27 Contoh Teks Prosedur

Posted on

Rollingstone.co.id – Ketika bingung untuk melakukan atau membuat sesuatu, artikel yang berisi prosedur menjadi andalan untuk bisa membantu memberi panduan dalam melakukan aktivitas tersebut. Karena di dalam teks prosedur berisi langkah-langkah dan detail yang jelas yang dapat menuntun seseorang untuk melakukan yang diinginkan.

Banyak aktivitas dalam kehidupan sehari-hari yang sangat berkaitan erat dengan prosedur. Saat membeli televisi, kulkas, komputer, atau barang elektronik lainnya, di dalam box barang tersebut biasanya terdapat panduan bagaimana memasang dan menggunakan barang-barang tersebut.

Tak bisa dipungkiri bahwa teks prosedur atau panduan sangat dibutuhkan karena dapat membantu memudahkan melakukan aktivitas sehari-hari. Bahkan dari hal sederhana seperti cara memotong wortel dengan benar, cara menggunakan masker atau skincare, cara menulis dan membaca yang benar, dan lain sebagainya.

Pengertian Teks Prosedur

Pengertian-Teks-Prosedur

Teks prosedur secara umum adalah suatu teks atau artikel yang berisi urutan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk melakukan atau membuat sesuatu. Langkah-langkah yang terdapat dalam teks prosedur tersebut harus dibuat secara urut dan disertai penjelasan/keterangan yang detail.

Tujuannya agar pembaca teks prosedur tersebut dapat mengikuti dengan mudah guide atau petunjuk yang ada sehingga dapat meminimalisir terjadinya kesalahan. Teks prosedur menjadi acuan dasar dalam melakukan atau membuat sesuatu sehingga dalam membuat teks jenis ini harus detail dan lengkap.

Sebagai contoh, ketika sedang bingung ingin memasak rendang ayam maka langkah pertama adalah mencari resepnya di internet atau buku resep terlebih dahulu. Setelah itu, siapkan bahan dan alat yang tertera dalam resep tersebut. Kemudian ikuti langkah-langkahnya secara urut agar hasilnya bisa maksimal dan sesuai yang diharapkan.

Teks prosedur tidak hanya digunakan untuk aktivitas di rumah saja. Bahkan hampir semua lini kehidupan tidak terlepas dari teks prosedur baik di sekolah, perusahaan, maupun industri pabrik. Teks prosedur tersebut sangat berguna karena memberikan cara, tips, dan tutorial untuk melakukan atau membuat sesuatu.

Pengertian Teks Prosedur Menurut Para Ahli

Selain pengertian umum di atas, beberapa ahli juga mengungkapkan pendapatnya mengenai pengertian prosedur. Sehingga jika ditambahkan kata teks, maka pengertiannya menjadi teks yang berisi pengertian dari pendapat mengenai prosedur tersebut. Berikut ini beberapa pengertian prosedur menurut para ahli, di antaranya:

  1. Muhammad Ali (2000 : 325)

Menurut Muhammad Ali, pengertian prosedur merupakan cara menjalankan suatu pekerjaan tertentu atau biasa disebut tata cara kerja.

  1. Ismail Masya (1994 : 74)

Ismail Masya berpendapat bahwa prosedur merupakan rangkaian tugas yang mengandung urutan menurut waktu dan tata cara untuk suatu pekerjaan tertentu yang saling berhubungan dan dilakukan berulang-ulang.

  1. Ida Nuraida (2008 : 35)

Menurut Ida Nuraida prosedur merupakan pelaksanaan atau tahapan pekerjaan di mana langkah dan tahapan tersebut berhubungan dengan apa yang dilakukan, bagaimana melakukannya, di mana melakukannya, kapan melakukannya, dan siapa yang melakukannya.

  1. Wursanto (1987 : 19)

Menurut Ig.Wursanto prosedur merupakan suatu rencana yang bersangkutan dengan pemilihan cara berlaku dan bertindak untuk kegiatan yang akan dilakukan di masa mendatang.

  1. S.Moenir (1982 : 110)

A.S.Moenir berpendapat bahwa prosedur merupakan rangkaian tindakan, perbuatan, dan langkah yang harus dilakukan untuk mencapai tahap tertentu dalam rangka mencapai tujuan akhir seseorang.

Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur

Kaidah-Kebahasaan-Teks-Prosedur

Dalam menulis teks prosedur, sangat penting untuk memperhatikan jenis kata dan kalimat yang digunakan agar sesuai dengan kaidah bahasa teks prosedur yang seharusnya. Seperti jenis teks pada umumnya, teks prosedur juga memiliki kaidah bahasa yang menjadi ciri khas dan membedakannya dengan jenis teks lainnya.

Berikut ini beberapa kaidah bahasa yang harus diperhatikan dalam membuat dan menulis teks prosedur, di antaranya:

  1. Kata kerja imperatif

Kata kerja imperatif merupakan kata maupun kalimat perintah dan larangan yang harus dilakukan dan ditaati dalam melakukan panduan yang terdapat pada teks. Contoh kata atau kalimat imperatif seperti ambil potongan ayam, taburi bubuk merica, jangan potong cabai besar-besar, dan lain sebagainya.

  1. Verba material

Verba mateial merupakan kata kerja yang mengacu pada tindakan yang dilakukan secara fisik. Struktur verba material dalam sebuah kalimat terdiri dari subjek (pelaku) + verba material + objek (sasaran).

Penggunaan verba material bisa dilihat pada contoh kalimat berikut:

  • Ibu memotong kue tart yang dibuatnya sendiri.
  • Ayah mencangkul tanah di sawah.
  • Kakak membaca koran di taman.
  • Taufik Hidayat memukul kok bulutangkis dengan sangat tepat.
  • Rina menulis surat lamaran kerja.
  1. Verba tingkah laku

Verba tingkah laku merupakan kata kerja yang mengacu pada tindakan yang tidak dilakukan dengan tampak artinya hanya berupa ungkapan saja. Struktur kalimatnya terdiri dari subjek + verba tingkah laku + objek. Penggunaan verba tingkah laku bisa dilihat pada contoh kalimat berikut:

  • Ayah menerima tawaran kerja di London.
  • Aku menolak ajakan untuk pergi ke Bandung.
  • Fitri merasa kesulitan mengerjakan tugasnya.
  • Roni dapat memahami dengan baik materi pelajaran matematika yang diberikan.
  • Saya sangat menghargai pemberian dari Anda.
  1. Konjungsi Temporal

Konjungsi temporal merupakan kata hubung untuk menyatakan waktu kegiatan yang bersifat kronologis. Contoh kata konjungsi seperti lalu, berikutnya, setelah itu, selanjutnya, kemudian, dan lain sebagainya.

  1. Bilangan

Agar partisipan atau pembaca bisa lebih mudah dalam memahami teks prosedur, maka sangat penting untuk menambahkan bilangan angka atau huruf. Tujuannya adalah sebagai penanda urutan agar pembaca tahu urutan langkah mana yang harus dilakukan terlebih dahulu.

  1. Kalimat Interogatif

Kalimat interogatif merupakan kalimat pertanyaan yang ditujukan kepada pembaca terkait prosedur yang menjadi panduan dalam teks tersebut. Sebagai contoh, apakah semua bahan-bahan sudah disiapkan?. Kalimat ini merujuk pada pertanyaan kepada pembaca apakah pembaca sudah mengikuti langkah tersebut atau belum.

  1. Kalimat Deklaratif

Kalimat deklaratif berfungsi sebagai kalimat yang memberikan informasi tentang seuatu hal yang terdapat dalam teks tersebut. Contoh, fitur save pada Microsoft Word memiliki fungsi untuk menyimpan dokumen yang telah dibuat. Kalimat ini memberikan informasi yang jelas tentang fungsi fitur yang akan digunakan.

 

Fungsi dan Tujuan Teks Prosedur

Fungsi-dan-Tujuan-Teks-Prosedur

Setiap teks yang dibuat termasuk teks prosedur tentu memiliki fungsi dan tujuan yang manfaatnya dapat dirasakan oleh pembacanya. Berikut ini beberapa tujuan dan fungsi dibuatnya teks jenis prosedur, di antaranya:

  1. Memberi petunjuk dan penjelasan tentang bagaimana mengerjakan sesuatu dengan langkah yang urut
  2. Memudahkan pembaca dan pendengar untuk mengikuti perintah dan langkah dalam teks prosedur sehingga dapat membuat atau melakukan sesuatu yang diinginkan
  3. Menjadi panduan dan acuan untuk para pembaca
  4. Dapat memberi referensi kepada pembaca dan pendengar untuk memperkirakan waktu yang dibutuhkan dalam membuat dan melakukan sesuatu
  5. Memberikan informasi tentang fungsi suatu benda atau alat dan apa saja yang dibutuhkan dalam membuat atau melakukan sesuatu yang diinginkan

Tips Cara Membuat Teks Prosedur

Tips-Cara-Membuat-Teks-Prosedur

Agar teks prosedur yang dibuat atau ditulis sesuai dengan kaidah yang ada dan lebih mudah dipahami maka tips-tips berikut ini sangat perlu untuk diperhatikan:

  1. Tentukan topik atau tema teks prosedur yang akan dibuat
  2. Susun teks prosedur dengan struktur yang benar yang terdiri dari:
  • Judul (tujuan)

Bagian ini merupakan bagian awal teks prosedur yang berisi aktivitas atau kegiatan yang akan dibuat atau dilakukan seperti cara menanak nasi, cara merakit komputer, dan lain sebagainya.

  • Kalimat pengantar (isi)

Bagian ini merupakan bagian sebelum langkah-langkah atau prosedur yang harus dilakukan ditulis. Dalam bagian ini biasanya terdapat pernyataan pembuka untuk menyampaikan tujuan penulisan.

  • Bahan dan peralatan

Setelah kalimat pembuka, maka struktur kalimat berikutnya berupa material alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat atau melakukan sesuatu yang diinginkan.

  • Langkah atau tahapan proses

Bagian ini menunjukkan inti dari teks prosedur yang dibuat karena berisi langkah-langkah yang harus dilakukan secara urut dari awal hingga akhir. Bagian tahapan proses ini menjadi salah satu struktur wajib yang harus ada agar suatu teks bisa disebut sebagai teks prosedur.

  • Penutup

Bahasan terakhir dari teks prosedur adalah penutup yang berisi kalimat penutup seperti selamat mencoba atau tips-tips sederhana yang ingin diberikan kepada pembaca.

  1. Buat kerangka karangan terlebih dahulu sebelum menulis teks prosedur
  2. Kumpulkan dan kembangkan informasi yang ada dengan detail dan sesuai dengan konteksnya
  3. Tulis langkah-langkah secara urut dan detail dengan disertai penjelasan atau alasan tertentu agar pembaca lebih mudah dalam memahami teks prosedur

Jenis-jenis Teks Prosedur dan Contohnya

Jenis-jenis-Teks-Prosedur-dan-Contohnya

Secara garis besar, jenis-jenis teks prosedur terdiri dari beberapa jenis menurut banyaknya langkah yang harus dilakukan. Berikut ini tiga jenis teks prosedur, di antaranya:

  1. Teks Prosedur Protokol

Teks prosedur protokol biasanya berisi langkah-langkah atau tata cara yang tidak terlalu rumit serta pemaparannya objektif sehingga mudah dipahami pembaca. Contoh: cara menggunakan mesin cuci, cara memasak nasi, cara membuat spageti, dan lain sebagainya.

  1. Teks Prosedur Sederhana

Teks prosedur sederhana merupakan jenis teks prosedur yang paling mudah karena isi teks ini sangat sederhana dan hanya terdiri dari dua hingga empat langkah saja. Contoh: cara menghidupkan televisi, cara menghidupkan kulkas, dan lain sebagainya.

  1. Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur kompleks memiliki lebih banyak langkah dan aksi yang harus dilakukan sehingga cukup rumit, kompleks, dan detail. Teks prosedur jenis ini harus mengandung penjelasan yang mendalam dan lengkap. Contoh: prosedur pembuatan surat tanah, prosedur mendaftar pernikahan, dan lain sebagainya.

Contoh Teks Prosedur Protokol

Seperti dijelaskan di atas, langkah-langkah yang dijelaskan dalam teks prosedur protokol cenderung sederhana dan tidak rumit. Teks jenis ini biasanya digunakan untuk menjelaskan langkah-langkah mengoperasikan alat atau prosedur membuat sesuatu.

Berikut ini contoh teks prosedur protokol yang bisa dijadikan referensi, di antaranya:

  1. Cara Membuat Akun Instagram di Smartphone

Contoh-Teks-Prosedur-Protokol-Cara-Membuat-Akun-Instagram-di-Smartphone

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa instagram merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digandrungi generasi milenial. Bahkan platform media sosial yang satu ini tidak hanya berfungsi sebagai media komunikasi sosial saja karena banyak penggunanya yang sukses memanfaatkannya untuk bisnis.

Berikut ini langkah-langkah yang harus diikuti untuk membuat akun instagram, di antaranya:

  • Download aplikasi instagram melalui Google PlayStore secara gratis di smartphone Android maupun iOS
  • Ketuk logo aplikasi instagram pada smartphone untuk membuka aplikasi ini
  • Daftarkan akun baru dengan memilih opsi daftar dengan email atau nomor telepon
  • Pilih dan ketuk buat akun baru, lalu masukkan nomor telepon atau alamat email yang didaftarkan sebelumnya
  • Tunggu sampai kode informasi masuk melalui email atau nomor telepon
  • Masukkan kode informasi dengan tepat dan benar
  • Buat nama akun (username) dan kata sandi yang akan digunakan
  • Lengkapi informasi profil seperti foto, biodata, maupun kontak pribadi
  • Pilih dan ketuk selesai

Jika ingin masuk kembali atau Login pada aplikasi instagram, maka cukup dengan memasukkan nama akun dan password sama persis seperti saat dibuat. Jika lupa kata sandi, maka Anda bisa mengakses kembali akun instagram ini melalui email.

  1. Cara Mematikan Komputer

Contoh-Teks-Prosedur-Protokol-Cara-Mematikan-Komputer

Komputer merupakan salah satu alat elektronik yang memiliki banyak fungsi dan banyak digunakan di era saat ini. Selain digunakan untuk melakukan pekerjaan dasar seperti membuat dokumen, komputer juga bisa digunakan untuk mendesain gambar menggunakan aplikasi tertentu.

Jangan biarkan komputer menyala selama 24 jam tanpa dimatikan sehingga setelah selesai menggunakan perangkat ini sangat penting untuk mematikannya terlebih dahulu. Agar komputer Anda tidak mudah rusak, maka pastikan Anda melakukan prosedur mematikan komputer dengan benar seperti berikut:

  • Pastikan semua aplikasi atau program yang sebelumnya aktif digunakan ditutup terlebih dahulu dengan mengklik button close atau mengaksesnya melalui pilihan File –> Close
  • Pilih dan klik tombol Start pada desktop atau dengan memilih logo pada keyboard
  • Pilih dan klik menu Shut Down
  • Setelah itu akan muncul beberapa pilihan yaitu restart, log off, maupun shut down
  • Jika ingin mematikan komputer tanpa menghidupakannya kembali maka pilih Shut Down
  • Tunggu beberapa saat sampai komputer benar-benar mati
  • Klik tombol Off pada monitor untuk mematikan monitor
  • Cabut semua kabel-kabel yang terhubung pada komputer
  • Tutup komputer dengan menggunakan penutup agar terhindar dari debu sehingga tidak mudah kotor

Cara tersebut sangat mudah bukan? Anda dapat mempraktekkannya langsung di rumah maupun sekolah. Selamat mencoba!

  1. Cara Mengubah JPG ke PDF dengan Microsoft Word

Contoh-Teks-Prosedur-Protokol-Cara-Mengubah-JPG-ke-PDF-dengan-Microsoft-Word

File PDF atau Portable Document Format merupakan salah satu jenis file ekstensi yang sering digunakan dalam dunia kerja. File ini banyak digunakan karena praktis, cepat dalam membuka file, dan menjaga keamanan file karena file dalam bentuk PDF tidak dapat diubah-ubah lagi.

Banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengubah format JPG ke PDF, salah satunya adalah aplikasi Microsoft Word. Berikut ini langkah-langkah yang harus diikuti:

  • Buka pilihan Microsoft Office dan klik Microsoft Word
  • Buat dokumen baru di aplikasi Microsoft Word
  • Klik dan pilih tab Insert –> Picture
  • Cari gambar baik dalam format png, bmp, maupun jpg yang akan diubah ke dalam bentuk PDF
  • Rapikan gambar-gambar tersebut
  • Pilih menu Save As
  • Pilih dan klik pilihan format PDF saat menyimpan file
  • Selesai

Selain menggunakan Microsoft Word, Anda juga bisa menggunakan aplikasi lain seperti Foxit Reader atau melalui layanan situs website. Namun, menggunakan Microsoft Word merupakan salah satu cara yang paling mudah dan tidak ribet.

  1. Cara Mengoperasikan Mesin Cuci Satu Tabung

Contoh-Teks-Prosedur-Protokol-Cara-Mengoperasikan-Mesin-Cuci-Satu-Tabung

Di era modern ini, mencuci bukan lagi suatu aktivitas yang melelahkan karena ada mesin cuci yang bisa menggantikan pekerjaan tangan tersebut. Anda cukup memencet tombol-tombol yang ada di mesin cuci tersebut dan biarkan mesin cuci melakukan tugasnya mencuci pakaian Anda.

Dengan menggunakan mesin cuci, Anda pun bisa melakukan pekerjaan rumah lainnya sehingga pekerjaan rumah tangga menjadi lebih efektif dan efisien. Terdapat dua jenis mesin cuci yaitu mesin cuci satu tabung dan dua tabung. Berikut ini langkah-langkah untuk mengoperasikan mesin cuci satu tabung:

  • Pilih dan pilah pakaian yang akan dicuci berdasarkan warna atau kategorinya. Misalnya pakaian dalam dicuci sendiri, pakaian warna putih dan pakaian yang mudah luntur harus dipisahkan.
  • Masukkan pakaian yang sudah dipilah-pilah tersebut ke dalam mesin cuci. Pastikan jangan sampai melebihi kapasitas dan harus diberi space untuk air.
  • Masukkan detergen secara merata dengan membolak-balik pakaian tersebut agar semuanya bisa terkena detergen
  • Tutup pintu mesin cuci
  • Sambungkan selang dengan keran air
  • Colokkan kabel mesin cuci ke stop kontak
  • Tekan tombol power
  • Atur waktu mencuci mulai dari 41 menit, 44 menit, 47 menit, hingga 50 menit
  • Pilih beberapa fungsi yang ingin digunakan seperti wash untuk mencuci, rinse untuk membilas, dan spin untuk mengeringkan
  • Tekan tombol Start dan tunggu sampai proses pencucian selesai
  • Setelah selesai mesin cuci akan memberikan alarm bunyi
  • Buka tutup mesin cuci dan ambil pakaian lalu jemur

Mesin cuci satu tabung terbilang lebih praktis karena Anda tidak perlu repot-repot memindahkan baju untuk proses pengeringan. Sekali pencet semua beres. Selamat mencoba!

  1. Cara Memasak Nasi Menggunakan Rice Cooker

Contoh-Teks-Prosedur-Protokol-Cara-Memasak-Nasi-Menggunakan-Rice-Cooker

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, pekerjaan rumah tangga pun menjadi semakin mudah. Termasuk dalam hal memasak nasi karena kini sudah tersedia rice cooker yang memiliki fungsi untuk memasak nasi secara praktis menggunakan daya listrik.

Berikut ini cara-cara menggunakan rice cooker dengan mudah:

  • Ambil beras yang akan dimasak dan takar sesuai keinginan
  • Bersihkan beras yang akan dimasak dengan dua kali cuci lalu tambahkan air sesuai dengan takaran
  • Masukkan wadah beras tersebut ke rice cooker
  • Colokkan kabel pada stop kontak
  • Tutup rice cooker
  • Tekan tombol Cook pada rice cooker hingga lampu menyala sebagai tanda bahwa mesin rice cooker tersebut sudah mulai bekerja
  • Tunggu sampai lampu dan tombol pada rice cooker berubah ke warm
  • Nasi sudah matang dan siap dimakan

Dengan menggunakan rice cooker, Anda tidak perlu takut lagi nasi Anda akan gosong atau kurang matang. Karena mesin ini bekerja secara otomatis untuk mengantisipasi hal tersebut.

  1. Cara Mengoperasikan Mesin Jahit High Speed

Contoh-Teks-Prosedur-Protokol-Cara-Mengoperasikan-Mesin-Jahit-High-Speed

Mesin jahit high speed merupakan salah satu jenis mesin jahit yang banyak digunakan di konveksi maupun industri pabrik garmen besar. Mesin ini dinilai sangat efektif karena lebih cepat dalam memproses jahitan dibandingkan mesin jahit manual biasa.

Berikut ini cara mengoperasikan mesin jahit high speed dengan mudah:

  • Siapkan kain, jarum, benang, dan mesin jahit high speed yang akan digunakan
  • Isi sekoci benang bawah dan masukan benang mengikuti alur atau penuntun benang
  • Pasang jarum pada tempatnya
  • Hidupkan tombol ON pada saklar yang terdapat di sebelah kanan meja mesin jahit
  • Atur kain pada pelat mesin agar posisinya tepat berada di bawah sepatu penekan
  • Angkat sepatu penekan menggunakan tuas lutut yang ada di bagian bawah sebelah kanan meja mesin jahit
  • Atur jumlah setikan per inchi pada pengatur setikan dan atur ketegangan benang pada pengatur ketegangan benang
  • Mulailah menjahit dengan menekan pedal yang ada di bawah kaki dan dorong kain ke depan
  • Jika ingin mengunci jahitan, maka bisa menggunakan setik balik yang terdapat pada sebelah kanan mesin
  • Lakukan secara berulang sesuai keinginan hingga baju yang dijahit jadi

Selamat mencoba!

  1. Cara Memasak Rendang Daging Sapi

Contoh-Teks-Prosedur-Protokol-Cara-Memasak-Rendang-Daging-Sapi

Rendang daging sapi merupakan salah satu jenis makanan nusantara yang berasal dari Padang. Cita rasanya yang lezat membuat jenis makanan ini banyak diminati tidak hanya oleh orang Padang melainkan juga suku lain di Indonesia. Sebelum mulai memasak, siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu.

Bahan-bahan:

  • 5 kg daging sapi
  • 2 liter santan
  • 4 lembar daun jeruk purut
  • 2 lembar daun kunyit yang disimpulkan
  • 2 cm gelugur atau asam kandis
  • 2 batang daun serai yang dimemarkan
  • 12 butir bawang merah
  • 2 cm jahe yang dibakar
  • 1 sendok teh jintan yang disangrai
  • ½ sendok teh pala
  • Penyedap rasa
  • 100 gram cabe merah besar
  • ½ sendok makan ketumbar
  • 3 cm kunyit yang dibakar
  • 2 sendok teh garam
  • 6 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri
  • 2 cm lengkuas
  • 100 gram cabe merah keriting

Cara Memasak:

  • Potong-potong daging sapi yang sudah disiapkan dalam bentuk kotak-kota dadu sesuai ukuran yang diinginkan dan jangan potong terlalu kecil agar daging tidak hancur ketika dimasak
  • Tuangkan santan dalam wajan yang berukuran besar
  • Masukkan irisan bawang merah, serai, daun kunyit, dan asam
  • Aduk bumbu hingga mendidik dan pastikan santan yang dimasak tidak pecah
  • Aduk santa secara perlahan dan merata hingga benar-benar mendidih
  • Masukkan bumbu yang telah dihaluskan dan aduk sesekali selama 20 – 30 menit
  • Masukkan potongan daging rendang saat santan sudah terlihat berminyak
  • Nyalakan api kompor dengan api kecil atau sedang dan masak hingga santal mengental dan mengering
  • Tunggu hingga bumbu merasak ke dalam pori-pori dagang agar bumbunya lebih terasa
  • Aduk perlahan-lahan dan terus menerus agar bagian dasar tidak gosong dan daging menjadi empuk dan matang dengan sempurna
  • Rendang sapi sudah siap dihidangkan

Ikuti takaran dan langkah-langkah di atas dengan tepat agar hasil rendang sapi buatan Anda lebih maksimal.

  1. Cara Memasak Nasi Goreng Pete

Contoh-Teks-Prosedur-Protokol-Cara-Memasak-Nasi-Goreng-Pete

Bagi para pecinta pete, menjadikannya salah satu variasi pada menu nasi goreng memang menjadi pilihan terbaik. Pete yang berpadu dengan bumbu-bumbu nasi goreng membuat cita rasa nasi goreng menjadi lebih enak dan lezat. Sebelum mulai memasak nasi goreng pete, siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu.Bahan-bahan:

  • Nasi putih 1 piring (sesuai keinginan)
  • 8 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 biji cabai rawit (sesuai selera)
  • 1 tangkai pete
  • 2 butir telur
  • Saos tiram
  • 2 sendok teh garam

Cara memasak:

  • Bersihkan bawang merah, bawang putih, dan cabai lalu haluskan
  • Tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum
  • Masukkan telor dan aduk hingga merata
  • Masukkan pete
  • Setelah bumbu-bumbu harum dan matang, masukkan nasi
  • Aduk hingga merata
  • Masukkan garam dan saos tiram lalu aduk terus hingga matang
  • Nasi goreng siap disajikan

Bau khas pete yang terkadang cukup menyengat tidak mengurangi cita rasa nasi goreng dan justru menambah kelezatan nasi goreng ini.

  1. Tips Merawat Wajah Berminyak

Contoh-Teks-Prosedur-Protokol-Tips-Merawat-Wajah-Berminyak

Memiliki wajah yang cantik dan mulus tentu menjadi impian banyak orang. Untuk mendapatkan kulit wajah yang cantik dan mulus tentu harus dirawat agar tidak mudah kusam. Apalagi jika wajah Anda memiliki masalah kulit sensitif dan berminyak. Berikut ini tips untuk merawat wajah yang berminyak dengan mudah:

  • Pilih produk perawatan yagn sesuai dengan jenis kulit Anda yang dapat menghilangkan kelebihan minyak di wajah dengan memilih sabun pencuci wajah yang berbahan dasar gel.
  • Rutin gunakan pelembab yang memiliki label oil-free dan berbahan dasar air. Tujuannya agar wajah dapat terhidrasi tanpa membuatnya semakin berminyak.
  • Sering-sering gunakan masker atau sheet mask dengan bahan alami seperti lemon, madu, yoghurt, dan kentang.
  • Rajin minum air putih untuk mengontrol kadar minyak dalam tubuh.
  • Hindari makanan yang berminyak seperti junk food dan gorengan karena dapat meningkatkan kadar minyak pada wajah.
  • Jangan sering-sering menggunakan make-up karena menggunakan full make-up dapat menyebabkan kulit sensitif menjadi semakin berminyak. Cukup gunakan bedak tabur, tabir surya, dan pelembab.
  • Perbanyak konsumsi buah dan sayur untuk menjaga kesehatan kuilt wajah agar wajah jadi lebih sehat dan terlihat bercahaya.

Selamat mencoba! Semoga tips ini berhasil membuat wajah Anda terlihat lebih cerah dan mulus.

Contoh Teks Prosedur Sederhana

Jenis teks prosedur sederhana ini memiliki langkah-langkah prosedur yang sangat singkat dan hanya terdiri dari beberapa langkah saja. Teks prosedur sederhana biasa digunakan untuk memberi panduan pada aktivitas dan tindakan yang sederhana alias tidak rumit.

Beberapa contoh teks prosedur sederhana ini bisa menjadi referensi.

  1. Cara Menghidupkan Kompor Gas

Contoh-Teks-Prosedur-Sederhana-Cara-Menghidupkan-Kompor-Gas

Memasak merupakan salah satu cara agar bisa menyajikan makanan yang ingin disantap. Salah satu alat memasak yang wajib ada adalah kompor gas yang digunakan untuk menghidupkan api agar bisa memanaskan makanan yang akan dimasak. Berikut ini langkah mudah untuk menghidupkan kompor:

  • Pasang tabung gas pada kompor dengan selang yang tersedia
  • Pastikan tabung gas tidak bocor agar tidak terjadi kebakaran
  • Hidupkan kompor dengan cara menekan dan menggeser tombol ke kanan, sedangkan untuk mematikannya Anda cukup menekan dan menggeser tombol tersebut ke kiri.

Selamat mencoba!

  1. Cara Mengukur Suhu Menggunakan Termometer Digital

Contoh-Teks-Prosedur-Sederhana-Cara-Mengukur-Suhu-Menggunakan-Termometer-Digital

Termometer merupakan salah satu alat kesehatan yang sangat disarankan untuk selalu tersedia di rumah. Tujuannya adalah agar bisa mengecek kondisi tubuh anggota keluarga jika sewaktu-waktu ada yang panas badannya naik sehingga bisa diobati lebih awal.

Cara mudah mengecek suhu tubuh adalah dengan menggunakan termometer, salah satunya adalah termometer digital. Berikut ini langkah-langkah untuk menggunakannya:

  • Tekan atau geser tombol ON untuk menyalakan termometer
  • Masukkan termometer ke dalam mulut dan biarkan selama 3 – 5 menit hingga ada bunyi yang menunjukkan pengukuran suhu telah selesai
  • Ambil termometer dan baca hasil tertera pada layar termometer
  1. Cara Menyalakan Motor Matic

Contoh-Teks-Prosedur-Sederhana-Cara-Menyalakan-Motor-Matic

Motor matic menjadi salah satu jenis motor yang paling banyak digunakan khusunya para wanita karena sangat mudah digunakan. Anda tidak perlu menginjak pedal gir dan kecepatan bisa diatur secara otomatis oleh mesin motor. Berikut ini cara mudah menyalakan motor matic, di antaranya:

  • Masukkan kunci motor pada tempat kunci dan pastikan motor berada dalam kondisi off sebelum dinyalakan
  • Putar kunci ke kanan untuk posisi ON dan tekan tombol Start di sebelah kanan
  • Motor matic sudah siap dijalankan
  1. Cara Memasak Mie Instan Rebus

Contoh-Teks-Prosedur-Sederhana-Cara-Memasak-Mie-Instan-Rebus

Saat kelaparan melanda, mie instan menjadi salah satu menu andalan untuk dimasak. Selain rasanya yang enak dan lezat, mie instan juga sangat praktis untuk dibuat. Berikut ini langkah-langkah memasak mie instan rebus:

  • Buka bungkus mie instan dan masukkan mie ke dalam air yang mendidih menggunakan panci atau wajan
  • Masukkan semua bumbu ke dalam mangkok atau piring yang digunakan untuk menyajikan mie instan rebus
  • Masukkan mie bersama kuah ke dalam mangkok yang sudah dituangkan bumbu dan mie instan rebus siap disantap
  1. Cara Menyalakan Televisi

Contoh-Teks-Prosedur-Sederhana-Cara-Menyalakan-Televisi

Televisi merupakan salah satu media elektronik untuk hiburan bagi sebagian besar masyarakat. Banyak acara-acara menarik dan bermanfaat yang bisa Anda tonton di tayangan televisi. Berikut ini langkah-langkah untuk menyalakan televisi dengan mudah:

  • Colokkan kabel televisi dengan stop kontak
  • Tekan tombol power pada televisi atau remot
  • Pilih channel televisi yang ingin ditonton dan atur volume-nya menggunakan remot
  1. Cara Menggunakan Kondisioner Pada Rambut

Contoh-Teks-Prosedur-Sederhana-Cara-Menggunakan-Kondisioner-Pada-Rambut

Agar rambut tetap terlihat lembab dan halus, menggunakan kondisioner bisa menjadi salah satu solusi terbaiknya. Berikut ini langkah mudah untuk menggunakan kondisioner:

  • Bilas sampo dan buang sisa kelebihan air pada rambut dengan meremasnya lembut atau menepuk-nepuknya dengan handuk kering
  • Ambil rambut seperti membuat kuncir kuda lalu pakaikan kondisioner rambut pada setengah bagian rambut hingga ujung
  • Diamkan rambut selama kurang lebih 3 menit dan bilas sampai bersih
  1. Cara Membuat Teh Celup Hangat

Contoh-Teks-Prosedur-Sederhana-Cara-Membuat-Teh-Celup-Hangat

Minum teh hangat saat pagi hari dapat meningkatkan mood agar menjadi bagus. Berikut ini cara mudah membuat teh celup hangat:

  • Siapkan gelas yang berisi air panas atau hangat
  • Masukkan teh celup dan biarkan hingga beberapa menit
  • Tambahkan gula dan aduk hingga merata jika ingin membuat teh manis
  1. Cara Mencuci Motor

Contoh-Teks-Prosedur-Sederhana-Cara-Mencuci-Motor

Kendaraan sepeda motor yang sering dipakai memang menjadi terlihat lebih kotor karena banyak debu jalanan atau tanah yang menempel. Berikut ini cara mudah mencuci motor agar terlihat bersih:

  • Semprotkan air bersih pada semua badan motor dan usap menggunakan spon yang sudah dicelup air sabun
  • Bilas motor secara merata dengan menggunakan air bersih
  • Keringkan sepeda motor dengan menggunakan kanebo
  1. Cara Menggunakan Vacuum Cleaner

Contoh-Teks-Prosedur-Sederhana-Cara-Menggunakan-Vacuum-Cleaner

Agar debu dan kotoran di rumah lebih mudah dibersihkan, vacuum cleaner adalah alat yang sangat tepat untuk digunakan. Berikut ini langkah mudah menggunakan vacuum cleaner, yaitu:

  • Colokkan kabel vacuum cleaner pada stop kontak
  • Tekan tombol ON dan dekatkan vacuum cleaner pada tempat yang akan dibersihkan
  • Tekan tombol OFF setelah selesai membersihkan

Contoh Teks Prosedur Kompleks

Jenis teks prosedur kompleks memiliki langkah-langkah dan panduan yang lebih detail, jelas, dan rumit. Dalam teks prosedur jenis ini harus mencantumkan proses pengerjaan, proses pembuatan, dan proses pengoperasian yang dibuat secara sistematis dan rapi.

Berikut ini beberapa contoh teks prosedur kompleks yang bisa dijadikan referensi, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Cara Membuat SIM C

Contoh-Teks-Prosedur-Kompleks-Cara-Membuat-SIM-C

SIM atau Surat Izin Mengemudi kode C merupakan salah satu dokumen yang wajib dimiliki setiap pengendara sepeda motor. Untuk bisa mendapatkan SIM C ini, pastikan Anda sudah bisa mengendarai sepeda motor dan sudah memasuki usia 17 tahun.

Berikut ini syarat-syarat dan langkah dalam membuat SIM C.

Syarat Dokumen:

  • Fotokopi dan KTP asli yang sah di mata hukum
  • Formulir permohonan
  • Surat keterangan sehat jasmani dan rohani
  • Lulus ujian tes teori dan praktek

Cara Mengurus SIM C:

  • Siapkan semua dokumen yang diperlukan baik yang asli maupun fotokopi
  • Lakukan pendaftaran dengan mengisi formulir permohonan pembuatan SIM C di kantor kepolisian terdekat dengan lengkap dan benar
  • Byaar biaya premi asuransi kesehatan sebesar Rp30.000,00 sebagai tambahan
  • Ikuti proses ujian teori berupa uji pengetahuan tentang segala teori dalam berkendara seperti pengetahuan tentang rambu-rambu lalu lintas
  • Setelah dinyatakan lulus ujian teori, Anda harus mengikuti ujian praktek untuk menguji kemampuan dalam berkendara sesuai dengan aturan dan peraturan lalu lintas yang berlaku
  • Jika tidak lolos, Anda bisa mengulai lagi tahapan mendaftar SIM C dalam kurun waktu, 7 hari, 14 hari, dan 30 hari
  • Peserta ujian yang dinyatakan lolos akan diminta melakukan tahapan akhir untuk melengkapi SIM C
  • Proses finishing terdiri dari pemotretan foto untuk SIM serta sidik jari dan tanda tangan dalam kartu SIM
  • Tunggu hingga SIM selesai dan Anda bisa mengambilnya di loket yang tersedia

Jika sudah memiliki SIM C, jangan lupa untuk selalu membawa SIM tersebut setiap Anda berkendara.

  1. Cara Mengurus BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Contoh-Teks-Prosedur-Kompleks-Cara-Mengurus-BPJS-Ketenagakerjaan-Secara-Online

BPJS Ketenagakerjaan merupakan salah satu program asuransi yang diberikan khusus kepada para tenaga kerja dari pemerintah. Program asuransi ini bisa dimanfaatkan sebagai tabungan saat pensiun nanti. BPJS Ketenagakerjaan bisa didaftarkan secara mandiri maupun oleh perusahaan tempat karyawan bekerja.

Jika ingin mendaftar BPJS Ketenagakerjaan, berikut syarat dan langkah-langkahnya.

Syarat Dokumen:

  • Fotokopi dan Surat Izin Usaha Perdagangan/SIUP atau surat izin usaha dari kelurahan setempat asli
  • Fotokopi dan NPWP perusahaan asli
  • Fotokopi dan Akta Perdagangan Perusahaan asli
  • Fotokopi KTP masing-masing peserta atau karyawan
  • Fotokopi KK masing-masing peserta atau karyawan
  • Pas foto berwarna ukuran 2 x 3 sebanyak 1 lembar

Cara Mendaftar:

  • Kunjungi situs resi BPJS Ketenagakerjaan melalui http://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/
  • Pilih dan klik Daftarkan Saya dan pilih di antara 3 pilihan yang ada yaitu perusahaan, pekerja migran, atau individu
  • Masukkan email perusahaan atau perwakilan kelompok untuk mendaftar jika Anda mendaftar sebagai perusahaan atau masukkan data email pribadi Anda jika mendaftar sebagai individu
  • Tunggu sampai e-mail pemberitahuan masuk dan ikuti langkah berikutnya
  • Isi semua data pada formulir yang disediakan dengan lengkap dan benar
  • Setelah semua persyaratan telah terpenuhi, Anda cukup membawa semua persyaratan yang telah disiapkan ke kantor BPJS Ketenagakerjaan
  • Tunggu hingga Anda mendapatkan kartu BPJS Ketenagakerjaan dan Anda sudah bisa mulai melakukan iuran setiap bulannya

BPJS Ketenagakerjaan bisa sangat berguna jika nanti Anda sudah berhenti kerja dan pensiun. Jadi, jangan lupa untuk mendukung dan memanfaatkan fasilitas dari pemerintah ini.

  1. Cara Mengurus BPJS Kesehatan Secara Online

Contoh-Teks-Prosedur-Kompleks-Cara-Mengurus-BPJS-Kesehatan-Secara-Online

BPJS merupakan singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan Sosial yang memberikan jaminan kesehatan bagi para anggotanya. Kesehatan merupakan salah satu aset yang sangat penting dan harus dijaga. Adanya BPJS ini diharapkan dapat mengakomodasi kebutuhan masyarakat akan jaminan sosial terkait kesehatan.

Berikut ini syarat dan cara mendaftar BPJS kesehatan secara online bagi pekerja penerima upah (PPU).

Persyaratan:

  • KK (Kartu Keluarga)
  • KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • Nomor telepon yang bisa dihubungi
  • Buku rekening tabungan BNI, BRI, atau Mandiri
  • Foto dengan ukuran maksimal 50 KB
  • Alamat e-mail yang aktif

Cara Mendaftar:

  • Siapkan semua dokumen yang disebutkan di atas
  • Kunjungi website resmi BPJS Kesehatan di bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/
  • Baca beberapa prosedur pengarahan yang muncul dan setujui permintaan persetujuan yang ada
  • Beri tanda ceklis pada kotak yang tersedia di paling bawah untuk melanjutkan proses pendaftaran
  • Isi nomor KK (Kartu Keluarga) pada form yang tersedia lalu masukkan kode captcha sesuai gambar yang muncul
  • Klik inquery untuk Kartu Keluarga
  • Klik tombol Proses Selanjutnya setelah daftar anggota keluarga muncul secara otomatis
  • Lengkapi isian form yang ada berupa data peserta, nomor NPWP, kelurahan/desa, nomor telepon, dan alamat tempat tinggal
  • Ceklis kotak pernyataan bahwa alamat yang Anda isikan sudah sesuai dengan alamat yang tercantum pada KTP
  • Cari dan pilih Faskes Tingkat I dengan menggunakan tombol pencarian bisa berupa dokter pribadi atau klinik
  • Upload foto dan klik Proses Selanjutnya
  • Lengkapi formulir data berupa peserta anggota keluarga, kelas perawatan, nomor rekening bank dan nama pemilik, nomor telepon, alamat e-mail dan konfirmasi alamat e-mail,
  • Klik captcha yang ada lalu klik Kirim e-mail
  • Buka e-mail konfirmasi lalu klik URL aktivasi untuk mendapatkan nomor virtual account (VA)
  • Proses pendaftaran secara online telah selesai dan Anda tinggal melakukan pembayaran ke bank yang Anda pilih
  • Unduh tombol e-ID yang bisa didapatkan setelah melakukan pembayaran
  • Setelah proses secara online sudah dipenuhi secara keseluruhan, datangi kantor BPJS kesehatan terdekat untuk mengambil kartu BPJS
  • Isi formulir yang disediakan
  • Bawa 1 lembar fotokopi KTP, KK, akta kelahiran, serta pas foto ukuran 3 x 4
  • tunjukkan nomor e-ID yang telah dicetak berserta bukti pembayaran iuran BPJS Kesehatan dari bank/PPOB
  • Tunggu hingga kartu BPJS Kesehatan Anda selesai dibuat

Setelah memiliki kartu BPJS Kesehatan, Anda dapat memanfaatkannya setiap akan berobat ke puskesmas maupun rumah sakit.

  1. Cara Mendaftar Nikah di KUA

Contoh-Teks-Prosedur-Kompleks-Cara-Mendaftar-Nikah-di-KUA

Menikah selalu identik dengan biayanya yang mahal karena mencakup biaya catering, dekor, baju pengantin, undangan, dan lain sebagainya. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena meskipun tidak memiliki budget yang besar Anda tetap dapat menikah dengan biaya yang murah yaitu dengan menikah di KUA.

Menikah di KUA terbilang sangat murah karena tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. Berikut ini syarat dan langkah-langkah untuk mendaftar nikah di KUA.

Syarat Dokumen:

  • Surat model N1 (surat keterangan untuk nikah)
  • Surat model N2 (surat keterangan asal-usul)
  • Surat model N3 (surat persetujuan mempelai)
  • Surat model N4 (surat keterangan tentang orang tua)
  • Surat model N7 (surat pemberitahuan kehendak nikah) apabila calon pengantin berhalangan dan dapat dilakukan oleh wali atau wakilnya
  • Bukti imunisasi TT1 bagi calon pengantin wanita
  • Kartu imunisasi
  • Imunisasi TT II dari puskesma setempat
  • Membayar biaya pencatatan nikah Rp30.000,00
  • Surat izin pengadilan apabila tidak ada izin dari orang tua atau wali
  • Pas foto ukuran 3 x 2 sebanyak 3 lembar
  • Surat dispensasi dari pengadilan bagi calon suami yang umurnya kurang dari 19 tahun dan bagi calon istri yang umurnya kurang dari 16 tahun
  • Surat izin dari atasan masing-masing bagi anggota TNI/POLRI
  • Surat izin pengadilan bagi suami yang hendak beristri lebih dari seorang (poligami)
  • Akta cerai atau kutipan buku pendaftaran talak bagi mereka yang sudah bercerai untuk dasar pengisian model N6 bagi janda/duda yang akan menikah
  • Surat pengantar RT-RW yang dibawa ke kelurahan setempat untuk mendapat isian blangko N1, N2, N3, dan N4
  • Surat pengantar atau rekomendasi nikah bagi calon istri yang beralamat lain daerah dari KUA setempat
  • Fotokopi KTP, akte kelahiran, dan C1 (Kartu KK)

Tata Cara Prosesi Pernikahan di KUA:

  • Datangi ketua RT setempat untuk mengurusi surat pengantar ke desa atau kelurahan
  • Datangi kantor desa atau kelurahan untuk mengurus surat pengantar nikah ke KUA
  • Minta keterangan dispensasi dari kecamatan jika akan nikah dilakukan kurang dari 10 hari dari waktu pendaftaran
  • Datangi KUA tempat akan dilaksanakannya akad nikah untuk melakukan pemeriksaan data dan surat-surat calon pengantin beserta wali nikah
  • Melaksanakan akad nikah sesuai dengan waktu yang telah disetujui sebelumnya

Tidak perlu memikirkan gengsi karena hanya menikah di KUA. Karena dengan menikah di KUA pernikahan Anda tetap sah dan budget yang harus dikeluarkan pun untuk biaya pernikahan pun bisa diminimalisir.

  1. Cara Mengurus e-KTP

Contoh-Teks-Prosedur-Kompleks-Cara-Mengurus-e-KTP

Elektronik KTP merupakan salah satu dokumen yang wajib dimiliki Warga Negara Indonesia sebagai indentitas jati diri. E-KTP ini bisa digunakan untuk mengurus segala macam izin, mendapatkan database kependudukan yang akurat, membuka rekening di bank, mengurus surat-surat, dan lain sebagainya.

Berikut ini syarat-syarat dan langkah-langkah yang harus diikuti untuk membuat e-KTP baru.

Syarat Membuat e-KTP:

  • Merupakan Warga Negara Indonesia yang telah berusia 17 tahun baik sudah menikah maupun belum menikah
  • KK (Kartu Keluarga) yang sudah difotokopi
  • Surat keterangan pindah dari UPT (Unit Pelaksana Teknis) atau Disdukcapil Kota/Kabupaten daerah asal bagi yang pindah tempat tinggal

Cara Membuat e-KTP:

  • Datangi kantor Disdukcapil atau UPT untuk lapor diri dengan membawa Kartu Keluarga
  • Ambil nomor antrean dan tunggu hingga nomor Anda dipanggil
  • Petugas akan melakukan verifikasi data penduduk dari KK melalui pengecekan database kependudukan
  • Anda akan diminta untuk masuk ke sebuah ruangan untuk diambil fotonya
  • Petugas akan mengambil perekaman data sidik jari tangan berupa telunjuk dan jempol serta melakukan proses scan iris atau retina mata
  • Setelah proses foto dan scan selesai, petugas akan membubuhkan stempel dan tandatangan pada surat panggilan yang merupakan tanda bukti bahwa Anda telah melakukan perekaman foto, scan retina, tandatangan, dan sidik jari
  • Proses perekaman semua data tersebut akan memakan waktu 10 – 15 menit
  • E-KTP akan dicetak setelah proses perekaman selesai dan tunggu hingga 14 hari ke depan
  • Jika e-KTP sudah selesai, Anda akan mendapatkan pemberitahuan untuk mengambil data di kelurahan atau desa setempat

E-KTP menjadi dokumen yang sangat penting untuk dimiliki bahkan setiap akses pendaftaran seperti membeli tiket, booking hotel, dan hal-hal lainnya hampir selalu memerlukan e-KTP.

  1. Cara Mengurus SKCK

Contoh-Teks-Prosedur-Kompleks-Cara-Mengurus-SKCK

SKCK merupakan singkatan dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang biasanya sering digunakan sebagai salah satu syarat untuk melamar kerja. SKCK ini menjadi salah satu bukti otentik bahwa calon pelamar tidak pernah terlibat dalam tindak kejahatan apapun.

Untuk membuat dokumen SKCK, maka Anda harus melengkapi syarat dokumen dan mengikuti setiap langkah-langkahnya sebagai berikut:

Syarat Dokumen:

  • Surat pengantar dari RT dan RW untuk mengajukan surat pengantar ke kelurahan
  • KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang difotokopi sebanyak 2 lembar
  • KK (Kartu Keluarga) yang difotokopi
  • Akta Kelahiran yang difotokopi
  • Ijazah Terakhir yagn difotokopi
  • Pas foto berlatar merah ukuran 4 x 6 sebanyak 6 lembar

Cara Membuat SKCK Offline:

  • Datangi kantor kepolisian
  • Isi informasi pribadi dan pernyataan tidak pernah melakukan tindak kejahatan pada blanko yang tersedia
  • Lanjutkan proses sidik jari
  • Tunggu sampai petugas memanggi nama Anda dan menyerahkan SKCK yang telah disahkan
  • Tunggu hingga dokumen SKCK siap dan jangan lupa untuk meminta legalisir sesuai kebutuhan
  • Jangan lupa siapkan uang untuk membayar biaya pembuatan yang disetorkan kepada petugas Polri ketika dokumen SKCK telah selesai dibuat

Cara Membuat SKCK Online:

  • Akses situs online untuk membuat SKCK melalui http//:skck.polri.go.id
  • Scan dokumen yang diperlukan mulai dari KTP, KK, akte kelahiran, ijazah, pas foto, dan passpor jika digunakan untuk keperluan ke luar negeri
  • Isi formulir yang tersedia dengan lengkap dan sesuai untuk mendapatkan nomor registrasi
  • Setelah mendapatkan nomor registrasi, Anda bisa datang langsung ke kantor kepolisian yang telah dipilih saat mendaftar untuk mengambil dokumen SKCK yang telah jadi

Dengan memiliki SKCK ini, reputasi dan tingkat kredibilitas Anda di mata perusahaan tempat Anda melamar pun menjadi baik.

  1. Cara Mengurus Surat Sertifikat Tanah

Contoh-Teks-Prosedur-Kompleks-Cara-Mengurus-Surat-Sertifikat-Tanah

Sertifikat tanah sangat penting untuk dimiliki sebagai bukti otentik atas kepemilikan tanah milik Anda. Sertifikat tanah dikeluarkan melalui kantor pertanahan pada masing-masing wilayah yang merupakan cabang pengurusan dari BPN (Badan Pertanahan Nasional).

Sertifikat tanah terdiri dari HGB (Hak Guna Bangunan), HGU (Hak Guna Usaha), dan SHM (Sertifikat Hak Milik). Mengurus sertifikat tanah yang terdiri dari HGB (Hak Guna Bangunan) dan HGU (Hak Guna Usaha) memang cukup memakan waktu karena banyak dokumen yang harus disiapkan. Berikut ini syarat dokumen serta tahapan dalam mengurus sertifikat tanah.

Syarat Dokumen:

  • SHGB (Sertifikat Asli Hak Guna Bangunan)
  • IMB (Izin Mendirikan Bangunan) yang sudah difotokopi
  • KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan KK (Kartu Keluarga) yang difotokopi
  • SPPT PBB (Surat Pemberitahuan Pajak Terutang Pajak Bumi dan Bangunan)
  • Akta jual beli tanah
  • Fotokopi girik
  • Dokumen Surat Keterangan Tidak Sengketa, Surat Keterangan Tanah Secara Sporadik, dan Surat Keterangan Riwayat Tanah dari desa atau kelurahan

Langkah-langkah Mengurus Sertifikat Tanah:

  • Menyiapkan semua dokumen yang disyaratkan di atas termasuk datangi kelurahan untuk mendapatkan dokumen surat keterangan dari kelurahan atau desa setempat
  • Mengunjungi Kantor BPN sesuai dengan wilayah tanah berada dan beli formulir pendaftaran di sana dengan map yang berwarna biru dan kuning
  • Buat perjanjian dengan petugas pengukur tanah
  • Anda akan mendapatkan data Surat Ukur Tanah setelah pengukuran selesai dan tunggu hingga dikeluarkannya surat keputusan
  • Sambil menunggu sertifikat tanah terbit, Anda akan dibebankan BEA Perolehan Hak Atas Tanah (BPHTB)
  • Lamanya sertifikat tanah jadi bisa berkisar antara 6 bulan hingga satu tahun sehingga Anda harus rajin menanyakan kapan sertifikat tanah milik Anda dapat diambil

Selain melalui BPN, Anda juga bisa mengurus sertifikat tanah melalui PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah). Namun, biasanya harganya lebih mahal dibandingkan mengurusnya melalui BPN.

  1. Cara Mendaftar Beasiswa LPDP

Contoh-Teks-Prosedur-Kompleks-Cara-Mendaftar-Beasiswa-LPDP

LPDP merupakan singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan yang memberikan beasiswa kepada mahasiwa yang berprestasi untuk melanjutkan program magister dan doktoral. Bidang ilmu yang menjadi prioritas beasiswa LPDP adalah sains, teknik, pertanian, kedokteran, keuangan, budaya, seni, dan bahasa.

Berikut ini syarat dan cara pendaftaran beasiswa LPDP yang perlu Anda ketahui.

Syarat Umum:

  • Merupakan Warga Negara Indonesia
  • Sudah lulus program S2 atau D4/S1 di perguruan tinggi yang sudah terakreditasi
  • Tidak sedang menempuh pendidikan program magister dan doktoral lainnya
  • Jika pelamar beasiswa merupakan seorang pekerja, maka bisa melampirkan surat ijin mengikuti seleksi bagian SDM
  • Surat Keterangan Sehat Jasmani, Surat Keterangan Bebas Narkoba, dan Surat Keterangan Bebas dari TBC dengan masa berlaku 6 bulan
  • Surat rekomendasi dari tokoh, pimpinan, atau pakar di bidangnya
  • Program studi dan PTT (Perguruan Tinggi Tujuan) yang dipilih sesuai dengan ketentuan LPDP
  • Beasiswa tidak diberikan untuk program khusus seperti kelas karyawan, kelas eksekutif, kelas jarak jauh, dan program khusus lainnya
  • Melampirkan rencana studi berdasarkan silabus program studi tujuan bagi yang mendaftar program S2
  • Menulis proposal studi dan proposal penelitian

Syarat Khusus:

  • Menandatangani surat pernyataan
  • Usia maksimal 35 tahun untuk pelamar program magister (S2) dan maksilam 40 tahun untuk program doktoral (S3)
  • Memenuhi persyaratan IPK minimal 3,00 untuk program magister dan IPK 3,25 untuk program doktoral
  • Bagi pelamar yang hanya melakukan penelitian atau Master by Research dan tidak memiliki IPK, maka wajib melampirkan hasil sidang penelitian dan ijazah
  • Lakukan konversi nilai IPK bagi lulusan luar negeri

Bagi Anda yang beruntung mendapatkan beasiswa LPDP ini, maka jangan sia-siakan kesempatan tersebut dan belajar sebaik mungkin agar terus berprestasi.

Cara Mendaftar:

  • Buka tautan https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/
  • Isi email dan kata sandi untuk mengakses pendaftaran dan jika baru pertama kali mendaftar maka buat akun LPDP terlebih dahulu
  • Lengkapi data yang dibutuhkan pada formulir pendaftaran dan unggah berkas dokumen yang dibutuhkan
  • Pendaftaran selesai dan tunggu pengumuman selanjutnya

 

  1. Cara Mendaftar Tes SNMPTN

Contoh-Teks-Prosedur-Kompleks-Cara-Mendaftar-Tes-SNMPTN

Masuk universitas ternama menjadi impian banyak pelajar di Indonesia sehingga banyak yang berlomba-lomba mendaftar melalui SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Di era digital seperti sekarang ini, mendaftar SNMPTN pun lebih mudah karena bisa dilakukan secara online.Berikut ini syarat serta tahapan yang harus dilalui untuk mendaftar SNMPTN.Persyaratan:

  • Sekolah tempat siswa yang mendaftar merupakan sekolah yang memiliki NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) dan harus mengisi PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa)
  • Merupakan siswa SMA/MA/SMK kelas 12 yang memiliki prestasi unggul
  • Memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) yang terdaftar di PDSS
  • Memiliki nilai rapor dari semester 1 hingga semester 5 yang diisi oleh sekolah dan atau nilai rapor semester 1 hingga semester 7 bagi SMK yang masa belajarnya 4 tahun
  • Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan masing-masing PTN (Perguruan Tinggi Negeri)

Langkah-langkah mendaftar:

  • Buka alamat website http://web.snmptn.ac.id
  • Login pada form yang tersedia menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional dan masukkan kata sandi yang sama dengan kata sandi untuk verifikasi nilai pada PDSS
  • Jika Anda tidak memenuhi syarat untuk mendaftar SNMPTN, maka Anda akan diarahkan untuk mengikuti SBNMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
  • Pilih Saya Setuju jika setuju setelah membaca pernyataan kesungguhan yang ada dan siap menerima setiap konsekuensi
  • Pilih dan klik Formulir Pendaftaran yang terdiri dari PTN pilihan 1, PTN pilihan 2, unggah foto, dan formulir pendaftaran
  • Lakukan pendaftaran SNMPTN dengan mengisi nama PTN dan program studi dengan maksimum 2 pilihan lalu klik tombol Selanjutnya
  • Unggah foto wajah yang terlihat jelas dengan pakaian rapi, format JPEG, ukuran file tidak lebih dari 1 MB, dan rasio foto 4 banding 6 lalu klik tombol Selanjutnya
  • Isi formulir pendaftaran secara lengkap dan jika sudah selesai klik Selesai dan Simpan
  • Pilih menu prestasi untuk mengunggah bukti sertifikat atau piagam prestasi
  • Unggah portofolio jika mengambil jurusan seni dan atau olahraga
  • Jika Anda peserta bidikmisi, maka lakukan verifikasi dengan memilih menu bidikmisi pada bagian atas dan centang box verifikasi
  • Klik tombol Finalisasi Pendaftaran SNMPTN jika sudah selesai dan perlu dicatat bahwa setelah difinalisasi, maka pendaftaran tidak dapat diubah lagi
  • Unduh dan cetak kartu tanda peserta

Kartu tanda peserta yang Anda unduh pun bisa digunakan dan dibawa saat Anda mengikuti tes ujian tertulis SNMPTN.

Pada dasarnya, teks prosedur banyak digunakan untuk memberi panduan pada hal-hal tertentu yang diperlukan oleh pembacanya. Dengan adanya teks prosedur ini, diharapkan para pembaca dapat memahami dengan baik langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat dan melakukan sesuatu yang diinginkan.

Selain dari kacamata pembaca, sebagai penulis teks prosedur pun sangat penting untuk membuat acuan yang jelas dan sesuai dengan kaidah penulisan yang benar. Sehingga sangat penting untuk memperhatikan setiap poin-poin yang harus ditulis dan memastikan setiap informasi yang diberikan adalah akurat.


Baca juga:

Content Protection by DMCA.com