8 Tahun Absen Merilis Album, J-Rocks Melepas 'Let's Go'

Erwin Gutawa, Pay Burhan, Denny Chasmala dan Andi Rianto ikut andil pula di album ini

Oleh
J-Rocks saat peluncuran album 'Let's Go' di Jakarta belum lama ini. dok. Aquarius Musikindo

Merilis album keempat ternyata menjadi tantangan tersendiri dalam perjalanan karier J-Rocks. Kuartet asal Jakarta itu membutuhkan waktu 8 tahun untuk akhirnya bisa merilis album keempat mereka yang bertajuk Let's Go.

Ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, belum lama ini J-Rocks menjelaskan proses terciptanya album yang berisi 10 lagu tersebut. Penggarapan album sudah berlangsung sejak dua tahun lalu. Namun bongkar pasang musik terjadi dan J-Rocks memilih untuk benar-benar menyempurnakan karyanya sebelum mengedarkannya.

"Di album ini kita menampilkan banyak suasana. Basic-nya tetap J-Rocks tapi di situ ada banyak unsur. Dari mulai rap, DJ dan juga orkestra. Dari sisi lirik pun ada bahasa Indonesia, Inggris juga Jepang," ujar sang basis Wima.

Sebenarnya merilis album buat J-Rocks bukan suatu hal yang bersifat wajib. Toh tanpa album juga mereka tepat berkarya dan menelurkan beberapa single selama 8 tahun berselang. Kegiatan bermusik mereka dari panggung ke panggung pun belum terhenti.

Namun memang tidak lengkap rasanya bila semua single yang dirilis mereka tidak "dibukukan" lewat album. Sementara itu di sisi lain dorongan para J-Rockstar (sebutan untuk fans J-Rocks) terus berdatangan. 

"Itu kenapa album ini diberi judul Let's Go. Seperti sebuah dorongan untuk 'ayolah jalan aja'. Dan kalimat itu mengandung kesan yang positif sehingga kami pilih jadi judul album," tutur Iman sang vokalis.

Bagi J-Rocks tentu saja kehadiran J-Rockstar membuat motivasi tersendiri. Karena itu mereka terus mencari cara untuk tetap menjaga komunikasi dengan para penggemarnya. Tentu saja keterbatasan para personel J-Rocks untuk menyapa fansnya satu persatu menjadi hambatan.

Dalam acara perilisan albumnya, J-Rocks pun mengumumkan kerjasama mereka dengan aplikasi ponsel bernama Vinity. Dalam aplikasi tersebut, mereka yang tergabung secara resmi akan mendapatkan ID dan bisa mengakses beragam informasi dari J-Rocks. Dari mulai berita, forum hingga audio dan video interaktif.

"Kami sadar akan kemajuan teknologi. Ya kaminya juga harus maju nggak bisa di belakang terus. J-Rockstar yang membuat kami hidup, jadi kami juga yang harus menjaga apinya terus menyala," tutur Iman. 

Album Let's Go menampilkan single kedua bertajuk "Selamat Jalan". Single tersebut seolah mengembalikan musik J-Rocks ke awal pergelutan mereka di dunia musik. 

Pelantun hits "Lepaskan Diriku" itu mendapat banyak bantuan dari musisi lain untuk penggarapan albumnya. Sebut saja Erwin Gutawa, Pay Burhan, Denny Chasmala dan Andi Rianto ikut andil pula di album ini. Irfan 'Samsons' pun bertindak sebagai produser dalam album yang dirilis oleh Aquarius Musikindo tersebut.

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. Mundur dari Payung Teduh, Is: “Saya Enggak Egois”
  2. SORE Merekam Ulang Lagu Grup Fariz RM dan Erwin Gutawa
  3. Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak
  4. 10 Destinasi Wisata Musik Legendaris di Inggris
  5. Perpaduan Gairah Musik dan Skateboard di Volcom: Road to Cakrawala

Add a Comment