulah karakternya. Ini rancangan ideal yang telah saya observasi bertahun-tahun. Jika saya upgrade totalnya bisa mencapai Rp 10 jutaan, tapi dengan gitar ini harga bisa lebih terjangkau," ungkapnya. Gitar tersebut akan dibandrol dengan harga sekitar Rp 3 juta.


Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. 10 Film Indonesia Terbaik 2016
  2. Ini Band-band Thrash Metal Favorit James Hetfield Di Luar 'Big Four'
  3. Rich Chigga, GTA, dan Anna Melengkapi Jajaran Penampil Ultra Singapura 2017
  4. 8 Lagu Cover Akustik Chris Cornell Paling Berkesan
  5. Hammersonic Festival 2017

Add a Comment