Rabu, 11/05/2011 12:59 WIB

Glenn Fredly Menjadi Produser Album Maluku Hip-Hop Community

Didukung pula oleh musisi Ambon terkenal seperti Yopie Latul, Benny Likumahua, Yance Manusama, dan sebagainya.
Oleh: Aji Yudo
Share :   
image
Maluku Hip-Hop Community (Foto: MHC)
Jakarta - Glenn Fredly seperti memenuhi janjinya beberapa waktu lalu. Di kala kontroversi tentang mundurnya Glenn dari industri musik kencang berhembus ia sempat menegaskan bahwa dirinya akan kembali ke Ambon guna membangun kultur musik populer di sana. Dan album Beta Maluku yang diproduseri olehnya tampak menjadi salah satu bukti keseriusannya.

Musik hip-hop/rap dengan balutan lirik Maluku dalam tradisi puisi dan riwayat negeri yang tergabung dalam Maluku Hip-Hop Community (MHC) adalah sebuah komunitas musik yang didirikan oleh Morika Tetelepta, Franz Hayaka Nendissa, Althien Pesurnay, dan Revelino Berry di tahun 2008. Ditahun 2010 silam MHC bertemu dengan penyanyi dan pencipta lagu Glenn Fredly di Ambon, dan ternyata menemukan kesamaan visi untuk membangun Maluku melalui musik.

Glenn dan MHC sepakat tidak akan melupakan akar dari kesenian tradisi mereka yaitu Kapata dan Kapanya. Kapata adalah syair lagu dan puisi Maluku yang berisi petuah, sejarah, riwayat negeri maupun sejarah, sementara Kapanya lebih bersifat menghibur dalam suasana pesta rakyat. Akhirnya muncullah gagasan untuk mengangkat Kapata dan Kapanya ini melalui sebuah album hip-hop berjudul Beta Maluku.

"Kenapa saya tertarik memproduseri album ini? Karena selain komunitas hip-hop mulai berkembang di kota Ambon, di dalamnya juga terjadi proses silang budaya antara hip-hop dengan sastra tua Maluku. Menghidupkan identitas manusia budaya Maluku punya peranan penting sebagai bagian epicentrum timur Indonesia," jelas Glenn Fredly kepada Rolling Stone.

Album Beta Maluku yang diproduseri oleh Glenn Fredly dan Aldisyah Latuihamallo rencananya akan mulai dijual pada 27-28 Mei mendatang, bertepatan dengan acara pergelaran budaya Indonesia kita dalam episode berjudu Beta Maluku Di Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Album Beta Maluku sendiri menurut Glenn rencananya akan dirilis secara resmi pada tanggal 30 Mei mendatang di Erasmus Huis, Jakarta.

Beta Maluku didukung oleh MHC, D’embalz, dan Semang. Tak hanya itu saja para penyanyi terkenal dari Ambon seperti Yopie Latul, Marionie Serhalawan, Matthew Sawyers dan Paduan suara Universitas Pattimura Amadeus Choir pimpinan Rony Loppies juga tampil di album ini. Para musisi bernama besar keturunan Ambon yang ikut berpartisipasi di album ini juga cukup banyak, di antaranya Benny Likumahua, Yance Manusama, Nicky Manuputty, dan masih banyak lagi.

Mereka menyanyikan lagu-lagu adat Maluku seperti "Hena Masa Wiaya," "Lembe-Lembe," "Rarsamange," "Mama Lole," dan banyak lagi yang sudah sangat populer di telinga masyarakat Maluku dengan sentuhan hip-hop, sehingga menghasilkan perpaduan manis antara kualitas musik kultur pop dengan kesenian asli Maluku.

(wp/RS)

Hasil Rating Pembaca:  icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
Form Rating

Rating :

icon_star_full   icon_star_fullicon_star_full   icon_star_fullicon_star_fullicon_star_full   icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full   icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full  

Share:

Komentar terkini (0 Komentar)
1

Kirim komentar anda:

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
logo_detikhot 
Jumat, 24 Oktober 2014 13:38 WIB

Tiket Konser Michael Buble Dijual Mulai 7 November

Tiket Konser Michael Buble Dijual Mulai 7 November
Berita datangnya solois Michael Buble ke Jakarta dalam rangkaian konser bertajuk 'To Be Loved Tout' sudah resmi. Lebih..
 
Jumat, 24/10/2014 10:31 WIB

Led Zeppelin Segera Rilis Versi Lain 'Stairway To Heaven'

Persinggahan sepekan Led Zeppelin di studio rekaman Sunset Sound Recorder, Los Angeles, pada 1971 .....
 

Incoming

Rabu, 03/09/2014 11:55 WIB

Incoming: Gilbert Pohan: Penyanyi, Pencipta Lagu, Pendatang Baru, Pekerja Keras

Gilbert Pohan, penyanyi dan pencipta lagu pendatang baru yang berada di bawah naungan Musik Bagus Indonesia selaku platform..

Music Biz

Kamis, 14/08/2014 19:30 WIB

Jumat Akan Jadi Hari Rilis Musik Global

Setidaknya mulai setahun dari sekarang – sekitar Juli tahun depan – sebuah peraturan yang mengatur hari perilisan..

Q & A

Rabu, 01/10/2014 18:32 WIB

Q&A: Jack Antonoff (fun.,Bleachers)

"Saya sedang mencerna kenyataan bahwa saya yang membuat album ini,” kata Jack Antonoff. “Pada awalnya, ini terasa..