Aksi Galang Dana untuk Pengobatan Yockie Suryoprayogo

Sang legenda hidup musik rock Indonesia sempat mengalami muntah darah

Oleh
Yockie Suryoprayogo saat tampil di konser 'Menjilat Matahari'. Muhammad Asranur

Kabar nestapa tentang kondisi kesehatan Yockie Suryoprayogo, legenda hidup musik rock Indonesia yang berusia 63 tahun, tersebar di media sosial dalam satu pekan terakhir. Yockie sempat jengah dengan penyebaran kabar tersebut dan lalu memberi pernyataan lewat Facebook, "Saya memang mengalami gangguan kesehatan. Tapi mohon jangan dibesar-besarkan lah."

Yockie mengalami penyakit sirosis hati. Ia sempat dibesuk oleh Ian Antono dan Achmad Albar, mantan rekan satu bandnya di Godbless. "Sabtu (21/10) pagi dengan menyetir sendiri, setelah sempat kesasar, Albar sampai di lokasi dan bertemu dengan Ian Antono bersama istrinya Titiek Saelan di lobby rumah sakit itu," tulis pihak Godbless seperti tercantum pada situs resmi mereka.

"Yockie nampak tengah beristirahat ditemani istrinya, Tiwi, dan putri bungsunya, Sarah Anya Anjani. Tak tega membangunkan, mereka memilih menunggu hingga suster jaga muncul dan membangunkan pasien yang membiarkan brewoknya tumbuh liar itu. Pertemuan ketiga legenda rock itu cukup mengharukan. Perbincangan berlangsung setengah berbisik dan pendek-pendek. Hingga tiba waktunya pemain keyboard tersebut harus dipindahkan ke ruangan lain untuk menjalani proses endoscopy."

Untuk membantu pengobatan Yockie di rumah sakit, pemimpin redaksi dari Rolling Stone Indonesia, Adib Hidayat, dan penulis musik senior, Denny MR, menggarap penggalangan dana yang diberi nama A Tribute to Yockie Suryoprayogo. "Informasi yang kami dapatkan dari Ibu Tiwi, istri dari Yockie Suryoprayogo, untuk pengobatan sakitnya butuh biaya yang cukup banyak," ungkap mereka. Donasi sudah dapat dilakukan melalui situs KitaBisa.com.

Pada pekan kedua Oktober lalu, Yockie sempat menggelar konser bertajuk Menjilat Matahari di The Pallas, SCBD, Jakarta. Kemudian beberapa hari setelahnya ia sempat menjadi salah satu pembicara soal musik pop Indonesia – bersama Guruh Soekarno Putra, Ade Paloh, dan Mondo Gascaro – di acara Archipelago Festival 2017. (rn)

Yockie Suryoprayogo diapit oleh dua kerabatnya, Ian Antono (kiri) dan Achmad Albar (kanan). Foto: Instagram/godblessrocks

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. SORE Merekam Ulang Lagu Grup Fariz RM dan Erwin Gutawa
  2. Superman is Dead Tolak Permintaan Presiden Jokowi untuk Memakai Lagu Mereka
  3. Mundur dari Payung Teduh, Is: “Saya Enggak Egois”
  4. Perpaduan Gairah Musik dan Skateboard di Volcom: Road to Cakrawala
  5. Yatra, Sebuah Perjalanan ke Nepal Sebelum Bencana

Add a Comment