Sabtu, 21/04/2012 16:36 WIB

Tertunda Lima Tahun, Saint Loco Akhirnya Rilis Album Baru, 'Momentum'

Sempat tertunda selama lima tahun hingga akhirnya rilis di 2012.
Oleh: Mohammad Zaki
Share :   
image
Saint Loco (Foto: Mohammad Zaki)
Jakarta - Salah satu unit rap rock terbaik di negeri ini, Saint Loco akhirnya kembali muncul ke permukaan dengan sebuah rilisan baru mereka yang sempat tertunda selama lima tahun, Momentum.

Hal tersebut diumumkan sendiri oleh Saint Loco dalam sebuah jumpa pers di Score, Citos, Jakarta Jum’at (20/4) kemarin. Menurut para personel, yang kini tinggal lima orang pasca keluarnya Tius (DJ, drums) dan kembali masuknya Nyong Webster (drum), jeda waktu yang lama antara album kedua dan ketiga disebabkan oleh banyaknya kendala internal yang mereka alami dalam kurun waktu itu.

Momentum ini sebenarnya udah kami persiapkan dari tahun 2008, itu sudah kami bikin materinya. Lalu terjadi banyak hal kayak Nyong kecelakaan, terus ada masalah dengan manajemen dan label. Itu yang membuat kami kadang-kadang sempat berpikir bahwa, ‘apa kami harus berhenti karier di musik ya?’,” jelas pemain bass Gilbert.

Akhirnya pertemuan Saint Loco dengan label baru mereka, Nagaswara di tahun 2010 seakan membawa angin segar bagi band yang sudah berumur sepuluh tahun ini untuk segera merilisnya ke publik. Hingga akhirnya Momentum pun hadir di awal tahun ini.

“Tentang lagu, memang dari 2008, pas Saint Loco kehilangan Nyonk, yang resign karena harus recovery penuh akibat kecelakaan di akhir 2007, kami sudah nyiapin hampir sepuluh lagu untuk dirilis, tapi nggak rilis-rilis,” ungkap vokalis Joe Tirta menceritakan bagaimana proses terjadinya materi-materi di album Momentum.

Ia pun melanjutkan, “Hingga Tius resign September 2010, terus Nyonk gabung lagi November, Desember 2010 kami langsung melakukan karantina diri di Puncak, Bogor dapat enam lagu baru fresh from the oven dan kemudian kami langsung gabungkan dengan materi sebelumnya. Total jadi sebelas lagu dengan materi-materi yang lama kami aransemen ulang.”

Mengenai materi album, Saint Loco menyatakan bahwa Momentum jauh berbeda dengan dua album sebelumnya. Jika di album pertama dan kedua lagu-lagu mereka banyak memiliki muatan lirik berbahasa Inggris, di album ketiga justru banyak didominasi lagu-lagu berbahasa Indonesia.

Meskipun lima tahun tidak merilis album penuh bukan berarti Saint Loco nihil karya. Pertengahan 2008, Joe dan kawan-kawan sempat mendapat kesempatan berkolaborasi dengan band-band se-Asia tenggara di bawah bendera Project E.A.R (East Asian Revolution).

Proyek ini pun lantas menelurkan dua buah single “Marahabaya” dan “South East A”. Tak lama setelah menyelesaikan proyek regional itu, Saint Loco juga sempat merilis sebuah single berjudul “Santai Saja” yang cukup sukses mondar-mandir di tangga lagu berbagai radio dan acara musik di televisi.

(RS/RS)

Hasil Rating Pembaca:  icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
Form Rating

Rating :

icon_star_full   icon_star_fullicon_star_full   icon_star_fullicon_star_fullicon_star_full   icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full   icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full  

Share:

Komentar terkini (0 Komentar)
1

Kirim komentar anda:

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
logo_detikhot 
Rabu, 23 April 2014 21:45 WIB

Donita Deg-Degan Nyanyi dengan Konsep Band

Donita Deg-Degan Nyanyi dengan Konsep Band
Aktris Donita kembali menunjukan suara merdunya lewat single terbarunya berjudul 'Hilang'. Perempuan bernama asli Noni..
 
Rabu, 23/04/2014 19:43 WIB

Jibriel Kembali dengan Merilis Single Baru, 'Terdepan'

Setelah lama vakum, band asal Jakarta bernama Jibriel telah diaktifkan kembali pada usia band yang ketujuh .....
 

Incoming

Senin, 07/04/2014 12:41 WIB

Incoming: Matajiwa: Duo Folk Aneh Beramunisi Eksplorasi

“Itu semacam perumpamaan untuk definisi brengsek, tapi kalau brengsek kan masih bisa dipakai dalam hal yang positif. Nah,..

Music Biz

Rabu, 13/11/2013 11:48 WIB

Memangnya Ada Musik Indonesia?

“Memangnya ada musik Indonesia? Memangnya ada kebudayaan Indonesia?” ujar etnomusikolog Rizaldi Siagian ketika saya..

Q & A

Selasa, 01/04/2014 16:37 WIB

Q&A: Rick Ross

Obrolan tentang ganja, wanita, album barunya yang 'klasik' dan rencana evakuasi jika Miami tenggelam.