Senin, 09/01/2012 18:42 WIB

Mantan Gitaris Fleetwood Mac, Bob Weston, Meninggal Dunia

Juga sempat merilis tiga album solo.
Oleh: Reno Nismara
Share :   
image
Bob Weston (paling kanan) saat bersama Fleetwood Mac (Foto: bobwestondotcom)
Jakarta - Bob Weston, gitaris yang direkrut Fleetwood Mac pada 1972 dan hanya bertahan hingga 1973, telah ditemukan tak bernyawa di kediamannya di London, Inggris pada Selasa (3/1) lalu setelah tetangganya mencurigai sesuatu yang janggal dan langsung menghubungi polisi setempat. Ia berusia 64 tahun.

Polisi mengatakan pada Jumat (6/1) lalu bahwa tidak ada yang janggal dari kematian Weston. Sebuah otopsi menunjukkan bahwa kematiannya disebabkan oleh tiga penyakit sekaligus, yaitu pendarahan pada lambung, sirosis hati, dan masalah tenggorokan.

Teman dekat Weston, Steve Fairhead, menulis pada situs resmi BobWeston.com: “Keluarga saya dan saya sendiri telah kehilangan seorang sahabat, dunia telah kehilangan seorang musisi bertalenta luar biasa dengan urusan yang belum selesai.”

Weston bergabung dengan Fleetwood Mac sebagai pengganti gitaris muda bermasalah, Danny Kirwan. Ia turut serta dalam pembuatan album studio Penguin dan Mystery to Me sebagai gitaris utama. Ia dikenal atas permainan slide gitarnya dan juga bagaimana ia memperkaya karakter Fleetwood Mac dengan menggunakan harmonika serta banjo.

Sayang, ketika menjalankan tur Amerika Serikat pada akhir 1973, istri drummer Mick Fleetwood, Jenny Boyd, tertangkap basah berselingkuh dengan Weston. Alhasil, Weston dipecat dari band.

Tetapi, jika bukan karena Weston, Fleetwood Mac tidak akan pernah diperkuat oleh Stevie Nicks dan Lindsey Buckingham, dua orang yang bertanggungjawab dalam membawa band ini ke status megabintang. Keluarnya Westonlah yang membuat Nicks dan Buckingham diminta untuk bergabung dengan Fleetwood Mac.

Weston juga sempat merilis tiga album solo, yaitu Night Light pada 1980, Studio Picks pada 1981, dan There’s a Heaven pada 1999.

(RS/RS)

Hasil Rating Pembaca:  icon_star_officon_star_officon_star_officon_star_officon_star_off
Form Rating

Rating :

icon_star_full   icon_star_fullicon_star_full   icon_star_fullicon_star_fullicon_star_full   icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full   icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full  

Share:

Komentar terkini (0 Komentar)
1

Kirim komentar anda:

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
logo_detikhot 
Selasa, 21 Oktober 2014 14:30 WIB

Kamga: Kenapa Namanya Dekat, karena Kita Dekat!

Kamga: Kenapa Namanya Dekat, karena Kita Dekat!
Kamga, Chevrina dan Tata memutuskan untuk membentuk sebuah grup vokal baru yang diberi nama Dekat. Pemilihan nama Dekat..
 
Senin, 20/10/2014 21:37 WIB

Festival Musik Alam Terbuka, RRREC Fest 2014, Segera Digelar di Sukabumi

Ruangrupa Record Festival atau biasa disebut RRREC Fest akan kembali hadir pada 31 Oktober hingga 2 November .....
 

Incoming

Rabu, 03/09/2014 11:55 WIB

Incoming: Gilbert Pohan: Penyanyi, Pencipta Lagu, Pendatang Baru, Pekerja Keras

Gilbert Pohan, penyanyi dan pencipta lagu pendatang baru yang berada di bawah naungan Musik Bagus Indonesia selaku platform..

Music Biz

Kamis, 14/08/2014 19:30 WIB

Jumat Akan Jadi Hari Rilis Musik Global

Setidaknya mulai setahun dari sekarang – sekitar Juli tahun depan – sebuah peraturan yang mengatur hari perilisan..

Q & A

Rabu, 01/10/2014 18:32 WIB

Q&A: Jack Antonoff (fun.,Bleachers)

"Saya sedang mencerna kenyataan bahwa saya yang membuat album ini,” kata Jack Antonoff. “Pada awalnya, ini terasa..