Menjelajah Tempat Wisata Di Bogor Dan Sukabumi

0
55
gong factory workshop
via flickr.com

Banyak tempat menarik di kota Bogor dan Sukabumi yang bukan hanya sekedar menjadi tempat berlibur atau berwisata semata, tapi juga tempat belajar yang menyenangkan untuk si kecil. Kota Bogor dan Sukabumi yang letaknya tidak terlalu jauh dari Jakarta, bisa menjadi alternatif tempat liburan yang menyenangkan sekaligus memberikan banyak nilai plus bagi Anda sekeluarga. Kira-kira dimana dan apa saja tempat wisata di Bogor dan Sukabumi yang bisa Anda kunjungi, mari kita simak

Wana Wisata Cilember Puncak Bogor

wana wisata cilember
via tempatwisatadibogor.net

Berlokasi di kawasan puncak, Jawa Barat, Wana Wisata Cilember bisa dinikmati beragam kalangan. Anda bisa berwisata sepuasnya sambil menikmati kesegaran alam puncak, termasuk melakukan pendakian hingga ke curug (air terjun) tertinggi.

curug cilember
via travelnesia.xyz

Taman wisata ini memiliki tujuh air terjun dengan ketinggian yang berbeda-beda. Curug yang satu merupakan curug tertinggi, harus di tempuh dengan berjalan kaki sejauh 3,5 km dari posisi curug terendah, yaitu curug tujuh. Namun, curug tujuh memiliki air terjun terpanjang di antara curug lainnya, sekitar 30 meter.

Taman dan Laboratorium Kupu-kupu
sumber superadventure.co.id

Daya tarik lainnya yaitu Taman dan Laboratorium Kupu-kupu. Di tempat ini dilakukan pengembangbiakan  berbagai jenis kupu-kupu.

outbond wana wisata cilember
via google

Bagi Anda yang lebih tertarik dengan aktivitas petualangan, bisa mengikuti program camping, jungle trekking dan outbond.

penginapan wana wisata cilember
via jejakpiknik.com

Bila ingin sekedar bersantai, Anda bisa menyewa sebuah pondok penginapan seharga 800-1jt per malam. Harga yang cukup pantas untuk sebuah pondok dengan kenyamanan ekstra dan melihat pemandangan yang mengaggumkan, yaitu air terjun di curug ke tujuh.

Wana Wisata Curug Cilember
Jl. Cisarua Puncak Km 10
Desa Cilember
Kecamatan Cisarua
Puncak, Jawa Barat
Telp: (0251) 258 890

Taman Safari Indonesia 1

Membahas Bogor tidak mungkin melupakan salah satu objek wisatanya yang terkenal, yaitu Taman Safari Indonesia. Sejak dibangun 1980, Taman Safari sudah menjadi rumah bagi ratusan satwa langka yang dilindungi oleh pemerintah, seperti komodo, bison, beruang hitam madu, harimau putih, harimau seumatera, gajah, anoa, dan lain-lain. Selain melihat hewan-hewan langka, di tempat ini juga tersedia beragam rekreasi lain yang bisa anda nikmati.

baby zoo taman safari indonesia 1
via ameliatugasbp4.blogspot.com

Bagi Anda yang ingin berinteraksi lebih dekat dengan hewan-hewan atau mengenalkan orangutan dan harimau kepada si kecil, anda bisa mngunjungi Baby Zoo. Selain bisa berfoto bersama baby animals tersebut, si kecil juga bisa bermain bersama mereka dengan aman karena ada pawang yang selalu mendampingi.

atraksi gajah taman safari 1
via youtube.com

Tidak jauh dari baby zoo, terdapat area rekreasi beriksi aneka permainan dan atraksi menarik, serperti komedi putar, bom-bom car, pentas sirkus, go kart, atraksi gajah, atraksi burung dan masih banyak lagi yang lainnya.

safari malam
via magnetindonesia.co

Jangan lewatkan pula aktivitas Night Safari yang akan mengajak Anda untuk mengikuti tur dan mengamati kehidupan para satwa di malam hari. Anda juga bisa mengikuti Resort kemah Safari, Safari kem (outing venture games) dan safari trek, aktivitas trekking di sekitar area kemah sekaligus melihat langsung kehidupan para binatang dan proses breeding di captive breeding center.

Taman Safari Indonesia
Jl. Raya Puncak Desa Cibeureum Cisarua Bogor
Tel:1500-212

Kebun Raya Bogor

kebun raya bogor
via bogorraincake.com

Areal seluas 87 hektare ini merupakan warisan masa kolonial Belanda, didirikan pada tahun 1817 dan awalnya di tujukan sebagai pusat penelitian tumbuh-tumbuhan. Tanaman kelapa sawit dan karet adalah beberapa contoh tumbuhan yang penyebarannya ke seluruh Indonesia dilakukan melalui penelitian awal di s’lands Plantentuin te Buitenzorg yang merupakan nama awal Kebun Raya Bogor.

teratai raksasa
via beritasatu.com

Hingga sekarang tempat ini dikenal sebagai museum tanaman hidup dengan koleksi tanaman tropis terlengkap di dunia. Beberapa contoh koleksi menarik yang dapat ditemukan di Kebun Raya Bogor adalah teratai raksasa yang berasal dari Amazon, Brazilia, anggrek raksasa dengan tandan bunga mencapai 1 hingga 1,5 meter, bunga bangkai dan kayu raja.

Taman-Teijsmann
via lovelybogor.com

Selain sebagai koleksi tanaman tropis langka, kebun ini juga memiliki taman dan monumen bersejarah. Taman Teysmann yang berlokasi di dekat Istana Presiden adalah taman yang dibangun oleh M.Treub pada tahun 1984 untuk mengenang jasa mantan direktur Kebun Raya Bogor. Selain itu, terdapat pula Lady Raffles Memorial, yaitu monumen peringatan yang dibangun sir Stanford Raffles untuk mengenang istrinya yang meninggal tahun 1814.

kebun raya
via myeatandtravelstory.wordpress.com

Kebun Raya Bogor dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul delapan hingga lima sore. Sebelum memulai tur mengelilingi kebun, ada baiknya jika Anda membeli beberapa buku panduan yang tersedia di pusat informasi untuk mendapatkan keterangan lebih lengkap mengenai lokasi menarik maupun rute jalan yang bisa disimak di sekitar area kebun.

Kebun Raya Bogor
Jl. Ir. Haji Djuanda No.13, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16122
website: http://krbogor.lipi.go.id

Gong Factory

Gong Factory
via liputan6.com

Salah satu tujuan wisata terunik yang pantang untuk Anda lewatkan adalah “bengkel” pembuat gong yang sudah berdiriselama 20 tahun lamanya dan sudah diwariskan kepada enam generasi. Pabrik gong yang dimiliki Bapak Sukarna ini, merupakan satu-satunya pabrik gong yang berada di provinsi Jawa Barat. Setiap harinya, para pengrajin menyelesaikan gong pesanan dari dalam maupun luar negeri seperti ke Amerika Serikat, Perancis, Belanda dan Jerman. Setiap gong ini harganya cukup bervariasi, sekitar 4 hingga 15 juta rupiah per buah.

gong factory workshop
via flickr.com

Membuat gong yang bentuknya bulat ini, ternyata tidak mudah. Gong yang dihasilkan pabrik ini, terbuat dari perunggu yang merupakan materi campuran dari tembaga dan timah. Untuk membuatnya, dibutuhkan waktu sekitar satu sampai dua hari, tergantung diameter gong tersebut yang biasanya 25 hingga 80 cm. Selain itu, suhu yang melakukan pembakaran pun berkisar antara 30 hingga 90 derajat celcius.

gong
via marketeers.com

Selain gong, bengkel ini juga memproduksi beberapa jenis alat gamelan lainnya, seperti kempul, bonang, saron dan kemor. Sebagai objek wisata yang cukup unik, Gong Factory sering didatangi sejumlah turis asing yang penasaran ingin melihat proses pembuatan alat musik tradisional Jawa Barat ini. Terlebih dengan jam operasional yang fleksibel (setiap hari, pukul 6 pagi hingga 5 sore), turis dalam maupun luar negeri bisa berkunjung ke pabrik dengan leluasa.

Gong Factory
Jl. Pancasan No.17, Pasir Jaya, Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16119
Telepon: 0813-8133-1533

Museum Zoologi Bogor

museum zoologi bogor
via tiketbaru.com

Objek wisata ecotourism lain yang bisa Anda kunjungi selama di kota Bogor adalah Museum Zoologi yang merupakan museum hewan terbesar di Asia Tenggara. Berada dibawah pengelolaan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), museum ini mengoleksi sekitar 2.000 jenis binatang yang berasal dari dalam maupun luar negeri, terbagi ke dalam kategori mamalia, reptilia, dan amfibi, moluska, burung, ikan dan serangga. Hampir seluruh koleksi yang ada di museum ini merupakan hewan asli yang telah melalui proses pengawetan di laboratorium. Hanya satu persen dari keseluruhan koleksi yang merupakan replika.

museum-zoologi-bogor paus biru
via freycobscakes.wordpress.com

Beberapa koleksi yang menjadi kebanggan museum Zoologi Bogor adalah kerangka Ikan Paus Biru yang ditemukan tahun 1916. Kerangka ini merupakan koleksi berukuran terbesar yang dimiliki tempat ini, dengan berat sekitar 119 ton. Selain itu, ada pula kerangka kepiting raksasa jepang, kerangka badak bercula satu dan kerangka komodo. Sangat disayangkan, seperti nasib museum-museum di Indonesia pada umumnya, kondisi bangunan dan ruangan ditempat ini tidak menarik dan tidak up to date.

Museum Zoologi Bogor
Ir. H. Djuanda No. 13, Paledang, Bogor Tengah Jawa Barat

Kampung Wisata Cinangneng

Dari jantung kota Bogor meluncurlah ke arah Jasinga. Setelah melintasi gerbang masuk kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) dikawasan Dramaga sekitar 2km, berbeloklah ke kiri. Ikuti jalan aspal sempit yang berliku, beberapa menit kemudian tibalah Anda di Kampung Wisata Cinangneng.

kampung wisata cinangneng
via larasati.id

Adalah HB Garden Guesthouse yang menjadi “pusat” seluruh aktivitas wisata di tempat ini. Kawasan milik Hester Basoeki , mantan pemandu wisata ini, menawarkan paket-paket kegiatan unik. Salah satu paket unggulannya adalah Poelang Kampoeng.

wisata kampung cinangneng
via jalan2.com

Anda akan diajak berkeliling desa sambil mengamati kehidupan penduduknya yang masih natural, melintasi sungai dan persawahan serta singgah di rumah penduduk.

course tari sunda
via pesona.co.id

Anda juga berkesempatan mengikuti short course gamelan dan tari Sunda, melukis caping atau topi petani berbentuk kerucut, membuat wayang golek berbahan daun singkong hingga memandikan sungai di Sungai Cinangneng yang deras. Asyik bukan? Disini pun tersedia cottege yang cukup nyaman dan bersih untuk Anda sewa.

HB Garden Guesthouse
Jl. Babakan Kemang RT. 01/ 02, Cihideung Udik, Kec. Ciampea, Bogor Jawa Barat
Telepon (0251) 8621895

Wayang Golek Dase A.S

Wayang golek merupakan salah satu kekayaan tradisi Jawa Barat yang sayangnya sudah nyaris punah. Menurut Pak Dase A.S, salah seorang pengrajin wayang golek yang sudah memulai usahanya sejak tahun 1975, kelestarian wayang yang yang terbuat dari kayu ini memang sudah mengkhawatirkan. Setiap bulan, kira-kira sekitar 20 buah wayang yang dibuat. Semuanya handmade, sebagian besar wayang itu diimpor kebeberapa negara seperti Eropa. Tapi sayangnya, pemerintah kurang memberikan dukungan untuk melestarikan wayang golek. Padahal kalau para pengrajin wayang golek diberi kesempatan untuk berpameran di luar negeri, pasti akan berkembang “ujar pak Dase”.

Wayang Golek Dase
via liputan6.com

Wayang golek karya Pak Dase dijual dengan harga mulai dari 200ribu. Tidak perlu khawatir ada diskon khusus pembeli lokal. Wayang golek koleksi pak Dase, terbagi dalam tiga kualitas. Selain menggunakan kayu yang berbeda, tingkat kesulitan dan kerumitan ukiran wayang pun berbeda. Karakter setiap wayang golek pun harus dipertahankan sesuai aslinya, “ tidak boleh sembarangan mengganti bentuknya karena setiap wayang memiliki filosofi tersendiri. Misalnya bentuk Yudhistira, dari dulu sampai sekarang bentuknya tetap tidak ada perubahan sedikitpun.

Sanggar Tumaritis (Dase A.S)
Lebak Kantin Rt 02 / VI Bogor
Telepon: (0251) 383 758

Lido

Udaranya yang sejuk dan alam yang indah, sudah membuat banyak orang jatuh hati pada tempat ini. Ratu Wilhemia dari Belanda dan presiden Soekarno adalah dua tokoh penting yang pernah beristirahat di kawasan ini.

lido
via jejakpiknik.com

Selain kesejukan alam, sebuah danau mungil juga menjadi daya tarik utama tempat ini. Dua pulau kecil dengan pohon pinus yang rindang, kian mempercantik danau buatan ini. Anda bisa menyewa rakit-rakit bambu untuk menuju pulau atau sekedar berkeliling danau sambil menikmati suasana yang tenang.

resto terapung lido
via hayukabogor.id

Sebuah restoran terapung dengan kotak-kotak kayu untuk memelihara ikan alias keramba, juga terdapat di tempat ini. Namun sayang, penataanya masih kurang baik sehingga terkesan justru merusak keindahan danau ini. Lido juga menawarkan berbagai aktivitas lain yang tak kalah seru, misalnya, berpetualang dengan menggunakan ATV yang bisa anda sewa.

Lido ATV
Jl. Raya Bogor-Sukabumi KM21, Lido, Bogor
Telepon: (0251) 221 986

Lembah Halimun

lembah halimun
via ceritariyanti.wordpress.com

Pondok Halimun atau Lembah Halimun, bisa di capai dengan perjalan selama tiga jam lamanya dari Jakarta. Arahkan kendaraan Anda menuju kawasan Selabintana. Di jalan raya Selabintana inilah, gerbang ke arah Halimun terlihat jelas dan lanjutkan perjalanan Anda sepanjang 6km. Hutan rindang disebelah kiri dan kebun teh di sebelah kanan, itulah keindahan yang akan Anda lihat. Bukalah kaca mobil dan Andapun akan merasakan udara sejuk yang terasa bersih memasuki paru-paru.

air terjun Cibeureum
via jejakpiknik

Dilokasi ini, ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan. Anda bisa mengunjungi air terjun Cibeureum dengan berjalan kaki santai sekitar satu jam, atau berjalan-jalan di kebun the. Lembah Halimun juga merupakan titik start alternatif bagi para pendaki Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Sarana yang tersedia disini sudah cukup memadai, tersedia area bermain anak-anak.

Taman Buah Mekarsari

Hanya 45 menit dari Jakarta, arahkan mobil Anda menuju daerah Cileungsi, Bogor. Berada di atas lahan seluas 264 hektar, taman wisata ini merupakan pusat pelestarian buah-buahan tropis yang dikumpulkan dari seluruh daerah di Indonesia. Mekarsari juga selalu berusaha menemukan varietas unggul yang akan memperkaya koleksi buah milik Nusantara.

via google

Saat tiba disini, Anda bisa berkeliling dengan mobil berkapasitas 29 orang yang berbentuk seperti trem.

kebun melon mekarsari
via google

Seorang guide akan menemani perjalanan Anda mengelilingi kebun buah. Salah satu perhentian pertama yang biasanya menjadi favorit para pengunjung adalah area plastic house kemudian kebun wisata melon. Variasai melon disini sangat unik, ada golden melon dan jade flower glamour melon yang harum. Di area plastic house ini, anda bisa mengajak di kecil untuk belajar menanam berbagai jenis tanaman buah. Setelah selesai menanam, pot akan diberi nama dan menjadi milik Anda untuk dibawa pulang.

durian mekarsari
via google

Aneka buah seperti durian, manggis, salak, nanas, belimbing, jambu sampai buah mundu yang biasanya hanya di temukan di pulau Kalimantan juga bisa Anda temukan disini. Semua buah yang Anda petikm bisa dibeli dengan harga tidak terlalu mahal untuk setiap kilogramnya. Dan pastinya ini menjadi sensasi berbeda karena membeli buah langsung dari pohonnya.

Taman Wisata Mekarsari
Jl. Raya Cileungsi Jonggol KM 3
Telepon: (021) 8231811

Whitewater Rafting

Meski kota kecil, namun untuk olahraga rafting, kota Sukabumi terntunya sudah popular, bahkan bisa dibilang sebagai salah satu kawasan pelopor wisata arung jeram di pulau Jawa. Sungai Cisadane, Citarik, Cicatih dan Cimandiri sudah terbukti keasyikannya untuk diarungi dengan menggunakan perahu karet. Setiap sungai memiliki jeram yang menantang dengan grade atau tingkat kesulitan yang berbeda.

Whitewater Rafting
via google

Meski ada sungai yang grade jeramnya 3 atau 4 (tergolong cukup berbahaya), namun sebenarnya masih tergolong aman untuk dilalui. Paket-paket yang ditawarkan oleh para operator wisata arung jeram pun bervariasi. Mulai dari hitungan jam sampai hingga menginap lebih dari dua hari. Namun yang jelas, menikmati wisata arung jeram di daerah ini tidak akan mengecewakan. Selain banyaknya jumlah jeram yang menantang, harga yang diterapkan untuk wisata ini pun masih tergolong cukup “miring” bila dibanding kan tempat lain.

Kebun Wisata Pasirmukti

Kebun Wisata Pasirmukti
via google

Di selatan Jakarta, tepanya di daerah Citeureup, ada sebuah lokasi yang bisa menjadi alternatif menarik untuk mengisi liburan Anda sekeluarga, yaitu Kebun Wisata Pasirmukti. Sebuah lokasi agrowisata yang ramah lingkungan lengkap dengan areal persawahan, perkebunanan dan kolam ikan serta perbukitan hijau.

tanaman hias Kebun Wisata Pasirmukti
via google

Kebun ini juga menjadi tempat yang tepat bagi para pecinta bunga atau tanaman hias. Di Orchid Gardenm Anda bisa mengamati beragam jenis anggrek seperti dendbrobium, phalaenopsis, oncidium, cattleya, serta aneka tanaman hias lainnya.Disinipun Anda bisa mengikuti sesi singkat tentang rawatan anggrek maupun tips tentang tambulapot (tanaman buah di dalam pot). Aktivitas seru lainnya adalah Frutiwok atau menyusuri kebun buah, persawahan dan sungai Cileungsi di pagi hari.

Anda bisa melihat beragam jenis tanaman serta memetik ranumnya buah Lemong Chui, jeruk khas Manado, atau jambu merah, langsung dari pohonnya. Kali ini juga mungkin tidak ada salahnya Anda membiarkan anak-anak untuk bermain sambil mengotori diri mereka sendiri. Ajak mereka untuk mengikuti Mud Field, yaitu kegiatan membajak sawah dengan alat tradisional, bermain tangkap belut atau adu tinju di dalam kolam lumpur.

Kebun Wisata Pasirmukti
Jl. Tajur Pasirmukti km 4, Citeureup, Bogor

Bukit Baros Cempaka

Berada di antara gugusan perbukitan hijau, sekitar 30 menit dari Sukabumi Jawa Barat, view serba hijau, udara yang sejuk dan suara gemercik air Sungai Cimandiri di tempat ini, terasa pas untuk mengusir kejenuhan Anda dan keluarga. Pepohonan pinus, teh, kopi dan tanaman lainnya berderet memenuhi kawasan ini. Bila ingin sesuatu yang lebih bermanfaat dan terarah, Edu-venture merupakan program yang bisa diikuti.

Bukit Baros Cempaka
via google

Program pelatihan di alam terbuka ini didesain untuk meningkatkan kemampuan anda dalam problem solving, kerjasama tim dan kepekaan terhadap lingkungan sekitar. Ada sejumlah extreme games seperti flying fox, wall climbing dan web climbing yang bisa dilakukan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Paket ini dikemas berbeda untuk berbagai kategori dengan bimbingan pemandu berpengalaman. Sementara, Fun Outbond Package, yang berisi sejumlah games dan paintball atau simulasi tempur di medan hutan pinus, bisa menjadi pilihan program lainnya yang lebih ringan dan singkat.

Natura “Rumah” Keju

Natura “Rumah” Keju
via google

Pabrik keju ini terletak di kawasan bukit Baros, Sukabumi. Melakukan perjalanan ke pabrik ini, bisa menjadi kegiatan yang seru karena Anda akan dijelaskan tentang pembuatan keju gouda dari awal sampai akhir.

gouda young
via google

Meski jenis keju ini berasal dari Belanda, seluruh bahan dan proses pembuatannya di tangani oleh orang-orang Indonesia. Bisa berminat, Anda pun bisa membeli young cheese (keju muda), naturella (keju khusus untuk spaghetti), yoghurt dengan aneka warna dan rasa, serta kue-kue kering berbasis keju lainnya yang diproduksi oleh pabrik keju yang sudah mendapat sertifikasi dari organisasi keju ternama di Belanda ini. Tentunya, acara liburan kali ini pun akan terasa lebih lengkap karena Anda maupun si kecil bisa mendapatkan pengalaman sekaligus pengetahuan baru.

Hotel Taman Sari
Jl. Surya Kencana No.112, Sukabumi
Telepon: (0266) 225008 (021) 8580515

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here