'Pengabdi Setan' Versi Baru Menjadi Film Horor Indonesia Terlaris

Melewati pencapaian 'Danur: I Can See Ghosts'

Oleh
Salah satu adegan dalam versi baru 'Pengabdi Setan'. Rapi Films

Versi baru Pengabdi Setan resmi menjadi film horor Indonesia terlaris sepanjang catatan modern. Sekitar tiga minggu sejak pemutaran perdananya, film arahan Joko Anwar ini ditonton lebih dari 2,8 juta kali. Sebelumnya Danur: I Can See Ghosts lebih dulu memecahkan rekor dengan catatan angka 2,7 juta penonton.

Pengabdi Setan-nya Joko Anwar merupakan garapan ulang dari film asli berjudul sama rilisan tahun 1980. Belakangan, Joko Anwar menyatakan kalau film yang dibuatnya ini lebih tepat disebut prekuel. Kisahnya tentang Rini (diperankan Tara Basro) beserta bapak, ibu, dan ketiga adik laki-lakinya yang terpaksa tinggal di rumah nenek setelah rumah mereka dijual untuk biaya pengobatan ibunya. Sang ibu kemudian meninggal dan teror pun bermunculan.

Bukan hanya meraih kesuksesan komersial, Pengabdi Setan juga menjadi kandidat kuat untuk memborong Piala Citra di Festival Film Indonesia tahun ini. Menerima 13 nominasi yang masing-masing adalah Film Terbaik, Sutradara Terbaik (Joko Anwar), Penulis Skenario Terbaik (Joko Anwar), Pengarah Sinematografi Terbaik (Ical Tanjung), Pemeran Anak Terbaik (Muhammad Adhiyat), Pengarah Artistik Terbaik (Allan Sebastian), Penyunting Gambar Terbaik (Arifin Cuunk), Penata Efek Visual Terbaik (Finalize Studio, Hery Kuntoro, Addy Eldipie), Penata Suara Terbaik (Khikmawan Santosa, Anhar Moha), Penata Musik Terbaik (Aghi Narottama, Tony Merle, Bemby Gusti), Pencipta Lagu Tema Terbaik (The Spouse - "Kelam Malam"), Penata Busana Terbaik (Isabelle Patrice), dan Penata Rias Terbaik (Darwyn Tse).

Tahun 2017 terbukti menjadi tahun yang baik bagi film horor Indonesia. Sebanyak empat judul horor berada dalam daftar sepuluh film Indonesia dengan pendapatan terbanyak tahun ini; semuanya meraih lebih dari satu juta penonton. Selain Pengabdi Setan serta Danur: I Can See Ghosts, dua film lainnya adalah Jailangkung dan The Doll 2. Terakhir kali film horor masuk ke dalam daftar yang sama adalah pada tahun 2013 lewat Taman Lawang dan 308.

Hingga tulisan ini dibuat, Pengabdi Setan masih terus tayang di berbagai bioskop Indonesia dan telah menembus 3 juta penonton. (rn)

Editor's Pick

Add a Comment