Sutradara Todd Haynes Rencanakan Film Dokumenter The Velvet Underground

Proyek belum berjudul ini akan “mengandalkan film-film Warhol tapi juga kaya akan budaya film eksperimental,” kata sutradara 'Velvet Goldmine' tersebut

Oleh
The Velvet Underground bersama Nico, penyanyi yang turut mengisi album perdana mereka. Facebook The Velvet Underground

Pada festival film Locarno, sutradara Todd Haynes mengumumkan bahwa salah satu proyek mendatangnya adalah film dokumenter mengenai The Velvet Underground.

Pengumuman tersebut datang beberapa bulan setelah album perdana band, The Velvet Underground & Nico, merayakan ulang tahun ke-50.

"Mereka adalah band paling berpengaruh--seperti yang pernah Brian Eno katakan, semua yang membeli The Velvet Underground & Nico membentuk sebuah band," kata Haynes saat mengumumkan proyek tersebut seperti diberitakan Variety. "Pengaruh mereka tidak ada hubungannya dengan penjualan atau visibilitas atau cara-cara orang kebanyakan dalam memaknai sukses."

Film dokumenter belum berjudul tentang The Velvet Underground, yang pada awal karier mereka bertugas sebagai band tetap di Factory-nya Andy Warhol, ini akan "mengandalkan film-film Warhol tapi juga kaya akan budaya film eksperimental," ujar Haynes.

Pada 1966, Warhol dan sutradara Paul Morrissey membuat The Velvet Underground & Nico: A Symphony of Sound, yang berisi satu jam latihan band dengan para personel asli: Lou Reed, Sterling Morrison, Maureen Tucker, John Cale, dan Nico.

Sutradara tersebut menambahkan bahwa ia berharap untuk mewawancarai anggota band yang tersisa untuk film dokumenter ini; vokalis Lou Reed meninggal pada 2013 dan gitaris Sterling Morrison meninggal pada 1995.

Haynes sebelumnya telah mengeksplorasi--dalam cara yang eksentrik dan tidak tradisional--riwayat ikon musik seperti Karen Carpenter, David Bowie, dan Bob Dylan masing-masing dalam film Superstar: Karen Carpenter Story, Velvet Goldmine, dan I'm not There. Namun film The Velvet Underground ini menandai pertama kalinya Haynes membahas tokoh musik dalam gaya dokumenter.

Haynes akan menggarap film dokumenter The Velvet Underground ini bersama produser Christine Vachone dan Universal Music Group. (aby/rn)

Editor's Pick

Add a Comment