Selasa, 09/08/2011 11:06 WIB
icon_star_full icon_star_full icon_star_full icon_star_full icon_star_off

CD Review: Rajasinga

Rajagnaruk / Revolt Records

Cadas, buas, dan bikin puas
Oleh: Ricky Siahaan
Share :   
image
Cover album Rajasinga
Rajagnaruk (atau jika dibalik terbaca: ‘kurang-ajar’) adalah effort kedua band yang ide bersenang-senang di musiknya adalah gitar berdistorsi tinggi, drum menggerinda, dan aroma asap mariyuana yang semerbak. Kini, Rajasinga telah mencapai format sempurnanya melalui Rajagnaruk, musik grindcore (atau grindrock?) mereka buat mampu untuk menjadi soundtrack pesta musik keras, di mana kini lirik-lirik menjadi seru untuk dinyanyikan bersama teman-teman. Tembang pertama “Anak Haram Ibukota” adalah contohnya. Di sini Rajasinga dengan cerdas melebur aliran grindcore dengan rock & roll, menjadi sesuatu yang segar. Pendekatan bernyanyi juga tidak seperti tipikal vokal grindcore yang hanya mengandalkan growl rendah maupun scream tinggi. Kali ini Rajasinga sukses membawa suasana pesta, dengan selipan sing along di departemen vokal. Bukan hal yang mudah dilakukan dalam musik yang megapadat dan ultrabrutal. Belum lagi bila liriknya ditilik, Rajagnaruk mampu dinobatkan sebagai album grind lokal dengan lirik terbaik. Menggabungkan tema keseharian, dengan kata-kata yang mudah dicerna namun cerdas secara rima dan penuturan. “Kokang Batang” bercerita tentang kebiasaan mengunduh bahan porno, “99% THC, 1 % skill” merupakan anthem penyemangat dengan lirik seperti “Kamar kami kecil, dunia kami luas/Kami memang seram, tapi tidak suram/Kami memang susah, tapi tidak payah.” Desain sampul CD yang apik juga menunjukkan kemampuan Moorg sang vokalis dalam menghasilkan ilustrasi canggih. Juga menunjukkan bahwa estetika tinggi yang dipaparkan bukan hanya dari segi musik dan rekamannya, namun juga harus bisa menghibur dari visual benda fisik yang ditawarkan. Effort ini membuat Rajagnaruk menjadi unik, tidak biasa, dan calon menjadi abadi. Rajasinga siap jadi raja.
(RS/RS)

Share:

Komentar terkini (0 Komentar)
1

Kirim komentar anda:

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
logo_detikhot 
Selasa, 25 Nopember 2014 21:05 WIB

Rio Febrian Akhiri LIVECHATKustik dengan Galau Lewat Lagu 'Bukan Untukku'

Rio Febrian Akhiri LIVECHATKustik dengan Galau Lewat Lagu 'Bukan Untukku'
Penampilan Rio Febrian akhirnya menuju puncaknya. Rio pun menutupnya lewat dua lagu yang ia bawakan.
 
Selasa, 25/11/2014 18:33 WIB

Film Silat 'Pendekar Tongkat Emas' Tayang di Bioskop Mulai 18 Desember Mendatang

Memakan waktu dua tahun mulai dari riset hingga penyelesaian pasca-produksi, film silat berjudul Pendekar ...
 
 

Incoming

Rabu, 05/11/2014 21:26 WIB

Incoming: Aljabar, Unjuk Gigi Unit Hip Hop Jazz Semarang

Kancah hiphop Semarang barangkali terbilang miskin rilisan, begitu pula jazz. Kehadiran Aljabar berada pada dua kanal yang..

Music Biz

Senin, 24/11/2014 19:58 WIB

CEO Mundur, Masa Depan Vevo Terancam

Vevo dikabarkan tengah bermasalah. Rencana mereka untuk menjual perusahaan dengan harga 1 miliar AS gagal walaupun Yahoo,..

Q & A

Selasa, 18/11/2014 18:12 WIB

Q&A: Tonstartssbandht

Album Smiley Smile dari The Beach Boys boleh saja disambut dengan kebingungan publik saat pertama kali dirilis pada September..