Kilas Balik: Konser Terakhir Ronnie James Dio Bersama Heaven and Hell

Kurang dari setahun sejak penampilan menakjubkan “Children of the Sea” di Atlantic City, salah satu vokalis rock terbaik wafat

Oleh

Pada awal 1980-an, kombinasi antara Black Sabbath dan mantan vokalis Rainbow, Ronnie James Dio sangat mengagumkan hingga akhirnya berhenti setelah dua album yang tidak terlupakan. Mereka kembali reuni pada awal 1990-an, tapi kali ini hanya meluncurkan satu album (Dehumanizer) sebelum tensi lama kembali bergejolak dan mereka berpisah lagi. Mereka lagi-lagi mencoba pada 2007, menghajar jalanan dengan nama Heaven and Hell dan hanya memainkan lagu-lagu Sabbath pada era Dio. Mengejutkan, para penggemar bisa hadir berbondong-bondong menyaksikan penampilan mereka meskipun tanpa mendengar "Iron Man" dan "Paranoid".

Dio dan kawan-kawan lebih dewasa dan bijak kali itu, dan mereka telah kenyang melakukan tur selama bertahun-tahun, berbagi panggung dengan Alice Cooper, Motörhead, dan Judas Priest. Dio mungkin eksis sejak dekade "60-an, tapi vokalnya masih memiliki tenaga ketika mereka memainkan nomor "Neon Knights", "Heaven and Hell", dan "Die Young" setiap malamnya. Pada 2009, mereka meluncurkan album baru bertajuk The Devil You Know dan melakukan tur sejumlah kota lagi berikutnya, yang berakhir di House of Blues di Atlantic City pada 29 Agustus 2009. Di atas tadi adalah video "Children of the Sea" pada malam itu.

Itulah penampilan terakhir Dio di hadapan publik. Beberapa bulan setelah itu, ia didiagnosa mengidap kanker lambung. "Kami memulai perawatan secepatnya di Mayo Clinic," ujar Wendy sang istri. "Setelah ia mengalahkan monster naga itu, Ronnie akan kembali ke panggung, tempat di mana dia seharusnya, melakukan apa yang ia cintai, tampil untuk para penggemarnya. Terima kasih kepada semua teman dan penggemar di seluruh dunia atas ucapan lekas sembuhnya. Ini sangat membantu untuk memompa semangatnya."

Kelompok tersebut akhirnya membatalkan rencana konsernya pada musim panas 2009 dan Dio tetap menjaga privasinya selama berbulan-bulan, tapi para penggemar mulai optimis setelah dia mendadak muncul di Golden God Awards di Los Angeles untuk menerima penghargaan Best Metal Singer pada 8 April 2010. "Rasanya senang bisa kembali berkumpul dengan orang-orang lagi," ucapnya menghibur hadirin setelah melempar tangannya membentuk salam khas tanduk setan miliknya. "Terutama setelah sekian lama saya tak bisa melakukannya. Tapi saya merasa lebih baik dan tak sabar menunggu untuk bisa kembali ke panggung lagi."

Sayang sekali, hal itu tidak terjadi kemudian. Hanya beberapa bulan setelahnya, Dio pun meninggal dunia. Beruntung, kamera merekam penampilan malam terakhir dari salah satu vokalis rock terhebat itu di Atlantic City. (hqq/wnz)

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. Chester Bennington, Vokalis Linkin Park, Tewas di Usia 41 Tahun
  2. Chester Bennington: Reaksi Musisi dan Penggemar Tenar terhadap Kematian Vokalis Linkin Park
  3. Forgotten - "Tumbal Postkolonial"
  4. Kilas Balik: Chester Bennington dan Chris Cornell Berduet Lagu ‘Hunger Strike’
  5. Stone Gossard dari Pearl Jam Menulis Surat Penghormatan bagi Chris Cornell

Add a Comment