Drummer Rafi Muhammad Resmi Merilis Album Terbaru

Juga dirilis di Jepang

Oleh
Rafi Muhammad Alain Goenawan

Drummer muda asal Jakarta, Rafi Muhammad, baru-baru ini telah resmi melepas album baru bertajuk Transition. Album yang berisikan total sembilan lagu ini diluncurkan pada pertengahan November lalu di kelab jazz ternama Jepang, Motion Blue.

Acara peluncuran Transition di Motion Blue tersebut bisa terselenggara berkat kerja sama antara Berita Angkasa Records – label rekaman yang menaungi Rafi – dengan label rekaman AMSA Records asal Jepang. Kerja sama antara kedua label rekaman itu juga menghasilkan distribusi album Transition di Jepang.

"Saya pertama kali menonton Rafi pada Java Jazz Festival tahun ini karena sahabat saya, Adra Karim, merekomendasikan untuk menyimak drummer muda ini," ungkap Masahide Goto selaku pendiri AMSA Records seperti tercantum pada siaran pers. "Dan ketika saya menontonnya, saya langsung takjub dengan permainan dan energi Rafi; salah satu penampilan terbaik pada Java Jazz Festival 2017."

Transition sendiri dikerjakan oleh Rafi sejak tiga tahun lalu. Ia menggabungkan banyak elemen musik mulai dari jazz, hip hop, fusion, psychedelic, R&B, hingga rock. Beberapa musisi tamu pun hadir meramaikan seperti Ardani Sesotyasari, Dewa Budjana, Shotgundre, maupun Indra Lesmana yang melakukan proses mixing dan mastering album.

"Transition secara keseluruhan menceritakan perjalanan musik gue dan persembahan kepada para musisi dari berbagai genre yang gue kagumi," ungkap Rafi. "Album ini dikerjakan sangat santai dan menghasilkan lagu-lagu dengan berbagai nuansa. Selain itu gue mencoba keluar dari zona nyaman, salah satunya adalah berkolaborasi dengan keluarga Berita Angkasa untuk meluncurkan album ini."

Transition sudah dapat didengar lewat beberapa layanan musik digital seperti iTunes ataupun Spotify. Format fisiknya bisa dibeli melalui Berita Angkasa Merch.

Rafi Muhammad pertama kali merilis album pada 2006 dengan tajuk Can't Stop the Beat ketika masih berusia 10 tahun. Karier bermusiknya juga diketahui di beberapa proyek seperti Rafi and the Beat, Art of Tree, LLW, dan yang paling baru bernama Her Coat of Arms. (rn)

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. JRX, Frau, Iksan Skuter Bakal Tampil di Acara Solidaritas Korban Penggusuran Kulon Progo
  2. Payung Teduh Memperkenalkan Single Terbaru, "Di Atas Meja"
  3. SORE Merekam Ulang Lagu Grup Fariz RM dan Erwin Gutawa
  4. Berkolaborasi dengan Vokalis Komunal, Taring Melepas Lagu Terbaru
  5. Ramengvrl Lepas Single Terbaru, "GO! (I Can Be Your)"

Add a Comment