9 Kegiatan yang Membuat Popcon Asia 2017 Wajib Didatangi

Tempat berkumpul para pencinta budaya pop ini menjanjikan pengalaman yang seru

Oleh

Ajang budaya pop terbesar di Indonesia Popcon Asia 2017 kembali digelar pada 5-6 Agustus di Hall B, Jakarta Convention Center. Meski berkurang satu hari dari biasanya, Popcon menjanjikan acara yang lebih padat dan lebih seru. Pameran artis komik lokal sampai budaya pop lainnya seperti film, musik dan game akan hadir.

Sebagai ajang berkelas internasional, Popcon Asia 2017 akan kedatangan Ranger Biru di serial Power Rangers Dino Charge, Yoshi Sudarso kemudian Yuma Ishigaki, pemeran dari karakter tokusatsu yang sangat populer di Indonesia, Gavan. Lalu, Tooru Fujisawa yang populer lewat komik Great Teacher Onizuka. Ada juga animator Wall-E, Simon Allen yang mengadakan workshop animasi. Juga Darren Gallagher, komikus Ignition-8 yang akan berbagi cara mendapatkan uang dari komik independen.

Tahun ini juga Popcon untuk pertama kalinya mengadakan ajang penghargaan. Popcon Award memberikan apresiasi bagi penggiat di bidang komik, video online, dan game. Ajang ini merupakan kolaborasi bersama Akademi Samali, Spektakel, dan Asosiasi Game Indonesia (AGI).

Lebih lengkapnya inilah 9 kegiatan yang membuat Popcon Asia 2017 wajib dikunjungi:

Popcon Award

Untuk pertama kalinya diadakan Popcon Award. Ajang apresiasi kreator komik, video online, dan game. Ajang ini merupakan kerja sama Popcon, Akademi Samali, Spektakel, dan Asosiasi Game Indonesia.

Ada 7 kategori yang diperlombakan yaitu Webseries Video of the Year, Music Cover Video of the Year, Gaming Video of the Year, Edu Video of the Year, Comic of the Year, Indie Comic of the Year, dan Webtoon of the Year.

Nominasi Webseries Video of the Year adalah "The Agency" dari SKINNYINDONESIAN24, "Interview HRD" dari Pijaru, ""Surat Cinta Untuk Starla" dari Last Child, "Jangan Pernah Merasa Sendiri - Tak Direstui" dari Trio Hantu CS, dan "Rap In News" dari Marzuki Mohamad.

Nominasi Music Cover Video of the Year adalah "Asal Kau Bahagia" dari Eclat Story ft. Christian Ama. "Jinny Oh Jinny" dari CVX, "Shape of You (versi Jawa)" dari Ndruw Neverend, "Malam Jumat Kliwon" dari Kelompok Penerbang Roket, "All Genre One Mouth" dari Jakarta Beatbox.

Nominasi Gaming Video of the Year adalah "Funny Gaming Montage 10.000 Subs Spesial Nata Baka - #2" dari Nata Baka, "Perjalanan Pemenang - Fifa 17 - Indonesia Demo" dari MIAMAWUG, "Keliling Sumatra Bag 3: Sugeng Rahayu Buka Jalur II" dari Sate Tegal Kebut, "Koq KZL ya?? - Crash Bandiccot N.Sane Trilogy (Part 1)" dari Tara Arts Game Indonesia, "Menang Mana??? - TTS Cak Lontong" dari Cakcop Gaming Indonesia.

Nominasi Edu Video of the Year adalah "Sejarah Jawa (10.000 SM - 2017 M)" dari Lazardi Wong Jogja, "Kenapa Indonesia Tertinggal Dibandingkan Negara Lain" dari Numbers ID, "Siapakah Pribumi Asli Indonesia?" dari Kok Bisa?, "Shot Types, Camera Angles & Rules of Framing" dari Mas Gun, "You Can't Lie to Me" dari Remotivi.

Nominasi Comic of the Year adalah "5 Menit Sebelum Tayang" oleh Ockto & Matto, "Gambar Itu Haram?" oleh Bangdzia, "H2O Reborn Vol 2" oleh Sweta Kartika, "Tawur Vol 2" oleh C Suryo Laksono, "Bengkel Buya" oleh Ahmad Syafii Maarif.

Nominasi Indie Comic of the Year adalah "Melankolia" oleh Sakti Yuwono & Friends, "Teh Punya Cerita" oleh Bintang Suhadiyono, "Re:Kreasi" oleh Wiartha Asutra, "Arigato Macaroni Vol 4" oleh Erfan Fajar.

Nominasi Webtoon of the Year adalah "Kosan 95!" dari Didiwalker, "Pak Guru Inyong" dari Anggoro Adhi Nugroho, "Terlalu Tampan" dari Mas OKIS & SMS, "Trickster" dari Mas Hiro & Kairinn, "Fourger Inc" dari Borton & Dicky.

Komik-komik Indonesia Terbaru

Sebagai acara yang pusatnya adalah komik, Popcon Asia adalah tempat yang tepat untuk berkenalan dan berbelanja dengan karya-karya komik dari Indonesia. Tahun ini beberapa penerbit komik telah mengumumkan akan merilis komik terbaru secara eksklusif di Popcon Asia, entah itu sekuel maupun materi baru.

Komik-komik yang rilis dan layak dibeli antara lain adalah Koil: Fallen Gods, komik yang dibuat oleh penggemar Koil dengan ikut campur tangan band industrial rock tersebut merupakan sekuel dari Koil: Dragonian Warriors yang sukses terjual habis di Popcon Asia tahun lalu.

Kemudian ada komik Nusa V, semacam reinkarnasi dari Nusantaranger yang dikerjakan oleh Sweta Kartika dan Shani Budi. Kemunculan perdana akan terbit di re:ON comics volume 28. Di Popcon Asia 2017 akan diperkenalkan juga Ghaida yang berperan sebagai Ksatria Nusantara (Naya).

Lalu ada Arigato Macaroni karangan Erfan Fajar yang telah memasuki Round 5. Komik dijual dengan harga normal Rp 100 ribu. Juga ada Melankolia 2, komik kompilasi yang diinisiasi oleh Sakti Yuwono dan berkolaborasi dengan teman-temannya. Kedua judul komik ini juga masuk ke dalam nominasi Popcon Award.

Bagi pencinta musik rock dan aksi silat akhir '80-an, seri komik Methal Pertiwi kembali lagi. Kali ini Jago Rockk, sang tokoh utama tampil dalam petualangan berjudul Masiiih Methal Pertiwi. Selain menjual komik terbaru ada juga bundel Cadas Cermat, kumpulan komik pendek yang dibuat oleh Sofyan Syarief sepanjang tahun.

Kosmik, salah satu penerbit komik paling aktif di Indonesia saat ini merilis empat komik yaitu Bara: The Dark Age of Banda, Heart x Break Vol. 02, Flick Royale, dan 5 Menit Sebelum Tayang Vol. 2. Koloni, penerbit komik lainnya merilis tiga komik, volume terakhir dari H2O Reborn, cetak ulang Grey & Jingga, dan terbit ulang Wind Rider: Sky Age.

Masterclass dari Para Kreator Terbaik

Charles Santoso

Tahun ini Popcon Asia menyediakan tiga Masterclass yaitu Character Design, Animation, dan Comic. Semuanya berbayar dan dengan pembicara berkelas internasional. Untuk sesi Character Design, Popcon Asia mengundang Charles Santoso, artis konsep untuk The LEGO Batman Movie, The LEGO Movie, Legend of The Guardians. Untuk sesi Comic, ada nama Aimee De Jongh (artis komik dan animator) yang berasal dari Belanda ini telah memenangkan berbagai penghargaan dan salah satu novel grafisnya, The Return of the Honey Buzzard sudah difilmkan pada 2016. Sesi Animation, pengajarnya adalah Simon Allen, senior animator karakter dari film Happy Feet yang juga bekerja untuk film Toy Story 3, Cars 2, Brave, Wall-E, dan Up.

Lokakarya untuk Mengasah Kreativitas

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Popcon Asia setia dengan program workshop yang dapat mengasah kreativitas. Tahun ini ada lima kategori yang bisa diikuti yaitu Comic Writing, Video Mapping, Making Money: A Guide to Profitable Indie Comics, Comic Strip and Character Design, Flip Book Animation.

Sesi Comic Writing, pembicara adalah Ababil Ashari dan Rakaputra Paputungan. Keduanya akan berbagi saran untuk membuat cerita yang disukai editor. Untuk sesi Video Mapping, pengajar adalah Yosua Maigoda dan Trie Adiyasa Putra. Keduanya akan mengajar dengan tema 'Motion Art & The City'.

Sesi Making Money: A Guide to Profitable Indie Comics akan dipandu oleh Darren Gallagher. Sementara sesi Comic Strip and Character Design, ada nama Mice Misrad yang akan mengajarkan membuat karakter dan komik strip dari situasi di sekitar kita. Sesi Flip Book Animation, tiga pengajar yang hadir adalah Rasuardie, Ehwan Kurniawan, dan Saut M.T.. Di kelas ini, para peserta bisa belajar cara merangkai sejumlah gambar yang bercerita atau menjadi adegan yang menarik dari lembaran-lembaran kertas dari sebuah buku.

Cosplay dari Karakter-Karakter Terkenal

Setiap tahunnya ada cosplay yang seru baik dari pengunjung maupun peserta pameran. Tahun ini keseruan dapat dipastikan bertambah dengan hadirnya Wiro Sableng Experience yang mengundang siapapun untuk melakukan cosplay menjadi Wiro Sableng. Selain itu ada juga Popcon Cosplay Competition yang terbuka bagi individu maupun grup.

Peluncuran Film Sampai Game Terbaru

Satu kebiasaan yang masih belum absen adalah peluncuran film sampai game terbaru di panggung utama. Tahun ini, untuk kategori film ada Wiro Sableng 212 dan Banda The Dark Forgotten Trail. Untuk video ada Edelyn: A Series dari re:ON Film juga Jawara dari Skylar. Untuk kategori komik, ada Si Juki Jalan Jalan yang mengisahkan petualangan Si Juki di Korea Selatan. Untuk kategori game, ada Modern Combat Versus dan Asphalt Street Storm Racing yang diluncurkan.

Pameran Game Nominasi Archipelageek

BEKRAF dan Asosiasi Game Indonesia bekerja sama membuat Archipelageek, kompetisi buat para pengembang game. Dua belas peserta dengan game yang terpilih akan memamerkan karya mereka di area Archipelageek di Popcon Asia 2017.

Talkshow Bersama Tamu-tamu Internasional

Ayano Fujisawa

Di Popcon Asia 2017, talkshow masih menjadi salah satu acara penting. Tahun ini Kedutaan Australia menggelar talkshow dengan pembicara Charles Santoso dan Simon Allen. Ada juga Ayano Fujisawa, aktris yang tampil di Kamen Teacher dan juga pengisi suara Great Teacher Onizuka. Tamu lainnya adalah Sudarso Bersaudara: Yoshi dan Peter. Keduanya dikenal sebagai ranger biru, di dua seri yang berbeda. Terakhir ada talkshow betsama kreator manga terkenal Tooru Fujisawa. Beliau dikenal sebagai pengarang Great Teacher Onizuka.

Perayaan Ulang Tahun ke-35 Gavan

Space Sheriff Gavan yang sempat ngetop di Indonesia pada akhir '80-an akan merayakan ulang tahunnya yang ke-35 tahun. Sang Gavan orisinal Kenji Ohba akan datang bersama Yuma Ishigaki, pemeran Gavan terbaru.



Related

Most Viewed

  1. SORE Merekam Ulang Lagu Grup Fariz RM dan Erwin Gutawa
  2. 17 Lagu Indonesia Bertema Kebangsaan Terbaik
  3. Dunia, Menuju Kebangkitan Metal Progresif
  4. Joey Pasti Menang di Grammy?
  5. Movie Review: Pengabdi Setan (2017)

Editor's Pick

Add a Comment