Selasa, 08/02/2011 18:30 WIB

Membongkar Rahasia Panjang Umur Netral

Kiat-kiat trio rock alternatif selama 18 tahun bertahan di ganasnya industri musik tanahair.
Oleh: Rama Wirawan
Share :   
image
Jakarta -

Bagus, vokalis/pemain bas Netral, Puput, manajer Netral, kritikus musik Denny Sakrie dan Wendi Putranto, editor eksekutif Rolling Stone Online tampak asyik berbincang-bincang Selasa (5/9) malam itu di Rolling Stone Cafe, Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan. Di hadapan empat orang tadi, puluhan pasang mata dan telinga menyimak seksama obrolan mereka. Tapi tidak seserius itu.

“Netral itu pendirinya Bimo (eks-pemain drum). Dia yang paling semangat waktu itu. Bahkan dia sampai jual mobil untuk bikin demo. Setelah demo jadi, kita coba tawarin ke label. Awalnya ditolak. Mereka bilang, dengerin musik kita kayak dengerin musik tapi ditutup sama panci,” kisah Bagus, dengan gaya cuek ciri khasnya, yang sukses mengundang tawa audiens.

Rolling Stone Release Party Edisi Oktober 2010 persembahan LangitMusik Telkomsel kembali dibuka dengan Music Biz Talk Show yang mengupas topik-topik menarik dalam industri dan bisnis musik. Setelah sukses menjadi bagian acara Release Party bulan sebelumnya, sesi Music Biz kembali diadakan. Topik kali ini adalah “Rahasia Band Panjang Umur” yang menampilkan para pembicara di atas.

Mengingat usianya yang sudah mencapai 18 tahun, tak berlebihan rasanya jika malam itu Netral menjadi perwakilan dari sedikit band Indonesia yang bisa bertahan lama dan produktif pada saat yang sama. Sejak berdiri di tahun 1992 hingga kini Netral telah merilis 10 album penuh, 2 album kompilasi hits, mengalami bongkar pasang personel sebanyak tiga kali, mengalami regenerasi fans sekaligus mengalami seringnya pergantian tren musik di tanah air.

Menurut Puput, fan base Netral yang berhasil di data oleh manajemen tercatat sebesar 90.000 orang, sebuah pencapaian yang membanggakan tentunya. Apalagi sejak tahun 2005 Netral sudah berada di luar major label dan berdiri di atas kaki sendiri dengan mendirikan label independen Kancut Records.

Prestasi yang telah dicapai Netral ketika bertarung di industri musik yang terkenal kejam ini terbilang sangat jarang terjadi sekaligus membanggakan karena three-piece-band ini memainkan musik rock alternatif, sebuah genre musik yang cukup dijauhi industri karena tergolong berisik dan tidak ear candy bagi kebanyakan orang Indonesia.

Didaulatnya Puput—yang sebelum menjadi manajer Netral pernah memegang manajemen Dewa 19—sebagai pembicara juga bukan tanpa alasan. Ia adalah manajer Netral yang belum tergantikan sejak tahun 1995.

“Strateginya adalah komitmen penuh aja,” Puput membuka rahasia umur panjang Netral. “Apapun yang terjadi sebuah band mesti berkarya terus, produktif merilis album dan jangan gampang menyerah dalam kondisi apapun,” imbuhnya.

Denny Sakrie berpendapat serupa. Menurutnya, jika niat awal membentuk sebuah band adalah untuk menjadi terkenal dan mendapatkan uang, maka apabila band itu gagal di satu single ada kemungkinan mereka akan membuat band baru lagi. “Generasi sekarang kurang memiliki keinginan untuk ajeg,” kata Denny Sakrie.

Perbincangan yang berlangsung sekitar satu setengah jam itu berlangsung dengan intens. Bahkan penyanyi Glenn Fedly juga turut hadir malam itu sebagai peserta sekaligus ikut mengajukan pertanyaan di sesi tanya jawab.
 


(rlt/rlt)

Hasil Rating Pembaca:  icon_star_officon_star_officon_star_officon_star_officon_star_off
Form Rating

Rating :

icon_star_full   icon_star_fullicon_star_full   icon_star_fullicon_star_fullicon_star_full   icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full   icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full  

Share:

Komentar terkini (0 Komentar)
1

Kirim komentar anda:

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
logo_detikhot 
Minggu, 23 Nopember 2014 10:25 WIB

Ini Royal Caribbean Cruise, Kapal Mewah Festival EDM 'It's The Ship'

Ini Royal Caribbean Cruise, Kapal Mewah Festival EDM 'It's The Ship'
Matahari pagi di Pantai Tengah, Pulau Langkawi, Malaysia sudah mulai menyengat. Panggung kecil berlatarbelakang bukit..
 
Sabtu, 22/11/2014 20:10 WIB

Alexa Berbahasa Inggris di Single Terbaru, 'Walking Down the Boulevard'

Biasa merilis single cinta yang ngepop, Alexa kini menelurkan sebuah lagu yang benar-benar berbeda. Mereka ...
 
 

Incoming

Rabu, 05/11/2014 21:26 WIB

Incoming: Aljabar, Unjuk Gigi Unit Hip Hop Jazz Semarang

Kancah hiphop Semarang barangkali terbilang miskin rilisan, begitu pula jazz. Kehadiran Aljabar berada pada dua kanal yang..

Music Biz

Kamis, 13/11/2014 17:37 WIB

Luncurkan Live Nation Indonesia, Java Festival Production Kongsi dengan Live Nation Entertainment

Promotor dalam negeri penghasil beberapa festival musik bergengsi, Java Festival Production, dikabarkan telah berkongsi dengan..

Q & A

Selasa, 18/11/2014 18:12 WIB

Q&A: Tonstartssbandht

Album Smiley Smile dari The Beach Boys boleh saja disambut dengan kebingungan publik saat pertama kali dirilis pada September..