Indonesia Raih Tiga Nominasi Asia Pacific Screen Awards 2017

Mouly Surya, Cut Mini, dan 'The Seen and Unseen' menjadi perwakilan

Oleh
Cut Mini berperan sebagai karakter judul pada film 'Athirah'. Dok. Miles Films

Asia Pacific Screen Awards yang diinisiasi oleh Brisbane City Council telah mengumumkan daftar nominasi penghargaan untuk tahun ini. Di antara 21 negara yang mengirimkan perwakilan, Indonesia mendapatkan tiga nominasi yaitu untuk Mouly Surya (kategori penyutradaraan untuk film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak), Cut Mini (kategori Aktris Terbaik untuk film Athirah), dan The Seen and Unseen untuk kategori Film Anak Muda Terbaik.

Malam penganugerahan film-film dari Asia Pasifik ini akan diadakan pada 21 November di Brisbane. Juri tahun ini dipimpin oleh editor pemenang Oscar Jill Bilcock, sutradara/penulis Filipina Adolfo Alix Jr., aktris Tiongkok He Saifei, programmer Tokyo Film Festival Yoshi Yatabe, dan sutradara/sinematografer/penulis Kazakhstan Adilkhan Yerzhanov.

The Seen and Unseen akan bersaing dengan Big Big World (Turki), Jasper Jones (Australia), The Skier (Iran), dan The Summer is Gone (Tiongkok). Film terakhir merupakan saingan paling berat karena tahun lalu memenangkan tiga piala Golden Horse Awards termasuk Film Terbaik.

Mouly Surya yang dinominasikan untuk film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak akan bersaing dengan Ana Urushadze untuk Scary Mother (Georgia), Andrey Zvyagintsev untuk Loveless (Rusia), Hirokazu Koreeda untuk The Third Murder (Jepang), dan Sanal Kumar Sashidaran untuk Sexy Durga (India).

Pemenang Piala Citra untuk Aktris Terbaik Cut Mini lewat film Athirah akan bersaing dengan Ecem Uzun dari film Clair Obscur (Turki), Na Moon-hee dari film I Can Speak (Korea Selatan), Nata Murvanidze dari film Scary Mother (Georgia), dan Zhou Xun dari film Our Time Will Come (Tiongkok). Semuanya merupakan jagoan di negara masing-masing.

Sejauh ini belum pernah ada perwakilan Indonesia yang menang di Asia Pacific Screen Awards. (rn)

Editor's Pick

Add a Comment