Sutradara Film ‘Rocky,’ ‘The Karate Kid’ Wafat di Usia 81 Tahun

John G. Avildsen yang memenangkan Oscar juga menggarap ‘Rocky V,’ ‘The Karate Kid Part II,’ ‘Joe’ dan ‘Lean on Me’

Oleh
Sylvester Stallone dan sutradara John G. Avildsen di malam saat ia menerima Oscar untuk film 'Rocky.' Chartoff-Winkler Productions

John G. Avildsen, sutradara pemenang penghargaan Oscar untuk film Rocky dan The Karate Kid, wafat pada Jumat (16/6) lalu di Los Angeles setelah berjuang melawan kanker pankreas. Ia wafat di usia 81 tahun.

Anak dari Avildsen, Anthony, membenarkan kematian sang pembuat film tersebut kepada Los Angeles Times, menambahkan bahwa Avildsen wafat di Cedars-Sinai Medical Center, Los Angeles, AS.

Avildsen meraih Academy Award untuk kategori Film Terbaik lewat Rocky yang tayang pada 1976. Seperti karakter petinju antah berantah yang diperankan oleh Sylvester Stallone, film tersebut juga berstatus underdog; Meskipun hanya memiliki anggaran yang tidak besar, Rocky menjadi film terlaris pada 1976, memenangkan tiga Oscar termasuk Film Terbaik dan Sutradara Terbaik.

Terlepas ketidaksukaannya dengan tinju, sang sutradara tersebut ingin menggarap film ini karena tertarik dengan naskah Sylvester Stallone tentang petarung Philadelphia; "Kupikir tinju itu bodoh," kata Avildsen.

Karier di balik kamera Avildsen di industri film dimulai di agensi periklanan sebelum ia menjadi asisten sutradara untuk pembuat film legendaris semacam Arthur Penn dan Otto Preminger. Setelah beberapa film dengan biaya rendah, Avildsen berprestasi tak terduga lewat film drama anti-hippie berjudul Joe pada 1970, yang dibintangi oleh Peter Boyle dan Susan Sarandon yang berperan pertama kali di layar lebar.

Avildsen tetap aktif di era "70-an – termasuk Save the Tiger yang tayang pada 1973, membuat Jack Lemmon meraih Aktor Terbaik di Oscar – sebelum menggarap Rocky.

Meskipun begitu Avildsen menolak kesempatan untuk menggarap Rocky II – ia dipekerjakan untuk menggarap Saturday Night Fever namun dipecat oleh produser Rober Stigwood sebelum filmnya mulai dikerjakan – kariernya kemudian beranjak kepada cerita underdog lainnya, The Karate Kid, pada 1984.

Seperti Rocky, The Karate Kid juga menjadi box office tak terduga dan mendapat kritikan positif; Avildsen kemudian menyutradarai The Karate Kid Part II pada 1986 dan The Karate Kid Part III pada 1989. Satu tahun kemudian, Avildsen bergabung kembali di waralaba Rocky Balboa untuk menggarap Rocky V pada 1990.

Film-film lain di katalog Avildsen adalah komedi John Belushi dan Dan Aykroyd berjudul Neighbors, drama yang dibintangi Morgan Freeman berjudul Lean on Me dan dan film romantis komedi berjudul For Keeps. Film besar terakhir dari Avildsen adalah film laga yang dibintangi oleh Jean-Claude Van Damme berjudul Inferno pada 1999, di mana dibintangi pula oleh aktor Karate Kid Pat Morita.

Di awal tahun ini, karier sang sutradara digarap menjadi sebuah film dokumenter berjudul John G. Avildsen: King of the Underdogs.

Editor's Pick

Add a Comment