Film 'Turah' Dipilih untuk Mewakili Indonesia pada Oscars 2018

Berlomba dengan film-film terbaik seluruh dunia untuk menjadi nomine Best Foreign Language

Oleh

Komite Seleksi Best Foreign Language Film Academy Award ke-90 menetapkan Turah sebagai perwakilan Indonesia untuk ajang Oscars 2018. Putusan ini diambil bersama Persatuan Perusahaan Film Indonesia yang menjadi perpanjangan tangan dari Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS).

Pada konferensi pers yang terlaksana Selasa (19/9) lalu, Christine Hakim memaparkan: "Tiga belas juri termasuk saya tidak memilih berdasar laiknya festival film, tapi lebih dari itu semua."

Ada pun tiga belas juri tersebut adalah Alim Sudio, Benni Setiawan, Fauzan Zidny, Firman Bintang, Jenny Rahman, Marcella Zalianty, Mathias Muchus, Reza Rahadian, Roy Lolang, Tya Subijakto, Wina Armada, dan Zairin Zain.

Turah adalah film arahan Wicaksono Wisnu Legowo yang diproduksi oleh Fourcolours Films. Kisahnya soal konflik yang terjadi di satu kampung kecil di daerah Tegal. Direkam sepenuhnya dengan bahasa Tegal, film ini menampilkan sisi kemiskinan yang jarang terlihat. Masyarakat pinggiran yang tak punya arah dan terjebak dalam kemiskinan.

Film-film yang juga telah dikirimkan untuk berlomba masuk menjadi nomine Best Foreign Language Film pada Oscars 2018 antara lain Happy End (Michael Haneke, Austria), Thelma (Joachim Trier, Norwegia), hingga First They Killed My Father (Angelina Jolie, Kamboja). (rn)

Editor's Pick

Add a Comment