Kamis, 20/09/2012 18:31 WIB

Festival Film Dokumenter Internasional Akan Digelar di Pusat Kebudayaan Belanda

Film tentang Bob Marley akan bertindak sebagai penutup.
Oleh: Reno Nismara
Share :   
image
International Documentari Film Festival
Jakarta - Untuk kali kedua dalam sejarah, International Documentary Film Festival (IDFF) akan dilangsungkan pada 25 hingga 29 September 2012 mendatang di pusat kebudayaan Belanda, ErasmusĀ  Huis, Jakarta.

Bekerjasama dengan festival film dokumenter terbesar dan tertua di dunia, International Documentary Film Festival Amsterdam (IDFA), IDFF akan menampilkan beberapa film terbaik yang diputar di IDFA beserta film-film dokumenter peraih penghargaan internasional lainnya secara gratis untuk umum.

Seperti tercantum pada rilis pers yang diterima Rolling Stone, sejak edisi pertama yang digelar tahun 2011, IDFF telah berhasil menciptakan kesadaran berbagai pihak dalam mendukung dan mendorong kerja sama antara masyarakat sipil melalui karya video/film.

Untuk tahun ini, IDFF akan memutar tujuh belas film dokumenter internasional yang salah satunya adalah Marley, dokumenter garapan Kevin MacDonald yang bercerita soal musik, kehidupan dan peninggalan musisi reggae legendaris, Bob Marley. Marley akan diputar pada 29 September 2012 sebagai film penutup; menandakan penayangan perdana film tersebut di Indonesia.

Selain itu akan ada pula Undefeated karya Daniel Lindsay dan T.J. Martin yang meraih Best Documentary Feature pada Academy Awards 2012. Film ini berbicara soal Manassas Tigers, sebuah tim American football yang terus terpuruk berkat kurangnya dana.

Lady of No Fear yang menggambarkan kehidupan Aung San Suu Kyi juga tercantum sebagai salah satu film dokumenter internasional yang akan diputar bersama Saving Face, Bus 174, TT: Closer to the Edge, hingga The Bully Project.

Dua puluh dokumenter pendek lokal juga akan ditayangkan di IDFF untuk bersaing satu sama lain dalam memenangkan SBM Golden Lens Documentary Awards. Dibanding penyelenggaraan perdana pada tahun lalu, kualitas karya yang masuk ke meja penjurian diakui mengalami peningkatan dramatis. Banyak karya dibuat oleh rumah produksi besar, televisi nasional dan daerah, sineas yang telah memenangkan beberapa festival, serta sekolah menengah kejuruan yang memiliki kegiatan film.

Total terdapat seratus karya video yang mendaftar untuk turut serta. Namun pada IDFF nanti, hanya ada sepuluh dokumenter pendek kategori umum dan sepuluh dokumenter pendek kategori pelajar lolos seleksi yang akan diputar bersandingan dengan dokumenter bertaraf internasional.

Malam penganugerahannya sendiri akan dilaksanakan pada 29 September 2012 mulai pukul 18:00 WIB. Dengan total hadiah sebesar Rp 47 juta, belum lagi hadiah lain berupa pelatihan, film-film dokumenter pendek lokal tersebut akan memperebutkan gelar Dokumenter Terbaik Kategori Umum, Dokumenter Terbaik Kategori Pelajar, dan Dokumenter Pilihan Penonton.

(RS/RS)

Hasil Rating Pembaca:  icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
Form Rating

Rating :

icon_star_full   icon_star_fullicon_star_full   icon_star_fullicon_star_fullicon_star_full   icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full   icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full  

Share:

Komentar terkini (0 Komentar)
1

Kirim komentar anda:

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
logo_detikhot 
Selasa, 28 April 2015 08:41 WIB

Siap Saksikan Keseruan LIVECHATkustik Bareng Setia Band dan Kotak Hari Ini?

Siap Saksikan Keseruan LIVECHATkustik Bareng Setia Band dan Kotak Hari Ini?
LIVECHATkustik akan kembali digelar hari ini (28/4/2015). Berbeda dari bulan lalu, untuk kali ini LIVECHATkustik akan..
 
Senin, 27/04/2015 18:56 WIB

Ray Sahetapy Tengah Syuting Film Hollywood, 'Captain America: Civil War'

Aktor kawakan, Ray Sahetapy, kini dikabarkan tengah menjalani proses syuting untuk film Captain America: ...
 
 

Incoming

Kamis, 05/03/2015 13:32 WIB

Incoming: Gerram, Amarah dari Selatan Sumatera

Darah sedang mengalir dua kali lebih cepat.
Untuk pertama kalinya sejak resmi dibentuk empat tahun silam, Gerram sedang..

Music Biz

Senin, 27/04/2015 15:14 WIB

Music Biz: TuneCore Diakuisisi Believe Digital

Distributor musik digital independen yang berbasis di lebih dari tiga benua, Believe Digital pada pekan lalu mengumumkan sebuah..

Q & A

Senin, 20/04/2015 19:02 WIB

Q&A: Ron 'Bumblefoot' Thal

Seorang gitaris rock asal Amerika Serikat, Ron "Bumblefoot" Thal, pada Kamis (16/4) lalu baru saja berkunjung ke Indonesia. Pada..