Mesin Waktu di The 90's Festival

Bernostalgia bersama sederet artis yang berjaya di era ‘90-an

Oleh
Fariz RM Foto: Shindu Alpito

Pada 25 November 2017, pergelaran The 90's Festival digelar untuk kali ketiga. Tema kali ini adalah "Big Reunion" 3rd Edition, diselenggarakan di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta. Setelah sukses untuk pertama kali digelar di Bandung yang menghadirkan empat belas artis dan 4000 penonton, yang kedua digelar di Istora Senayan pada 2015 dengan menampilkan delapan belas artis yang dihadiri 7000 orang, acara ketiga ini lebih ramai dan penuh dengan sarana berbau "90-an untuk mengenang kembali masa-masa yang penuh dengan hal-hal yang berbeda dan unik pada masanya.

Kali ini 90's Festival dihelat di empat panggung utama. Toped Stage sebagai panggung Tokopedia dimeriahkan oleh T-Five, Shaden, Wayang, Reza Artamevia, serta band mancanegara Sixpence None the Richer. Penutup ialah Dewa 19 yang berkolaborasi dengan Ari Lasso. Panggung kedua adalah Hardtop Stage persembahan dari Grab Indonesia, dimeriahkan oleh KLa Project, The Groove, P-Project, Bragi, dan Potret. Panggung ketiga adalah persembahan MLD Djarum, dengan bintang Base Jam, Oppie Andaresta, Warna, MLD Jazz Project, Fariz RM, serta Neo + Sweet Martabak. Panggung terakhir dipersembahkan oleh Wardah, bernama 90's Icon Stage dan menampilkan Purpose, Stinky, D.O.T., Voodoo, Tic Band, dan Yana Julio.

Semua pengunjung terlihat antusias ingin menonton musisi-musisi favorit mereka. Dekorasi juga mendukung suasana di sana. Sementara yang menjadi highlight pada malam itu adalah Reza Artamevia, Sixpence None the Richer, dan Dewa 19 feat. Ari Lasso. Reza menyanyikan lagu-lagu andalannya, antara lain "Aku Wanita" dan "Cinta kan Membawamu". Sedangkan Sixpence None the Richer tampil sebelum Dewa 19. Mereka membuka dengan "Don't Dream It's Over", dilanjut dengan "Kiss Me" dan "There She Goes".

Acara ditutup dengan kemeriahan. Penonton berdiri memenuhi depan panggung sampai ke belakang. Cahaya dramatis muncul bersamaan dengan lagu Dewa 19, seperti mengajak detak jantung penonton untuk semakin berpacu. Dewa hanya diberikan waktu 45 menit untuk tampil, namun dengan tidak disangka mereka menambah waktu tampil sampai 90 menit. Mereka tampak bersenang ria bersama para penonton, menyanyikan hits mereka, "Restoe Boemi", "Cukup Siti Nurbaya", "Satu Hati", "Roman Picisan", "Separuh Nafas" dan "Kirana".

Durasi tampil tiap musisi yang tidak begitu lama, kira-kira hanya bisa membawakan lima sampai enam lagu, tidak membuat artis dan penonton kecewa. Ini membuat musisi menyanyikan lagu-lagu hit mereka saja sehingga terasa lebih 'dekat' dengan penonton yang ikut menyanyikan setiap lirik di semua lagu.

Tidak hanya sederet musisi yang memeriahkan acara ini, namun banyak hal yang berkaitan dengan era "90-an turut dihadirkan, mulai dari komunitas "90-an hingga kuliner, buku, film, mainan, dan sederet kenangan lainnya pada Zona 90-an. Banyak gerai yang menjual aneka pernah-pernik "90-an. Ada yang menjual Nintendo, Tamiya, komik, juga kaus dengan desain zaman dulu. Permainan arcade dingdong yang dikenal di era lampau dan dioperasikan dengan koin juga dihadirkan di satu ruangan khusus, untuk dimainkan secara gratis.

Gerai merchandise menjual kaus-kaus unik bergambarkan barang-barang tahun "90-an, bersama tote bag, stiker, juga kotak bergambar kaset yang berisikan Gamebot Brick Game, permen Davos, baling-baling, yoyo kayu, Lego, serta permen kaki.

Tokopedia membuka gerai besar dikhususkan untuk pembeli tiket lewat aplikasi Tokopedia sebagai tempat bermain. Terdapat zona karaoke besar yang dibuka secara gratis untuk para pendatang yang ingin bernyanyi bersama Edi Brokoli. MLD Djarum membuka gerai besar yang memungkinkan pengunjung bermain ular tangga besar, Jenga, juga vending machine berisi tebakan seputar hal-hal "90-an dan pengunjung bisa mendapatkan hadiah secara acak.

90's Festival kali ini benar-benar menjadi sarana nostalgia yang tepat bagi mereka yang rindu masa "90-an. Dengan antusiasme besar dari pengunjung di tahun ini, tak mengherankan bila di tahun depan acara ini akan digelar kembali.

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. JRX, Frau, Iksan Skuter Bakal Tampil di Acara Solidaritas Korban Penggusuran Kulon Progo
  2. Payung Teduh Memperkenalkan Single Terbaru, "Di Atas Meja"
  3. SORE Merekam Ulang Lagu Grup Fariz RM dan Erwin Gutawa
  4. Berkolaborasi dengan Vokalis Komunal, Taring Melepas Lagu Terbaru
  5. Ramengvrl Lepas Single Terbaru, "GO! (I Can Be Your)"

Add a Comment