Adhitia Sofyan Rilis Album Mini Bertajuk '8 Tahun'

Bercerita soal momen pertamanya terjun di dunia musik

Oleh

Setelah tahun lalu merilis album Silver Painted Radiance, Adhitia Sofyan kini meluncurkan album terbaru yang diberi judul 8 Tahun. Album ini memuat cerita-cerita kilas balik saat Adhitia Sofyan pertama kali terjun di dunia musik.

Pembeda album mini ini dengan rilisan-rilisan Adhit sebelumnya adalah empat lagu yang dinyanyikan dalam Bahasa Indonesia dan satu lagu berbahasa Jawa. "Membuat lagu Bahasa Indonesia ini cukup menakutkan karena bermain di 'area' atau 'kandang" sendiri. Lirik-liriknya harus memiliki keseimbangan yang pas; fresh dan beda, tidak boleh klise dan generic, harus memiliki gaya saya sendiri," pungkasnya dalam rilis pers yang diterima Rolling Stone.

Adhitia Sofyan juga berinisiatif kembali ke gaya bermusiknya semula setelah bereksplorasi untuk Silver Painted Radiance yang rekamannya dilakukan di studio dengan format band; aransemen lagu-lagunya pun lebih kompleks dari biasanya.

"Setelah memproduksi album Silver Painted Radiance, saya merasa bahwa kebanyakan lagunya kurang memiliki koneksi dengan pendengar. Mungkin lagunya yang rumit atau saya berusaha terlalu keras membuat lagu dengan nuansa yang beda, jadi malah kehilangan kesederhanaannya. Lagu yang selalu didengar audiens masih saja lagu dari album pertama dan kedua, dan sedikit album ketiga. Sebelum saya 'menghilang' terlalu jauh, saya perlu 'pulang' ke rumah," ujar Adhit.

Meski demikian album Silver Painted Radiance berhasil mendapatkan dua piala Anugerah Musik Indonesia (AMI) 2016 untuk kategori Best Folk Artist dan Best Folk Production.

Lima lagu yang tersaji dalam album mini 8 Tahun masing-masing berjudul "Seniman", "Naik Kereta Saja", "Sesuatu di Jogja", "8 Tahun" serta lagu "Dan Ternyata" yang berbahasa Jawa. Album ini sudah dirilis secara digital pada 10 Juli lalu dan akan disusul dengan format CD. (rn)

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. 'Pengabdi Setan' Versi Baru Menjadi Film Horor Indonesia Terlaris
  2. SORE Merekam Ulang Lagu Grup Fariz RM dan Erwin Gutawa
  3. 17 Lagu Indonesia Bertema Kebangsaan Terbaik
  4. Indonesia Raih Tiga Nominasi Asia Pacific Screen Awards 2017
  5. Movie Review: Pengabdi Setan (2017)

Add a Comment